sederet kamus
Translate: Tutorial:

Perbedaan Fill In dan Fill Out Beserta Contohnya

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan oleh hampir seluruh negara di dunia ini. Hal tersebut menunjukkan betapa pentingnya di era globalisasi ini untuk mempelajari bahasa Inggris agar dapat menggunakannya untuk berkomunikasi dengan baik. Mempelajari bahasa Inggris tidak hanya dapat dilakukan dengan mengetahui istilah-istilah dan keterangan cara memakainya, namun juga dengan melihat prakteknya langsung melalui contoh.

Salah satu istilah yang cukup sering digunakan dalam bahasa Inggris adalah fill in dan fill out. Kedua verba tersebut sering ditemukan ketika sedang mendaftarkan diri ke suatu acara atau bahkan ketika sedang berada di bagian imigrasi negara asing. Oleh karena itu, jelas bahwa hal ini sangatlah penting untuk dipelajari.

Di antara fill in dan fill out, memang keduanya biasanya digunakan untuk tindakan mengisi formulir dan semacamnya. Akan tetapi, ternyata terdapat juga perbedaan di antara kedua hal itu. Apa sajakah perbedaannya dan seperti apa contoh pemakaiannya? Berikut ini adalah penjelasan yang lebih lanjut.

Fill In

Terdapat beberapa kegunaan dari frasa ini, bukan hanya untuk mengisi suatu informasi saja. Meski terdapat beberapa kegunaan atau fungsi, pada dasarnya semua kegunaannya memiliki satu kesamaan, yaitu mengisi kekosongan.

Fill in biasanya digunakan untuk mengisi sesuatu yang tidak ada atau hilang atau kosong, mengisi sesuatu dalam sebuah formulir, bertindak sebagai substitusi atau pengganti, atau memberikan informasi yang penting atau baru saja didapatkan. Dari keempat kegunaan tersebut, kegunaan yang paling terakhir merupakan penggunaan fill in dalam bentuk yang informal.

Sebagai contohnya, berikut ini adalah beberapa penggunaan fill in dalam sebuah kalimat:

  • You have to fill in the blank to answer the question (Anda harus mengisi bagian yang kosong untuk menjawab pertanyaannya)
  • Am I supposed to fill in this form? (Apakah saya harus mengisi formulir ini?)
  • You have to fill in your name and date of birth on this part (Anda harus mengisi / menuliskan nama Anda dan tanggal lahir Anda di bagian ini)
  • I don’t think I have heard this information before. Could you fill me in on what has happened? (Sepertinya saya belum mendengar informasi ini sebelumnya. Bisakah Anda memberitahu saya mengenai apa yang telah terjadi?)
  • I will fill you in on what happened during the demonstration yesterday (Saya akan memberitahu Anda mengenai apa yang telah terjadi saat demonstrasi kemarin)
  • I’m sorry to bother you, but I have to call in sick today. Could you fill in for me? (Maaf mengganggu Anda, namun saya harus izin sakit hari ini. Apakah Anda bisa menggantikan saya?)
  • Mr. Morrison is not able to come today so I will fill in for him in today’s class (Pak Morrison tidak dapat datang hari ini jadi saya akan menggantikan dirinya untuk kelas hari ini)

Fill Out

Frasa satu ini sebenarnya memiliki fungsi atau kegunaan yang serupa dengan fill in, hanya saja ada sedikit perbedaannya. Frasa satu ini memiliki arti untuk mengisi atau memenuhi formulir atau survei dengan memberikan informasi yang dibutuhkan.

Untuk membuat perbandingan antara fill in dan fill out, coba bayangkan sebuah formulir dengan beberapa bagian yang kosong saja (biasanya sudah jelas memiliki keterangan informasi yang harus diisi seperti nama dan tempat tanggal lahir). Untuk formulir semacam itu, jika Anda mengucapkan dengan jelas informasi apa saja yang harus diisi, maka frasa yang digunakan adalah fill in.

Sekarang coba bayangkan sebuah dokumen yang penuh dengan bagian yang kosong, bukan hanya satu atau dua informasi khusus saja. Jika Anda mengucapkan hanya untuk mengisi dokumen tersebut tanpa menyebutkan informasi apa saja jelasnya, maka frasa yang digunakan adalah fill out.

Selain perbedaan tersebut dengan fill in¸fill out juga memiliki arti menjadi lebih gemuk atau berisi. Namun artian ini hanya berguna jika subjeknya adalah makhluk hidup.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan fill out dalam sebuah kalimat lengkap beserta terjemahannya:

  • Please fill out this document with all of the information that is asked. (Mohon isi dokumen ini dengan semua informasi yang diminta)
  • You could let me know once you’ve finished filling out the document (Anda bisa memberitahu saya setelah Anda telah selesai mengisi dokumennya)
  • Please fill out the job application carefully so as not to miss any required information (Mohon isi lamaran kerjanya dengan hati-hati agar tidak ada informasi yang dibutuhkan yang terlewat)
  • Do I have to fill out all of these? (Apakah saya harus mengisi ini semua?)
  • Once you have filled out the document, please give it to me immediately. (Setelah Anda telah mengisi dokumennya, mohon segera berikan kepada saya)
  • I saw John the other day, he seems more filled out than he did a few years ago when I last saw him. (Saya melihat John beberapa hari yang lalu, dia terlihat lebih berisi dibandingkan dirinya beberapa tahun yang lalu ketika saya terakhir melihatnya)
  • My daughter started to filled out once she reached the age of 24. (Putri saya mulai berisi ketika dia telah menginjak umur 24 tahun)

Itulah dia penjelasan mengenai perbedaan antara fill in dan fill out serta contohnya untuk menunjukkan cara penggunaannya dalam sebuah kalimat. Untuk menyimpulkan, fill in dan fill out memang memiliki kesamaan arti yaitu untuk mengisi suatu informasi yang biasanya dibutuhkan dalam sebuah formulir atau dokumen. Akan tetapi, fill in digunakan ketika informasi yang dibutuhkan telah diucapkan secara spesifik dan fill out digunakan ketika informasi yang dibutuhkan ada bermacam jenisnya.

Selain itu, fill in juga memiliki arti lain sebagai substitusi atau menggantikan suatu posisi. Dalam bentuk informal, fill in juga memiliki arti untuk memberitahu suatu informasi. Sedangkan fill out juga memiliki arti lain yaitu menjadi lebih berisi.

Semoga informasi mengenai bahasa Inggris kali ini dapat berguna bagi Anda yang tengah mempelajari bahasa Inggris lebih lanjut. Jangan lupa untuk membiasakan menggunakan bahasa Inggris sehari-hari agar dapat semakin lancar dalam mempraktekannya.