sederet kamus
Translate: Tutorial:

Jawaban Pertanyaan Job Interview: “Why Do You Want To Leave Your Current Job?”

Mencari pekerjaan baru ketika Anda masih bekerja di sebuah perusahaan lain adalah cara yang bagus untuk memajukan karir Anda dan mencari kesempatan baru yang lebih baik lainnya. Akan tetapi, terdapat satu pertanyaan yang pasti akan muncul dalam wawancara jika Anda melamar kerja ketika masih bekerja di tempat lain. Kenapa Anda ingin meninggalkan pekerjaan Anda saat ini?

Mengingat sekarang kita sudah memasuki era global yang hampir segala industri menggunakan bahasa Inggris, maka tidak jarang juga Anda mungkin akan melalui wawancara kerja dengan menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu, Anda juga harus bersiap untuk menunjukkan keahlian bahasa Inggris Anda dalam wawancara.

Jika Anda melakukan wawancara kerja dengan menggunakan bahasa Inggris, ada kemungkinan Anda akan ditanyakan Why do you want to leave your current job (Kenapa Anda ingin meninggalkan pekerjaan Anda saat ini?). Meskipun pertanyaan itu terdengar sederhana, jawaban Anda bisa sangat menentukan apakah Anda akan diterima atau tidak. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui jawaban terbaik untuk pertanyaan tersebut.

Anda mungkin merasa tidak puas dengan perusahaan saat ini dan rasanya ingin menjelek-jelekan perusahaan Anda saat ini ketika melamar pekerjaan baru. Akan tetapi, perusahaan baru tidak akan mau menerima orang yang menjelek-jelekkan perusahaan lamanya. Selain itu, Anda juga seharusnya tidak terdengar terlalu tak sabar untuk meninggalkan pekerjaan Anda saat ini.

Anda memiliki keuntungan besar jika Anda mencari pekerjaan ketika masih dipekerjakan di tempat lain. Perusahaan akan lebih menginginkan Anda dan mereka tahu bahwa mereka harus berusaha lebih untuk menarik perhatian Anda. Oleh karena itu, gunakan hal ini agar bisa menguntungkan Anda ketika menjawab pertanyaan mengenai kenapa Anda ingin meninggalkan pekerjaan Anda saat ini dan tidak terdengar seakan Anda tidak menyukai pekerjaan Anda.

Agar Anda bisa terlatih menjawab pertanyaan ini, berikut ini adalah beberapa contoh jawaban yang bisa Anda gunakan.

Menjawab Tanpa Menjelekkan Perusahaan Lama

I have enjoyed working for my current company greatly, however I have been here for two years now and I think that it is now time to give myself more of a challenge. I would love to manage more projects and this job vacancy is very fitting for me since managing projects were mentioned in the job description. You might think that I could manage projects in my current job too but I have talked about this with my current boss. Sadly, there is no room to promote me right now and they think that it would be too much of a responsibility with my current role. So that is why I’m willing to leave my current job.

(Saya telah sangat menikmati bekerja untuk perusahaan saya saat ini, akan tetapi saya sudah di sini selama dua tahun sekarang dan saya rasa bahwa  ini adalah waktunya untuk memberikan saya tantangan lebih. Saya ingin mengatur lebih banyak proyek dan lowongan kerja ini sangat cocok untuk saya karena manajemen proyek disebutkan dalam deskripsi pekerjaannya. Anda mungkin berpikir bahwa saya bisa melakukan manajemen proyek di pekerjaan saya saat ini juga, namun saya sudah membicarakan hal ini dengan bos saya sekarang. Sayangnya, tidak ada ruang untuk mempromosikan saya saat ini dan mereka merasa bahwa hal itu akan menjadi tanggung jawab yang terlalu besar untuk peran saya saat ini. Itulah mengapa saya bersedia untuk meninggalkan pekerjaan saya saat ini)

Menjawab Untuk Tantangan Baru

I have gotten a lot out of my current role in the full year that I have been there. However, I believe that it is time to continue challenging myself and growing in my career. My current role does not call for a lot of human interaction and I feel like that is a skill that I want to develop more of. I am very much interested in this job vacancy since it offers an IT officer role but also some customer service work. I love interacting with customers because it will help me to understand better how I should and could improve my work in the company. I think that is the main reason as to why I am willing to leave my current job.

(Saya sudah mendapatkan banyak hal dari pekerjaan saya saat ini selama satu tahun penuh saya telah bekerja di sana. Akan tetapi, saya yakin bahwa ini adalah saatnya untuk terus memberi diri sendiri tantangan dan bertumbuh dalam karir saya. Pekerjaan saya saat ini tidak membutuhkan banyak interaksi manusia dan saya merasa bahwa itu adalah keahlian yang ingin lebih saya kembangkan. Saya sangat tertarik dengan lowongan pekerjaan ini karena menawarkan peran staff TI namun juga beberapa pekerjaan layanan pelanggan. Saya senang berinteraksi dengan pelanggan karena itu akan membantu saya mengerti dengan lebih baik bagaimana saya sebaiknya dan bagaimana saya bisa memperbaiki pekerjaan saya di perusahaan. Menurut saya itu adalah alasan utama mengapa saya bersedia untuk meninggalkan pekerjaan saya saat ini.)

 Menjawab Dengan Pertanyaan Akhir

Actually, I am not in an active job search right now. However, I was contacted by your recruiter a few days ago about this position and it peaked my interest. When I talked with your recruiter, he mentioned that there is an opportunity to lead a team of 8 in this role. Could you tell me more about that?

(Sebenarnya, saya tidak sedang aktif mencari pekerjaan saat ini. Namun, saya dihubungi oleh perekrut Anda beberapa hari yang lalu mengenai posisi ini dan itu menarik perhatian saya. Ketika saya berbicara dengannya, dia mengatakan bahwa ada kesempatan untuk memimpin sebuah tim berisikan 8 orang dalam posisi ini. Bisakah Anda memberi tahu lebih mengenai hal itu?)

Itulah dia jawaban untuk pertanyaan wawancara kerja dalam bahasa Inggris mengenai alasan Anda bersedia meninggalkan pekerjaan Anda saat ini.