sederet kamus
Translate: Tutorial:

Kata-kata Bahasa Inggris yang Membingungkan

Commonly Confused English Words

Dalam Bahasa Inggris, kita sering menjumpai kata-kata yang hampir sama pengucapannya, sama penulisannya namun berbeda makna dan artinya. Kita sering salah dalam mempergunakannya. Sebagian orang kadang menggunakannya secara terbalik, atau bahkan tidak mengerti maknanya ketika sedang berbicara dengan orang lain.

Dalam artikel ini kita akan membicarakan tentang beberapa contoh kata dalam bahasa inggris yang sering atau umumnya membingungkan, dalam segi makna, penulisan atau cara membacanya.

1. LOSE dan LOOSE

Sekilas, dua kata ini terlihat hampir sama. Namun, keduanya jelas memiliki ejaan atau tulisan yang berbeda, car abaca serta maknanya pun berbeda.

  • LOSE

Di eja sebagai L – O – S – E, dan dibaca lo͞oz, memiliki arti kalah, tidak memiliki sesuatu yang tadinya dimiliki atau kehilangan sesuatu.

Contoh:

“I lose my phone during the camp last night” (aku kehilangan teleponku selama perkemahan semalam)

“She lose her job just because she can’t get rid of her habitual moody manner” (dia kehilangan pekerjaannya hanya karena dia tidak bisa menghilangkan kebiasaan moody nya)

  • LOOSE

Di eja dengan L – O – O – S – E, dibaca lo͞os, memiliki arti bebas, tidak terikat atau tidak kencang. Kata ini juga merupakan suatu kata sifat. Dan bisa memiliki arti melepas ikatan atau melepaskan sesuatu.

Contoh:

“The pants almost feel of her hips because it is too loose” (celananya hampir jatuh dari pinggannya karena celana itu terlalu longgar)

“Wearing loose clothes is comfortable when you are sleeping” (memakai pakaian yang longgar sangat nyaman ketika kamu tidur)

2. RESIGN dan RE – SIGN

Kata-kata ini sangat sulit untuk dibedakan, kecuali kita membaca tulisannya dan mengerti saat orang lain mengatakannya dalam suatu kalimat. Karena cara keduanya benar-benar hampir sama.

  • RESIGN

Dieja dengan R – E – S – I – G – N, kata ini dibaca rĭ-zīn′.  dan memiliki arti mengundurkan diri.

Contoh:

“This job isn’t suitable with me. So I decided to resign and this month will be my last month” (pekerjaan ini tidak cocok denganku. Jadi aku memutuskan untuk mengundurkan diri dan bulan ini akan menjadi bulan terakhirku bekerja)

  • RE – SIGN

Dieja sama dengan kata sebelumnya, namun penulisannya menggunakan tanda penghubung. Dibaca rē-sīn′, dan memiliki arti kembali melamar.

Contoh:

“I love this job so much, and I am gladly to re – sign for another year” (aku sangat menyukai pekerjaan ini, dan aku dengan senang melamar kembali pekerjaan ini untuk tahun berikutnya)

3. ADVICE dan ADVISE

Berikutnya, kedua kata ini memiliki arti yang sama, hanya memiliki perbedaan pada prngucapannya yang sedikit berbeda.

  • ADVICE

Kata pertama merupakan suatu kata benda yang dibaca ăd-vīs′. memiliki arti nasehat.

Contoh:

“My mom gave advice, that being myself is the key to be a success person” (ibuku memberiku nasihat, bahwa menjadi diri sendiri adalah kunci untuk menjadi seorang yang sukses)

  • ADVISE

Advise memiliki arti menasehati, kata ini dibaca ăd-vīz′ dan merupakan suatu kata kerja.

Contoh:

“My dad advised me to be the nicest girl I could be” (ayahku menasehatiku untuk menjadi gadis paling baik yang aku bisa)

4. AFFECT dan EFFECT

Kedua kata ini juga pada dasarnya memiliki arti yang sama namun dengan penggunaan yang sedikit berbeda.

  • AFFECT

Affect dibaca ə-fĕkt′, yang merupakan kata kerja. Memiliki arti suatu hasil atau konsekuensi dai suatu perbuatan.

Contoh:

“I’m worried that your smoking habit may affect your healthy” (aku khawatir jika kebiasaan merokokmu mungkin memberikan efek buruk pada kesehatanmu)

  • EFFECT

Effect dibaca menggunakan suara “I”, yaitu ĭ-fĕkt′. Memiliki arti yang sama dengan Affect namun merupakan kata benda.

Contoh:

“Before taking that skin care procedure, consider the effect to your body first” (sebelum melakukan prosedur perawatan kecantikan itu, pertimbangan efeknya untuk tubuhmu dahulu)

5. COMPLIMENT dan COMPLEMENT

  • COMPLIMENT

Compliment dibaca kŏm′plə-mənt, adalah suatu pujian terhadap orang lain. Cara membacanya sedikit berbeda denga Complement.

Contoh:

“I just blushing hearing Dona complimenting about my looks for this party” (aku merona mendengar Dona memuji penampilanku pada pesta ini)

  • COMPLEMENT

Complement dibaca kŏm′plə-mənt, adalah suatu hal atau benda yang saling melengkapi. Biasanya digunakan untuk mengungkapkan suatu makanan atau fashion terlihat baik ketika ada pasangannya.

Contoh:

“This sauce is really complementing the beef steak well. I will come for another meal here. I’ll bring my mom” (Saus ini benar-benar melengkapi stik sapi ini dengan baik. Aku akan datang lagi untuk makanan lain. Aku akan mengajak ibuku kemari)

6. DISINTERESTED dan UNINTERESTED

Kebanyakan orang sering salah menggunakan kedua kata ini dengan maksud yang sama. Padahal, pada kenyataannya dua kata ini memiliki makna yang berbeda.

  • DISINTERESTED

Disinterested sebenarnya memiliki arti tidak mengikuti, tidak mengabil bagian atau tidak memihak salah satu pihak dalam suatu debat ataupun suatu perang argument.

Contoh:

“Sometimes strangers can be disinterested and easily make a decision to a long argument than family member can do” (kadang-kadang orang asing(bukan keluarga) bisa tidak mengambil pihak manapun dan dengan mudah membuat keputusan untuk suatu perdebatan panjang daripada anggota keluarga)

  • UNINTERESTED

Sedangkan uninterested memiliki arti tidak tertarik atau bosan terhadap suatu hal.

Contoh:

“They are uninterested on how the eclipse happen. So, they can’t answer any of the questions” (mereka tidak tertarik terhadap bagaimana gerhana terjadi. Jadi, mereka tidak bisa menjawab satu pertanyaan pun)

7. BEAR dan BARE 

  • BEAR 

Bear dibaca bâr, merupakan kata kerja dapat diartikan sebagai “bisa menahan”.

Contoh:

“I can bear the pain of getting burned on my knees. But really, having a toothache is something else” (Aku bisa menahan sakitnya terbakar pada lututku. Tapi sungguh sakit gigi adalah sesuatu yang lain)

  • BARE

Bare dibaca bâr, memiliki arti telanjang atau tidak ditutupi.

Contoh:

You can see them inside the temple, but remember that you should not enter with a bare arm or knees, so wear a long pants and long jacket” (kamu bisa melihat mereka di dalam kuil, tapi ingat bahwa kamu tidak boleh masuk dengan tangan atau lutut terlihat, jadi gunakan celana panjang atau jaket)

Demikian adalah beberapa contoh pasangan kata yang sering membingungkan dalam bahasa inggris.