sederet kamus
Translate: Tutorial:

Penggunaan ‘FOR’ vs ‘SINCE’ vs ‘AGO’

Mungkin banyak di antara kita yang tidak asing lagi dengan kata for, since dan ago. Sebenarnya tidak mengherankan, karena ketiga kata tersebut kerap muncul dalam sebuah kalimat. Terutama pada kalimat yang menyertakan keterangan waktu.

For dan since sebenarnya memiliki arti lain tergantung konteks kalimatnya seperti apa. Namun yang menghubungkan kedua kata tersebut dengan ago adalah satu persamaan yakni sama-sama digunakan untuk keterangan waktu.

Untuk menyatakan keterangan waktu, secara sederhana for berarti selama, since berarti sejak, dan ago berarti yang lalu. Namun, ketiganya tidak sesederhana ini. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan menyangkut ketiga kata tersebut. Untuk itulah kami akan membahas for, since dan ago secara lebih mendalam, tapi tentu saja fokus pada penggunaannya sebagai keterangan waktu.

FOR

For digunakan untuk menyatakan satu periode waktu seperti tiga jam, sepuluh menit, delapan bulan, tiga tahun, dua abad, dan lain-lain. Dengan kata lain for digunakan untuk menyatakan seberapa lama suatu kegiatan terjadi.

Saat diaplikasikan dalam sebuah kalimat, maka kata kerja yang mendahului for adalah dalam bentuk present perfect tense, baik itu simple maupun continuous. Untuk lebih memahaminya, perhatikan beberapa contoh kalimat di bawah ini:

  • Lisa has been a freelance editor for three years. (Lisa telah menjadi seorang editor lepas selama tiga tahun)
  • I have kept the money for a week. (Saya telah menyimpan uang tersebut selama satu minggu)
  • Alex has played football in his school for two months. (Alex telah bermain sepakbola di sekolahnya selama dua bulan)
  • He has been there for an hour. (Dia telah berada di sana selama satu jam)

Jika diperhatikan dengan seksama, for menunjukkan rentang waktu sejak dimulainya satu periode waktu hingga berakhirnya periode waktu tersebut. Seperti contoh pertama, Lisa telah bekerja sebagai editor lepas sejak dari hari pertama dimulainya dia bekerja hingga terhitung tiga tahun lamanya. Terlihat ada periode waktu di kalimat tersebut.

Pada dasarnya, for bisa digunakan dengan semua bentuk keterangan waktu (tenses), seperti past tense, present tense dan lain-lain, seperti contoh di bawah ini:

  • I study math for a hour every day. (Saya belajar matematika selama satu jam setiap hari)
  • We are talking to each other for four hours today. (Kami berbicara satu sama lain selama empat jam hari ini)

Namun perlu diingat adalah for tidak bisa diikuti oleh periode waktu berupa “all day” dan “all the time” yang berarti sepanjang hari dan sepanjang waktu. Karena kedua periode waktu tersebut tidak jelas kapan dimulai dan kapan berakhir.

SINCE

Since diikuti oleh penunjuk satu waktu tertentu, seperti jam 07.30 pagi, hari Rabu, bulan Agustus, tahun 2020, dan lain sebagainya. Since merujuk pada waktu awal mulanya sebuah aksi atau situasi terjadi.

Saat menggunakan since berarti peristiwa atau suatu hal telah terjadi sejak masa lampau dan masih berlangsung hingga sekarang.

Seperti halnya dengan for, since juga digunakan pada kalimat yang memiliki keterangan waktu present perfect tense baik itu bentuk simple maupun continuous.

Contoh kalimat:

  • He has called her since this morning. (Dia telah menelponnya sejak pagi ini)
  • She has worked on her homework since 09.00 a.m. (Dia telah mengerjakan tugasnya sejak jam 09.00 pagi)
  • We have lived in Jakarta since 2015. (Kami telah tinggal di Jakarta sejak tahun 2015)
  • They have built their dream house since 2019. (Mereka telah membangun rumah impian mereka sejak 2019)

Since juga biasa ditemukan pada kalimat dengan pola yang menyebutkan satu periode waktu tertentu terlebih dahulu kemudian diikuti since, seperti contoh di bawah ini:

  • It was two months since I had talked to her. (Sudah dua bulan sejak saya berbicara dengannya)
  • How long is it since you went to New York ? (Sudah berapa lama sejak kamu pergi ke New York ?)

AGO

Ago digunakan saat suatu peristiwa lampau telah terjadi. Artinya peristiwa atau aktivitas yang sedang dibicarakan adalah peristiwa atau aktivitas yang telah terjadi di masa lalu dan telah selesai. Itulah mengapa keterangan waktu yang mengiringi penggunaan ago adalah simple past tense. Berbeda dengan for dan since yang sama-sama menggunakan present perfect.

Contoh kalimat:

  • We started doing this job three months ago. (Kami mulai mengerjakan pekerjaan ini tiga bulan lalu)
  • They got divorced two years ago. (Mereka bercerai dua tahun lalu)
  • Mom got home 20 minutes ago. (Ibu tiba di rumah 20 menit yang lalu)
  • I watched the movie at the theater alone a week ago. (Saya menonton film tersebut di bioskop sendiri satu minggu yang lalu)
  • My parents decided to sell the house three years ago. (Orangtuaku memutuskan untuk menjual rumah tersebut tiga tahun lalu)

Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan pernah meletakkan ago dan since dalam satu kalimat jika keduanya merujuk pada keterangan tentang waktu. Hal ini karena fungsi keduanya bertentangan. Menggunakan ago berarti peristiwa tersebut telah selesai dan berada di masa lalu, sementara penggunaan since berarti peristiwa tersebut masih terus berlangsung walaupun telah terjadi di masa lalu.

Satu hal lagi yang perlu diingat adalah perhatikan bahwa for dan since memiliki arti lainnya bukan hanya sebatas untuk keterangan waktu. For bisa saja berarti karena, untuk menuju, dan lain-lain. Sementara since bisa saja berarti karena. Oleh karena itu perhatikan dengan seksama penggunaan for dan since dalam suatu kalimat untuk konsep apa agar tidak keliru memahaminya.