sederet kamus
Translate: Tutorial:

Kata-Kata Pembuka Presentasi Dalam Bahasa Inggris

Dalam bidang pendidikan dan pekerjaan, presentasi merupakan salah satu hal yang sangat penting dan sering dilakukan. Akan tetapi, di era globalisasi ini, presentasi menggunakan bahasa Inggris semakin sering dilakukan. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk belajar bagaimana cara melakukan presentasi dalam bahasa Inggris.

Salah satu hal yang paling penting dalam presentasi adalah pembukanya. Pembuka presentasi merupakan hal yang paling penting namun juga bukan bagian yang besar dalam presentasi sendiri. Sebagai pembicara, Anda hanya memiliki beberapa menit untuk membuka presentasi dengan baik dan menarik bagi para pemirsa.

Sebelumnya, penting untuk Anda mengetahui dua elemen utama yang harus dimiliki pembuka presentasi yang bagus. Pembuka presentasi haruslah dapat menarik perhatian dan menyampaikan inti tujuannya. Cara Anda membuka presentasi harus membuat orang yang menyaksikan mau terus mendengarkan Anda dan mendapatkan inti dari presentasi Anda.

Terdapat berbagai macam gaya dan metode dalam membuka presentasi. Mulai dari anekdot orang ketiga, atau bahkan dengan menceritakan kisah Anda pribadi. Semuanya memiliki bentuk sendiri yang bisa jadi tepat untuk mencapai tujuan dan menyampaikan topik presentasi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah sejumlah cara untuk membuka presentasi dalam bahasa Inggris.

Pembukaan Pengalaman Sama

Pembukaan macam ini akan sangat berguna jika terdapat perbedaan jarak yang jelas antara Anda dan orang yang menyaksikan. Misalnya, jika Anda sudah berumur 50 tahun ke atas dan berusaha untuk membuat presentasi kepada anak-anak SMP. Jika Anda ingin menyampaikan pesan Anda dengan sukses, ada baiknya Anda mencoba menghilangkan perbedaan jarak tersebut dahulu.

Membuka presentasi dengan kisah yang serupa, statistik, tujuan, atau keinginan, dan membawakannya dengan rendah hati akan dapat menggaet perhatian penonton dengan mudah. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh pembuka presentasi dengan cara tersebut.

It might be hard to comprehend, but I was once a teenager just like all of you. Just like most of you in this room today too, I used to struggle in looking for a motivation to study. That is why today I would like to talk to you about self-motivation. This is the one thing that I wished I had learned when I was your age.

(Ini mungkin sulit untuk dimengerti, namun saya dulu pernah menjadi remaja seperti kalian semua. Sama seperti sebagian besar dari kalian di ruangan ini hari ini juga, saya pernah kesulitan dalam mencari motivasi untuk belajar. Itulah mengapa hari ini saya ingin berbicara kepada kalian mengenai motivasi diri. Ini adalah satu hal yang saya harapkan saya pernah pelajari ketika saya seumuran kalian)

Pembukaan Deskriptif

Konsep abstrak yang sering digunakan dalam presentasi teknis sesungguhnya terdengar sangat membosankan dan akan membuat orang tidak mendengarkan presentasi Anda. Ketika kalimat yang digunakan terasa lebih dapat digambarkan, pesan yang dibawa akan tersampaikan dengan lebih melekat. Kata-kata deskriptis dapat membuat pembukaan presentasi Anda mendapatkan perhatian lebih. Berikut ini adalah contoh kalimat pembukaan deskriptif.

Every semester, some parents would see a low score on their children’s test and it would bring them stress. Not only the parents, but their children would also feel stressed for not being able to improve their score. That is why, I am developing a new approach in teaching students so that they will be more likely to get good grades.

(Setiap semester, beberapa orang tua melihat nilai yang rendah pada hasil ujian anak mereka dan itu membuat mereka stress. Bukan hanya para orang tua, namun anak-anak mereka juga akan merasa stress karena tidak bisa memperbaiki nilai mereka. Itulah mengapa, saya mengembangkan pendekatan yang baru dalam mengajarkan anak murid agar mereka lebih berpeluang mendapatkan nilai yang bagus)

Pembukaan Belajar Dari Pengalaman

Apakah Anda mengingat momen di hidup Anda ketika Anda mendapatkan kebaikan atau saran yang sangat berharga dari orang lain yang mengubah Anda selamanya? Atau mungkin kesulitan yang Anda lalui yang ternyata memiliki nilainya sendiri?

Belajar dari pengalaman adalah pembukaan yang sangat sempurna untuk membuka presentasi. Hal ini akan membuat yang menyaksikan berpikir bahwa mereka mungkin dapat mendapatkan ilham yang sama dengan menyaksikan presentasi Anda. Dengan begitu, Anda telah mendapatkan perhatian mereka. Berikut ini adalah contoh kalimat pembuka yang bisa Anda gunakan.

A few years ago, I was out of job while my mother is in the hospital and the bills keep stacking up. I decided to attend a seminar much like this one that made me gained knowledge to start my own business. Today, I would like to share that knowledge, and more, to all of you here.

(Beberapa tahun yang lalu, saya pengangguran ketika Ibu saya sedang masuk rumah sakit dan tagihan terus bertambah. Saya memutuskan untuk menghadiri sebuah seminar yang mirip seperti seminar ini yang membuat saya mendapatkan pengetahuan untuk memulai bisnis sendiri. Hari ini, saya ingin membagikan pengetahuan tersebut, dan lebih lagi, kepada kalian semua di sini)

Pembukaan Kisah Orang Lain

Kisah adalah cara yang bagus untuk mengkomunikasikan kondisi manusia saat ini. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba memilih kisah yang pernah Anda dengar dan gunakan kisah tersebut untuk mendukung pesan utama presentasi Anda. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh kalimat untuk membuka presentasi dengan menceritakan kisah orang lain.

I once met a kid named Natasya who lived in a small house with her 5 siblings. She had to quit studying at school to work because she is the backbone of the family. Because of that, she never even graduated from elementary school. However, she could have still studied through a new informal education system that my team has developed.

(Saya pernah bertemu seorang anak bernama Natasya yang tinggal di rumah kecil bersama kelima saudaranya. Dia harus berhenti belajar di sekolah untuk bekerja karena dia adalah tulang punggung keluarganya. Karena itu, dia bahkan tidak pernah lulus dari SD. Akan tetapi, dia sebenarnya masih bisa belajar melalui sistem pendidikan informal yang telah dikembangkan oleh tim saya)

Pembukaan Menantang

Pembukaan jenis ini dimulai dengan pertanyaan yang harus menantang cara berpikir orang umumnya. Strategi ini bisa ampuh jika Anda berusaha untuk mengubah pendapat penonton dan membuat mereka memikirkan ulang pengetahuan yang telah didapatkan sebelumnya. Anda harus bisa dengan cepat mengubah jawaban penonton menjadi poin yang ingin Anda sampaikan.

Have you always thought that the backbone of a family has to be a man? In this presentation, I will tell you some stories in which that is not the case and what happen if the backbone of a family is a woman.

(Apakah Anda selalu mengira bahwa tulang punggung keluarga harus seorang laki-laki? Dalam presentasi ini, saya akan menceritakan beberapa kisah yang menunjukkan kasus berbeda dan apa yang terjadi jika tulang punggung keluarga adalah seorang perempuan)

Pembukaan Membedakan Dua Hal

Teknik ini menunjukkan perbedaan antara dua konsep, posisi, ide, atau kata-kata. Sebagai hasilnya, pendekatan ini berguna jika Anda ingin membuat orang lain mengubah sudut pandang mereka dan merangkul pemikiran yang baru. Sebagai contohnya, berikut ini adalah sebuah kalimat yang menggunakan pembukaan jenis tersebut.

What we want is what we need. Is that true? Many people believe that phrase, but it is actually a common mistake. What we want is not always what we need, but that doesn’t mean that we should only learn what does a customer need. However, focusing on wants would only lasts for a short-term success, while focusing on needs will bring a longer term success.

(Apa yang kita inginkan adalah apa yang kita butuhkan. Apakah itu benar? Banyak orang yang percaya pada kalimat itu, namun itu adalah kesalahan umum. Apa yang kita inginkan bukan selalu apa yang kita butuhkan, namun bukan berarti bahwa kita harus hanya mempelajari apa yang dibutuhkan oleh pembeli. Akan tetapi, berfokus pada keinginan hanya akan bertahan kesuksesan sebentar, sementara berfokus pada kebutuhan akan memberikan kesuksesan jangka panjang)

Pembukaan Informasi Terselubung

Anda tahu bahwa Anda akan menghadapi sekurumunan orang yang sudah cukup berpengetahuan mengenai subjek yang akan Anda bicarakan. Meski begitu, Anda tidak perlu takut terdengar membosankan. Karena orang yang tahu banyak tentang suatu topik juga ternyata masih tertarik untuk mempelajari beberapa hal dari topik tersebut yang belum ia ketahui.

Jika Anda bisa menemukan sebagian kecil pengetahuan yang belum diketahui tersebut atau melihat sebuah topik dari sudut pandang yang berbeda, orang-orang akan tetap tertarik untuk mendengarkan Anda hingga selesai. Sebagai contohnya, berikut ini adalah contoh kalimat pembuka dengan informasi tersebut.

Feminism today is being defined mostly as a form of liberalism by white feminists. However, not many knows that the core ideology for feminism is rooted on communism. This unknown root is actually the answer to all of the problematics being faced by today’s feminists.

(Feminisme hari ini didefinisikan sebagian besar sebagai bentuk liberalisme oleh feminis kulit putih. Akan tetapi, tidak banyak yang mengetahui bahwa ideologi inti untuk feminisme berakar pada komunisme. Akar yang tidak diketahui ini sebenarnya adalah jawaban dari semua problematika yang dihadapi oleh feminis saat ini)

Pembukaan Definisi Ulang

Definisi dari kamus seringkali digunakan dalam presentasi amatir yang terlihat membosankan. Akan tetapi, definisi tersebut sebenarnya bisa digunakan dengan cara yang menarik untuk membuka sebuah presentasi. Caranya adalah dengan memberikan definisi baru pada sebuah kata yang Anda gunakan. Sebagai contohnya, berikut adalah kalimat pembuka untuk jenis ini.

Classmate is defined as a member of a class by the dictionary. However, I define all of you as more than just a member of a class. Every one of you is my friend, my trustee, my guides, and my teacher in some part. We were also each other’s rivals in class as we pushed one another to grow.

(Teman sekelas didefinisikan sebagai anggota sebuah kelas oleh kamus. Akan tetapi, saya mendefinisikan kalian semua sebagai lebih dari hanya anggota sebuah kelas. Kalian semua adalah teman saya, kepercayaan saya, penuntun saya, dan guru saya di beberapa bagian. Kita juga merupakan lawan satu sama lain di kelas sambil kita mendorong satu sama lain untuk tumbuh)

Pembukaan Bersejarah

Jenis pembukaan satu ini menggunakan pengetahuan sejarah yang dapat  Anda hubungkan dengan topik yang akan Anda presentasikan. Dengan menggunakan kejadian bersejarah yang pernah terjadi, Anda bisa menggambarkan lebih jelas poin yang ingin disampaikan. Sebagai contohnya, berikut ini adalah kalimat pembuka yang menggunakan kalimat bersejarah.

This day in history, Benjamin Franklin discovered electricity. Today, we are going to talk how to make electricity into a sustainable energy that could power up this whole planet without risking the Earth’s future.

(Dulu dalam sejarah di hari yang sama, Benjamin Franklin menemukan listrik. Hari ini, kita akan membicarakan bagaimana cara membuat listrik menjadi energi terbarui yang bisa memberi tenaga pada seluruh planet ini tanpa meresikokan masa depan Bumi)

Pembukaan Statistik

Statistik berguna juga untuk membuka sebuah presentasi jika data yang diumumkan dapat membuat orang terkejut. Sebagai contohnya, berikut ini adalah penggunaan statistik dalam pembukaan presentasi bahasa Inggris.

In 2016 alone, the number of domestic violence that was reported to the police was 40,564 cases. However, in the last year, we have seen a growing number that reached 100,263 cases. While the cases of domestic violence continues to grow, the number of divorce cases itself declines. This finding has been particularly disturbing for us as we realized that more women are trapped in their abusive marriage.

(Pada tahun 2016 saya, jumlah kekerasan dalam rumah tangga yang dilaporkan ke polisi adalah 40,564 kasus. Akan tetapi, pada tahun lalu, kita telah melihat kenaikan angka yang mencapai 100,263 kasus. Sementara kasus kekerasan dalam rumah tangga terus bertambah, jumlah kasus perceraian sendiri semakin berkurang. Penemuan ini sangat mengganggu bagi kami karena kami menyadari bahwa semakin banyak perempuan terjebak di dalam pernikahannya yang abusif)

Pembukaan Misterius

Terdapat suatu hal yang mengisi hampir semua media televisi ataupun radio, hal itu adalah misteri. Semua orang menyukai misteri dan bisa juga digunakan sebagai pembuka presentasi. Cara melakukannya mudah, berikan satu pertanyaan di awal presentasi Anda dan jawab pertanyaan tersebut sedikit demi sedikit seiring berjalannya presentasi Anda. Jangan lupa, simpan jawaban besarnya pada akhir presentasi.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa pertanyaan misterius yang bisa Anda lontarkan dalam pembuka presentasi.

  • Is it true that the human species will go extinct in the next 500 years? (Apakah benar bahwa spesies manusia akan punah dalam 500 tahun mendatang?)
  • What is the next big thing in digital marketing? (Apa hal besar selanjutnya dalam pemasaran digital?)
  • What will happen after the pandemic ends? (Apa yang akan terjadi setelah pandemik berakhir?)

Pembukaan Pertanyaan Ganda

Anda juga bisa mengambil perhatian orang dengan membuat tes kecil di awal presentasi mengenai topik Anda. Tes kecil terbuka ini dapat dilakukan untuk perbincangan dengan beberapa sudut pandang mengenai suatu masalah atau beberapa solusi untuk masalah yang sama. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh pembukaannya.

There are a few ways that we could do to enforce gender equality in the work place. We could a.) open up more positions available for women, b.) provide various courses that is more accessible for women, c.) erase the gap in payment between women and men working in the same position or, d.) empower more women to get in the professional field.

(Terdapat beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menegakkan kesetaraan gender di tempat kerja. Kita bisa a.) membuka lebih banyak posisi yang tersedia untuk perempuan, b.) memberikan berbagai macam pelatihan yang lebih dapat diakses untuk perempuan, c.) menghilangkan kesenjangan dalam gaji antara perempuan dan pria yang bekerja di posisi yang sama atau, d.) memberdayakan lebih banyak perempuan untuk memasuki bidang profesional.)

Pembukaan Tantangan

Tantangan akan membuat orang-orang bertindak atau mencapai tujuannya. Anda bisa membuka presentasi dengan sebuah tantangan jika Anda menginginkan sebuah perubahan, bertujuan untuk menggalang dana, meningkatkan penjualan, atau mencari relawan. Tujuan utamanya adalah memotivasi orang untuk bergerak. Orang-orang tidak hanya harus membeli pesan yang disampaikan namun juga bertindak untuk mewujudkannya. Berikut ini adalah contoh kalimat yang bisa digunakan dalam jenis pembukaan ini.

It is hard to find dreamers who could see possibilitires beyond the obstacles these days. However, today I intend to find my fellow dreamers to take action with me in making this world a better place. The earth is dying, and we need volunteers. We don’t need your money, nor your connections. We are just asking you to revive the Earth by planting seeds in the ground and help them grow day by day, months by months, and years after that.

(Sulit untuk menemukan pemimpi yang bisa melihat kemungkinan di balik halangan akhir-akhir ini. Akan tetapi, hari ini saya bertujuan untuk menemukan para pemimpi lainnya untuk mengambil tindakan bersama saya dalam membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik. Bumi saat ini sedang sekarat, dan kita membutuhkan relawan. Kita tidak membutuhkan uang kalian, ataupun koneksi kalian. Kita hanya meminta Anda untuk menghidupkan Bumi kembali dengan menanamkan bibit di dalam tanah dan membantunya tumbuh hari demi hari, bulan demi bulan, dan bertahun-tahun setelahnya)

Pembukaan Pertanyaan Retorikal

Apakah Anda berpikri bahwa membuka presentasi dengan pertanyaan dapat menarik perhatian orang? Benar sekali. Metode ini menarik orang-orang sejak awal. Pertanyaan retorikal akan membuat orang bertanya-tanya apakah sebenarnya memang mungkin untuk suatu hal tersebut dicapai atau bertanya mengapa suatu hal tersebut terjadi. Sebagai contohnya, berikut ini adalah beberapa kalimat dengan metode tersebut untuk membuka presentasi bahasa Inggris.

There are more than seven millions human on this planet and more than half are women. However, there is another statistic that baffles me. Even when there are more women than men in this planet, men still holds the power in our system. Why is that so? (Terdapat lebih dari tujuh juta manusia di planet ini dan lebih dari setengahnya adalah perempuan. Akan tetapi, terdapat statistik lain yang membuat saya terheran. Bahkan ketika terdapat lebih banyak perempuan daripada laki-laki di planet ini, laki-laki masih memegang kuasa di dalam sistem kita. Kenapa begitu?)

Every year, our company sees increase in productivity, service ratings, and we also have some very important and loyal customers. However, even after all these years, how are we still not No. 1 in our field? (Setiap tahun, perusahaan kita mendapatkan kenaikan dalam produktivitas, penilaian jasa, dan kita juga memiliki beberapa pelanggan yang sangat penting dan setia. Akan tetapi, bahkan setelah bertahun-tahun ini, kenapa kita masih belum berada di No. 1 dalam bidang kita?)

Pembukaan Aktivitas

Dari semua cara untuk membuka presentasi, cara ini yang paling ampuh dalam mendapatkan reaksi langsung dari orang. Gunakan metode ini ketika Anda melakukan presentasi untuk mengajarkan orang suatu keahlian tertentu. Akan tetapi, jangan lupa untuk membuat aktivitasnya menantang, karena jika tidak, orang-orang justru akan bosan dan tidak tertarik untuk berpartisipasi.

Itulah dia berbagai macam cara untuk membuka presentasi dalam bahasa Inggris beserta contohnya. Semoga dengan pelajaran kali ini, Anda dapat menerapkannya ketika melakukan presentasi di waktu mendatang. Diharapkan juga, Anda telah menambah kosakata yang biasa digunakan dalam membuka presentasi.