sederet kamus
Translate: Tutorial:

Perbedaan Every One dan Everyone

Dalam Bahasa Inggris ada banyak kata-kata yang cukup membingungkan dalam penggunaannya, dan, jika tidak hati-hati, kita bisa salah menggunakan kata tersebut, kadang-kadang bahkan tanpa disadari. Beberapa kata yang sering salah penggunaannya adalah everyone vs. every one.

Apa sebenarnya perbedaan antara dua kata ini? Apa memang ada bedanya? Atau, apakah keduanya bisa saling menggantikan? Sayangnya, tidak. Jadi, agar tulisan kita akurat dan tepat, penting untuk memahami perbedaan antara keduanya. Kita akan melihat bagaimana menggunakan everyone dan every one dengan benar, fungsi dari masing-masing kata dalam suatu kalimat, dan bagaimana mengingat perbedaan antara keduanya.

Kapan everyone bisa digunakan?

Everyone adalah pronoun indefinite (kata ganti yang tidak merujuk pada orang/benda tertentu) dan memiliki arti yang sama dengan every person; everybody. Kata ini digunakan untuk merujuk pada semua orang dalam suatu kelompok secara umum. Contohnya:

  • Everyone at the office today was meking me angry. (Semua orang di kantor bikin aku marah hari ini.)
  • The concert was awesome; everyone was there. (Konsernya luar biasa; semua orang hadir disana tadi.)
  • Can you let everyone know the food is here? (Bisakah kamu beritahu semuanya kalau makanannya sudah ada?)
  • You’re one of us now, and it’s important that you tell everyone you know about it immediately. (Kamu adalah bagian dari kami sekarang, dan penting untuk memberitahu semua orang yang kamu kenal soal ini secepatnya.)
  • Everyone believes in here that we can do it, so we just have to go down there, step up, give our best effort and try to get one. (Semua orang disini percaya kita bisa melakukannya, jadi kita harus kesana, maju, dan memberikan usaha kita yang terbaik.)

Seperti yang disebutkan diatas, indefinite pronouns adalah kata ganti yang tidak merujuk pada orang/benda tertentu, dan contoh diatas sudah menjelaskan dengan cukup baik. Everyone digunakan untuk menunjuk pada semua orang dalam suatu keompok, bukan satu orang tertentu saja.

Kapan every one bisa digunakan?

Every one, seperti yang bisa dilihat, terdiri dari dua kata. Mereka bisa berfungsi sebagai cara yang empatis untuk mengatakan “masing-masing” atau “setiap”. Jika kamu merujuk pada setiap orang/benda yang ada dalam sebuah kelompok, maka every one lah yang digunakan. Contohnya:

  • Every one of the brothers was there last night. (Semua anak dari kakak-beradik itu hadir disana tadi malam.)
  • Every one of these apples is rotten. (Semua dari apel-apel ini busuk.)
  • Every one of the kittens in the shelter needs to find a permanent home. (Setiap dari anak-anak kucing yang ada di penampungan ini harus mendapatkan tempat tinggal tetap.)
  • Each and every one of the cars you gave me was worthless. (Setiap dari semua kartu yang kamu berikan pada saya tidak ada harganya.)

Jika kamu menggunakan frase “each and every one” seperti salah satu contoh diatas, maka kamu tidak boleh menggantinya dengan “everyone” karena artinya akan berubah. Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, tidak tampak bedanya. Tapi, kamu pasti bisa memahami perbedaan artinya.

Apakah everyone singular  (bentuk tunggal) atau plural (bentuk jamak)?

Mungkin kamu berpikir; karena everyone merujuk pada semua orang yang ada dalam sebuah kelompok, maka ia kemudian dianggap sebagai bentuk jamak. Tapi ini adalah anggapan yang tidak tepat. Meskipun everyone terdengar seperti menyebutkan banyak orang, namun ia sebenarnya kata benda tunggal yang membutuhkan kata kerja tunggal pula. Contohnya:

  • Everyone was at the beach yesterday afternoon. (Semua orang ada di pantai kemarin sore.) KALIMAT INI BENAR
  • Everyone were at the beach yesterday afternoon. KALIMAT INI SALAH

Karena everyone adalah kata benda tunggal (singular noun), kamu harus memastikan semua pronouns yang mengikutinya dalam satu kalimat ditulis dalam bentuk yang benar. Misalnya, hindari kalimat-kalimat seperti berikut ini:

  • Everyone in the class asked for their grade. (Semua anak di kelas meminta nilai mereka.) – everyone dan their bukan pasangan yang tepat. Jadi, sebaiknya ditulis seperti ini: Everyone in the class asked for his or her grades. Jika ingin menghindari kalimat yang bertele-tele akibat his or her, maka everyone bisa dihilangkan saja dan digantikan dengan all of the students atau the students.

Every one sudah jelas adalah bentuk tunggal karena ia merujuk setiap/masing-masing dari benda/orang yang ada dalam suatu kelompok.

Ingat-ingat Perbedaannya

Everyone, yang hanya terdiri dari satu kata, bisa digantikan dengan everybody. Coba ganti-ganti pemakaian keduanya dalam suatu kalimat jika kamu ragu.

Every one, yang terdiri dari dua kata, bisa digantikan dengan each. Sama seperti diatas, coba ganti-ganti pemakaian keduanya dalam kalimat jika kamu ragu. Jika kalimatnya masih masuk akal dan tepat setelah diganti, maka penggantian katanya benar.

Kesimpulan

Karena every one dan everyone memiliki arti yang berbeda, maka penggunaannya dalam suatu kalimat pun bisa merubah arti keseluruhannya. Jadi, penting untuk tahu kata yang mana yang tepat untuk digunakan.

Everyone, terdiri dari satu kata, adalah kata ganti yang setara/sama dengan everybody – ia merujuk pada semua orang yang ada dalam suatu kelompok.

Every one, terdiri dari dua kata, adalah cara lain untuk mengatakan “each”  atau masing-masing/setiap dari individu/benda yang ada dalam suatu kelompok.