sederet kamus
Translate: Tutorial:

Membuat Surat Pemberitahuan Karena Cuti Sakit

Membuat surat dalam Bahasa Inggris adalah salah satu cara untuk berkomunikasi secara tulisan. Ada surat yang dibuat berdasarkan kebutuhan informal seperti surat pribadi dan surat memberikan ucapan selamat. Ada juga surat formal seperti lamaran kerja, penawaran kerja sama dan pemberitahuan cuti.

Surat Formal dalam Bahasa Inggris

Pesan tertulis dalam bentuk surat formal dalam Bahasa Inggris memiliki format penulisan tertentu, ungkapan serta kosa kata yang formal juga. Surat formal juga dapat berfungsi sebagai dokumentasi perusahaan untuk aktifitas dalam pekerjaan.

Ambil contoh permohonan dan pemberitahuan cuti yang penting dalam penyelesaian tugas-tugas. Selain untuk menginfirmasikan pihak yang berkepentingan. Surat cuti juga menjadi data dokumen yang disimpan dan dicatat.

Surat Pemberitahuan Cuti

Karena surat pemberitahuan cuti termasuk surat formal yang akan di baca bukan hanya satu orang saja. Selain itu pemberitahuan juga mengiratkan terima kasih untuk pihak yang akan menangani beban pekerjaan selama pembuat surat melakukan cuti. Surat seperti ini perlu ditulis dalam Bahasa Inggris secara baik dan benar. Pemberitahuan cuti bisa karena sakit, melahirkan, cuti dinas, dan cuti tahunan.

Membuat surat pemberitahuan karena cuti sakit

Berbeda dengan pemberitahuan cuti lainnya. Cuti sakit memiliki durasi yang tidak pasti dari satu sampai dua hari sampai belasan hari. Alasannya juga beragam. Selain itu penulisan berisikan hal yang formal, namun penulisannya tidak terlalu memenuhi syarat penulisan surat formal. Berikut adalah beberapa langkah dalam membuat surat cuti sakit dalam Bahasa Inggris.

  1. Jenis Cuti

Membuat surat cuti sakit diawali dengan menyebutkan jenis cuti yang akan Anda ambil. Kadan penulis surat merasa tidak perlu untuk menyertakan info lebih lanjut dari pemberitahuan cuti pada karyawan lainnya.

Menyebutkan alasan cuti sakit dan mengambil sick leave dapat memberikan informasi yang lebih lengkap pada perusahaan. Terutama bila sakit memerlukan waktu untuk sembuh. Bila memungkin sebutkan juga penyakit apa yang diderita, apakah perlu tinggal di Rumah Sakit dan data pendukung lainnya.

  1. Waktu Cuti

Mengambil cuti untuk operasi amandel, operasi mata, atau konunsultasi penyakit parah lainnya memiliki jadwal dan perkiraan waktu yang dapat diprediksi. Sebutkan perkiraan durasi yang dibutuhkan untuk cuti sakit yang diajukan.

Dengan demikian pihak perusahaan dapat menentukan apa beban tugas Anda dapat didelegasikan pada orang lain atau sementara waktu mencari tenaga paruh waktu untuk mengambil alih pekerjaan yang ditinggalkan.

  1. Alasan Cuti

Cuti sakit perlu didukung dengan data selain untuk dokumentasi perusahaan, pembagian tugas, sampai pembayaran. Cuti sakit perlu didukung baik surat dari dokter atau hasil pemeriksaan labolatorium.

Bila sakit secara mendadak bisa jadi karyawan akan absen sebelum dapat memberitahukan mengambil cuti sakit. Menjaga komunikasi baik dengan pegawai lain dan atasan akan dapat menjadi penjamin bahwa Anda masih tetap bekerja walau harus cuti sakit untuk kurun waktu tertentu.

  1. Pemberitahuan cuti sakit melalui email

Teknologi yang canggih serta kemampuan perusahaan untuk mobile mendukung mengambil cuti sakit melalui email. Selain lebih cepat, email juga dapat menjangkau banyak orang.

Perhatikan cara membuat surat pemberitahuan cuti sakit yang benar melalui email. Selain penting untuk memberitahukan kondisi secepat mungkin, email dapatdikirimkan umtuk menginformasikan perusahaan dengan cepat

Berikut contohnya

Dear Mr Steven,

I have a terrible pain in the stomach last nght. I am writing this email from the hospital bed. The doctor diagnos an appendix issue that need to be operated immidiately.

I would like to take a sick leave for five days from 20 July 2020 until 25 July 2020 due to that condition. I need to do the surgery and recovery. I hope that it does not take longer then the mentionanted date.

I will not be available for contact during my surgery which is tomorrow at 21 July 2020. I hope anything important can wait until I am out of surgery.

Thank you for your understanding and cooperation. I will go back to work at 26 July 2020 according to plan.

Thank you

Sandara Park

Terjemahan

Pak Steven Yang terhormat,

Saya mengalami sakit yang luar biasa di bagian perut tadi malam. Saya menulis email ini dari ruangan di Rumah Sakit.  Para dokter telah mendiagnosa bahwa ada masalah pada usus buntu saya dan perlu segera melakukan operasi.

Oleh karena itu, saya ingin mengajukan cuti sakit selama lima hari dari 20 Juli 2020 sampai 25 Juli 2020 karena kondisi tersebut. Saya perlu menjalani operasi dan waktu untuk pemulihan. Saya sangat berharap waktu yang dibutuhkan tidak melebihi tanggal yang suda disebut di atas.

Saya tidak bisa dihubungi selama operasi yang akan dilakukan besok pada 21 Juli 2020. Besar harapan saya, hal penting apapun yang terjadi dapat menunggu sampai saya selesai operasi.

Terima kasih atas pengertian dan perhatiannya. Saya akan kembali bekerja seperti sedia kala pada tanggal 26 Juli 2020 sesuai dengan rencana.

Terima Kasih

Sandara Park

Untuk pemberitahuan cuti sakit melalui email lebih singkat, tidak menggunakan format dan bisa lebih singkat. Penggunaannya cukup pantas mengingat sakit bisa terjadi secara mendadak dan kondisi bisa memaksa untuk menulis dengan email.

Contoh surat pemberitahuan cuti sakit

Ketika Anda butuh ambil cuti sakit dan membuat surat pemberitahuan karena cuti sakit perhatikan formatnya. Layaknya seperti surat resmi lainnya ada ketentuan yang perlu dipenuhi walau tidak terlalu ketat. Hal yang harus ada pada surat cuti sakit adalah

  1. Tanggal

Tuliskan pada bagian atas tanggal saat surat dibuat. Waktu surat dibuat dan waktu cuti sakit hendaknya tidak sama. Dengan demikian surat diberikan sebelum cuti. Kecuali bila kondisi mendesak yang tidak bisa dihindari.

  1. Perihal

Ada bermacam-macam alasan seseorang mengambil ijin cuti. Jangan lupa mencantumkan cuti sakit atau sick leave untuk memperjelas isi surat dan kategorinya untuk dokumentasi surat-menyurat perusahaan.

  1. Surat ditujukan

Tergantung bagian dan posisi Anda dalam perusahaan. Kalangan pimpinan mungkin hanya perlu menyerahkan surat ijin cuti sakit pada bagian personalia atau atasannya. Bila Anda adalah anggota dari tim mungkin surat nanti akan ditembuskan pada bagian lain yang berkepentingan. Tuliskan nama dan posisi bagian dari perusahaan yang khusus menangani berbagai surat-menyurat.

  1. Data

Tuliskan nama, alamat dan posisi jabatan anda dalam perusahaan di awal paragraf pembuka surat.

  1. Sambutan

Berikan kata pembuka yang sopan dan santun sesuai dengan jenis surat yang dibuat.

  1. Pengajuan cuti sakit

Berikan sedikit penjelasan mengenai alasan mengapa Anda mengambil cuti sakit. Bila tidak ingin terlalu memberikan detail cukup menjelaskan sepantasnya saja.

  1. Waktu cuti sakit

Berikan durasi yang jelas kapan Anda akan melakukan cuti sakit. Tulis tanggal dimulai cuti sampai berakhirnya cuti. Bila ingin lebih jelas, tuliskan juga tanggal Anda akan masuk kembali.

  1. Penutup

Tutup surat dengan berterima kasih atas pengertian perusahaan. Bila perlu tambahkan notes bila ada hal yang berkaitan dengan pekerjaan yang perlu disampaikan.

Itulah beberapa poin penting yang perlu dicantumkan pada surat pemberitahuan cuti sakit. Susun dengan rapi, gunakan Bahasa Inggris yang formal. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contohnya sebagai berikut.

Contoh Surat Cuti Sakit

Semarang, July 8, 2020
Subject: Sick Leave

Head Of Personnel
Pt. Heritange Snack
Gandaria Street 10, Semarang

With respect,
I signed below:
Full name        : Aprilia Arnoldi
Address           : Jalan Kebon Jahe 12, Ciracas, Megasari, Semarang
Position           : Staff Finance Of Pt. Heritage Snack 

I hereby notifies that on Wednesday, July 10, 2020 I will not be present at the office as usual. I will undergo a lasik surgery to improve my vision. Therefore I would like to take a sick leave for one week from Wednesday, July 10, 2020 until July 17, 2020.  

I will need about a week to recover from the surgery. Before that time, I will be absent. I have delegate all of my working responsibilities to my coworker. So, there shouldnt be any problem.    

Thank you for your understanding and consideration.

Regards,

Aprilia Arnoldi

Terjemahan

Semarang, 8 Juli 2020
Subjek : Cuti Sakit

Kepala Pimpinan Personalia
Pt. Heritange Snack
Jalan Gandaria no 10, Semarang

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Lengkap       : Aprilia Arnoldi
Alamat                        : Jalan Kebon Jahe no 12, Ciracas, Megasari, Semarang
Jabatan                       : Staff Keuangan Pt. Heritage Snack

Dengan surat ini saya memberitahukan bahwa pada hari rabu tanggal 10 Juli 2020 Saya berhalangan untuk masuk kantor sebagaimana biasanya. Saya sudah dijadwalkan untuk menjalani operasi lasik untuk memperbaiki kualitas penglihatan saya. Oleh karena itu saya memberitahukan akan mengambil cuti sakit untuk seminggu dari hari rabu tanggal 10 Juli  2020 sampai 17 Juli 2020.

Saya membutuhkan waktu kurang lebih seminggu untuk memulihkan diri dari operasi. Sebelum waktu tersebut selesai, saya akan absen dari kegiatan kantor. Saya telah mendelegasikan seluruh tanggung jawab pekerjaan saya pada rekan kerja di kantor. Jadi seharusnya tidak akan ada kendala dalam masalah pekerjaan.

Terima kasih atas pengertian dan perhatiannya.

Salam,

Aprilia Arnoldi

Surat cuti sakit bisa dibuat singkat dan tidak terlalu banyak detail bila ingin menjaga privasi masalah keterangan penyakit. Berikut adalah contohnya

Jakarta, April 4th , 2019
Subject            : sick leave
Attachment    : doctor ‘s letter

Dear,
Mr. Darmana
Head of Supervisor
Marketing Department

With respect,
I, the undersigned below:
Name              : Siti Nurhayati
Adress             : 11 Green leaves, Jakarta
Position           : Marketing Coordinator

Through this letter I would like to inform that I intend to take a sick leave for the next 2 days  from 7-8 April 2019 due to a full medical check up that I need to do.

I also submit the doctor’s letter to explain my condition. Thank you for understanding.

Best regards, 

Siti Nurhayati

Terjemahan

Jakarta, 4 April 2019
Subjek             : cuti sakit
Lampiran       : surat dokter

Yth,
Pak. Darmana
Kepala Supervisi
Departmen Pemasaran

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama              : Siti Nurhayati
Alamat            : Green leaves no 11, Jakarta
Jabatan           : Marketing Koordinator

Melalui surat ini saya akan menginformasikan akan mengambil cuti sakit untuk dua hari kedepan dari 7-8 April 2019 karena perlu melakukan pemeriksaan medis.

Saya lampirkan keterangan dokter untuk menjelaskan kondisi saya. Terima kasih untuk pengertiannya.

Salam,

Siti Nurhayati

Itu tadi cara membuat surat pemberitahuan karena cuti sakit dalam Bahasa Inggris. Perhatikan informasi penting yang perlu disertakan dalam surat agar dapat dipahami dengan jelas. Sebaiknya tidak ada data yang kurang sehingga Anda harus mengirimkan pesan lanjutan untuk menjelaskan kondisinya.

Perhatikan tata cara dan cara membuat surat cuti sakit yang sudah kami lampirkan sebagai contoh. Dengan demikian Anda dan pihak yang berkepentingan lainnya dapat membuat surat cuti sakit yang baik dan benar. Selain untuk data perusahaan, penting menguasai penulisan surat dalam Bahasa Inggris untuk kelancaran perusahaan dan berbagai tugas-tugas yang harus ditunda karena Anda mengambil cuti sakit.