sederet kamus
Translate: Tutorial:

Kosakata Kata Tentang Nama-Nama Kejahatan / Kriminal

Memperkaya pembendaharaan kosa kata Bahasa Inggris adalah bagian untuk menguasai bahasa tersebut. Dengarkan berita atau baca berita surat kabar dan media lainnya. Tema yang sering dibicarakan adalah seputar tindak kejahatan.

Ketahui berbagai istilah kriminalisasi yang bermanfaat saat bercakap-cakap mengenai berita hangat mengenai kejahatan. Umumnya kosa kata ini memiliki bentuk yang mirip dari kata benda, kata sifat, maupun kata kerja. Contohnya seperti shoot (menembak-kata kerja) yang bisa juga jadi shooter (penembak – kata benda). Berikut adalah beberapa istilah beserta penjelasan singkatnya.

  • Abduct – Abduction

Kata Abduct berarti menculik. Kata ini berfungsi sebagai kata kerja. Untuk tindakannya sendiri sebagai kata benda jadi Abduction yang berarti penculikan. Sedangkan orang yang menculik disebut sebagai Abductor yang berarti “penculik”.

  • Arson – Arsonist

Arson dalam Bahasa Indonesia berarti pembakaran atau lebih tepatnya adalah pembakaran properti yang dilakukan dengan sengaja. Sebutan pelaku pembakaran tersebut dalam Bahasa Inggris disebut arsonist.

  • Assault – Assaulter – Assultable

Kata Assault memiliki beberapa arti dalam Bahasa Indonesia. Hal ini bisa jadi gangguan, penyerangan, pemaksaan, atau makar. Orang yang melakukannya disebut penyerang atau penggangu yang dalam Bahasa Inggris jadi Assulter. Satu kosa kata lainnya yang berkaitan adalah Assultable yang berarti dapat diserang atau dapat diganggu.

  • Burglary – Burglar

Arti dari kata Burglary adalah perampokan. Sedangkan untuk pelaku perampokan disebut burglar (perampok). Bila perampokan memakai senjata api maka istilahnya jadi armed robery. Untuk menceritakan situasi sebuah perampokan berita biasanya akan mengatakan bahwa the burglar is armed and dangerous. (perampok memiliki senjata dan berbahaya)

  • Bribery

Kosa kata yang satu ini berasal dari kata kerja bribe yang berarti menyuap atau menyogok. Tindakannya disebut Bribery berartinya penyogokan atau penyuapan. Sebutan orang yang melakukannya adalah Briber.

  • Child Abuse

Istilah untuk tindakan kekerasan pada anak adalah Child abuse. Istilah ini dapat digunakan untuk pelecehan baik secara fisik, verbal atau seksual. Pelaku tindak kekerasan pada anak dalam Bahasa Inggris disebut Child Abuser.  Tindakan kekerasan pada pasangan disebut Spousal Abuse.

  • Crime

Pembahasan kosa kata kriminal tentu perlu memasukan kata crime yang berarti kejahatan. Pelaku tindakan kejahatan disebut seorang criminal (kriminal). Sedangkan untuk kata kerjanya digunakan kata commit a crime (melakukan kejahatan). Kita mengenal juga istilah white collar crimes (kejahatan yang dilakukan dibidang bisnis) biasanya kejahatan perdata.

  • Corruption

Corruption berarti korupsi. Pelaku korupsi disebut corruptor. Kata-kata ini berasal dari kata kerjanya yakni corrupt.

  • Drug Trafficking

Drug trafficking adalah perdagangan narkoba. Kata ini juga bisa dipakai untuk perdagangan illigal lainnya seperti child trafficking (perdagangan anak), woman trafficking (perdagangan wanita) sampai organ trafficking (perdagangan organ tubuh)

  • Domestic Violence

Domestic violence memiliki persamaan dengan istilah spousal abuse. Istilah ini berarti kekerasan dalam rumah tangga. Kata lain yang sering digunakan untuk menjelaskan hal ini adalah family violance.

  • Embezzlement

Penggelapan uang dalam Bahasa Inggris disebut embezzle. Sedangkan tindakan pengelapan uang adalah embezzlement.

  • Fraud

Penipuan adalah Fraud. Kata ini juga dapat digunakan untuk mengganti kata embezzle untuk karena memiliki penggelapan uang dapat juga diartikan sebagai penipuan.

  • Forgery

Tindakan kriminal dengan memalsukan baik benda berharga, tanda tangan sampai dokumen disebut Forgery. Pelakunya disebut forger. Kata ini berasal dari kata forge (memalsukan) yang berupa kata kerja.

  • Hacking

Hack artinya retas atau mengakses sistem komputer secara ilegal. Pelakunya disebut hacker dan peretasan disebut sebagai Hacking.

  • Hijacking

Hijack adalah sebutan yang dipakai untuk mengacu pada pembajak. Sedangkan perstiwa pembajakan disebut Hijacking. Yang dibajak bisa kendaraan, pesawat, kereta api berarti istilah ini kerap dipakai untuk alat transportasi. Pembajakan mobil bisa disebut sebagai car-jack yang dilakukan oleh seorang car-jacker (pembajak mobil)

  • Kidnap

Kidnap artinya culik (kata kerja) untuk tindakan penculikan disebut kidnapping. Istilah yang dipakai untuk menyebutkan penculik adalah kidnapper.

  • Murder

Murder artinya pembunuhan. Terdapat tindak kejahatan ada beberapa istilah lain yang berkaitan dengan kata ini. Beberapa diantaranya termasuk homicide (pembunuhan disengaja), manslaughter (pembunuhan tidak disengaja), suicide (bunuh diri), dsb. Pelakunya yakni pembunuh disebut dengan istilah murderer. Dalam proses penetapan seseorang menjadi seorang murderer, terlebih dahulu diberi label sebagai suspect atau tersangka.

  • Steal

Kosa kata lain yang dipakai untuk mengartikan pencurian adalah steal (mencuri). Tidak ada sebutan bagi orang yang melakukannya. Sebagai penggantinya disebut someone steal my bag (seseorang mencuri tas saya). Kata ini berfungsi sebagai kata kerja jadi perlu disebutkan subjek dan objeknya.

  • Thief dan Pickpocket

Seorang pencuri disebut thief melakukan pencurian Bahasa Inggrisnya adalah theft. Sedangkan pencopet disebut pickpoket tindakannya picpocketing atau pencopetan. Istilah lain berkaitan dengan cara mencuri adalah snacher atau penjambret. Umumnya dipakai untuk mengacu pada purse-snacher atau penjambret tas.

  • Robbery

Rob adalah merampok. Untuk orang yang melakukannya, disebut Robber atau perampok. Kejadian perampokan dalam Bahasa Inggris disebut robbery.

  • Shoplifting

Shoplifting mengacu pada pencurian di took atau mengutil. Sebutan orangnya adalah shoplifter.

  • Smuggling

Smuggle adalah kata kerja yang berarti selundup. Smuggling artinya penyelundupan barang yang  illegal. Hal ini bisa dilakukan di dalam sampai luar negeri. Istilah penyelundup adalah smuggler.

  • Vandalism

Vandalism adalah kelakukan perusakan fasilitas pribadi atau umum. Umumnya hal ini dilakukan secara sengaja, walau ada saja yang tidak disengaja.

Demikianlah beberapa istilah dan kosa kata untuk hal-hal yang berkaitan dengan tindak kejahatan dalam Bahasa Inggris. Anda akan semakin memahaminya bila kerap menonton berita atau membaca surat-kabar.