sederet kamus
Translate: Tutorial:

Penggunaan Titik Koma (Semicolon)

Dalam Bahasa Inggris, anda juga harus memperhatikan penggunaan dari tanda baca karena itu nantinya juga akan mempengaruhi kalimat yang anda buat atau yang nantinya anda baca. Salah satu tanda baca yang seringkali digunakan dalam pembuatan kalimat Bahasa Inggris yaitu semicolon atau dalam Bahasa Indonesianya adalah titik koma. Jarang sekali orang yang menggunakan tanda baca satu ini, padahal tanda baca ini sangatlah penting dan juga berguna. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak anda semua untuk bisa menggunakan semicolon atau tanda baca dengan tepat. How to use semicolon correctly? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Definition of semicolon (Pengertian titik koma)

Semicolon atau titik koma, yang memiliki simbol ( ; ) merupakan salah satu jenis punctuation atau tanda baca di dalam Bahasa Inggris yang biasanya digunakan untuk menghubungkan dua independent clause yang berhubungan menjadi sebuah kalimat. Selain itu kegunaan dari semicolon atau titik koma yang lainnya adalah juga digunakan setelah adverbial conjuction atau connecting adverb dan pada kondisi-kondisi tertentu juga digunakan setelah tanda koma atau comma.

Semicolon usage rules (Aturan penggunaan titik toma)

Setelah mengetahui definisi singkatnya, sekarang anda sudah tahu kan apa itu semicolon atau yang di dalam Bahasa Indonesia kita sebut juga sebagai titik koma. Sekarang ini kami akan mengajak anda untuk tahu bagaimana aturan penggunaan titik koma, sehingga anda bisa menggunakan tanda baca ini ketika membuat kalimat Bahasa Inggris dengan benar. Ketika menggunakan titik koma atau semicolon maka tidak boleh ada spasi kosong sebelum semicolon, namun setelah penggunaan tanda baca ini yaitu semicolon ada satu titik spasi. Selain itu, pada prinsipnya, semicolon atau titik koma ini bsia digantikan dengan titik atau full stop ( . )

How to use semicolon correctly? (Bagimana menggunakan titik koma dengan benar?)

Masih banyak orang yang tidak memahami bagaimaan penggunaan semicolon atau titik koma di dalam Bahasa Inggris. Kali ini kami akan memberikan informasi yang cukup penting kepada anda mengenai bagaimana menggunakan titik koma dengan benar. Dalam penggunannya sendiri ada beberapa aturan yang harus anda perhatikan. Simak beberapa cara menggunakan semicolon dengan benar beserta beberapa contohnya:

1) Semicolon digunakan untuk menghubungkan 2 independent clause yang saling berhubungan menjadi 1 kalimat

Kegunaan atau fungsi yang pertama dari semicolon atau titik koma ini adalah digunakan untuk menghubungkan dua independent clause yang memiliki hubungan dan dijadikan sebagai 1 kalimat. Selain itu, yang harus anda ketahui adalah klausa yang digunakan disini merupakan klausa yang harus setara karena ketika digunakan akan menjadi kalimat yang utuh. Lalu, dapat digantikan juga dengan titik atau full stop ( . ) Supaya anda lebih memahami bagaimana menggunakan semicolon dengan tetap maka berikut ini adalah beberapa contoh kalimatnya:

    • Due to this situation, some people are work from home; others still have to go to the office (Karena situasi ini, beberapa orang bekerja dari rumah; beberapa lainnya harus pergi ke kantor) // Due to this situation, some people are work from home. Others still have to go to the office (Karena situasi ini, beberapa orang bekerja dari rumah. Beberapa lainnya harus pergi ke kantor)
    • Vivi went to the café; Bagas went to the library (Vivi pergi ke kafe; Bagas pergi ke perpustakaan) // Vivi went to the café. Bagas went to the library (Vivi pergi ke kafe. Bagas pergi ke perpustakaan)

2) Semicolon digunakan untuk menghubungkan 2 independent clause yang dikatikan dengan adverbial conjuction

Fungsi selanjutnya dari penggunaan tanda baca semicolon adalah untuk menghubungkan 2 independent clause yang dikatikan dengan adverbial conjuction. Mungkin ada beberapa dari anda yang belum mengetahui informasi mengenai adverbial conjuction, maka kami akan menjelaskannya dengan singkat. Adverbial conjuction merupakan adverb atau kata keterangan yang berfungsi sebagai conjuction atau kata penghubung. Contoh dari adverbial conjuction adalah hence (karenanya), nevertheless (bagaimanapun), consequently (akibatnya), meanwhile (sementara itu), therefore (oleh karena itu) dan lain sebagainya. Supaya anda lebih memahami lagi mengenai penggunaan dari semicolon pada fungsi ini maka berikut adalah beberapa contoh yang bisa anda perhatikan:

    • Thalia will go to Seoul for a week starting tomorrow; consequently ther will be no chemical class tomorrow (Bu Thalia akan pergi ke Seoul selama seminggu mulai besok; karenanya tidak akan ada kelas kimia besok)
    • Me and my brother stay at home all day because my Parents told us to clean up the house; meanwhile my sister went vacation with her friends (Aku dan adik laki-lakiku harus ada di rumah sepanjang hari karena orangtuaku menyuruh kami untuk bersih-bersih rumah; sementara kakak perempuanku pergi liburan bersama teman-temannya)
    • Roni forgets to bring his lunch to school; nevertheless he is still thankful because Nando share his launch with him (Roni lupa membawa makan siangnya ke sekolah; bagaimanapun ia tetap bersyukur karena Nando berbagi makan siangnya dengan dirinya)

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya mengenai how to use semicolont correctly atau bagaimana cara menggunakan titik koma dengan benar. Semoga dengan informasi yang kami berikan bisa berguna bagi anda semuanya, sehingga ketika anda ingin menggunakan titik koma dengan benar dan sesuai konteks dan bisa diaplikasikan dalam kalimat Bahasa Inggris yang ingin dibuat.