sederet kamus
Translate: Tutorial:

Perbedaan Erase, Remove, dan Delete

Ada banyak kata dalam Bahasa Inggris yang memiliki arti yang serupa. Kata-kata tersebut bisa dijadikan sebagai sinonim untuk satu sama lainnya. Akan tetapi, ada juga yang tidak bisa dijadikan sinonim. Hal tersebut dikarenakan penggunaannya harus dilakukan dalam konteks yang berbeda. Misalnya saja erase, remove, dan delete. Ketiga kata tersebut jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti yang sama, yakni “menghapus”.

Erase, remove, dan delete memang memiliki arti yang sama. Namun, ketiganya memiliki perbedaan juga. Oleh karena itu, dalam konteks-konteks tertentu, ketiga kata ini tidak bisa menjadi pengganti untuk satu sama lainnya. Lantas apa saja perbedaan erase, remove, dan delete? Mari kita cari tahu melalui uraian di bawah ini.

Erase

Erase adalah menghapus sesuatu dengan sepenuhnya. Berdasarkan definisi ini, sesuatu yang kita hapus tersebut akan menghilang sama sekali dan tidak dapat dikembalikan lagi.

Contoh:

  • I wish I could erase money from this world. (Saya berharap saya bisa menghapus uang dari dunia ini)
  • I cannot erase him from my memory. (Saya tidak bisa menghapusnya dari ingatan saya)

Erase juga bisa berarti menghapus sesuatu yang telah ditulis.

Contoh:

  • She erased the wrong answer and then wrote the right one. (Dia menghapus jawaban yang salah kemudian menuliskan jawaban yang benar)
  • The teacher is erasing the writings on the board. (Guru sedang menghapus tulisan pada papan tulis)
  • Why do you erase my doodles? (Mengapa Anda menghapus orat-oret saya?)

Definisi lain dari erase adalah untuk mencoret atau menggosok sesuatu yang ditulis, diukir, atau dilukis agar sesuatu tersebut tidak bisa dilihat lagi.

Contoh:

  • I didn’t have an eraser with me, so I erased the wrong word by scraping it. (Saya tidak punya penghapus, sehingga saya menghapus kata yang salah dengan mencoretnya)
  • They keep rubbing the writing on the wall to erase it. (Mereka terus menggosok tulisan di tembok untuk menghapusnya)

Selain itu, erase juga untuk menghapus data yang ada di dalam memori gawai atau memori komputer. Data yang telah dihapus tersebut tidak bisa dikembalikan lagi.

Contoh:

  • I accidentally erased all contacts on my phone. (Saya tidak sengaja menghapus semua kontak pada ponsel saya)
  • The video has been erased. (Videonya sudah dihapus)
  • How do you erase files from computer? (Bagaimana Anda menghapus file dari komputer?)

Remove

Di antara erase, remove, dan delete, remove adalah kata yang penggunaannya paling luas. Untuk itu, remove bisa digunakan dalam lebih banyak konteks dibandingkan dengan erase dan delete.

Remove dalam konteks menghapus artinya membuat sesuatu yang tidak menyenangkan menghilang sepenuhnya.

Contoh:

  • The doctor suggests me to have my tonsil removed. (Dokter menyarankan saya untuk mencabut amandel saya)
  • It’s said that eating mint can help removing bad body odor. (Dikatakan bahwa memakan daun min bisa membantu menghilangkan bau badan yang tidak sedap)
  • We should use this detergent to remove stain from our clothes. (Kita harus menggunakan detergen ini untuk menghapus noda dari pakaian kita)

Remove juga berarti memindahkan sesuatu atau seseorang dari sebuah tempat.

Contoh:

  • They removed my car. (Mereka memindahkan mobil saya)
  • Did you remove the file to your flash drive? (Apakah Anda memindahkan datanya ke dalam flashdisk Anda?)
  • Students will be removed from school if they violate the red rules. (Siswa akan dikeluarkan dari sekolah jika mereka melanggar aturan berwarna merah)

Selain itu, remove juga memiliki arti melepaskan sesuatu dari badan dan memberhentikan seseorang dari pekerjaan mereka.

Contoh:

  • We aren’t allowed to remove our hats during the party until the host says so. (Kami dilarang membuka topi kami selama pesta sampai penyelenggara menyuruhnya)
  • He’s been removed from his office. (Dia diberhentikan dari kantornya)

Delete

Delete hanya digunakan dalam konteks menghapus data berbentuk digital. Seperti data dalam komputer, telepon genggam, kamera, internet, dan sebagainya. Untuk menghapus data yang tidak berbentuk digital, sebaiknya kita menggunakan erase atau remove.

Contoh:

  • I should delete junk data on my computer. (Saya harus menghapus data sampah pada komputer saya)
  • Who deleted my pictures? (Siapa yang menghapus foto saya?)
  • She deleted her post after she got many negative comments. (Dia menghapus postingannya setelah dia mendapat banyak komentar negatif)

Ketika kita menghapus data dalam komputer, data tersebut akan masuk ke dalam recycle bin. Selain itu, ada data dalam internet yang tetap ada walaupun kita sudah menghapusnya. Itulah mengapa bisa dikatakan bahwa sesuatu yang di-delete masih tetap ada atau bahkan bisa dikembalikan. Inilah yang membedakan delete dengan erase. Walaupun demikian, tidak selamanya sesuatu yang di-delete bisa tetap ada. Ada juga yang benar-benar terhapus sepenuhnya.

Kesimpulan

Pada intinya, erase adalah untuk menghapus sesuatu dengan sepenuhnya yang bersifat digital atau tidak digital. Sesuatu tersebut benar-benar hilang dari keberadaan.

Remove adalah untuk menyingkirkan sesuatu. Sesuatu tersebut tidak benar-benar terhapus, hanya dipindahkan, dilepaskan, atau disamarkan. Ada beberapa pengecualian yang mana sesuatunya akan benar-benar hilang, seperti removing stain (menghapus noda).

Delete digunakan khusus untuk menghapus sesuatu yang bersifat digital. Sesuatu tersebut bisa benar-benar hilang seutuhnya atau tetap ada dan bisa dikembalikan.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan erase, remove, dan delete dalam bahasa Inggris. Semoga saja artikel ini cukup mudah dimengerti dan bisa membantu kita semua dalam menambah pengetahuan akan Bahasa Inggris.