sederet kamus
Translate: Tutorial:

Jawaban Pertanyaan Interview: “Why Do You Want to Leave Your Current Job?”

“Why do you want to leave your current job” (Mengapa Anda ingin meninggalkan pekerjaan Anda saat ini?) adalah salah satu pertanyaan wawancara kerja yang sering terlupakan oleh para kandidat. Alhasil, mereka tidak mempersiapkan jawaban dari pertanyaan tersebut. Padahal pertanyaan ini termasuk pertanyaan yang krusial. Melalui pertanyaan ini, perekrut ingin mencari tahu apakah kandidat menghargai pekerjaannya, menghargai atasan dan koleganya, keluar dari pekerjaannya dengan baik-baik, dan sebagainya.

Ada beberapa kalimat lain yang menanyakan hal yang sama. Kalimat tersebut di antaranya:

  • Why are you leaving your current job? (Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan Anda saat ini?)
  • Why are you looking for a new job? (Mengapa Anda mencari pekerjaan baru?)
  • Why are you looking to leave your current job? (Mengapa Anda ingin meninggalkan pekerjaan Anda saat ini?)

Di bawah ini ada beberapa contoh jawaban dari pertanyaan di atas:

Contoh 1

My current job has been a great experience for me. Unfortunately, because the company is relatively small, it only offers limited growth. That is why I need to work in a bigger company, like yours, in order to continue growing.

(Pekerjaan saya saat ini merupakan pengalaman yang luar biasa bagi saya. Sayangnya, karena perusahaannya relatif kecil, perusahaannya hanya menawarkan pertumbuhan yang terbatas. Itulah mengapa saya harus bekerja di perusahaan yang lebih besar, seperti perusahaan Anda, untuk terus tumbuh.)

Contoh 2

I have learned a lot in my current role, and it has been great. I just feel that I am ready to expose myself to new challenges to grow my career further. And I am glad that your company offers me this opportunity.

(Saya belajar banyak di pekerjaan saya saat ini dan itu sangat bagus. Saya hanya merasa bahwa saya siap untuk membuka diri saya pada tantangan baru untuk menumbuhkan karir saya lebih lanjut. Dan saya senang perusahaan Anda menawarkan saya kesempatan ini)

Contoh 3

At my current company, I have sharpened my professional skills and have built great relationships. It is just I need motivation from a job with more challenging tasks so that I can continue to grow professionally. So I was excited to learn about this opportunity that you offer.

(Di perusahaan saya saat ini, saya telah mengasah skil-skil profesional saya dan telah membangun hubungan yang baik. Hanya saja saya butuh motivasi dari pekerjaan dengan tugas-tugas yang lebih menantang sehingga saya dapat terus tumbuh secara profesional.  Saya sangat senang mengetahui tentang kesempatan yang Anda tawarkan.)

Contoh 4

I am looking for a new opportunity which isn’t provided by my current company where I can expand and develop my communication skills.

(Saya sedang mencari kesempatan baru yang tidak tersedia di perusahaan saya saat ini yang mana saya bisa memperluas dan mengembangkan skil komunikasi saya)

Contoh 5

I love the people I work with and the projects I work on. However, I realized that the job is not as challenging as it used to be. Letting myself get too comfortable will not take me anywhere, so I decided to take a new step in my career and pursue a position in which I can continue to grow.

(Saya suka orang-orang yang bekerja dengan saya dan projek yang saya kerjakan. Akan tetapi, saya sadar bahwa pekerjaannya tidak semenantang seperti dahulu. Membiarkan diri saya terlalu nyaman tidak akan membawa saya ke mana-mana, jadi saya memutuskan untuk mengambil langkah baru di karir saya dan mengejar posisi yang mana saya bisa terus tumbuh.)

Contoh 6

Working in my current organization has been a fantastic experience, but I think I have learned everything I can in there. I can see any space to grow within the organization no more. That is why I think it is a good time to move on.

(Bekerja di organisasi saya saat ini adalah pengalaman yang luar biasa, tetapi saya rasa saya sudah mempelajari semua yang saya bisa di sana. Saya tidak bisa lagi melihat ruang untuk tumbuh di dalam organisasinya. Itulah mengapa saya pikir inilah saat yang tepat untuk pindah.)

Contoh 7

I love my current job. However, I haven’t had a chance to use my analytical skill there as much as I would like to. I think working in your company would be a better fit for me.

(Saya suka pekerjaan saya saat ini. Akan tetapi, saya belum memiliki kesempatan untuk menggunakan kemampuan analitik saya sebanyak yang saya ingin. Saya rasa bekerja di perusahaan Anda akan lebih cocok untuk saya.)

Contoh 8

I have been working for my current company for couple of years now and I have learned a lot from working with amazing people. However, when I learned your offer, I had to take it because I would like to work with a bigger company with more opportunities to grow.

(Saya sudah bekerja di perusahaan saya saat ini selama dua tahun dan saya telah belajar banyak dari bekerja dengan orang-orang hebat. Akan tetapi, ketika saya mengetahui tawaran Anda, saya harus mengambilnya karena saya ingin bekerja dengan perusahaan yang lebih besar dengan lebih banyak kesempatan untuk tumbuh)