sederet kamus
Translate: Tutorial:

Jawaban Pertanyaan Interview: Where do you see yourself in five years?

“Where do you see yourself in five years?” adalah pertanyaan tentang rencana masa depan yang mungkin akan ditanyakan saat wawancara kerja. Melalui pertanyaan ini, pewawancara ingin tahu apakah rencana kita akan berbanding lurus dengan rencana jangka panjang perusahaan. Selain itu, dengan menanyakan pertanyaan ini juga pewawancara ingin tahu apa rencana karir jangka panjang kita, bagimana usaha kita untuk mewujudkannya, dan bagaimana posisi yang kita lamar akan berkontribusi positif dalam rencana tersebut.

Selain “where do you see yourself in five years?” terdapat jenis kalimat lainnya dalam wawancara kerja yang menanyakan hal serupa. Pertanyaan tersebut di antaranya adalah:

  • Where do you want to be in five years? (Apa yang Anda inginkan dalam lima tahun?)
  • What are your goals for the next five years? (Apa tujuan Anda untuk lima tahun ke depan?)
  • What are your long-term career goals? (Apa tujuan karir jangka panjang Anda?)
  • Do you have a long-term career goal? (Apakah Anda memiliki target karir jangka panjang?)
  • Describe your career goals. (Ceritakan target karir Anda)
  • What are your shot-term career goals? (Apa target karir jangka pendek Anda?)

Tip Menjawab

Lalu, bagaimana cara menjawab pertanyaan, “when do you see yourself in five years?”? Berikut ini adalah beberapa tips ketika menjawabnya:

  • Tekankan minat kita akan karir jangka panjang bersama perusahaan

Perekrut ingin tahu apakah kita siap untuk tumbuh dan berkembang bersama perusahaan mereka dalam jangka panjang. Walaupun mungkin hal lain bisa saja terjadi, seperti perusahaan bangkrut, kita diberhentikan, atau kita mengundurkan diri untuk pekerjaan yang lebih baik, setidaknya saat wawancara berlangsung kita harus memperlihatkan bahwa kita tertarik untuk meniti karir kita bersama perusahaan yang sedang kita lamar.

  • Jawaban tidak boleh terlalu spesifik atau terlalu umum

Kecuali kita sudah mengenal betul apa saja posisi di perusahaan atau bagaimana kultur perusahaan, kita sebaiknya tidak menjawab pertanyaan ini terlalu sepesifik. Misalnya saja kita menjawab dengan “In five years, I will be the assistant to the regional manager of this company.” (Dalam lima tahun, saya akan menjadi asisten manajer regional perusahaan ini), padahal di perusahaan tersebut tidak ada posisi asisten manajer regional.

Menjawab pertanyaan terlalu umum juga tidak baik. Contohnya saja, “In five years, I will probably be the manager of some company, or maybe I will continue my study at some university.” (Dalam lima tahun, saya mungkin akan menjadi manajer sebuah perusahaan, atau mungkin akan melanjutkan studi saya di sebuah universitas). Jawaban yang terlalu umum seperti ini hanya akan memberi kesan kepada perekrut bahwa kita tidak memiliki rencana jangka panjang apapun.

  • Jawaban harus realistis

Alih-alih menjawab dengan rencana yang terlalu mengada-ngada, sebaiknya kita mempelajari posisi dan perusahaan yang akan kita lamar kemudian buatlah rencana dan perkiraan tentang perkembangan yang akan kita dapatkan bersama posisi dan perusahaan tersebut. Rencana dan perkiraan yang kita susun tersebut akan berguna ketika menjawab pertanyaan “where do you see yourself in five years.”

  • Antusias

Perekrut menyukasi kandidat yang sangat antusias terhadap posisi yang sedang ia lamar. Oleh karena itu, sebisa mungkin tunjukkanlah rasa ketertarikan dan motivasi kita terhadap posisi yang sedang kita lamar. Carilah sebanyak mungkin informasi tentang posisi dan perusahaan karena informasi tersebut sangat berguna dalam menyusun jawaban wawancara kita. Akan tetapi, jangan sampai kita terlihat terlalu antusias sebab bisa membuat tidak nyaman pewawancara dan hanya akan menimbulkan kesan bahwa ketertarikan kita itu hanyalah dibuat-buat.

Contoh Jawaban

Tadi kita sudah melihat beberapa tips dalam menjawab pertanyaan “where do you see yourself in five years?”, sekarang mari kita melihat contoh jawabannya:

  • Contoh 1

I would like to discover and develop skills in project management over the next few years. In five years, I would like to have obtained experience in leading projects. To work towards my goal, I will be anticipating bigger responsibilities within this role.

(Saya ingin menjelajah dan meningkatkan skil manajemen proyek dalam beberapa tahun ke depan. Dalam lima tahun, saya ingin meraih pengalaman dalam memimpin proyek. Untuk mewujudkan target saya, saya akan mengantisipasi tanggung jawab yang lebih besar dalam posisi ini).

  • Contoh 2

I am really excited about the role that we are talking about right now, and my goal is to bring out the best I can at this position. In five years, if there is an opportunity for advancement, and I am qualified to take the next level of responsibilities, then I would be interested.

(Saya sangat senang akan posisi yang sedang kita bicarakan sekarang, dan tujuan saya adalah untuk membawakan yang terbaik yang saya bisa di posisi ini. Dalam lima tahun, jika ada kesempatan untuk naik pangkat, dan saya memenuhi syarat untuk mengambil tanggung jawab level selanjutnya tersebut, saya akan tertarik).

  • Contoh 3

One of the reasons why I applied for this position in your company was due to the reputation of this company for providing advancement opportunities and accommodating its employees’ professional development and growth. Long term commitment from a company matters to me since it brings out a sense of belonging and motivates me to do my best. That is why, in five years, I will be ready if there is an opportunity for me to leap into the next level of responsibilities within this position.

(Salah satu alasan mengapa saya melamar posisi ini di perusahaan Anda adalah karena reputasi perusahaan ini dalam menyediakan kesempatan promosi dan mengakomodasi pertumbuhan dan perkembangan profesional karyawannya. Komitmen jangka panjang dari perusahaan itu penting bagi saya karena itu menciptakan rasa kepemilikan dan memotivasi saya untuk melakukan yang terbaik. Oleh karena itu, dalam lima tahun, saya akan siap jika ada kesempatan bagi saya untuk melompat ke level tanggung jawab selanjutnya dalam posisi ini).

  • Contoh 4

I really want to accomplish both mine and the company’s goals, and I believe that your company will allow me to do so because I will grow within this position. Five years down the track, I see that I will grow into a manager in which I will be able to make use of my skills and experience to support and help others.

(Saya benar-benar ingin mewujudkan impian saya dan impian perusahaan, dan saya yakin bahwa perusahaan Anda akan mengizinkan saya untuk melakukannya karena saya akan tumbuh di posisi ini. Lima tahun yang akan datang, saya melihat bahwa saya akan berkembang menjadi manajer yang mana saya dapat menggunakan kemampuan dan pengalaman saya untuk mendukung dan membantu karyawan lain).

  • Contoh 5

I hope that my skills and experience will have expanded gradually in five years. Thus, in the next five years, I see myself having more complex tasks and responsibilities that align with my professional development. When the time comes, I will not mind becoming someone who can train, mentor, and support others.

(Saya harap kemampuan dan pengalaman saya akan berkembang secara bertahap dalam lima tahun. Untuk itu, dalam lima tahun yang akan datang, saya melihat diri saya memiliki tugas dan tanggung jawab yang lebih kompleks yang sejalan dengan perkembangan profesional saya. Ketika saatnya tiba, saya tidak akan keberatan untuk menjadi seseorang yang bisa melatih, memberikan arahan, dan mendukung karyawan lain).

  • Contoh 6

I would like to build my career, and I think your company will allow me to do that. My objective right now is to be a marketing professional at your company where I can grow and take on new challenges over time. Over the next five years, I would like to take on more management responsibilities to keep myself improved and to support others as well.

(Saya ingin membangun karir saya, dan menurut saya perusahaan Anda akan mengizinkan saya untuk melakukannya. Objektif saya saat ini adalah untuk menjadi profesional pemasaran di perusahaan Anda yang mana saya bisa tumbuh dan memikul tantangan baru dari waktu ke waktu. Dalam lima tahun yang akan datang, saya ingin memikul tanggung jawab manajemen untuk terus meningkatkan diri saya dan juga untuk mendukung karyawan lain)

  • Contoh 7

My hope is to learn as much as possible about marketing and sales. My short-term goal is to become a brilliant salesperson. As I gain knowledge and experience in sales, if there is an opportunity, I would like to move on to a role with bigger responsibilities within this company. For the longer-term, my goal is to become a manager or a supervisor where I can utilize my skills and knowledge to mentor others.

(Harapan saya adalah untuk belajar sebanyak mungkin tentang pemasaran dan penjualan. Target jangka pendek saya adalah untuk menjadi pramuniaga yang handal. Ketika saya mendapatkan pengetahuan dan pengalaman tentang penjualan, jika ada kesempatan, saya ingin beralih ke posisi dengan tangggung jawab yang lebih besar di perusahaan ini. Untuk jangka yang lebih panjang, target saya adalah untuk menjadi seorang manajer atau supervisor yang mana saya bisa memanfaatkan skil dan pengetahuan saya untuk melatih karyawan lain).

  • Contoh 8

I am planning to expand my skills and knowledge first because, over the next five years, I want to be a person who is an expert in sales that others can go to for help and inspiration. If there is an opportunity, I am also interested in taking on a leadership role as well. I hope I can provide good guidance just like the one I have had from my amazing managers and mentors in my previous jobs.

(Saya berencana untuk mengembangkan skil dan pengetahuan saya terlebih dahulu karena dalam lima tahun yang akan datang, saya ingin menjadi orang yang ahli dalam penjualan yang bisa membantu dan menjadi inspirasi orang lain. Apabila ada kesempatan, saya juga tertarik untuk mengambil peran kepemimpinan. Saya harap saya bisa memberikan bimbingan yang baik sebagaimana manajer dan mentor saya membimbing saya di pekerjaan saya sebelumnya).

Itulah tadi cara menjawab dan contoh jawaban dari pertanyaan interview “where do you see yourself in five years?”. Semoga tulisan ini bisa membantu kita semua dalam menyusun jawaban kita sendiri. Good luck!