sederet kamus
Translate: Tutorial:

Kalimat-Kalimat dalam Presentasi (Useful Phrases for Presentation)

Penggunaan Bahasa Inggris sudah semakin sering diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Salah satunya adalah presentasi menggunakan Bahasa Inggris. Presentasi Bahasa Inggris ini bisa digunakan saat di kantor, kampus, sekolah, maupun acara-acara seperti seminar dan talkshow.

Ketika melakukan presentasi Bahasa Inggris, ada kalimat-kalimat yang sering digunakan. Kalimat-kalimat ini akan membantu kita agar lebih efisien dalam presentasi. Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas beberapa contoh kalimat yang sering digunakan dalam presentasi Bahasa Inggris.

Langsung saja simak pembahasan lengkapnya dibawah ini, ya!

Greeting

Greeting adalah bagian paling awal yang dilakukan saat akan memulai presentasi Bahasa Inggris. Greeting mencakup salam pembuka dan menyambut audiens yang hadir. Berikut beberapa contoh kalimat yang digunakan pada bagian greeting presentasi Bahasa Inggris:

  • Good morning, ladies and gentleman. Thank you for sparing your valuable time to coming to this seminar (Selamat pagi, ibu dan bapak sekalian. Terima kasih telah meluangkan waktu berharga Anda untuk hadir pada seminar ini)
  • On behalf of PT. Jaya Abadi, allow me to extend a warm welcome to you (Atas nama PT. Jaya Abadi, ijinkan saya memberikan sambutan hangat untuk Anda semua)
  • Hi, everyone. Welcome to my presentation this evening and let me thank you for coming all the way here (Hai, semuanya. Selamat datang di presentasi saya sore ini dan ijinkan saya berterima kasih untuk Anda yang telah jauh-jauh datang kesini)
  • Good afternoon, everybody. It’s a pleasure to have you all in this first-quarter sales presentation (Selamat siang, semuanya. Sebuah kehormatan Anda semua dapat hadir dalam presentasi kuarter pertama penjualan ini)

Introduction

Setelah greeting, bagian selanjutnya yang dilakukan saat presentasi Bahasa Inggris adalah introduction. Introduction ini mencakup perkenalan diri sendiri sebagai orang yang membawakan presentasi. Juga memperkenalkan tema atau topik yang akan dibahas dalam presentasi tersebut.

Berikut beberapa contoh kalimat yang dapat digunakan dalam introduction presentasi Bahasa Inggris:

  • Before starting my presentation, let me introduce myself. My name is Joko Saktiwijoyo and I’m a General Affair Manager of PT. Berkah Bersama (Sebelum memulai presentasi saya, ijinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Joko Saktiwijoyo dan saya adalah Manajer General Affair di PT. Bersama)
  • My name is Kartika Mayangsari and it’s an honor to talk to you all in this event. As some of you may already know, I’m a professional trainer in employee training and management (Nama saya Kartika Mayangsari dan merupakan kehormatan bisa berbicara di hadapan Anda semua pada acara ini. Seperti yang mungkin beberapa dari Anda ketahui, saya adalah trainer profesional di bidang manajemen dan training karyawan)
  • I would like to take this opportunity to talk to you about our company anniversary event that will be held on July (Pada kesempatan ini, saya akan membahas mengenai acara ulang tahun perusahaan kita yang akan diadakan pada bulan Juli)
  • As you can see on the screen, our topic today is school and study from home. By the end of this presentation, you will know how to teaching your students online effectively (Seperti yang dapat Anda lihat di layar, topik kita hari ini adalah sekolah dan belajar dari rumah. Di akhir presentasi, Anda akan memahami bagaimana mengajar murid-murid secara online dengan efektif)

Starting Main Presentation

Sesuai dengan namanya, pada bagian starting main presentation ini kita akan memulai inti presentasi. Bagian ini dilakukan setelah kita memperkenalkan siapa diri kita dan apa yang akan dibahas. Berikut beberapa kalimat yang bisa digunakan untuk memulai inti presentasi dalam Bahasa Inggris:

  • Let me begin by explaining why it’s important to keep your body healthy and maintain the best condition of your body (Saya akan memulai dengan menjelaskan mengapa penting untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat dan mempertahankan kondisi terbaik tubuh Anda)
  • I’d like to give you some background information about the rapid growth of this industry (Saya akan memberikan latar belakang informasi tentang pertumbuhan cepat dari industri ini)
  • Okay, so let’s start with the importance of self loving, the basic of our talk today (Oke, mari kita mulai dengan pentingnya mencintai diri sendiri, dasar dari pembicaraan kita hari ini)
  • Now let’s move to the first part of my talk which is about the deciding factors for potential customers in choosing our products (Sekarang mari berlanjut ke bagian awal presentasi saya yang berisi tentang faktor-faktor penentu untuk pelanggan potensial dalam memilih produk-produk kita)

Transition

Bagian yang satu ini juga merupakan bagian yang sering diterapkan saat melakukan presentasi Bahasa Inggris. Transition adalah perpindahan dari satu bagian ke bagian lain, atau dari satu bahasan ke bahasan lain. Berikut beberapa contoh kalimat untuk transation dalam presentasi Bahasa Inggris:

  • I’d now like to move on to the next part, the key step to get into good college (Saya akan berlanjut ke bagian selanjutnya, langkah utama untuk bisa masuk ke kampus yang bagus)
  • This leads me to my next point, which is the dilemma that faced by most young woman in this country (Hal ini membawa ke poin saya berikutnya, yaitu dilema yang dihadapi oleh sebagian besar wanita muda di negara ini)
  • Let’s turn to the next issue, the one that I think you all really need to understand it clearly to set your goals more effectively (Mari berlanjut ke bahasan selanjutnya, bahasan yang saya pikir perlu dipahami oleh Anda semua dengan jelas untuk bisa membuat tujuan-tujuan lebih efektif)
  • I’d now like to change direction and talk about things that kinda different but still related to what we talked before (Sekarang saya ingin berpindah bahasan dan berbicara tentang hal-hal yang agak berbeda namun masih berhubungan dengan apa yang kita bahas di bagian sebelumnya)

Highlighting/Emphasizing

Bagian ini digunakan untuk menekankan mengenai sesuatu hal atau poin yang disampaikan dalam presentasi. Highlighting atau emphasizing biasanya diterapkan ditengah-tengah presentasi, saat membahas hal yang dianggap penting untuk diingat.

Berikut beberapa contoh kalimat highlighting atau emphasizing dalam presentasi Bahasa Inggris:

  • It should be emphasized that we can no longer ignore the importance of internet technology implementation on our business these days (Perlu ditekankan bahwa kita tidak lagi bisa mengabaikan pentingnya implementasi teknologi internet dalam bisnis kita saat ini)
  • We have to remember that our sales in this first quarter is really low, dropped in the lowest sales history ever in our company (Kita harus ingat bahwa penjualan kita di kuarter pertama ini sangat rendah, jatuh pada sejarah terendah penjualan di perusahaan kita)
  • I would like to draw your attention to this point, as you already see in the screen that we have a slow but certain increase from last year (Saya ingin Anda memperhatikan poin ini, seperti yang terlihat dalam layar bahwa kita memiliki kenaikan yang lambat tapi pasti dari tahun lalu)
  • I want you to take a special note on this case, because the similar cases always come up in our country as well as in the world (Saya ingin Anda memberi perhatian khusus pada kasus ini, karena kasus-kasus serupa selalu muncul di negeri kita dan juga di dunia)

Summarizing

Summarizing adalah bagian saat kita merangkum apa yang dibicarakan dalam presentasi secara singkat. Bagian ini juga disebut sebagai conclusion, karena memberikan kesimpulan mengenai isi presentasi. Tujuan bagian ini adalah agar audiens ingat poin-poin apa saja yang dibahas dalam presentasi.

Berikut beberapa contoh kalimat yang sering digunakan untuk summarizing pada presentasi Bahasa Inggris:

  • I’d like to end with a summary of the main points: the importance of self loving, building confidence in ourselves, and giving self appreciation (Saya ingin mengakhiri dengan rangkuman dari poin-poin utama: pentingnya mencintai diri sendiri, membangun kepercayaan dan memberikan penghargaan pada diri sendiri)
  • Weighing the pros and cons, I come to the conclusion that the usage of traditional methods in solving company problem is still applicable in today’s need (Terlepas dari pro dan kontranya, saya berkesimpulan bahwa penggunaan metode tradisional dalam memecahkan permasalahan perusahaan masih dapat diaplikasikan dalam kebutuhan saat ini)
  • So in brief, there are several advantages and disadvantages of using digital technology for children (Jadi singkatnya, ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan teknologi digital untuk anak-anak)
  • In conclusion, let me sum up five main points from my talk today and I would like you to remember these clearly (Untuk kesimpulannya, ijinkan saya merangkum lima poin utama dari pembahasan saya hari ini dan saya harap Anda bisa mengingat poin-poin ini dengan jelas)

Closing

Setelah melakukan summarizing atau conclusion, selanjutnya kita akan menutup presentasi. Bagian menutup presentasi Bahasa Inggris disebut dengan closing. Berikut beberapa kalimat yang sering digunakan untuk closing presentasi dalam Bahasa Inggris:

  • That conclusion brings me to the end of my presentation today, thank you for listening up till the end (Kesimpulan itu mengakhiri presentasi saya hari ini, terima kasih telah mendengarkan sampai akhir)
  • Thank you for your attention, it was a pleasure being here today and sharing my knowledge with you all (Terima kasih atas perhatian Anda, saya senang berada disini hari ini dan berbagi pengetahuan dengan Anda semua)
  • Well, that’s it from me and thanks very much for listening (Jadi, itu saja dari saya dan terima kasih banyak telah mendengarkan)

Question

Setelah presentasi ditutup, biasanya akan ada pertanyaan dari audiens. Disini kita bisa mempersilahkan pada mereka untuk mengajukan pertanyaan. Berikut beberapa kalimat yang biasa digunakan untuk mempersilahkan dan menerima pertanyaan audiens:

  • Does anyone have any questions or comments about my presentation? (Apa ada yang ingin bertanya atau berkomentar tentang presentasi saya?)
  • If you have any questions regarding my talk about social judgement, please don’t hesitate to ask (Kalau Anda punya pertanyaan tentang pembahasan saya tentang penilaian sosial, jangan ragu untuk bertanya)
  • Now we have special session, about half an hour, for questions and discussion (Sekarang kita punya sesi khusus, sekitar setengah jam, untuk pertanyaan dan diskusi)
  • Thank you for your attention to this talk, and I’d be happy to take any questions now (Terima kasih atas perhatian Anda atas pembicaraan ini, dan saya dengan senang hati akan menerima pertanyaan sekarang)

Demikianlah pembahasan mengenai kalimat-kalimat dalam presentasi Bahasa Inggris. Pastikan kita menggunakan kalimat yang tepat agar isi presentasi bisa tersampaikan dengan baik. Jangan lupa juga untuk terus mengasah keterampilan presentasi Bahasa Inggris agar lebih lancar lagi.

Semoga informasi ini bermanfaat!