sederet kamus
Search Articles
Translate: Tutorial:

Memberi Saran dalam Bahasa Inggris

Memberi saran adalah hal yang pasti akan ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan merupakan salah satu topik paling penting dalam pembelajaran bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris, ada beberapa cara untuk memberi saran kepada orang lain.

Ada cara memberi saran yang lebih tegas, atau cara yang lebih halus seperti memberikan saran yang bisa diterima ataupun tidak. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat beberapa cara untuk memberi saran dalam bahasa Inggris berikut ini.

Menggunakan Verba Imperatif

Untuk memberikan saran, Anda bisa menggunakan verba atau kata kerja imperatif. Kata kerja ini juga digunakan untuk menyuruh seseorang. Maka dari itu, saran yang diberikan dengan menggunakan kata kerja imperatif akan terdengar jauh lebih tegas dan tidak halus. Berikut ini adalah beberapa contoh saran yang menggunakan verba imperatif.

  • Stop eating fast food everyday. (Berhenti makan makanan cepat saji setiap hari)
  • Start letting people into your life so you won’t be too lonely (Mulai membiarkan orang lain masuk ke dalam kehidupanmu agar kamu tidak terlalu kesepian)
  • Consider cycling everyday to work to lose weight (Pertimbangkan bersepeda setiap hari ke kantor untuk menurunkan berat badan)
  • Try making yourself busy so you don’t think about him (Coba menyibukan diri Anda agar Anda tidak memikirkannya)

Menggunakan Verba Bantu

Cara selanjutnya untuk memberikan saran adalah dengan menggunakan kata kerja bantu. Terdapat dua jenis kata kerja atau verba bantu yang bisa digunakan untuk memberikan saran, yaitu should dan ought to. Keduanya memiliki arti yang sama yaitu “sebaiknya”, namun perbedaannya ada pada cara penggunaannya. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat memberi saran yang menggunakan kedua verba bantu tersebut.

  • He shouldn’t swim too far to the sea, he might drown (Dia sebaiknya tidak berenang terlalu jauh ke laut, dia bisa tenggelam)
  • You should take things slowly (Anda sebaiknya melakukan hal perlahan)
  • She should start studying from now if she wants to get good grades (Dia sebaiknya mulai belajar dari sekarang jika dia ingin mendapatkan nilai yang bagus)
  • You ought to take care of yourself more (Anda sebaiknya lebih mengurus diri sendiri)
  • He ought to wake up early to catch the train (Dia sebaiknya bangun pagi untuk mengejar kereta)
  • She ought to be more independent as a woman (Dia sebaiknya menjadi lebih mandiri sebagai perempuan)

Menggunakan Kalimat Pertanyaan

Untuk memberikan saran yang tidak terlalu langsung atau memaksa, Anda bisa menggunakan kalimat pertanyaan. Dengan menggunakan kalimat pertanyaan, orang yang Anda berikan saran akan memiliki kesempatan untuk memikirkan terlebih dahulu mengenai saran Anda. Mereka juga menjadi tidak terbebani untuk mengikuti saran Anda karena tidak ditegaskan.

Ada beberapa awalan kalimat tanya yang bisa Anda gunakan untuk memberikan saran, beberapa di antaranya adalah “Why don’t you…” (Kenapa Anda tidak…) dan “How about…” (Bagaimana jika…). Berikut ini adalah contoh beberapa kalimat pertanyaan yang bisa Anda gunakan untuk memberikan saran.

  • Why don’t you sleep early so you can woke up earlier too? (Kenapa Anda tidak tidur lebih awal agar Anda bisa bangun lebih awal juga?)
  • How about going to the gym one in a while? (Bagaimana jika pergi ke gym sesekali?)
  • How about thinking of your future after you graduate? (Bagaimana jika memikirkan masa depan Anda setelah lulus)
  • Why don’t you be more respectful towards your friends? (Kenapa Anda tidak menjadi lebih hormat kepada kawan-kawan Anda?)

Menggunakan “If I were you…” (Jika saya adalah Anda…)

Cara selanjutnya adalah Anda bisa menggunakan awal kalimat “if I were you…” (jika saya adalah Anda) yang menunjukan bahwa Anda berandai jika Anda berada dalam posisinya. Biasanya, frasa ini akan dilanjutkan dengan sebuah kalimat lengkap. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan cara satu ini untuk memberikan saran.

  • If I were you, I would call my mother more often. (Jika saya adalah Anda, saya akan menghubungi ibu saya lebih sering)
  • If I were you, I wouldn’t act rude towards my teacher (Jika saya adalah Anda, saya tidak akan bersikap tidak sopan terhadap guru saya)

Membuat Usulan / Rekomendasi

Untuk memberikan sebuah saran, Anda juga bisa melakukannya dengan membuat sebuah usulan atau rekomendasi. Caranya adalah dengan menggunakan “suggest” (mengusulkan) dan “recommend” (merekomendasikan). Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan dua kata kerja tersebut untuk memberikan saran.

  • I suggest getting up early in the morning to exercise. (Saya usulkan bangun lebih dini di pagi hari untuk berolahraga)
  • I recommend taking a time off to clear your head for a few days. (Saya merekomendasikan mengambil waktu istirahat untuk menenangkan pikiran selama beberapa hari)
  • I don’t recommend staying up late every day. (Saya tidak merekomendasikan begadang setiap hari)
  • I don’t suggest driving while you are drunk. (Saya tidak mengusulkan berkendara saat Anda sedang mabuk)

Ternyata ada berbagai macam cara untuk memberikan saran kepada orang terdekat Anda. Tentu setiap cara memiliki kegunaannya masing-masing, ada yang hanya memberi saran dan ada juga yang bersifat sedikit memaksakan saran. Bahasa Inggris mungkin terlihat sedikit rumit, namun jika Anda langsung aplikasikan pada kehidupan sehari-hari pasti akan terbiasa. Semoga dapat membantu Anda dalam mempelajari bahasa Inggris lebih lanjut.