sederet kamus
Translate: Tutorial:

Penggunaan Yet dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Yet adalah kata yang sangat berguna dalam bahasa Inggris karena dapat membuat kalimat menjadi lebih jelas. Kosakata satu ini bisa digunakan sebagai adverbia untuk mendiskusikan ide tambahan atau untuk menekankan perasaan atau pikiran. Ia juga dapat digunakan sebagai konjungi, mirip dengan konjungsi semacam but ataupun nevertheless. Jika Anda dapat menggunakan yet dengan baik dan benar, maka pasti Anda juga akan dapat berbicara bahasa Inggris dengan lebih baik lagi.

Yet Sebagai Adverbia

Untuk menggunakan yet sebagai adverbia, Anda bisa menaruhnya di penghujung kalimat untuk mendeskripsikan sesuatu yang belum terjadi. Biasanya, penggunaan yet sebagai adverbia ini digunakan dalam pernyataan negatif yang menggunakan istilah seperti have not atau has not.

Selain menaruhnya di penghujung kalimat pernyataan negatif, Anda juga bisa menaruhnya di tengah kalimat untuk menunjukkan sesuatu yang belum jelas atau belum diketahui. Penggunaan macam ini biasanya digunakan dalam diskusi atau percakapan yang lebih formal.

Terakhir, Anda bisa menaruh yet di akhir kalimat pernyataan positif untuk menunjukan sebuah situasi atau kejadian yang masih berlanjut atau belum diselesaikan. Hal ini dapat digunakan jika Anda ingin memberitahu bahwa Anda masih berada dalam sebuah situasi dan hal itu masih akan berlanjut dalam jangka pendek di depan. Anda bisa menggunakan yet dalam pernyataan positif untuk memperlihatkan situasi atau kejadian di saat ini yang masih belum selesai.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa contoh penggunaannya dalam sebuah kalimat sebagai adverbia:

  • I haven’t finished my cooking yet (Saya belum menyelesaikan masakan)
  • He hasn’t let me know when are we going to meet tomorrow yet (Dia belum memberitahu saya kapan kami akan bertemu besok)
  • They have yet announced if the new book will be released this year or not (Mereka masih belum mengumumkan apakah buku yang baru akan dirilis tahun ini atau tidak)
  • The kid has yet to be found after he went missing this morning (Sang anak masih belum ditemukan setelah ia menghilang pagi ini)
  • I have some work that I have to do yet (Saya masih memiliki pekerjaan yang harus saya lakukan)
  • There is a lot more time yet to get ready for the dinner party (Masih ada banyak waktu untuk bersiap untuk pesta makan malam)

Yet Sebagai Penekanan atau Tambahan

Anda juga bisa menggunakan yet untuk mengindikasikan adalah masalah atau isu tambahan. Yet dapat digunakan untuk menggantikan in addition (sebagai tambahan). Biasanya penggunaan ini berada dalam pernyataan negatif yang mendiskusikan hal lain yang harus dihadapi atau harus dibicarakan.

Selain itu, yet juga dapat digunakan dalam sebuah kalimat untuk penekanan. Mirip dengan istilah seperti even, still, atau more, yet dapat digunakan untuk menekankan suatu poin atau memberikan gambaran yang lebih jelas. Biasanya penggunaan ini berada sebelum adanya istilah seperti another atau again.

Terakhir, Anda dapat menaruh yet di penghujung kalimat untuk menunjukkan antusiasme atau semangat. Anda juga dapat menggunakan yet sebagai superlatif untuk memperlihatkan betapa bersemangat atau betapa senangnya Anda.

Sebagai contohnya, berikut ini adalah sejumlah kalimat yang menggunakan yet sesuai dengan fungsi di atas:

  • Yet another problem has arised that needs our attention (Namun masalah lain telah muncul yang membutuhkan perhatian kita)
  • She ate yet another piece of chicken even though she said she wanted to go on a diet (Dia masih memakan sepotong ayam lagi walaupun dia mengatakan bahwa dia ingin diet)
  • The demonstration has ended with vandalism yet again (Demonstrasinya telah berakhir dengan vandalisme lagi)
  • That was the best music she has ever made yet! (Itu musik terbaik yang pernah ia buat sejauh ini!)
  • That is the best movie that I have ever seen yet! (Ini film terbaik yang pernah saya lihat sejauh ini!)
  • This is the best experience for me yet! (Ini pengalaman terbaik untuk saya sejauh ini!)

Yet Sebagai Konjungsi

Yet sebagai konjungsi sama seperti but (tapi) dalam sebuah kalimat. Yet dapat memberikan sebuah kata perbedaan tertentu dan nada tertentu yang tidak bisa diberikan dengan menggunakan but. Untuk cara penggunaan yang mudah, coba ubah but dalam sebuah kalimat dengan yet dan menaruh koma sebelumnya.

Yet juga dapat ditaruh dalam sebuah kalimat untuk mengembangkan atau menambahkan konten. Ia dapat membantu memberikan lebih banyak informasi mengenai sebuah subjek atau kejadian yang mungkin berkontradiksi atau bahkan ironis. Biasanya digunakan dalam kalimat negatif, mirip dengan cara menggunakan konjungsi nevertheless (akan tetapi).

Terakhir, Anda bisa menggunakan yet di awal kalimat untuk memberikan kalimat Anda nada atau alur tertentu. Yet biasanya digunakan di awal kalimat untuk memberikan pemikiran yang baru saja muncul. Ia juga dapat memberikan nada seperti percakapan dalam kalimat Anda.

Sebagai contohnya, berikut ini adalah beberapa kalimat yang menggunakan yet sebagai konjungsi:

  • She always get an A on her mathematics, yet her passion is language. (Dia selalu mendapatkan nilai A untuk matematika, namun kesukaannya adalah bahasa)
  • I could make a really delicious meal, yet I rarely cook (Saya bisa membuat masakan yang sangat lezat, namun saya jarang memasak)
  • He is not comfortable in meeting new people, yet he still goes to the party to accompany his friend (Dia tidak merasa nyaman bertemu dengan orang baru, namun ia masih pergi ke pesta untuk menemani kawannya)
  • I don’t like loud noises, yet the neighbor continue to play their music loud late at night (Saya tidak suka suara yang berisik, namun tetangga terus menyalakan musik mereka keras-keras di tengah malam)
  • Yet, despite all the heartbreak that I went through, I still love her (Namun, meski sudah melalui segala patah hati, saya masih mencintainya)
  • Yet, I must admit that he is smarter than most guys around my age. (Namun, saya harus mengakui bahwa dia lebih pintar daripada sebagian besar pria seumuran saya)

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai cara penggunaan yet dalam bahasa Inggris beserta contohnya. Semoga penjelasan ini dapat membuat Anda mengerti semakin dalam mengenai bahasa Inggris dan dapat mempraktekannya di dunia nyata dalam kehidupan sehari-hari.