sederet kamus
Translate: Tutorial:

Penggunaan ‘Who’

Di dalam Bahasa Inggris tentu saja kita harus memperhatikan beberapa cara penggunaan kata tertentu. Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda semua untuk mengenali atau mengetahui bagaimaan penggunaan ‘who’ atau yang di dalam Bahasa Indonesia memiliki arti siapa. Karena who (siapa) ini digunakan di beberapa konteks. Sehingga seringkali juga orang-orang bingung harus menggunakan who, whom, atau whose yang pada umumnya memiliki makna yang sama. Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk lebih memahami mengenai penggunaan ‘who’. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Penggunaan ‘Who’

Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, maka who memiliki arti siapa. Supaya anda bisa memahami bagaimana penggunaan who ketika ingin menyusun kalimat dalam Bahasa Inggris atau mungkin ketika anda ingin berbicara dalam Bahasa Inggris, maka kali ini kami akan memberikan penjelasannya kepada anda. Who atau siapa di dalam Bahasa Inggris ini digunakan untuk menyatakan beberapa hal. Berikut adalah bagaimana anda bisa menggunakan who dengan benar:

Digunakan untuk menjelaskan subyek

Penggunaan who (siapa) yang pertama adalah digunakan untuk menjelaskan subyek dari kalimat. Who disini digunakan untuk menyatakan subyek yang dibahasa pada kalimat tersebut dan menjelaskannya. Supaya lebih memahami penggunaan dari who (siapa) untuk menjelaskan subyek maka berikut ini adalah beberapa contohnya:

  • Do you know the people who live in Sudirman Sreet? (apakah kamu tahu siapa orang yang tinggal di Jalan Sudirman)

Penjelasan: Pada kalimat di atas, who bertindak untuk menjelaskan subyek yaitu orang yang tinggal di jalan Sudirman.

  • I talked to the man who was sitting next to me (Aku berbicara dengan pria yang duduk di sebelahku)

Penjelasan: Pada kalimat di atas, who (siapa) digunakan untuk menyatakan subyek ‘yang’ atau pria yang duduk di sebelahnya.

Digunakan untuk menjelaskan kepemilikan obyek

Tidak hanya digunakan untuk menjelaskan subyek orang saja, who (siapa) juga digunakan untuk menjelaskan kepemilikan dari sebuah obyek. Biasanya jika who (siapa) digunakan untuk konteks ini maka akan ditambahkan has atau is. Selain itu hal yang perlu anda ketahui, bahwa untuk penggunaan who untuk menjelaskan kepemilikan biasanya akan disingkat menjadi who’s. Supaya anda lebih memahami dan bisa mengaplikasikan penggunaan who (siapa) untuk menjelaskan kepemilikan obyek maka perhatikanlah beberapa contoh kalimat di bawah ini:

  • Who is your partner right now? (Siapa yang menjadi rekanmu sekarang ini)

Penjelasan: Who pada kalimat di atas digunakan untuk menanyakan kepemilikan pada sebuah hal, yaitu siapa yang menjadi rekanmu sekarang ini.

  • Nanda doesn’t know who has stolen her bag (Nanda tidak tahu siapa yang mencuri tasnya)

Penjelasan: Pada kalimat ini, kita bisa mengetahui bahwa Nanda tidak tahu who (siapa) yang mencuri tas miliknya. Ia menggunakan kata ganti who, karena tidak tahu orang yaang mencuri tasnya.

  • Amel is the girl who has blonde and curly hair (Amel adalah gadis yang memiliki rambut pirang dan keriting)

Penjelasan: Pada kalimat di atas, who (siapa) merujuk kepada Amel yang merupakan pemilik dari rambut pirang dan keriting.

  • Michael is the student who is going to be sing performing (Michael adalah murid yang akan tampil menyanyi)

Penjelasan: Who (siapa) merupakan refers to dari Michael yang akan tampil menyanyi.

Contoh kalimat who (siapa) sebagai kalimat tanya

Setelah mengetahui konteks penggunaan dari who (siapa), maka kali ini kami akan memberikan beberapa contoh kalimat who sebagai kalimat tanya. Berikut adalah beberapa contoh who (siapa) untuk menunjukkan kalimat tanya:

  • Who are you brothers? (Siapakah saudara laki-lakimu?)
  • Who is the owner of this bag? (Siapakah pemilik tas ini?)
  • Who is your girlfriend? (Siapa pacarmu?)
  • Who is the writer of this book? (Siapa penulis buku ini?)
  • Who is the driver? (Siapakah sopirnya?)
  • I found this notes on the table, who is the writer? (Aku menemukan notes ini di meja, siapa penulisnya?)
  • Who is the illustrator? (Siapakah ilustratornya?)
  • Who will pick you up tonight? (Siapa yang akan menjemputmu malam ini?)
  • Who can finish this project? (Siapa bisa menyelesaikan proyek ini?)
  • Who is BTS? (Siapa BTS?)

Contoh kalimat who (siapa) sebagai statements (pernyataan)

Tidak hanya digunakan sebagai kalimat tanya saja, kata who (siapa) ini juga bisa digunakan sebagai kalimat pernyataan atau statement. Supaya anda bisa menggunakan who (siapa) ketika ingin memberikan pernyataan dalam Bahasa Inggris, maka kami akan memberikan beberapa contohnya untuk anda. Berikut ini adalah beberapa contoh yang bisa anda pahami:

  • I saw the girl who sends me love letters every week (Aku melihat gadis yang mengirimiku surat cinta setiap minggu)
  • A girl who writers a letter for my father is my sister (Gadis yang menulis surat untuk ayahku adalah kakak perempuanku)
  • My friend who gives me a snack is Michael (Temanku yang memberiku snack adalah Michael)
  • A boy who gives me a bucket of flower is my classmates (Anak laki-laki yang memberiku sebuket bunga adalah teman sekelasku)
  • Carla is the girl who has blonde hair (Carla adalah gadis yang memiliki rambut pirang)

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai penggunaan ‘who’ atau siapa. Ternyata who, tidak hanya bisa digunakan untuk menanyakan saja namun juga bisa digunakan sebagai kalimat pernyataan atau statement. Semoga artikel yang kami berikan kali in bisa berguna dan bermanfaat bagi anda yang ingin lebih memahami penggunaan who (siapa).