sederet kamus
Translate: Tutorial:

Kosakata tentang Bandara dalam Bahasa Inggris

Sebelumnya kita sudah pernah membahas banyak contoh perbendaharaan kata dengan konteks situasi yang berbeda-beda. Tak ada ruginya belajar banyak perbendaharaan kata karena pasti suatu saat nanti akan bermanfaat dan terpakai saat kamu berinteraksi atau bersinggungan dengan bahasa Inggris.

Kali ini, tema yang akan diangkat adalah perbendaharaan kata seputar bandara atau airport. Bandara dengan segala kompleksitas dan menjadi tempat orang datang dan pergi.

Seperti biasa, setiap perbendaharaan kata akan dijelaskan dalam bentuk bahasa Indonesia dan diberikan contoh penggunaannya dalam kalimat agar semakin jelas. Are you ready? 

  • Airline (maskapai penerbangan yang akan membawa kamu terbang dengan nama perusahaan penerbangan seperti British Airways, Garuda Indonesia)

“I need to book a flight to Berlin next week. Which airline do you suggest I fly with? The cheapest airline that flies to Germany is Lufthansa” (Saya perlu reservasi penerbangan ke Berlin minggu depan. Pesawat apa yang kamu sarankan? Penerbangan termurah ke Jerman adalah Lufthansa)

  • Arrivals (kedatangan tempat bertemu dengan penjemput di bandara)

“Josh, I will meet you in the arrivals lounge. I will hold a sign with your name on it” (Josh, aku akan menemuimu di anjungan kedatangan. Aku akan memegang kertas bertuliskan namamu)

  • Board (to board = masuk ke dalam pesawat)

“All passengers on Lufthansa Air flight 2208 please come to the gate. The plane will begin boarding in 15 minutes” (Semua penumpang Lufthansa Air nomor penerbangan 2208 harap mendekat ke gerbang. Pesawat akan bersiap berangkat dalam 15 menit)

  • Boarding pass (setelah check-in, kamu akan mendapat akses boarding bertuliskan gate dan nomor tempat duduk)

“Sir, this is your boarding pass. You will be boarding at gate 22 at 6.35” (Pak, ini boarding pass Anda. Di gate 22 pukul 6.35)

  • Boarding time (waktu saat orang bisa mulai masuk ke dalam pesawat)

Boarding will begin in approximately 5 minutes. We ask all families with young children to move to the front of the line” (Boarding akan mulai dalam waktu 5 menit. Diharapkan keluarga dengan anak kecil antre di bagian depan)

  • Book (memesan tiket untuk memastikan mendapat kursi)

“I would like to book a return ticket to New Zealand, please” (Saya ingin memesan tiket pulang pergi ke Selandia Baru)

  • Business class (area bagi orang yang terbang untuk keperluan bisnis, terletak di depan pesawat dengan harga tiket lebih tinggi)

“We would like to invite all of our passengers flying in business class to start boarding” (Kami ingin mengundang semua penumpang di kelas bisnis untuk mulai memasuki pesawat)

  • Carry on (barang bawaan berukuran kecil yang bisa dibawa ke pesawat biasanya dengan syarat berat tertentu)

“I’m sorry, but your carry on is too heavy. You will have to check it first” (Mohon maaf, namun barang bawaan Anda terlalu berat. Anda harus memeriksanya terlebih dahulu)

  • Check in (melaporkan pada pihak maskapai kedatangan kamu di bandara dan mendapatkan boarding pass)

“How many passengers are checking in with you?” (Berapa orang yang check in bersama Anda?

  • Conveyor belt (tempat barang bagasi dikembalikan dalam sabuk yang berjalan, juga disebut baggage claim atau carousel)

“All passengers arriving from New York can pick up their luggage from conveyor belt 4” (Semua penumpang yang baru mendarat dari New York bisa mengambil bagasi mereka di conveyor belt 4)

  • Departures (area keberangkatan sembari menunggu penerbangan)

“All passengers flying to Istanbul are kindly requested to go to the departures lounge” (Semua penumpang yang akan terbang ke Istanbul diharap menuju ke anjungan keberangkatan)

  • Long-haul flight (penerbangan jarak jauh)

“I really don’t like long-haul flights and wished we had a stopover somewhere” (Saya sangat tidak suka penerbangan jarak jauh dan berharap kita berhenti di suatu tempat)

  • Overweight baggage (saat barang bawaan melebihi batasan berat atau ukuran dan harus membayar jumlah tertentu)

“I’m sorry, but your bag is overweight for two kilos” (Maaf, namun tas Anda kelebihan muatan dua kilo)

  • Stopover (dalam penerbangan jarak jauh biasanya ada pemberhentian singkat di sebuah negara, juga disebut layover)

“If you are traveling from Europe to Australia, it’s recommended that you have a stopover either in Los Angeles or Dubai because the flight is very long” (Jika kamu terbang dari Eropa ke Australia, direkomendasikan berhenti antara di Los Angeles atau Dubai karena perjalanannya sangat jauh)

  • Gate (di anjungan keberangkatan, terdapat pintu yang berbeda untuk setiap penerbangan)

“The flight AZ672 to New York departs from gate A27” (Penerbangan AZ672 ke New York berangkat dari pintu A27)

  • First class (area termahal di pesawat dengan ruang gerak lebih luas dan pelayanan lebih lengkap)

“Next time I want to fly first class. I’m just too tall, I have no leg room in economy.” (Lain kali aku akan memilih penerbangan first class. Aku terlalu tinggi, tidak ada ruang gerak di kelas ekonomi)

  • Visa (dokumen spesial yang mengizinkan kamu memasuki sebuah negara, hukum dan aturannya berbeda-beda)

“Could you tell me if a person from Albania needs a visa to travel to Italy?” (Bisakah Anda memberi informasi tentang kebutuhan visa bagi orang dari Albania yang ingin menuju Italia?)

  • One-way (tiket satu kali, tidak pulang-pergi. Berlawanan dengan return ticket. Jika pulang pergi, disebut dengan round-trip ticket)

“I would like to book a one-way ticket to Hong Kong” (Saya ingin memesan tiket satu arah ke Hong Kong)

Itulah beberapa istilah yang biasa terdengar dan terkait erat dengan bandara atau airport. Pahami semuanya agar perjalanan kamu di bandara berjalan mudah dan menyenangkan ya. Tentu tidak mau dong perjalanan jadi terhambat karena kamu salah memahami istilah yang terkait dengan penerbangan.

Ada kosa kata lain yang ingin dibagikan kepada pembaca lainnya? Sampaikan di kolom komentar ya! Bon voyage!