sederet kamus
Translate: Tutorial:

Kamu Bau Deh .. (How To Politely Say Someone Smells)

Bau merupakan suatu hal yang pasti dimiliki oleh tiap orang dan tiap orang memiliki bau yang berbeda-beda karena bau seseorang dipengaruhi oleh berbagai macam hal yang tentunya tidak sama satu orang dengan lainnya, seperti bau dari parfum yang seseorang kenakan, sabun, makanan, tingkat stres, bahkan dari lingkungan di mana orang tersebut tinggal dan masih banyak aspek lainnya. Dan tak dapat di pungkiri lagi bahwa selain bau yang menyenangkan, ada juga bau yang tidak menyenangkan yang salah satunya adalah bau badan (body odour).

Menghabiskan waktu dengan orang yang bau badan tentu tidak menyenangkan tetapi memberitahu orang tersebut bahwa ia bau merupakan hal yang sulit dan seringkali menimbulkan kekhawatiran, terutama dalam dunia kerja.   Tidak sedikit orang yang menghindar untuk menyampaikan topik ini karena takut akan menyakiti perasaan orang yang bersangkutan atau bahkan merusak hubungan. Akan tetapi jika anda sudah memutuskan bahwa anda ingin menyampaikan masalah ini, maka anda perlu untuk mempersiapkan diri terutama jika anda harus menyampaikannya dalam bahasa Inggris. Berikut beberapa saran dan cara memberitahu seseorang bau badan dengan sopan dalam bahasa Inggris.

1. Jangan terburu-buru

Hal pertama yang perlu anda lakukan sebelum mengemukakan pendapat anda adalah pastikan bahwa hal itu benar-benar perlu untuk disampaikan dan apakah hal itu benar-benar mengganggu anda. Jangan terburu-buru untuk menyampaikan “keluhan” anda hanya karena anda merasa terganggu karena beberapa kejadian yang tidak menyenangkan. Kemukakan pendapat anda jika hal itu menyebabkan masalah bagi anda atau anda cukup yakin bahwa hal tersebut mulai menyebabkan masalah pada orang yang bersangkutan. Anda juga bisa menyampaikan pendapat anda jika anda yakin bahwa masalah itu akan terus menerus terjadi.

2. Jangan beri “petunjuk”

Mungkin anda berasumsi cara paling mudah untuk menyampaikan bahwa seseorang itu bau adalah dengan memberikan “petunjuk kecil” untuk mendorong mereka melakukan sesuatu akan hal tersebut. Contohnya seperti meletakkan deodoran atau parfum di meja kerjanya. Sebenarnya itu merupakan ide yang buruk karena meski pun mungkin hal itu akan membantu tetapi cara tersebut akan membuat orang tersebut merasa sangat malu. Dan di sisi lain, kemungkinan besar cara tersebut tidak akan berhasil. Kemungkinan besar orang tersebut akan mengira bahwa deodoran/parfum tersebut milik orang lain, bukan “petunjuk” yang diberikan kepadanya karena seringkali seseorang tidak menyadari bahwa dirinya bau badan.

3. Jangan menjadi “si penyampai pesan”

Salah satu ketakutan utama saat akan menyampaikan masalah sensitif seperti ini adalah orang tersebut akan mengira kita sedang menyerangnya secara pribadi atau dengan kata lain ingin menjatuhkannya. Oleh karena itu, seringkali kita mengubah kalimat kita sehingga menunjukkan seakan-akan kita sedang menyampaikan pesan dari orang lain. Dan lagi, hal ini merupakan ide yang buruk karena jika anda menggunakan cara ini tentu orang yang bersangkutan akan merasa sangat malu karena mengetahui orang lain membicarakan baunya di belakangnya. Hal itu bisa berdampak buruk nanti, seperti ia menjauh dari teman-teman yang berada dalam satu kelompok dengan anda atau bahkan ia akan keluar dari tempat kerjanya jika anda merupakan kolega/atasannya.

4. Lakukan pembicaraan dua arah

Dan hal lain yang perlu anda perhatikan sebelum menyampaikan pendapat anda adalah pastikan anda akan melakukan pembicaraan dua arah. Cobalah ajak lawan bicara anda untuk berbicara dan dengarkan apa yang mereka bicarakan agar anda tidak terkesan sedang menggurui atau mencemooh tetapi anda ingin memberitahunya tanpa maksud yang buruk.

Dan berikut 5 langkah yang bisa anda terapkan saat akan memberitahu seseorang bahwa ia bau badan dengan sopan dalam bahasa Inggris.

5. Sampaikan di ruang privat

Bau badan seseorang bukanlah topik yang pantas untuk dibicarakan dalam rapat maupun dalam suatu perkumpulan. Usahakan saat anda menyampaikan masalah ini, anda lakukan di tempat privat dimana anda tahu bahwa anda tidak akan terganggu. Hal ini perlu dilakukan untuk meminimalkan rasa malu dari lawan bicara anda dan untuk menunjukkan bahwa anda menghargai dia, bukan ingin menjatuhkannya.

6. Mulai dengan sopan dan ramah

Setelah anda bersama dengannya di ruang yang privat, anda perlu membangun sedikit hubungan baik dan menciptakan suasana sesantai mungkin. Usahakan anda memulai pembicaraan dengan sopan dan ramah untuk menunjukkan bahwa anda seorang teman yang ingin membantunya, bukan menyerangnya secara pribadi. Anda bisa mulai pembicaraan ringan lalu pelan-pelan memasukkan topik yang ingin anda bicarakan. Berikut contoh kalimat yang bisa anda gunakan:

  •  Kalimat pembuka — bisa dengan pujian
    • Hey Matt, you know, you are a great man and also a great friend. — casual (Halo Matt, kamu tau, kamu adalah pria yang baik dan juga teman yang baik.)
    • Look, I like you a lot and I really enjoy spending time with you. (Lihat, aku sangat suka dengan dirimu dan aku sangat menikmati menghabiskan waktu denganmu.)
    • You know, you are a valuable member of this team and also you are a hard worker. — more formal (Anda tahu, anda adalah anggota tim yang berharga dan juga anda adalah    seorang yang pekerja keras. — lebih formal)
  • Pengenalan maksud pembicaraan
    • I need to tell you about something as a friend, but it’s a sensitive matter. I hope you don’t mind I’m telling you this. (Saya butuh untuk memberitahu dirimu sesuatu sebagai teman, tetapi hal ini masalah sensitif. Saya harap anda tidak keberatan saya memberitahu anda hal ini.)
    • But I need to be honest about something that have been bothering me. I don’t want to make you feel bad or apologize about it but I think it’s the best for us if I tell you about this. (Tapi saya harus jujur tentang sesuatu yang telah mengganggu saya. Saya tidak ingin anda merasa buruk atau minta maaf akan hal ini tetapi saya rasa lebih baik bagi kita jika saya memberitahu anda mengenai hal ini.)
    • This is a little bit uncomfortable, I hope I don’t offend you but I need to tell you that I believe there is a personal hygiene issue. (Ini sedikit tidak nyaman, saya harap saya tidak menyinggung perasaan anda, tetapi saya perlu memberitahu anda bahwa saya rasa ada masalah kebersihan diri.)

7. Sampaikan dengan jelas

Setelah anda menyampaikan pengenalan dari keresahan anda, lanjutkan dengan inti masalah yang anda alami dengan jelas. Jangan berhenti pada istilah seperti “personal hygiene issue” (masalah kebersihan diri) atau “bau” tanpa penjelasan lebih lanjut karena akan menyebabkan kebingungan pada orang yang bersangkutan. Ia tidak akan mengerti “bau” mana yang mengganggu anda. Berikut contoh kalimat yang bisa anda terapkan.

Penyampaian maksud pembicaraan

  • Well, you probably aren’t aware of this but I’ve noticed you’ve had a bit of body odour recently and I wanted to tell you so you could fix it. (Jadi, anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi saya perhatikan anda mengalami sedikit bau badan akhir-akhir ini dan saya ingin memberi tahu anda agar Anda bisa memperbaikinya.)
  •  I’m sure you’re not aware of it but thought you’d like to know that I’m      noticing an odd odor these days. I think it might be your          (shirt/socks/pants/etc). (Saya yakin anda tidak menyadarinya, tetapi saya pikir mungkin anda ingin tahu bahwa saya mencium bau yang aneh beberapa hari ini. Saya pikir itu mungkin dari (baju/kaos kaki/celana/dll) anda.)
  • I’ve noticed a body odor of yours that I find unpleasant. (Saya baru menyadari bau badan anda yang menurut saya tidak menyenangkan.)

8. Konfirmasi kembali hubungan anda

Setelah anda menyampaikan pendapat anda, anda bisa mengonfirmasikan kembali hubungan anda dengan lawan bicara anda tersebut. Anda bisa mengatakan harapan anda bahwa apa yang anda sampaikan tidak akan membuat hubungan anda rusak atau adanya perasaan yang tidak enak. Berikut contoh kalimat yang bisa anda terapkan.

  • I hope you don’t mind me interfering and I hope you’d feel comfortable doing the same for me. (Saya harap anda tidak keberatan saya ikut campur dan saya berharap anda merasa nyaman untuk melakukan hal yang sama kepada saya.)

9. Tanyakan pendapatnya

Sebagai penutup anda bisa tanyakan pendapat lawan bicara anda tentang bau badan yang ia alami seperti apakah ia tahu bahwa ia memiliki masalah tersebut atau apakah ia memiliki alasan kesehatan yang mengakibatkan dirinya mengalami bau badan yang tidak menyenangkan. Hal ini bersifat opsional. Berikut contoh kalimat yang bisa anda terapkan.

  • Is this a problem you aware of? (Apakah ini masalah yang anda sadari?)
  • Are there any problem that you face that cause you this issue? (Apakah ada masalah yang anda hadapi yang menyebabkan anda mengalami masalah ini?)

Jika ia memberitahu anda adanya alasan kesehatan yang menyebabkannya mengalami masalah tersebut, anda bisa menggunakan kalimat di bawah ini.

  • Oh, I’m so sorry I brought it up. Thank you for telling me. I won’t mention it again. (Oh, Saya sungguh menyesal telah mengungkitnya. Terima kasih telah memberitahu saya. Saya tidak akan mengatakannya lagi.)

Saat anda menyampaikan masalah sensitif ini, anda juga perlu memperhatikan dan menunjukkan sikap tubuh, intonasi dan ekspresi yang ramah dan juga tunjukkan bahwa anda benar-benar peduli pada lawan bicara anda. Anda juga bisa menyiapkan dan memberikan hadiah kecil setelah percakapan anda selesai sebagai bentuk kepedulian dan dukungan anda. Hadiah tersebut bisa berupa beberapa peralatan kebersihan diri seperti, deodoran, sabun mandi, sisir dan lain sebagainya, yang anda kemas secara apik. Jangan berikan hadiah berupa beberapa peralatan kebersihan diri yang anda masukkan dalam kantong plastik begitu saja. Sekian pembelajaran hari ini. Selamat belajar dan mencoba.