sederet kamus
Translate: Tutorial:

Penggunaan “Will”

Dalam Bahasa Inggris tentunya kita menemui banyak sekali kata-kata, jika anda sedang belajar Bahasa Inggris maka tentu saja anda harus memperhatikan kata-katanya dan selain itu anda juga harus tahu bagaimana penggunaannya sehingga kata yang anda pilih itu bisa menjadi sebuah kalimat yang tepat.

Kali ini kami akan mengajak anda untuk membahas will atau yang di dalam Bahasa Indonesia memiliki arti (akan). Karena seringkali orang masih belum paham bagaimana penggunaan will (akan). Berikut adalah infromasi lengkap mengenai penggunaan will yang harus anda perhatikan sehingga bisa mengaplikasikannya dalam percakapan atau kalimat.

Kapan menggunakan will?

Tentu saja anda sudah sering mendengar kata will bukan? Di dalam Bahasa Indonesia, kata will sendiri memiliki terjemahan sebagai akan atau bakal. Namun di dalam penggunannya di Bahasa Inggris seringkali orang-orang kebingungan harus menggunakan will atau be going to karena kedua kalimat ini memiliki makna yang hampir sama. Supaya anda bisa membedakan kapan harus menggunakan will dan be going to, maka kali ini kami akan mengajak anda untuk membahas secara lengkap penggunaan will.

Jadi, will (akan) ini digunakan di beberapa situasi tertentu seperti misalnya untuk menunjukkan sebuah kesanggupan atau untuk menunjukkan kemauan secara sukarela. Selain itu biasanya, will (akan) juga digunakan untuk menanggapi keluhan atau permintaan bantuan dari orang lain, will (akan) juga  digunakan ketika kita ingin meminta bantuan dari seseorang atau kita ingin orang lain melakukan sesuatu untuk kita. Tak hanya itu, biasanya juga bisa digunakan untuk menolak atau menyampaikan sebuah ancaman. Untuk lebih jelas, maka anda bisa memperhatikan beberapa penjelasan di bawah ini sehingga anda bisa memahami penggunaan will (akan) dengan baik:

  1. Saat ingin menawarkan bantuan secara sukarela kepada orang lain

Ada kalanya ketika kita melihat orang lain kesusahan, atau butuh bantuan maka kita ingin menawarkan bantuan kepada mereka secara sukarela. Jika anda berada di situasi yang seperti ini. Anda ingin melakukan tindakan secara sukarela untuk orang lain maka anda juga bisa menggunakan will di dalam kalimat yang akan anda ucapkan. Supaya lebih mudah untuk memahami situasi ini dalam penggunaan will, maka berikut ini adalah beberapa contoh kalimatnya dalam situasi ini:

    • Right now, I will call the police so don’t worry, you are safe bro! (Sekarang, aku akan menghubungi polisi jadi kamu tidak perlu merasa khawatir, kamu aman)
    • I will get the maagzine, so you can give it to Ms. Lisa (Aku akan mengambil majalah itu, sehingga kamu bisa memberikannya kepada Bu Lisa)
    • I will get that food, so don’t worry. You can do your job. (Aku akan mengambil makanan itu, jadi tidak perlu khawatir. Kamu bisa melakukan pekerjaanmu)
  1. Saat menanggapi permintaan bantuan dari orang lain atau menanggapi keluhan orang lain

Mungkin ada orang lain yang memberikan keluhannya pada anda, atau ada orang lain yang ingin meminta bantuan kepada anda. Maka anda juga bisa menggunakan will (akan) di dalam kalimat yang anda ucapkan kepada mereka. Supaya lebih memahami bagaimana situasinya, maka berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan will (akan) untuk situasi ini:

    • I will make sure Dona will call you back to response your question about your order (Aku akan memastikan bahwa Dona akan menghubungimu kembali untuk menanggapi pertanyaan mengenai pesananmu)
    • I will bring you the basket of candy when I get them (aku akan membawakanmu sekeranjang permen ketika aku mendapatkannya)
    • I will send this box according to the adress you wrote (Aku akan mengirim kotak ini sesuai alamat yang kamu tulis)
  1. Saat meminta bantuan orang lain

Mungkin ketika sedang mengalami kesulitan atau membutuhkan bantuan, kita ingin meminta bantuan kepada orang lain. Ketika dalam kondisi seperti ini maka jangan sampai anda langsung memberikan perintah kepada orang lain untuk melakukan apa yang kita mau. Namun anda bisa menggunakan kata will (akan) untuk menanyakan kepada mereka, apakah mereka bersedia membantu kita? Berikut adalah beberapa contoh kalimat menggunakan will dalam situasi ini:

    • Will you help me to wrote this letter? (Maukah kamu membantuku untuk menulis surat ini?)
    • Will you help me fill the glass of orange juice? (Maukah kamu membantuku untuk mengisi gelas ini dengan jus jeruk?)
    • Will you tell Han Ji Pyeong to call me back when he gets here? (Maukah kamu memberitahu Han Ji Pyeong untuk menelpon saya kembali ketika ia tiba disini?)
  1. Saat ingin menolak untuk melakukan sesuatu

Will ini tidak hanya digunakan ketika ingin meminta sesautu, namun bisa digunakan ketika anda ingin menolak untuk melakukan sesuatu. Ketika anda diminta melakukan sesuatu oleh orang lain, namun anda menolaknya maka anda bisa menggunakan will not atau won’t. Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang bisa perhatikan ketika ingin menggunakan will untuk menolak sesuatu:

    • I won’t go to your farewell party (Aku tidak akan pergi ke pesta perpisahanmu)
    • I will not accpet gifts from you (Aku tidak akan menerima hadiah darimu)
    • I won’t give this shoe to him (Aku tidak akan memberikan sepatu ini kepadanya)

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda semua mengenai penggunaan will dan juga beberapa contohnya sehingga anda bisa dengan mudah memahaminya. Semoga apa yang kami sampaikan bisa berguna dan juga bermanfaat untuk anda semuanya!