sederet kamus
Translate: Tutorial:

Memahami Percakapan dengan Native English Speaker Melalui Listening

Berbicara langsung dengan orang yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pertama atau native english speaker merupakan salah satu manfaat sekaligus tujuan belajar Bahasa Inggris. Namun membangun percakapan dengan native English speaker tentu saja memiliki berbagai kendala, salah satunya adalah tidak memahami apa yang dibicarakan. Pembahasan kali ini akan mengulas mengenai bagaimana memahami percakapan dengan native English speaker melalui keterampilan listening.

Listening Sebagai Cara Memahami Percakapan

Pada semua bentuk komunikasi dalam bahasa apapun, listening atau mendengarkan memiliki peranan penting agar dapat memahami apa yang dibicarakan oleh lawan bicara. Keterampilan listening akan membuat komunikasi yang terjalin menjadi lebih efektif. Berikut alasan pentingnya memaksimalkan keterampilan listening dalam komunikasi, termasuk dengan native English speaker:

  • Listening membantu memahami apa yang ingin disampaikan lawan bicara

Listening berperan besar dalam memahami jalannya percakapan dengan memahami apa yang ingin disampaikan oleh lawan bicara. Dalam setiap komunikasi, setiap pihak memiliki pesan yang ingin ia sampaikan dan diharapkan pesan itu dapat diterima sesuai dengan yang diinginkan. Untuk bisa mencapai hal ini, maka diperlukan keterampilan listening yang baik terutama oleh pihak yang menerima pesan tersebut.

Ini tentu saja berlaku juga saat kita melakukan percakapan Bahasa Inggris dengan native English speaker. Dengan menerapkan listening secara aktif, kita dapat menangkap apa yang ingin disampaikan oleh lawan bicara dalam percakapan tersebut. Listening yang aktif juga dapat mempersempit jarak pemahaman dalam mempersepsikan isi pesan komunikasi dan mengurangi resiko terjadinya kesalahpahaman.

  • Listening dapat membangun komunikasi yang efektif

Keterampilan listening bukan saja sekadar kegiatan mendengarkan secara fisik yang dalam istilah Bahasa Inggris dikenal dengan hearing, namun memiliki makna yang lebih dalam dari itu. Listening bukan saja mendengarkan secara kata per-kata, tetapi mencoba memahami lebih dalam makna dari apa yang diucapkan oleh lawan bicara. Karena itu listening merupakan salah satu kunci utama untuk dapat membangun komunikasi yang efektif dalam bahasa apapun dan dengan lawan bicara manapun.

Dengan memahami apa yang ingin disampaikan oleh lawan bicara melalui listening, kita dapat menerima isi pesan komunikasi yang dimaksudkan. Kita pun dapat memberikan respon yang sesuai sehingga percakapan berjalan dengan baik dan lancar. Dengan begitu terjadilah komunikasi dua arah yang efektif, dimana terbangun interaksi yang baik diantara kedua belah pihak yang melakukan percakapan tersebut.

  • Listening meningkatkan kedekatan dengan lawan bicara

Saat kamu menerapkan keterampilan listening yang aktif, lawan bicara kamu akan merasa kamu benar-benar memperhatikan apa yang ia bicarakan. Lawan bicara akan merasa dirinya dihargai dengan kamu yang antusias mendengarkan dan berusaha memahami apa yang dibicarakannya. Hal ini tentunya akan membantu meningkatkan kedekatan dengan lawan bicara, sehingga tingkat pemahamanmu dalam percakapan akan menjadi lebih baik.

Ilustrasi mudahnya adalah begini, kamu juga akan merasa senang kalau lawan bicaramu mendengarkan dan menyimak dengan baik saat kamu berbicara, bukan? Dibanding dengan lawan bicara yang hanya mendengarkan sekenanya dan seolah tidak tertarik dengan apa yang kamu bicarakan, lawan bicara yang mendengarkan secara aktif akan membuatmu lebih bersemangat saat berbicara. Dengan begitu, orang yang berbicara juga akan lebih baik lagi saat menyampaikan apa yang ingin disampaikannya.

  • Listening membantu meningkatkan kemampuan berbicara

Melakukan listening dengan aktif dan baik akan membantu kamu dalam meningkatkan kemampuan berbicara, termasuk dalam Bahasa Inggris. Listening yang membuat kamu memahami apa yang disampaikan lawan bicara akan membantu kamu dalam memberikan respon. Karena kamu tahu apa yang dibicarakan dan ingin disampaikan lawan bicara, kamu pun dapat memilih apa yang ingin kamu sampaikan agar sesuai dengan pembicaraan tersebut.

Selain itu, melakukan listening secara aktif akan membantu kamu menyerap kosakata dalam Bahasa Inggris atau vocabulary yang diucapkan lawan bicara. Kosakata ini dapat menjadi kunci dalam percakapan tersebut dan bisa kamu gunakan saat merespon lawan bicara kamu. Kosakata yang kamu serap juga akan membantu memperkaya kamus kosakata Bahasa Inggris kamu dan meningkatkan kemampuan berbicara baik dalam Bahasa Inggris maupun secara keseluruhan.

Cara Meningkatkan Keterampilan Listening dalam Percakapan dengan Native English Speaker

Setelah memahami apa pentingnya listening dalam semua bentuk komunikasi, kita tentu semakin menyadari besarnya peranan listening dalam percakapan dengan native English speaker. Namun tidak sedikit di antara kita yang mengalami permasalahan selanjutnya, yaitu merasa kemampuan listening yang kurang dan belum memadai. Terlebih lagi listening Bahasa Inggris yang bukan merupakan bahasa ibu kita dan memiliki pengucapan yang sering terdengar sulit di telinga.

Tetapi tenang saja, sulit bukan berarti tidak mungkin sama sekali untuk menguasai listening dan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kamu. Berikut adalah beberapa cara meningkatkan keterampilan listening kamu agar dapat membangun percakapan yang baik dengan native English speaker:

1. Membangun keinginan kuat untuk menguasai listening

Hal yang pertama dan paling utama untuk meningkatkan keterampilan listening adalah membangun keinginan yang kuat untuk menguasai listening itu sendiri. Keinginan kuat disini berarti kamu mau belajar dengan giat dan tidak mudah berkecil hati dengan proses belajar kamu nanti. Hal ini perlu ditekankan dalam pikiran kamu bahwa bagaimanapun juga Bahasa Inggris bukanlah bahasa ibu kita, jadi sangat wajar kalau kita mengalami kesulitan dalam mempelajarinya.

Dan hal ini juga yang perlu menjadi patokan agar kamu tidak mudah berkecil hati dan menyerah, apalagi membandingkan dengan native English speaker yang memang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama mereka. Setiap orang memiliki cara dan proses belajarnya masing-masing, jadi sebaiknya kamu tidak membandingkan proses belajar kamu dengan orang lain. Yang penting adalah kamu terus berusaha dan mencoba, tidak berhenti di tengah jalan saat menemui kesulitan.

2. Tetap tenang saat melakukan listening

Salah satu hal yang kerap menjadi kendala dalam melakukan listening Bahasa Inggris secara aktif adalah mudah panik. Terutama saat kita mulai merasa tidak paham dengan apa yang dibicarakan dengan native English speaker sebagai lawan bicara kita. Atau saat lawan bicara tersebut berbicara begitu cepat sehingga kita ketinggalan untuk menyimak apa yang dia ucapkan.

Panik justru akan membuat kamu semakin tidak bisa untuk melakukan listening dan menyimak apa yang diucapkan lawan bicara. Usahakanlah untuk tetap tenang saat mendengarkan lawan bicara native English speaker kamu, bahkan saat kamu menyadari ada beberapa kata yang tidak kamu pahami. Dengan mengendalikan diri untuk tetap tenang, kamu dapat lebih berkonsentrasi dalam melakukan listening secara aktif.

3. Mendengar, membaca, dan berbicara Bahasa Inggris

Untuk dapat meningkatkan keterampilan listening, kamu dapat mengasahnya dengan sering-sering melakukan kegiatan dalam Bahasa Inggris. Mulai dari latihan mendengar, membaca, hingga berbicara dalam Bahasa Inggris. Tidak perlu melakukannya hanya saat ada lawan bicara, kamu dapat melakukan latihan-latihan itu sendiri di waktu senggangmu.

Latihan-latihan ini akan membantu kamu lebih familiar dengan Bahasa Inggris, mulai dari kosakata, istilah, hingga pengucapannya. Hal ini juga akan membantu kamu menjadi lebih terbiasa dengan Bahasa Inggris itu sendiri sehingga tidak mudah panik saat menjalin percakapan dengan native English speaker. Jadi ketika kamu berhadapan langsung dengan lawan bicara yang merupakan native English speaker, kamu sudah memiliki persiapan dari latihan-latihan tersebut.

4. Menyimak ide general dari percakapan

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan dalam melakukan listening adalah mendengarkan secara kata per kata dan kita menjadi panik saat ada kata yang tidak kita tahu. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk menyimak ide general atau konteks besar dari apa yang diucapkan lawan bicara kamu. Kamu mungkin tidak tahu semua kata yang diucapkan, tapi kamu dapat berusaha menangkap garis besar yang dia sampaikan.

Dan untuk melakukan hal itu, jangan terpaku pada kata per kata atau memikirkan kata yang tidak kamu pahami dan belum didengar sebelumnya. Kamu perlu melakukan listening dengan menyimak secara keselurhan dan berusaha menangkap ide general dari percakapan tersebut. Dengan begitu meskipun ada kata atau istilah yang tidak diketahui, kamu tetap dapat memahami isi dari percakapan dengan lawan bicara kamu.

5. Mempelajari intonasi, tingkat kecepatan, dan penekanan

Cara untuk meningkatkan keterampilan listening yang selanjutnya adalah mempelajari intonasi, tingkat kecepatan, dan penekanan yang dilakukan oleh native English speaker. Hal ini mengingat bahwa ketiga aspek itu berbeda-beda pada setiap orang, terutama native English speaker yang biasanya berbicara lebih cepat daripada kita. Aspek lain seperti intonasi dan penekanan pada bagian-bagian tertentu juga memberikan pengaruh besar pada makna dari apa yang diucapkan lawan bicara.

Mempelajari intonasi, tingkat kecepatan, dan penekanan dapat kamu lakukan dengan memperhatikan langsung saat melakukan percakapan dengan native English speaker. Kamu juga bisa mempelajarinya melalui video-video di internet yang bisa kamu temui dengan mudah, dan menganalisanya dari sana. Dan tak kalah pentingnya, kamu dapat mencoba melatih diri kamu untuk menerapkan intonasi, tingkat kecepatan, dan penekanan dalam berbicara Bahasa Inggris.

6. Memperhatikan aspek diluar konteks

Berkomunikasi dalam percakapan melibatkan banyak hal yang bukan saja dalam konteks kata atau kalimat yang diucapkan, namun hal-hal lain di luar itu. Misalnya seperti aspek non verbal dari lawan bicara, bagaimana gestur tubuhnya, bagaimana mimik wajahnya, dan lain sebagainya. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut dapat membantu kamu untuk lebih memahami apa yang diucapkan dan ingin disampaikan oleh lawan bicara.

Selain itu, biasanya dalam percakapan orang mengulang-ulang hal inti yang disampaikan dan ingin agar kamu memahaminya. Jadi kamu hanya perlu tenang dalam menyimak apa yang dibicarakan dan tidak langsung panik jika ada hal yang kamu rasa terlewat. Memperhatikan aspek-aspek di luar konteks kata atau kalimat yang diucapkan akan sangat membantu kamu dalam memahami jalannya percakapan dengan native English speaker.

7. Memvariasikan listening dari berbagai media

Kamu dapat melatih keterampilan listening dengan mendengarkan dari berbagai media, bukan hanya fokus pada percakapan langsung dengan native English speaker. Kamu dapat memvariasikan media yang kamu dengarkan mulai dari musik, film, podcast, audio book, dan lain sebagainya. Media-media ini akan membantu kamu menjadi lebih familiar dengan listening Bahasa Inggris dan terbiasa dengan Bahasa Inggris itu sendiri.

Mendengarkan dari variasi media yang ada juga dapat meningkatkan kemampuan kamu untuk mempelajari berbagai intonasi, tingkat kecepatan, dan penekanan yang dibahas pada poin sebelumnya. Kamu juga dapat mempelajari berbagai aksen dan pelafalan dari para native English speaker yang beragam, biasanya tergantung darimana asal mereka. Hal ini akan sangat membantu kamu saat melakukan listening langsung dalam percakapan dengan native English speaker nantinya.

8. Memaksimalkan waktu senggang untuk listening

Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah memaksimalkan waktu senggang kamu untuk listening Bahasa Inggris. Kamu bisa melakukan ini saat berada di perjalanan ke sekolah atau ke kantor, misalnya dengan mendengarkan podcast di mobil atau musik dengan lirik Bahasa Inggris di ponsel. Atau saat kamu sedang bersantai dan ingin menonton video di YouTube, kamu dapat memilih video yang menggunakan Bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan listening kamu.

Demikianlah pembahasan tentang memahami percakapan dengan native English speaker melalui listening, berikut cara-cara untuk meningkatkan keterampilan listening kamu. Semoga informasi ini bermanfaat!