sederet kamus
Translate: Tutorial:

Kalimat Berguna Untuk Email Bisnis

Sebagai bahasa asing yang paling sering digunakan di seluruh dunia, maka tidak aneh jika lingkup kerja kita sering menggunakan bahasa Inggris juga. Baik dalam percakapan sehari-hari di kantor, presentasi proyek, atau bahkan mengirimkan surat elektronik atau email juga biasanya menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu, akan sangat penting jika Anda memiliki kemampuan bahasa Inggris yang dapat mendukung Anda di tempat kerja.

Salah satu hal yang penting untuk Anda ketahui adalah bagaimana cara untuk mengirimkan email berhubungan dengan bisnis. Mengirimkan email ke teman dan ke klien di kantor tentu saja harus menggunakan jenis bahasa dan pilihan kosakata yang berbeda. Lantas, kalimat-kalimat apa saja yang berguna untuk email bisnis? Berikut ini adalah sejumlah kalimat bahasa Inggris yang akan memperlihatkan profesionalitas Anda dalam mengirimkan email bisnis.

Pembuka Email

Untuk mengawali email bisnis dan terlihat profesional, terdapat sejumlah kalimat yang bisa Anda gunakan. Akan tetapi, Anda juga harus melihat apakah email yang Anda kirim situasinya akan tepat untuk pembuka yang akan Anda gunakan. Contohnya, Anda tidak bisa membuka email secara ramah jika Anda sudah terlalu lama tidak merespon sebuah email, hal itu akan menunjukkan etika yang tidak baik. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah jenis-jenis pembuka email bisnis sesuai dengan situasinya.

  1. Situasi Ramah

I hope you had a good weekend with your loved ones (Saya harap Anda melalui akhir pekan yang baik dengan orang terdekat)

I hope you had a great trip back home (Saya harap Anda melalui perjalanan yang baik ke rumah)

Hope you had a nice break this summer (Saya harap Anda melalui liburan yang baik musim panas ini)

I hope you are well today (Saya harap Anda sehat hari ini)

Hope you are enjoying your holiday this weekend (Saya harap Anda menikmati liburan Anda akhir pekan ini)

  1. Mengirim Email Duluan

I am writing to you about your presentation last week at the seminar (Saya mengirim email kepada Anda mengenai presentasi Anda minggu lalu di seminar)

I am writing to you regarding with our future project at the company next month (Saya menulis email kepada Anda mengenai proyek mendatang kita di perusahaan bulan depan)

I am contacting you to inform you that my boss will be in town next week (Saya menghubungi Anda untuk menginformasikan bahwa bos saya akan ada di dalam kota minggu depan)

I am reaching out because we haven’t heard from you in a while (Saya menghubungi karena kami sudah lama tidak mendengar kabar dari Anda)

This is just a quick note to tell you that we are going ahead with plan B (Ini hanya catatan singkat untuk memberitahu Anda bahwa kami akan menjalankan rencana B)

This is just a quick reminder that you will have to take care of several things while I’m gone (Ini hanya pengingat singkat bahwa Anda harus mengurus beberapa hal sementara saya pergi)

I wanted to let you know that our company is very much interested in doing business with you (Saya ingin memberitahu Anda bahwa perusahaan kami sangat tertarik untuk melaksanakan bisnis dengan Anda)

Might I take a moment of your time to propose a collaboration between our companies? (Bolehkah saya menyita waktu Anda untuk menawarkan kerja sama antara perusahaan kita?)

This email is just to let you know that we will be taking a break until November (Email ini hanya ingin memberitahu Anda bahwa kami akan libur hingga November)

  1. Membalas Email

I just read your email about our pay this month (Saya baru membaca email Anda mengenai gaji kami bulan ini)

As we discussed, I would like to send you the annual report on our company’s growth (Seperti yang telah kita diskusikan, saya ingin mengirimkan laporan tahunan mengenai perkembangan perusahaan kita)

Thank you for your email about our collaboration project  (Terima kasih atas email Anda mengenai proyek kerja sama kita)

Thanks for your email yesterday regarding our next project (Terima kasih atas email Anda kemarin mengenai proyek kita selanjutnya)

  1. Meminta Maaf

Sorry for my late reply as I was very busy at work (Maaf atas balasan saya yang telat karena saya sangat sibuk di kantor)

Sorry it took me so long to get back to you regarding your subscription (Maaf membutuhkan waktu lama untuk saya menghubungi Anda kembali mengenai langganan Anda)

Sorry it’s been so long since my last email since I was too busy to check my email (Maaf sudah lama sekali sejak email terakhir saya karena saya terlalu sibuk untuk memeriksa email)

I was sorry to hear about our companies collaboration having to come to an end (Saya merasa menyesal ketika mendengar bahwa kerja sama perusahaan kita harus berakhir)

Isi Email

Untuk mengirim isi email bisnis yang memperlihatkan kemahiran bahasa Inggris Anda, terdapat beberapa kalimat yang dapat membantu Anda. Akan tetapi, Anda harus menggunakan kalimat tersebut sesuai dengan situasi masing-masing juga. Berikut ini adalah sejumlah situasi beserta kalimat yang tepat untuk email bisnis berbahasa Inggris.

  1. Lampiran dan Informasi

I’ve attached our proposal for the new project (Saya telah melampirkan proposal kami untuk proyek yang baru)

Please see the information below for more details about our future event (Mohon lihat informasi di bawah untuk detail lebih mengenai acara kami yang akan datang)

The parts in red are the changes that we have made for the new proposal (Bagian berwarna merah adalah perubahan yang telah saya buat untuk proposal yang baru)

The attached file contains a thorough report on our monthly growth (Berkas yang dilampirkan berisikan laporan lengkap mengenai perkembangan bulanan kita)

Could you please sign the attached file and send it back to us by Monday? (Bisakah tolong Anda tandatangani berkas yang terlampirkan dan kirimkan kembali ke kami pada hari Senin?)

More information is available at our website (Informasi selebihnya ada di situs kami)

Please note that our company only accepts collaboration in the form of logistical aid (Mohon tandai bahwa perusahaan kami hanya menerima kerja sama dalam bentuk bantuan logistik)

  1. Permintaan dan Pertanyaan

Could you please get back to me shortly? (Bisakah Anda membalas saya secepatnya?)

Could you possibly tell me the current status of our project? (Bisakah Anda memberitahu saya status proyek kita saat ini?)

I’d really appreciate it if you could send me the proposal (Saya akan sangat menghargainya jika Anda bisa mengirimkan saya proposalnya)

I’d be very grateful if you could have that report done by Monday (Saya akan sangat bersyukur jika Anda bisa menyelesaikan laporan itu pada hari Senin)

It would be very helpful if you could send us the original copy of the document (Akan sangat membantu jika Anda bisa mengirimkan kami salinan asli dokumen tersebut)

If possible, I’d like to know more about your future event (Jika memungkinkan, saya ingin tahu lebih banyak mengenai acara Anda yang akan datang)

  1. Memberikan Informasi

Quick reminder that we only have a few seats left for our upcoming seminar (Pengingat singkat bahwa kami hanya memiliki beberapa kursi tersisa untuk seminar mendatang)

Just a friendly reminder that your subscription will ends this month (Hanya mengingatkan bahwa langganan Anda akan berakhir bulan ini)

I’d like to inform you that we are accepting any form of aids for the donation (Saya ingin menginformasikan Anda bahwa kami menerima segala bentuk bantuan untuk donasi)

  1. Memberikan atau Meminta Persetujuan

Could you let me know if this is okay with you? (Bisakah Anda beritahu saya apakah itu baik-baik saja menurut Anda?)

What are your thoughts on this new proposal that I made? (Apa pendapat Anda mengenai proposal baru yang telah saya buat?)

What do you think about our current situation? (Apa pendapat Anda mengenai situasi kita saat ini?)

We just need the green light to go ahead with this plan (Kami hanya memerlukan lampu hijau untuk menjalankan rencana ini)

He approved the proposal, so you can go ahead with the project (Dia menyetujui proposalnya, jadi Anda bisa menjalankan proyeknya)

  1. Membuat Jadwal

I would like to schedule a meeting on Friday if you free then (Saya ingin menjadwalkan rapat untuk hari Jumat jika Anda kosong hari itu)

I am available on Tuesday and Thursday, if that’s convenient for you (Saya kosong hari Selasa dan Kamis, jika itu cocok dengan Anda)

I’m afraid I can’t make it on Wednesday. How about rescheduling to Thursday? (Sayangnya saya tidak bisa datang hari Rabu. Bagaimana jika menjadwalkan ulang ke hari Kamis?)

Due to the virus outbreak, I’m afraid we need to postpone our meeting (Karena persebaran virus, sayangnya kita harus menunda rapat)

  1. Memberitahu Kabar Buruk

Unfortunately, we are unable to tell you the current status of your project (Sayangnya, kami tidak bisa memberitahu Anda status proyek Anda saat ini)

I’m afraid it will not be possible to have a meeting this week (Sayangnya tidak mungkin untuk rapat minggu ini)

We regret to inform you that our collaboration have to end in such a short notice (Kami meminta maaf harus memberitahu Anda bahwa kerja sama kita harus berakhir tiba-tiba)

After careful reconsideration we have decided not to go along with your proposal (Setelah pertimbangan ulang kami telah memutuskan untuk tidak melanjutkan proposal Anda)

It’s against company policy to held a meeting without the board being present (Mengadakan rapat tanpa ada dewan yang hadir merupakan pelanggaran pada peraturan perusahaan)

I tried my best, but we have to reject your application (Saya mencoba sebisa mungkin, namun kami harus menolak pendaftaran Anda)

I’m sorry to tell you that you have not been accepted in our program (Saya meminta maaf harus memberitahu bahwa Anda belum diterima dalam program kami)

Penutup Email

Untuk mengakhiri email bisnis, Anda juga harus menggunakan beberapa kalimat yang biasanya digunakan dalam bahasa Inggris. Berikut ini adalah beberapa jenis kalimat penutup email dalam bahasa Inggris untuk situasi tertentu.

  1. Meminta Balasan

Looking forward to hearing from you soon regarding our project (Saya tidak sabar mendengar kabar dari Anda secepatnya mengenai proyek kita)

Please let me know if that sounds good for you (Mohon beritahu saya jika itu terdengar bagus untuk Anda)

I look forward to meeting you next Tuesday (Saya tidak sabar bertemu Anda hari Selasa mendatang)

Any feedback that you can give me regarding my proposal would be highly appreciated (Saran apapun yang bisa Anda berikan kepada saya mengenai proposal saya akan sangat dihargai)

  1. Menawarkan Bantuan

I hope you find this email helpful (Saya harap email ini membantu)

I hope my email answers all your questions (Saya harap email saya menjawab semua pertanyaan Anda)

For further details, don’t hesitate to contact us (Untuk informasi lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami)

If you have any more questions about our future collaboration, please contact us (Jika Anda memiliki pertanyaan lebih mengenai kerjasama kami di masa depan, mohon hubungi kami)

In the meantime, if you need any more information, please do not hesitate to contact me (Untuk saat ini, jika Anda membutuhkan informasi lebih, mohon jangan ragu untuk menghubungi saya)

Itulah dia kumpulan kalimat berguna untuk email bisnis dalam bahasa Inggris yang bisa Anda gunakan. Anda bisa dengan mudah menambah produktivitas dan kualitas email Anda dengan menggunakan kalimat-kalimat tersebut. Semoga bermanfaat!