sederet kamus
Translate: Tutorial:

Membicarakan Masa Depan / Masa yang Akan Datang

Let’s talk about future

Dalam keseharian, tentu kita sering memperbincangkan tentang masa depan. Entah itu masa depan kita, masa depan dunia, negara atau hal-hal yang mungkin akan terjadi di masa depan, atau bahkan membicarakan kemajuan-kemajuan yang mungkin terjadi di masa depan.

Di dalam bahasa inggris juga terdapat berbagai pertanyaan yang menanyakan tentang masa depan (future). Kita mungkin sering bingung bagaimana menjawabnya. Selanjutnya, dalam artikel ini akan dibahasa mengenai beberapa pertanya tentang sesuatu yang akan terjadi nanti di masa depan dan bagaimana menjawabnya.

1. What do you think the weather will be tomorrow? (bagaimana menurutmu cuaca besok?)

Jika anda diberikan pertanyaan semacam ini oleh orang lain, atau teman anda ketika sedang berbincang, berarti anda sedang ditanyai tentang prediksi cuaca menurut anda.

Contoh:

  • “I think the weather will be a little bit sunny, so you didn’t need to bring your umbrella” (aku pikir cuaca besok akan sedikit panas, jadi kamu tidak perlu membawa payungmu)
  • “I think we should bring our umbrella, because it looks like tomorrow will be raining so hard” (aku pikir kita harus membawa paying kita, karena sepertinya besok akan hujan deras)

2. What are you going to do tomorrow? (apa yang akan kamu lakukan besok?)

Pertanyaan ini menanyakan tentang rencana apa yang kita miliki untuk besok.

Contoh:

  • “I will go to the swimming pool to take my swimming class” (aku akan pergi ke kolam renang untuk mengikuti kelas berenangku)
  • “I will go to my mom new café; it will be very busy so I want to help her” (aku akan pergi ke kafe baru ibuku, akan sangat sibuk disana jadi aku ingin membantunya)

3. What are you doing tonight? (apa yang kamu lakukan malam ini?)

Menanyakan apakah kamu memiliki acara atau rencana di malam ini.

Contoh:

  • “I will go to a cinema with my boyfriend. We have been planning a date since two weeks ago” (aku akan pergi ke bioskop dengan pacarku. Kami telah merencanakan untuk berkencan sejak dua minggu yang lalu)
  • “I promise to take my mom to the mall” (aku berjanji pada ibuku untuk mengantarnya ke mall)

4. Where do you see yourself ten years from now? (kamu melihat dirimu dimana sepuluh tahun yang akan datang?)

Biasanya pertanyaan ini muncul ketika kalian mengikuti suatu wawancara kerja. Kalian akan ditanyai apa mimpi kalian di masa depan dengan kalimat ini. Untuk menjawabnya adalah dengan menjelaskan prediksi dan rencana masa depan kalian.

Contoh:

‘”I can see myself sitting on the executive director chair’s in this company. That entire thing is possible to happen because of my capability and also my experience” (aku bisa melihat diriku duduk di kursi direktur eksekutif dari perusahaan ini. Hal tersebut mungkin terjadi karena kapabilitasku dan juga pengalamanku)

5. “Do you thing doctors will clone people in the future?” (apakah menurutmu para dokter akan mengkloning manusia di masa depan?)

Ini adaah pertanyaan yang umum ditanyakan dengan adanya kemajuan tehnologi yang semakin tidak terduga dan kemungkinan untuk mengkloning manusia adalah bukan sesuatu yang mustahil.

Contoh:

“I think they will try to clone people. I will bet that today, they have made that research. But I don’t think they will success, because you know that god is beyond the entire universe” (aku pikir mereka akan mencoba untuk megkloning manusia.aku bertaruh bahwa saat ini mereka telah melakukan penelitian tentang hal itu. tapi aku tidak berpikir bahwa mereka akan sukses, karena kamu tahu bahwa tuhan ada diatas seluruh alam semesta ini)

6. “Do you think the scientist will find a cure for AIDS and Cancer?” (apakah menurutmu para ilmuwan akan menemukan obat untuk AIDS dan Kanker?)

Sama seperti pertanyaan yang lain, pertanyaan ini juga menanyakan tentang masa depan  dan kalian harus menjawabnya dengan penjelasan dari pendapat kalian tersebut.

Contoh:

“I think they will find it. they just need some more research and time. You know that no illness that can be cure in this world.” (aku pikir mereka akan menemukannya. Mereka hanya butuh lebih banyak penelitian dan waktu. Kamu tahu bahwa tidak ada penyakit yang tidak bisa disembuhkan di dunia ini)

7. “Will robots ever replace human?” (akankah robot menggantikan manusia)

Karena majunya tehnologi, kita sring bertanya Tanya dan berpikir bahwa robot akan sangat mungkin menggantikan manusia.

Contoh:

“I don’t think so. But you know maybe some human works can be replace by them. You can see the vacuum robot. We don’t need to sweep our floor again, the robot can do that” (aku tidak berpikir seperti itu. tapi kamu tahu bahwa mungkin beberapa pekerjaan manusia dapat digantikan oleh para robot. Lihat saja robot penyedot debu. Kita tidak perlu menyapu lantai lagi, robot itu sudah bisa melakukannya)

8. “Do you think the world will be better or worse for future generations?” (bagaimana menurutmu, apakah dunia akan menjadi lebih baik atau lebih buruk bagi generasi di masa depan?)

Pertanyaan ini juga merupakan pertanyaan yang menanyakan tentang pendapat seseorang yang didasarkan pada keadaan saat ini.

Contoh:

“ I think the world could become better or worse for the future generations. it is depends on how well we live right now, and how we keep the world safe until the future generation are ready to take over” (aku pikir dunia mungkin bisa menjadi lebih baik ataupun menjadi lebih buruk. Itu semua tergantung akan sebaik apa kita hidup saat ini, dan bagaimana kita menjaga dunia hingga para penerus siap untuk mengambil alih.)

9. “When are you going to get married?” (kapan kamu akan menikah?)

Pertanyaan ini sebenarnya kurang sopan, namun sangat sering ditayakan.

Contoh:

“I will get married when I’m done with my master degree and after I getting the suitable carrier for me” (aku akan menikah ketika aku telah selesai berkuliah dan setelah aku mendapatkan karier yang sesuai  untukku)

Demikian adalah beberap contoh jawaban dari pertanyaan di dalam artikel ini.