sederet kamus
Translate: Tutorial:

Kalimat untuk Mendeskripsikan Diri Ketika Wawancara dalam Bahasa Inggris

Anda mungkin sudah pernah melalui wawancara untuk melamar sebuah pekerjaan sebelumnya. Biasanya, pertanyaan yang pasti keluar selalu berkaitan dengan diri Anda sendiri, seperti apa kelebihan dan kekurangan Anda. Pertanyaan-pertanyaan tentang sifat Anda juga sering ditanyakan dalam wawancara pekerjaan sehingga Anda harus mendeskripsikan diri Anda sendiri. Akan tetapi, bagaimana jika wawancara pekerjaan yang harus Anda lalui menggunakan bahasa Inggris? Bagaimana cara untuk mendeskripsikan diri sendiri dengan bahasa Inggris?

Jangan khawatir, karena dalam penjelasan kali ini akan diberikan sejumlah kalimat yang bisa Anda gunakan untuk mendeskripsikan diri ketika sedang wawancara kerja dalam bahasa Inggris. Sebagian besarnya tentu saja menggunakan kata sifat tertentu, dan biasanya untuk melamar pekerjaan, tentu Anda akan menggunakan kata-kata sifat yang baik.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa kalimat yang bisa Anda gunakan untuk mendeskripsikan diri ketika sedang wawancara dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

Mendeskripsikan Diri Secara Umum

Biasanya dalam wawancara pekerjaan, Anda akan diminta untuk mendeskripsikan diri Anda. Jika Anda ingin menjawabnya dengan cara yang cukup umum dari berbagai sudut pandang, Anda bisa menggunakan beberapa kalimat di bawah ini.

  • I would say that I am thoughtful. I put a lot of thoughts in my work and always tries to consider it from many aspects. (Saya rasa bahwa saya bijaksana. Saya menaruh banyak pertimbangan dalam pekerjaan saya dan selalu berusaha untuk melihatnya dari berbagai macam aspek)
  • I am productive at work because I rarely ever give myself more time to rest than needed. (Saya produktif ketika bekerja karena saya jarang membiarkan diri sendiri beristirahat lebih dari apa yang dibutuhkan)
  • I am quick to learn new stuffs that would be incredibly useful at work. (Saya bisa cepat belajar hal-hal baru yang bisa menjadi sangat berguna di tempat kerja)
  • Looking from my background, I would also say that I am very compassionate with the works that I do. (Dilihat dari latar belakang saya, saya juga bisa mengatakan bahwa saya memiliki banyak kasih sayang dengan pekerjaan yang saya lakukan)
  • I always try to be consistent with my work especially regarding the quality of it. (Saya selalu berusaha untuk konsisten dengan pekerjaan saya terutama dengan kualitas pekerjaannya)
  • I am very much knowledgeable in my line of work. (Saya miliki begitu banyak pengetahuan dalam jenis pekerjaan saya)
  • If I have to work in a group, I am glad to say that I could be very cooperative. (Jika saya harus bekerja dalam sebuah kelompok, saya senang mengatakan bahwa saya bisa sangat kooperatif)
  • I could be a good follower but I would still be independent with my work. (Saya bisa menjadi pengikut yang baik namun saya masih akan mandiri dengan pekerjaan saya)
  • I am always precise with my work because I know that would affect the quality. (Saya selalu tepat dengan pekerjaan saya karena saya tahu itu akan memengaruhi kualitasnya)

Mendeskripsikan Diri dengan Sifat Analitis

Jika Anda melakukan wawancara untuk pekerjaan tertentu, mungkin Anda harus menunjukkan sisi analitis Anda agar lebih menonjol. Biasanya sisi ini diperlukan untuk posisi-posisi yang memerlukan ide strategis untuk melakukan pekerjaannya. Anda bisa mendeskripsikan diri Anda dengan menggunakan beberapa kalimat di bawah berikut ini.

  • I am very assertive with the works that I have done. (Saya sangat tegas dengan pekerjaan-pekerjaan yang telah saya lakukan)
  • I could be very attentive with my work to maintain the quality of it. (Saya bisa memberikan banyak perhatian pada pekerjaan saya untuk menjaga kualitasnya)
  • I might be too direct when it comes to work but only to ensure the result would be good. (Saya mungkin terlalu jujur dalam hal pekerjaan namun hanya untuk memastikan bahwa hasilnya akan bagus)
  • When doing my work, I always try to be customer-oriented. (Ketika mengerjakan pekerjaan saya, saya selalu berusaha untuk berorientasi pada pelanggan)
  • I always try to be methodical with my work so I could bring the best result. (Saya selalu berusaha untuk menggunakan metode dengan pekerjaan saya agar saya bisa memberikan hasil terbaik)
  • To bring out the best work, I am always resourceful. (Untuk memberikan pekerjaan yang terbaik, saya selalu memiliki banyak akal)
  • My way of working might be a little bit unconventional, but that is exactly the reason why I always bring the best result to my last job. (Cara bekerja saya mungkin sedikit tidak biasa, namun itu justru alasan mengapa saya selalu memberikan hasil terbaik pada pekerjaan terakhir saya)

Mendeskripsikan Diri dengan Sifat Kreatif

Salah satu sifat yang juga sering dicari dalam dunia kerja adalah sisi kreatif sang karyawan. Hal ini penting untuk Anda tunjukkan dalam wawancara pekerjaan karena dapat menjamin kemampuan Anda untuk berpikir secara kreatif dalam memecahkan masalah. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mendeskripsikan sisi kreatif Anda.

  • I could be a little controversial but I find that sometimes, that is just what is needed to solve a problem. (Saya bisa menjadi sedikit kontroversial namun saya rasa bahwa terkadang hal tersebut dibutuhkan untuk memecahkan sebuah masalah)
  • I have a few capabilities that I would say makes me talented, especially to approach some problems at work. (Saya memiliki beberapa kemampuan yang menurut saya membuat saya bertalenta, terutama dalam mendekati beberapa permasalahan di kerjaan)
  • Even if I am very much discipline at workplace, I would also say I always try to be fun, especially while working with others. (Bahkan walaupun saya sangat disiplin di tempat kerja, saya rasa saya juga selalu berusaha menjadi menyenangkan, terutama ketika bekerja bersama orang lain)
  • In working in teams, I could be a very collaborative person. (Ketika bekerja sama dalam sebuah kelompok, saya bisa menjadi orang yang sangat kolaboratif)
  • Some people might find me a little too upbeat but I think it’s important to keep the energy up at work. (Beberapa orang mungkin merasa saya terlalu ceria namun menurut saya penting untuk menjaga energi tinggi di tempat kerja)

Itulah dia beberapa kalimat yang dapat Anda gunakan untuk mendeskripsikan diri Anda sendiri ketika sedang melalui wawancara kerja dalam bahasa Inggris. Semoga dapat membantu dalam mempelajari bahasa Inggris lebih lanjut.