sederet kamus
Translate: Tutorial:

Jawaban Pertanyaan Interview: What is Your Previous Salary?

Pertanyaan mengenai gaji merupakan salah satu pertanyaan yang umum ditanyakan saat wawancara kerja atau bahkan di aplikasi pendaftaran kerja. Tentu, saat pertanyaan tersebut muncul biasanya akan membuat kita merasa tidak nyaman dan seakan terjebak. Ditambah lagi jika kita harus menjawabnya dalam bahasa Inggris.

Bahkan di beberapa tempat saat ini melarang adanya pertanyaan mengenai gaji pelamar kerja sebelumnya, seperti New York, California, San Francisco dan lain sebagainya. Jika anda beruntung karena berada pada area tersebut, maka anda mungkin tidak perlu khawatir akan pertanyaan mengenai gaji. Sedangkan untuk anda yang tidak beruntung, anda perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi dan memberikan jawaban yang bisa menguntungkan anda.

Berikut beberapa hal yang perlu anda persiapkan dan lakukan saat menghadapi pertanyaan mengenai gaji dalam bahasa Inggris. Akan tetapi, sebelum itu mari kita pelajari mengapa menyebutkan gaji sebelumnya perlu anda hindari.

What is your previous salary? (“Berapa gaji anda sebelumnya?”)

Alasan perusahaan menanyakan hal itu adalah untuk mengukur berapa nominal yang bisa mereka tawarkan untuk menarik minat anda dengan tarif yang kompetitif. Contohnya, saat anda memberitahu bahwa gaji anda sebelumnya adalah X, maka biasanya perekrut akan menawarkan gaji yang lebih tinggi beberapa ratus ribu hingga juta (dalam rupiah). Mungkin hal tersebut terdengar menguntungkan untuk anda tetapi sebenarnya tidak, karena bisa jadi tawaran yang diberikan bukanlah nilai tertinggi yang sebenarnya bisa anda dapatkan. Saat melamar suatu pekerjaan tentu kita berharap mendapatkan gaji dan keuntungan tertinggi yang bisa kita dapatkan dari posisi yang kita lamar. Akan tetapi, bisa jadi jawaban anda pada pertanyaan ini merupakan batu sandungan bagi anda untuk mendapatkan nilai tertinggi, terutama jika gaji yang anda dapatkan pada pekerjaan sebelumnya di bawah rata-rata. Oleh karena itu, sebaiknya anda menghindari menjawab pertanyaan hingga tahap akhir seleksi. Usahakan untuk terus meyakinkan perekrut selama masa seleksi dan wawancara bahwa anda merupakan kandidat terbaik sehingga perekrut akan berusaha untuk memberikan nominal terbaik untuk menarik anda menjadi bagian dari perusahaan yang dengan kata lain merupakan keuntungan besar bagi anda.

What to do? (Apa yang harus dilakukan?)

  1. Hindari menuliskan angka ke dalam formulir

Ketika anda diminta mengisi formulir lamaran kerja oleh perusahaan dan di dalamnya ditanyakan gaji sebelumnya, usahakan untuk tidak menulis angka atau suatu nominal pada bagian tersebut. Sebagai gantinya, gunakan salah satu alternatif jawaban seperti berikut ini.

    • Tuliskan “N/A” yang artinya for not appropriate/not applicable (karena tidak    sesuai/tidak berlaku)
    • Tuliskan “Flexible yang artinya anda mau menegosiasikan gaji anda
    • Jika anda diharuskan menuliskan angka, tulis “0” (nol) dan beri catatan di bagian lain dalam formulir, contohnya

Note: I want to clarify that I am flexible if we decide there is a mutual fit, that’s    why I entered $0 on the salary question.” (“Catatan: Saya ingin menjelaskan bahwa saya fleksibel jika kita memutuskan ada kesesuaian, itulah mengapa saya memasukkan $ 0 pada pertanyaan gaji.”)

    • Atau, tuliskan rentang gaji yang anda inginkan dan beri catatan di bagian lain dalam formulir, contohnya

Note: I entered my desired salary range on the salary question and I want to clarify that it is negotiable.” (“Catatan: Saya memasukkan kisaran gaji yang saya inginkan pada pertanyaan gaji dan saya ingin menjelaskan bahwa itu dapat di negosiasikan.”)

  1. Lakukan riset

Sebelum anda menghadapi wawancara atau melamar di suatu perusahaan, lakukan riset rentang gaji yang bisa anda dapatkan dengan posisi yang anda lamar di perusahaan tersebut. Jika anda tidak bisa menemukan rentang gaji pada perusahaan yang anda lamar, coba cari rentang gaji pada perusahaan lain yang sejenis atau yang merupakan kompetitor dari perusahaan yang anda lamar. Jika anda sudah menemukan rata-rata rentang gaji pada posisi yang anda lamar, anda bisa menjadikan rentang nilai itu sebagai patokan saat menegosiasikan gaji anda nanti. Sedikit saran, berikan rentang yang tidak rata untuk menunjukkan bahwa anda sudah melakukan riset sebelumnya. Contohnya, $48000 hingga $52000 dibandingkan dengan $45000 hingga $50000. Pastikan nilai terendah pada rentang gaji yang anda sebutkan merupakan nominal yang masih akan anda terima.

  1. Ketahui nilai diri anda

Selain rentang gaji pada suatu posisi, anda juga perlu mencari rentang gaji rata-rata berdasarkan kemampuan dan pengalaman yang anda miliki. Pastikan anda tahu kelebihan atau nilai lebih dari diri anda sebelum mengikuti wawancara, seperti pengalaman kerja, sertifikasi atau gelar yang sesuai dengan bidang pekerjaan tersebut dan nilai lebih lain yang mungkin tidak dimiliki oleh kandidat lainnya. Hal ini akan mempermudah anda saat anda sudah menyebutkan suatu nominal sebelumnya atau saat anda merasa tidak bisa mengelak dari pertanyaan mengenai gaji. Dengan mengetahui nilai diri anda, anda bisa menjelaskan mengapa nominal yang anda sebutkan tersebut pantas anda dapatkan dengan kemampuan dan pengalaman yang anda miliki. Selain itu, anda bisa menjelaskan berdasarkan posisi dan pengalaman anda jika tawaran yang diberikan dirasa terlalu rendah atau bahkan di bawah rata-rata. Berikut contoh kalimat yang bisa anda sampaikan jika anda dalam situasi di bawah ini.

Recruiter : I will offer you X as your salary for this position. (Saya akan menawarkan X sebagai gaji anda pada posisi ini.)

You : I’m sorry, but I believe the offered number is too low considering the position, my degree and also my years of experience in this field. (Saya minta maaf, tetapi saya rasa nominal yang ditawarkan terlalu rendah mengingat posisi, gelar saya dan juga pengalaman saya selama bertahun-tahun di bidang ini.)

Jika anda berada dalam posisi terdesak untuk memberikan nominal gaji yang anda inginkan, anda bisa menggunakan kalimat sebagai berikut.

Based on my experience and research of positions with a similar level of responsibility and scope in [city/region], I’m seeking a salary range of [range](Berdasarkan pengalaman dan meneliti posisi dengan tanggung jawab dan ruang lingkup yang sama di [kota/wilayah], saya mencari kisaran gaji [kisaran].)

  1. Beri jawaban bias atau mengelak

Ya, tidak apa jika anda mengelak dari pertanyaan mengenai gaji anda pada pekerjaan sebelumnya atau mengenai gaji yang anda inginkan, terutama jika anda masih berada pada tahap awal seleksi. Jika anda berada pada situasi tersebut, tetaplah tenang. Sebaiknya jangan terburu-buru untuk memberikan jawaban anda maupun memberikan pernyataan secara jelas bahwa anda menolak untuk menjawab karena hal tersebut bisa merugikan anda. Berikut beberapa alternatif jawaban yang bisa anda terapkan.

My previous employer considers employee salaries to be confidential. So, I am unable to tell it to you. However, if you tell the salary range for this position, I can confirm that my previous salary is within that range or not. (Perusahaan saya sebelumnya menganggap gaji karyawan sebagai rahasia perusahaan. Jadi saya tidak bisa memberitahu anda. Namun, jika anda memberitahu kisaran gaji untuk posisi ini, saya dapat mengkonfirmasi bahwa gaji saya sebelumnya dalam kisaran tersebut atau tidak.)

Jika anda memiliki opsi ini, pastikan bahwa apa yang anda katakan benar adanya.

I would love to talk more about my desire salary once we get an offer in place. (Saya akan senang untuk membicarakan gaji yang saya inginkan setelah kita menetap posisi yang ditawarkan.)

I’d be happy to share my desired salary, but I’d like to learn more about this position first. (Saya akan senang untuk membagikan gaji yang saya inginkan, tetapi saya ingin mempelajari lebih lanjut mengenai posisi ini terlebih dahulu.)

From my initial research, it looks like the salary for this type of role ranges from X to Y. Would you say that’s accurate? (Dari riset/pencarian saya sebelumnya, sepertinya gaji untuk jenis pekerjaan ini berkisar dari X hingga Y. Apakah menurut anda itu akurat?)

Seharusnya dengan jawaban-jawaban seperti di atas pewawancara anda akan mengerti bahwa anda tidak ingin membagikan nominal gaji anda sebelumnya atau anda masih belum mau untuk membahas gaji pada tahap itu. Akan tetapi, jika pewawancara anda masih bersikeras untuk menanyakan perihal gaji, anda bisa menggunakan kalimat berikut sebagai alternatif jawaban.

It sounds like I am qualified for this position. If you tell me what the range is, I will be happy to tell you if it’s in the ballpark. (Sepertinya saya memenuhi syarat untuk posisi ini. Jika anda memberi tahu saya berapa kisarannya, saya akan dengan senang hati memberi tahu anda apakah itu dalam kisaran saya.)

in the ballpark artinya bahwa anda anda masih memiliki kebebasan penuh untuk menegosiasikan kompensasi Anda ketika mereka akhirnya memberikan tawaran kepada anda.

I understand that this position pay in the range of X to Z in our region. Based o  my experience, skills and certifications, I would expect to receive a salary in the range of Y to Z. (Saya mengerti bahwa posisi ini dibayar dengan kisaran dari X hingga Z di wilayah kami. Berdasarkan pengalaman, keterampilan dan sertifikasi saya, saya berharap untuk mendapatkan gaji dengan kisaran dari Y hingga Z.)

I’m open to discussing what you believe to be a fair salary for the position. But based on skills, experience, and my understanding of this geographic area, I’d expect a salary in the general range of X to Y. (Saya terbuka untuk mendiskusikan apa yang anda yakini sebagai gaji yang adil untuk posisi ini. Namun, berdasarkan keterampilan, pengalaman dan pemahaman saya akan area geografis ini, saya berharap gaji dalam kisaran umum dari X hingga Y.)

  1. Beritahu gaji anda JIKA hal itu menguntungkan anda

Opsi terakhir adalah beritahukan gaji anda sebelumnya hanya jika hal itu menguntungkan anda, seperti saat pewawancara memberikan nominal gaji yang lebih rendah dibandingkan dengan gaji yang anda dapatkan sebelumnya. Akan tetapi, jika anda benar-benar harus memberitahukan gaji anda sebelumnya yang berada di bawah rata-rata, usahakan untuk menyebutkan kelebihan anda untuk mempertegas mengapa anda sesuai dengan gaji yang anda inginkan. Contoh penerapan kalimatnya sebagai berikut.

My previous salary was below market value at X. But based on my skills, experience, and research about this position, I’m seeking a salary range of Y to Z. (Gaji saya sebelumnya di bawah nilai pasar yaitu X. Tetapi berdasarkan keahlian, pengalaman dan riset saya mengenai posisi ini, saya mencari kisaran gaji sekitar Y hingga Z.)

Jadi, hal-hal yang perlu untuk diperhatikan untuk menjawab perihal gaji anda sebelumnya adalah

    • tetap tenang dan jawab dengan sopan dan hormat
    • lakukan riset dan ketahui nilai diri anda
    • hindari pembahasan mengenai gaji, terutama saat tahap awal
    • alihkan pertanyaan mengenai gaji sebelumnya menjadi gaji yang anda inginkan atau gaji yang ditawarkan.

Sekian dari pembelajaran hari ini. Semoga pembelajaran ini bisa membantu anda dalam mempersiapkan diri menjawab pertanyaan “What is your previous salary?”. Selamat belajar dan mencoba.