sederet kamus
Translate: Tutorial:

Penggunaan “Them” Dalam Bahasa Inggris

Apakah kamu bingung kapan menggunakan kata them, they, their? Semua kata tersebut dalam Bahasa Indonesia berarti mereka. Namun menempati posisi berbeda-beda pada kalimat Bahasa Inggris. Hindari menempatkan kata ganti orang untuk kata mereka yang tidak sesuai dengan kaidah grammar.

Kali ini kita akan pembahas hanya kata them saja, kata lain akan dibahas pada artikel berbeda. Kata “them” artinya “mereka” secara terjemahan. Sebagai bagian dalam kalimat, kata “them” adalah objective pronoun dari kata “they”. Posisinya setelah predikat dalam kalimat. Fungsinya sebagai objek yang menerima perilaku dari subjek. Jadi, bila dituliskan maka akan seperti ini.

I call them to the house (saya memanggil mereka ke rumah)

  • Saya sebagai subjek
  • Call sebagai predikat
  • Them sebagai objek

Bila diperhatikan pada kalimat maka kata “them” dipakai setelah predikatnya. Kata ganti orang untuk jumlah banyak ini dapat digunakan untuk menggantikan beberapa hal. Berikut adalah penjelasan lanjutnya.

“Them” Untuk Orang Berjumlah Banyak

Siapa saja yang dapat memakai kata “them” sebagai penggantinya? Dua orang paling sedikit dan tidak ada batasan untuk jumlah terbanyaknya. Oleh karena itu parents (orang tua), grandparents (kakek-nenek) dan teammates (teman satu tim) dapat menggunakannya.

Contoh Kalimat

  • I am afraid of them that love to hang around at night (saya takut pada mereka yang suka nongkrong di malam hari)
  • The mosque give them a home to stay. (Masjid memberikan mereka rumah untuk ditempati)
  • I invited my parents to Bali and just booked them the flight (saya mengundang orang tua saya ke Bali dan baru saja membuat pesanan untuk penerbangan mereka)
  • Father asked his children to gather in the family’s room. He told them to started packing for a trip together (ayah meminta anak-anaknya untuk berkumpul di ruang keluarga. Ia memberitahukan mereka mulai berkemas untuk melakukan perjalanan bersama)
  • The teacher is mad to the students. He punishes them by giving lots of homework (guru marah pada para murid. Ia menghukum mereka dengan memberikan banyak pekerjaan rumah.

Kata “them” dapat dipakai untuk menggantikan orang yang paling sedikit berjumlah dua orang. Ingat kalau pemakaiannya untuk menerima perilaku dan bukan sebagai subjek yang melakukan tindakannya.

Them Untuk Benda Yang Banyak

Kata “them” dipakai untuk mengganti jumlah jamak bukan hanya orang namun juga barang. Jadi untuk benda atau hal yang ada beberapa, bisa memakai kata “them”. Karena berfungsi sebagai kata  pronoun atau kata ganti orang. Kata “them” kerap dipakai saat ada dua kata yang menjelaskan sesuatu dimana kalimat pertama menyebutkan benda dan kalimat berikutnya diganti dengan kata “them”.

Contoh Kalimat

  • Mother just bought several new shoes. She puts them in the closet (Ibu baru saja membeli beberapa sepatu baru. Dia menaruh mereka di lemari)
  • My grandfather has many houses. He sold all of them when Grandmother is sick (Kakek memiliki banyak rumah. Ia menjual mereka ketika Nenek sakit)
  • I love all my cats. I even sleep with all of them. (saya mencintai semua kucing saya. Saya bahkan tidur dengan mereka semua)
  • There are many cars in this dealer and I dont like any of them. (Ada banyak mobil di dealer mobil ini dan saya tidak menyukai satu pun dari mereka)
  • Father has many hobbies but mother doesnt like them all. (Ayah memiliki banyak hobi tapi Ibu tidak menyukai mereka semua)

Bukan hanya untuk menggantikan benda yang berjumlah lebih dari satu saja. Binatang dan semua kata yang termasuk “noun” atau kata benda juga bisa. Hal ini bisa juga termasuk kegiatan yang disukai, perasaan dan semua kata yang dapat dihitung.

Them Untuk Dua Kalimat

Bukan hanya sebagai kata ganti jamak pada satu kalimat saja. Saat membuat paragraf dan kalimat lebih dari satu. Kata “them” dipakai untuk membahas satu topik tanpa harus mengulang-ulang kata yang sama.

Contoh Kalimat

  • The principles called the kids that cause troble. I feel sorry for them. (Kepala Sekolah memanggil anak-anak yang menyebabkan Saya sangat merasa kasihan pada mereka) – Kata them mengacu pada kata the kids pada kalimat sebelumnya.
  • I look at the chart and really happy with the result. I will bring them to the office right now. (saya melihat grafik-grafik dan senang dengan hasilnya. Saya akan bawa mereka ke kantor sekarang juga) – Kata them menggantikan kata chart sebagai object pronoun.
  • I love fruits very much. I have them all the time (saya suka buah-buahan. Saya memakan mereka sepanjang waktu) – kata them juga dapat dipakai untuk menjelaskan benda dalam jumlah, saat berada sebagai objek.
  • Mother is collecting clothes. She will donate them to the hurricane victims (Ibu sedang mengumpulkan baju-baju. Dia akan menyumbangkannya pada korban badai)
  • The manager is studying old contracts. He will take them home if he is still not done (Manager sedang mempelajari kontrak-kontrak lama. Ia akan membawanya ke rumah kalau belum selesai)

Kata “them” dapat dipakai untuk memvariasikan objek pada beberapa kalimat ataupun paragrap. Asalkan masih membahas hal yang sama maka masih dapat dipakai.

Demikianlah penjelasan penggunaan kata “them” pada kalimat Bahasa Inggris. Kata yang berarti “mereka” dalam Bahasa Inggris ini berfungsi sebagai kata ganti orang untuk penempatan sebagai objek. Jadi sangat mudah untuk menggunakannya yah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membacanya.