sederet kamus
Search Articles
Translate: Tutorial:

Memahami Kata Impressed, Impressive, Impression, Impressionable, Amused, dan Affected

Pembahasan kali ini akan membahas beberapa kata yang terdengar mirip, namun memiliki makna yang berbeda. Yaitu kata impressed, impressive, impression, impressionable, amused, dan affected. Beserta dengan contoh penggunaannya dalam kalimat Bahasa Inggris agar lebih mudah dipahami.

Langsung saja simak pembahasannya berikut ini, ya!

Impressed

Kata impressed dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai rasa kagum terhadap sesuatu atau seseorang. Bisa juga digunakan saat seseorang merasa terkesan akan sesuatu atau seseorang.

Penggunaan kata impressed tersebut bisa dilihat pada contoh-contoh kalimat berikut:

  • He looked impressed when I told him about my annual income. (Dia terlihat terkesan ketika aku beritahu tentang pendapatan tahunanku)
  • I’m very impressed by the great teamwork of your staff. (Aku sangat kagum dengan kerja sama yang hebat dari staf kamu)
  • When I was a child, I was being very impressed with how many toys you had. (Ketika aku masih kecil, aku sangat kagum dengan banyaknya mainan yang kamu punya)

Selain kagum dan terkesan, impressed juga bisa digunakan saat ada sesuatu yang membuat kita ingin menghormati atau menghargai. Dengan kata lain, merasa respek terhadap sesuatu atau seseorang. Penggunaan kata impressed tersebut bisa dilihat pada contoh-contoh kalimat berikut:

  • I’m always impressed with how diligent and kind you are. (Aku selalu respek dengan betapa rajin dan baiknya kamu)
  • She’s impressed by how he handles the matter in such a responsible and efficient way. (Dia menghargai bagaimana dia menyelesaikan masalah itu dengan cara yang bertanggung jawab dan efisien)

Impressive

Kata impressive digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang mengagumkan, menakjubkan, atau mengesankan. Dengan kata lain, sesuatu itu dianggap keren dan hebat di mata orang yang melihatnya. Sesuatu itu bisa berupa orang lain, benda tertentu, atau hal-hal lainnya.

Perbedaanya dengan impressed adalah dari sudut pandangnya. Impressed digunakan dari sudut pandang subjek orang yang merasa kagum atau terkesan. Sedangkan impressive digunakan dari sudut pandang objek yang terlihat mengagumkan atau mengesankan.

Penggunaan kata impressive dapat dilihat pada contoh-contoh berikut:

  • That was an impressive performance from such a young actor. (Itu adalah pertunjukan yang mengagumkan dari seorang aktor muda)
  • Your speech back then was really impressive! (Pidato kamu tadi sangat mengesankan!)
  • He gave the impressive result on such an impossible task like that. (Dia memberikan hasil yang mengagumkan atas tugas yang mustahil seperti itu)

Impression

Kata impression dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai kesan atau anggapan terhadap sesuatu. Seperti kesan yang didapat dari seseorang, pandangan terhadap sebuah kejadian, dan semacamnya.

Penggunaan kata impression dapat dilihat pada contoh-contoh berikut:

  • Honestly his first impression was not good, but it turns out that he’s a really great guy. (Sejujurnya kesan pertamanya tidak bagus, tapi ternyata dia benar-benar cowok yang baik)
  • My father is under the impression that I didn’t do well at the school. (Ayahku menganggap kalau aku bermasalah di sekolah)
  • The movie leaves a bad impression to the audiences as many people are feeling disappointed. (Film itu meninggalkan kesan buruk bagi penonton dimana banyak orang yang merasa kecewa)

Kata impression juga dapat digunakan untuk menunjukkan jejak atau bekas yang ditinggalkan, terutama untuk bagian tubuh. Penggunaannya dapat dilihat pada contoh berikut:

  • There were impressions around his ankles because of the tight socks. (Ada bekas di sekitar pergelangan kakinya karena kaus kaki yang terlalu ketat)
  • There are the impressions of his foot on the ground. (Terdapat jejak-jejak kakinya di tanah)

Impressionable

Kata impressionable secara harfiah dapat berarti mudah kagum atau mudah terkesan. Namun kata ini lebih sering diartikan dengan mudah terpengaruh atau mudah dipengaruhi, baik oleh sesuatu maupun seseorang.

Penggunaan kata impressionable dapat dilihat pada contoh-contoh berikut:

  • Children are highly impressionable, so adults must lead a good example for them. (Anak-anak mudah terpengaruh, jadi orang dewasa harus memberikan contoh yang baik untuk mereka)
  • He’s at that impressionable age as he’s very easily led by his friends. (Dia berada pada usia yang mudah terpengaruh dimana dia mudah sekali dipengaruhi teman-temannya)
  • She’s really an impressionable person, so her mother is worried to let her go on her own. (Dia benar-benar orang yang mudah dipengaruhi, jadi ibunya khawatir untuk melepasnya sendiri)

Amused

Kata amused dalam Bahasa Indonesia berarti merasa terhibur, biasanya setelah melihat sesuatu yang lucu. Saking terhiburnya bahkan bisa sampai merasa begitu senang, girang, dan geli.

Penggunaan kata amused dapat dilihat pada contoh-contoh berikut:

  • They are very amused by that comedy TV show, to the point of laughing nonstop. (Mereka sangat terhibur dengan acara komedi TV itu, sampai tertawa tidak henti-henti)
  • His silly action makes her feel amused even though she felt down before. (Tindakan konyolnya membuat dia terhibur meskipun sebelumnya dia murung)
  • She brings many toys to keep the children amused all day. (Dia membawa banyak mainan untuk membuat anak-anak terhibur sepanjang hari)

Affected

Kata affected dalam Bahasa Indonesia berarti terpengaruh oleh sesuatu, bisa juga oleh seseorang. Kata affected juga bisa digunakan saat kita merasa terharu saking terpengaruhnya oleh tindakan seseorang.

Penggunaan kata affected dapat dilihat pada contoh-contoh berikut:

  • She got affected with his strange behavior, and now she’s strange too. (Dia terpengaruh kelakuan anehnya, dan sekarang dia aneh juga)
  • The bad news really affected our entire village. (Berita buruk itu benar-benar mempengaruhi seisi desa)
  • The gift from him makes me feel affected and moved by his kindness. (Hadiah darinya membuatku merasa terpengaruh dan teharu dengan kebaikannya)

Demikianlah pembahasan mengenai kata impressed, impressive, impression, impressionable, amused, dan affected beserta contohnya. Semoga informasi ini bermanfaat!