sederet kamus
Translate: Tutorial:

Kalimat/Paragraf Memperkenalkan Diri di Group WA

Ada berbagai situasi dimana kita perlu memperkenalkan diri. Masuk sekolah, masuk kerja, baru pindah atau menjadi pembicara pada suatu forum. Sebelum memulai percakapan, perkenalan dimulai dengan hal yang sama seperti menyapa, menyebutkan nama, mungkin hobi dan bisa juga tempat tinggal.

Kamu dapat menyesuaikan seberapa banyak informasi personal yang dibagi dengan orang lain sesuai dengan konteksnya. Perkenalan bisnis tentu lebih menekankan informasi berkaitan jabatan, perkenalan antara teman sekolah tentu bisa berbagi info seperti hobi dan hal sejenisnya.

Perkenalan Diri Melalui Group WA

Komunikasi dapat memakai berbagai media. Baik pesan teks, pertemuan online bahkan kuliah melalui WA. Kini pertemuan tatap muka sudah bukan suatu keharusan. Memakai media seperti Whatsapp bisa menjadi media kuliah, seminar, pertemuan bahkan sampai diskusi.

Lalu, bagaimana menyikapi pemakaian media sosial sebagai tempat untuk berbincang-bincang secara formil? Tentu tidak bisa disamakan dengan bertegur sapa sama teman sebaya atau berbicara akrab layaknya saudara sendiri.

Terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan saat kita memperkenalkan diri melalui group Whatapp. Mungkin terkesan hal sepele dan diharapkan orang paham dengan cara melakukannya dengan benar. Ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat melakukan kalimat perkenalan melalui group Whatapp.

  1. Jenis Group

Saat melakukan perkenalan diri, perhatikan dahulu group yang kita masuki. Group wali murid dan guru tentu lebih banyak interaksi berkaitan dengan siswa. Jadi perkenalan nama anak juga diperlukan. Berbeda dengan group kerja kelompok yang cukup menyebutkan nama dan kontribusi dalam kelompok.

  1. Usia

Gunakan tata bahasa yang baik dan benar. Mungkin group diantara teman sebaya bisa memakai kata singkatan atau kata slang yang sedang populer. Namun bila ada beragam usia dalam satu group WA maka kita perlu memakai pilihan kata yang lebih santun untuk menghormati anggota WA lainnya.

  1. Tujuan Group

Perkenalan diri di dalam Group Whatapp juga selalu dikembalikan pada alasan mengapa group tersebut dibuat. Bila untuk berbagi pekerjaan, mana informasi profesional sangatlah krusial. Group warga komplek tentu hanya perlu menyebutkan nama dan nomor rumah. Perhatikan cara Anda memperkenalkan diri dengan tujuan utama group Whatapp dibentuk.

  1. Panjang Perkenalan

Karena group Whatapp terdiri dari banyak orang, maka perkenalan diri yang panjang tentu kurang tepat. Berikan perkenalan singkat dan padat. Perhatikan juga bagaimana orang lain memperkenalkan diri mereka. Hargai hak orang lain untuk dapat membaca group WA dengan nyaman  tanpa tergangu dengan tulisan yang terlalu panjang dan membosankan.

  1. Gaya Bahasa

Walau bukan media formal seperti Google Meet atau Zoom, group WA tidak bisa diabaikan. Gunakan bahasa yang sopan dan pemilihan kata yang sesuai dengan EYD dan penulisan yang minim singkatan. Walau sedikit merepotkan namun penulisan yang seperti itu lebih nyamanuntuk dibaca. Selain itu dapat mengurangi kesalahpahaman yang bisa terjadi karena perbedaa cara memaknai sebuah tulisan.

Contoh Kalimat atau Paragraf Perkenalan di WA

Untuk lebih jelas, kami sertakan beberapa perkenalan diri yang dilakukan melalui WA. Ada situasi yang formil dan ada juga yang lebih santai. Sesuai dengan situasi dan kondisimu.

Perkenalan Group Sekolah

Hello everybody. I am Miran, Anissa Daud’s mother. Thank you Mrs/ Linda the teacher for inviting me to this group. I will do my best to participate in the group to support our son and daughter’s activity at school. Thank you very much.

(Hallo semuanya. Nama saya adalah Miran. Saya adalah ibu dari Annisa Daud. Terima kasih Ibu Linda ibu wali kelas yang sudah mengundang saya bergabung dengan group ini. Saya akan berusaha untuk berpartisipasi aktif untuk mendukung kegiatan anak-anak kita disekolah. Terima kasih banyak.)

Perkenalan Seminar

Good Afternoon everybody. Thank you for showing an interest for today’s seminar. My name is Samantha Nielson. I an a fresh graduate from University of Indonesia major in Public Relation. will be your moderator for today. I hope we can have a positive and useful Seminar.

(Selamat sore semuanya. Terima kasih telah menunjukan minat dengan topik seminar hari ini. Nama saya Samantha Nielson. Ssaya baru lulus dari Universitas Indonesia jurusan Hubungan Masyarakat. Saya akan jadi moderator hari ini. Saya harap kita semua dapat mengambil hal positif dan bermanfaat dari pembicaraan pada Seminar hari ini.)

Perkenalan Group Kerja

Anda termasuk dalam tim untuk mengerjakan sebuah projek. Satu-persatu anggota group dimasukan dalam group dan tibalah saatnya Anda menuliskan perkenalan diri.

Good morning everybody, I am Tina from Finance. I am 24 years old and I love hiking. Thank everyone for welcoming me to the group. I will do my best to do my part of the project. I hope we all can be friends and do the job effectively.

(Selamat pagi semuanya. Nama saya adalah Tina, Saya dari bagian Keuangan. Saya berusia 24 tahun dan sangat suka mendaki. Saya ingin berterima kasih pada semua orang yang telah menyambut saya dalam group ini. Saya akan melakukan hal yang terbaik dalam menyelesaikan tugas saya dalam projek. Saya berharap kita semua dapat berteman dan bekerjasama dengan efektif.)

Demikianlah beberapa contoh kalimat atau paragraf perkenalan diri yang dilakukan melalui group Whatapp. Perhatikan berbagai hal seperti jenis group, gaya bahasa dan tentu kesopanan dalam memperkenalkan diri Anda. Walau tidak dilakukan secara berhadapan jadi pastikan perkataan Anda jelas dan tidak memiliki makna ganda yang dapat membuat orang salah sangka.