sederet kamus
Translate: Tutorial:

Menyalahkan dan Merespon Orang yang Menyalahkan dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah Bahasa yang sangat berguna jika Anda bisa menguasainya. Karena Bahasa ini merupakan Bahasa PBB sekaligus Bahasa yang paling sering digunakan di seluruh dunia. Oleh karena itu, jika Anda bisa menguasai bahasa Inggris, maka cukup aman untuk Anda pergi ke mana pun di seluruh dunia.

Jika Anda ingin menguasai bahasa Inggris, tentu Anda juga harus menguasai bagaimana cara untuk menangani situasi sehari-hari, salah satunya adalah yang berhubungan dengan kesalahan. Sering kali kita ingin menyalahkan seseorang atau merespon orang yang menyalahkan kita, tetapi bagaimana cara melakukannya dalam bahasa Inggris?

Agar Anda dapat lebih mengerti cara untuk menyalahkan seseorang dalam bahasa Inggris atau memberikan respon kepada orang yang menyalahkan Anda, baik itu tuduhan atau memang salah Anda, mari simak penjelasan berikut ini.

Menyalahkan Orang Dalam Bahasa Inggris

Terdapat banyak cara atau banyak kalimat yang bisa Anda gunakan untuk menyalahkan orang dalam bahasa Inggris. Akan tetapi, usahakan untuk tidak menyalahkan seseorang tanpa memberi tahu apa salah mereka sehingga tidak menimbulkan kebingungan dan tidak terkesan seperti menuduh tanpa alasan. Sebagai contohnya, berikut ini adalah sejumlah contoh kalimat yang menyalahkan orang lain dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

It’s your fault that we have to go back to the house and be late to the party (Ini adalah kesalahan Anda sehingga kita harus kembali ke rumah dan terlambat tiba ke pesta)

It’s your mistake in the first place for not returning her books (Ini adalah kesalahan Anda sejak awal karena tidak mengembalikan buku-buku dia)

I can’t believe that you did it just because you despise me, that’s very low of you (Saya tidak percaya bahwa Anda melakukan itu hanya karena Anda membenci saya, itu tindakan yang sangat rendah untuk Anda lakukan)

How could you do such a thing to me? What have I ever did to you? (Bagaimana bisa Anda melakukan hal semacam itu kepada saya? Apa yang pernah saya lakukan kepada Anda?)

Are you out of your mind for cooking the chicken without cleaning it first? Now we can’t eat dinner and have to order food first (Apakah Anda sudah gila sampai memasak ayam tanpa membersihkannya terlebih dahulu? Sekarang kita tidak bisa makan malam dan harus memesan makanan terlebih dahulu)

What on earth were you thinking when you send me that faulty report? (Apa yang Anda pikirkan sampai mengirimkan kepada saya laporan yang salah itu?)

I think you’re the one to blame on this whole affair because you’re the one who didn’t confirm to the client regarding the meeting time and place (Menurut saya Anda adalah orang yang seharusnya disalahkan atas seluruh kejadian ini karena Anda yang tidak mengkonfirmasi ke klien mengenai waktu dan tempat rapat)

I think you are the only one who could have done it since there was no one else beside you in the office last night (Menurut saya Anda adalah satu-satunya orang yang bisa melakukan hal tersebut karena tidak ada orang lain selain Anda di kantor semalam)

It must have been you who drank my milk from the fridge (Pasti Anda yang meminum susu saya dari kulkas)

I am sure that you are the only person who could have sent me that threatening message (Saya yakin bahwa Anda satu-satunya orang yang bisa mengirimkan saya pesan yang mengancam tersebut)

You must be doing something really wrong for the boss to get really mad at you like that (Anda pasti melakukan sesuatu yang sangat salah hingga bos menjadi sangat marah kepada Anda seperti itu)

Menerima Kesalahan Dalam Bahasa Inggris

Jika Anda memang melakukan kesalahan yang dituduhkan, maka ada baiknya Anda mengakui dan menerima hal tersebut. Berikut ini adalah sejumlah contoh kalimat untuk merespon orang yang menyalahkan dengan mengakui kesalahan dalam Bahasa Inggris beserta terjemahannya.

I’m really sorry, it is my fault that we ended up getting late to the party (Saya sangat meminta maaf, ini adalah kesalahan saya sehingga kita jadi terlambat datang ke pesta)

I’m so sorry for all the things that I have done to you in the past (Saya sangat meminta maaf atas segala hal yang telah saya lakukan kepada Anda di masa lalu)

I’m really sorry, I didn’t mean to let you get hurt for real (Saya sungguh meminta maaf, saya tidak bermaksud untuk membuat Anda terluka sungguhan)

Sorry for all my fault that leads us to getting in this situation (Maaf atas segala kesalahan saya yang membuat kita sampai pada situasi ini)

It is my responsibility that the boss is mad at our team, I’m sorry (Ini adalah tanggung jawab saya sehingga bos marah kepada tim kita, saya meminta maaf)

You are right, it is totally my fault that the client was not happy with the end product (Anda benar, ini sungguh kesalahan saya sehingga kliennya tidak senang dengan produk akhirnya)

Menyangkal Kesalahan Dalam Bahasa Inggris

Apabila Anda merasa bahwa hal yang dituduhkan sama sekali bukan salah Anda, tentu Anda akan menyangkalnya. Lalu bagaimana cara untuk menyangkal tuduhan orang lain yang menyalahkan Anda? Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang menyangkal kesalahan dalam Bahasa Inggris beserta terjemahannya.

It’s not true at all, I tried to remind you that we might be late to the party if we go back home first (Itu tidak benar sama sekali, saya sudah berusaha untuk mengingatkan Anda bahwa kita mungkin akan telat datang ke pesta jika kita pulang ke rumah terlebih dahulu)

It’s not my fault that you were so dense and wouldn’t listen to any advice that I gave (Ini bukan kesalahan saya bahwa Anda sangat keras kepala dan tidak mau mendengarkan saran apa pun yang telah saya berikan)

I’m not the one to blame in this situation, please reflect on yourself too (Saya bukan yang seharusnya disalahkan dalam situasi ini, tolong refleksi diri Anda sendiri juga)

I didn’t drink your milk from the fridge! (Saya tidak meminum susu Anda dari kulkas!)

You’re wrong, it wasn’t me who submitted that faulty report to the boss (Anda salah, bukan saya yang memberikan laporan salah tersebut ke bos)

Jika Anda masih terus disalahkan atas hal-hal yang bukan merupakan kesalahan Anda, Anda bisa menyerang balik orang tersebut dengan sejumlah contoh kalimat berikut ini.

Don’t you think it’s weird that everywhere you go there’s a problem? (Bukankah menurut Anda aneh bahwa ke mana pun Anda pergi selalu ada masalah?)

It is so adorable how you blame everyone but yourself in this office (Sangat lucu bagaimana Anda menyalahkan semua orang kecuali diri Anda sendiri di kantor ini)

No one should take the blame for something that goes wrong in your life, it is your responsibility (Tidak ada yang seharusnya disalahkan atas sesuatu yang berjalan salah dalam kehidupan Anda, itu adalah tanggung jawab Anda sendiri)

Be responsible for once, you look like such a fool for trying to blame other people all the time (Jadilah orang yang bertanggung jawab untuk sesekali, Anda terlihat konyol sekali ketika berusaha untuk menyalahkan orang lain setiap saat)

You always blame others and never learn to grow yourself (Anda selalu menyalahkan orang lain dan tidak pernah belajar untuk berkembang sendirinya)

You always create your own storm and get upset when it rains (Anda selalu menciptakan badai sendiri lalu marah ketika turun hujan)

You’re always the one who makes such a drama out of everything, grow up! (Anda selalu menjadi orang yang membuat drama dari segala hal, jadilah dewasa!)

Why do you always got a list of people to blame for your own failures? (Kenapa Anda selalu memiliki daftar orang untuk disalahkan atas kegagalan Anda sendiri?)

Cara Lain Menghadapi Orang Yang Menyalahkan

Disalahkan orang rasanya tentu tidak enak. Rasa terkejut yang awalnya dirasakan membuat Anda tidak tahu bagaimana cara merespon dengan tepat. Berikut ini adalah beberapa reaksi umum ketika disalahkan orang lain. Meski begitu, beberapa reaksi berikut ini sesungguhnya tidak terlalu tepat untuk menghadapi orang yang menyalahkan Anda.

  1. Mengalah

Mengalah terhadap orang yang menyalahkan Anda biasanya justru terjadi ketika Anda tahu bahwa itu sebenarnya bukan salah Anda. Mungkin jika memang itu adalah kesalahan Anda, mengalah adalah cara yang tepat untuk meresponnya. Namun jika tidak benar, sebaiknya jangan pernah mengalah atas tuduhan orang lain. Mengambil beban kesalahan yang tidak dilakukan oleh Anda justru dapat mendorong terjadinya kebohongan yang berlanjut.

  1. Menyerang Balik

Menyerang kembali orang yang menyalahkan Anda hampir bisa dipastikan akan membuat Anda berdua bertengkar. Bahkan jika orang yang menyalahkan Anda memang telah membuat kesalahan, sebaiknya Anda tidak menyerang balik mereka dan memberitahu kesalahan mereka di lain waktu.

  1. Membela Diri

Membela diri Anda sendiri bisa dilakukan dengan memberitahu orang yang menyalahkan Anda bahwa mereka salah dan bahwa mereka tidak memiliki bukti atas tuduhan yang diarahkan ke Anda. Namun usahakan untuk tetap mendengarkan alasan mereka kenapa merasa bahwa Anda yang salah. Jika Anda terlalu defensif terhadap tuduhan orang, bisa jadi Anda malah tidak menyadari kesalahan yang sesungguhnya Anda lakukan.

  1. Menjelaskan Secara Tenang dan Rasional

Ini adalah cara yang lebih lembut untuk membela diri Anda sendiri. Dengan menjelaskan secara tenang dan rasional, Anda bisa menjaga situasi agar tidak menjadi lebih buruk. Namun ada kurangnya juga karena orang biasanya menyalahkan bukan untuk mencari tahu kebenaran, namun untuk mengeluarkan amarah mereka. Justru jika menjelaskan secara tenang dan rasional dapat membuat orang yang menyalahkan Anda merasa bahwa perasaan mereka tidak penting dan membuat mereka semakin marah.

Seluruh reaksi tersebut memiliki satu hal yang sama, semuanya adalah reaksi yang terjadi dengan cepat untuk menghadapi emosi yang tidak enak tanpa menghadapinya secara langsung. Lalu bagaimana cara yang lebih baik untuk merespon orang yang menyalahkan dengan memerhatikan perasaan mereka, dan perasaan kita juga? Berikut ini adalah beberapa yang bisa dilakukan.

  1. Dengarkan

Mendengar mungkin sulit dilakukan ketika Anda merasa diserang. Namun coba untuk tenangkan diri Anda dulu dan ingatkan diri bahwa respon yang terburu-buru sering kali tidak baik. Biarkan mereka berbicara dan dengarkan dengan seksama. Namun mendengarkan juga bukan berarti setuju dengan pendapat mereka. Mendengarkan dapat membuat Anda lebih mengerti keadaannya dengan baik.

  1. Berikan Empati

Apakah mungkin bahwa orang yang menyalahkan Anda sebenarnya hanya sedang dalam mood yang buruk? Coba berikan empati kepada mereka dengan mencari tahu apakah mungkin orang ini hanya membutuhkan perasaannya menjadi lebih baik.

  1. Beri Batasan

Menyalahkan orang sesungguhnya tidak sopan. Namun ini adalah tugas Anda untuk membetulkan sikap orang tersebut. Tidak apa-apa jika Anda ingin memberi tahu mereka mengenai dampak dari nada mereka terhadap Anda. Daripada menuduh orang, Anda bisa menyarankan dia untuk memberi tahu apa sebenarnya yang dia khawatirkan dan butuhkan untuk saat itu.

  1. Minta Waktu Sejenak

Waktu dapat memberikan Anda sesaat untuk menarik napas dalam, membenahi perasaan Anda, dan mengerti lebih jelas situasinya. Anda bisa meminta orang yang menyalahkan Anda untuk memberi Anda waktu dan menjadwalkan obrolan Anda di lain waktu yang lebih tepat.

Hal-hal tersebut adalah reaksi yang sebaiknya dilakukan ketika seseorang menyalahkan Anda dan menghindari pertengkaran lebih lanjut. Dengan menjaga emosi Anda, jelas Anda dapat merespon dengan lebih baik juga.

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai cara menyalahkan dan merespon orang yang menyalahkan dalam bahasa Inggris. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda gunakan sehari-hari.