sederet kamus
Translate: Tutorial:

Perbedaan Fool, Stupid, dan Dumb

Dalam Bahasa Inggris, ada beberapa kata yang memiliki makna mirip dengan yang lainnya. Seperti kata fool, stupid, dan dumb yang secara garis besar berarti “bodoh”. Terkadang orang pun kesulitan menggunakan kata yang tepat saat ingin mengucapkan suatu konteks.

Pembahasan kali ini akan mengulas mengenai perbedaan ketiga kata itu berikut penggunaannya. Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini, ya!

Fool

Kata fool dalam Bahasa Inggris diartikan dengan silly (konyol) dan childish (kekanakan). Makna “bodoh” dalam kata fool lebih mengacu kepada seseorang yang melakukan hal yang konyol atau seperti anak-anak saja.

Selain itu, kata fool digunakan untuk seseorang yang melakukan hal-hal yang tidak dilakukan oleh kebanyakan orang. Ekstrimnya, fool ditujukan untuk orang-orang yang melakukan hal-hal yang dianggap tidak normal atau bahkan gila.

Kata fool juga dapat digunakan untuk orang yang terlampau menyukai sesuatu sehingga tidak bisa berpikir dengan jernih. Dengan begitu, orang tersebut akan menuruti apa saja yang diinginkan sesuatu atau orang yang disukainya.

Untuk lebih jelasnya, penggunaan kata fool dapat dilihat dalam contoh berikut.

  • Lina: Aini, I think I can’t go along with you to shopping after school. My boyfriend wants me to accompany him to the soccer match later (Aini, kayaknya aku nggak bisa ikut kamu belanja habis sekolah, deh. Pacarku minta ditemenin ke pertandingan bola nanti)

Aini: Again? You did it yesterday too, right? You’re such a love fool, Lina (Lagi? Kamu kan udah nemenin dia kemarin juga? Kamu budak cinta banget sih, Lina)

  • Kirana feels like a fool for wearing this orange T-shirt, but she wears it anyway because it was from her father.

(Kirana merasa seperti orang bodoh dengan pakai kaos warna oranye ini, tapi dia tetap pakai karena itu pemberian dari ayahnya)

Stupid

Kata stupid dalam Bahasa Inggris berarti lack of intelegence or common sense (kurang memiliki pengetahuan atau akal sehat). Maknanya adalah seseorang yang secara pikiran dan akal memang memiliki keterbatasan atau kekurangan dibandingkan dengan orang lain.

Bisa dibilang kalau kata stupid inilah yang berarti “bodoh” sebenarnya, yang kita pahami pertama kali ketika mendengar kata tersebut. Kata stupid biasanya digunakan untuk orang yang kurang pandai, terutama secara akademis dan pelajaran.

Namun bukan hanya akademis, kata stupid juga dapat digunakan untuk orang-orang yang tidak mengetahui banyak hal. Kata ini ditujukan kepada orang yang tidak mengetahui informasi dan pengetahuan secara umum sekalipun.

Untuk lebih jelasnya, penggunaan kata stupid dapat dilihat dalam contoh berikut.

  • Gea: Ani, don’t you think that you’re too relax despite your bad grade this semester? Don’t your parents will be mad at you? (Ani, kamu kok santai banget sih padahal ranking kamu kan jelek semester ini? Emang orangtua kamu nggak akan marah?)

Ani: It’s okay, Gea. My parents didn’t have any expectation of me anyway, because they knew very well that I’m stupid. It’s hard for me to get a good grade, so they won’t be mad as long as I pass the minimum score (Nggak apa-apa, Gea. Orangtua aku juga nggak berharap apa-apa sama aku, soalnya mereka tahu banget kalau aku emang bodoh. Susah buat aku dapat nilai bagus, jadi mereka nggak akan marah selama aku lolos nilai minimal)

  • His friends already warned him to be careful of con man and said that he’s an ideal target because he’s stupid, but he falls for that fraud anyway

(Teman-temannya sudah memperingatkannya untuk berhati-hati pada penipu dan bilang kalau dia itu target ideal karena bodoh, tapi tetap aja dia ketipu)

Dumb

Dalam kamus Bahasa Inggris, kata dumb diartikan sebagai temporarily unable or unwilling to speak. Ini bermakna dumb ditujukan untuk orang yang secara sementara tidak bisa atau tidak mau berbicara. Keterangan sementara ini perlu digarisbawahi karena bisa terjadi karena satu atau lain hal, dan tidak selamanya.

Ketidaktahuan atau bodoh bisa menjadi salah satu penyebab mengapa orang tersebut tidak bisa bicara sehingga disebut dumb. Karena seseorang tidak mengetahui apa yang dibicarakan, maka ia tidak bisa mengikuti pembicaraan dan tidak bisa bicara sama sekali untuk sementara.

Selain itu, ada juga kondisi yang menyebabkan kesulitan bicara yang muncul dari kejadian sekitar. Misalnya hal yang mencengangkan, mengagetkan, menakutkan, hingga sangat tidak masuk akal. Hal-hal tersebut kemudian membuat seseorang kaget sampai tidak bisa bicara, dan kata dumb dapat digunakan pada konteks itu.

Untuk lebih jelasnya, penggunaan kata dumb dapat dilihat dalam contoh berikut.

  • Yani: Tere, you were there when your sister made a scene yesterday, right? What did you say to her then? (Tere, kamu ada disana pas kakak kamu bikin masalah kemarin, kan? Kamu bilang apa ke dia?)

Tere: I didn’t say anything, I just couldn’t do it. I’m so dumb back then, Yani. I mean, can you think straight when your sister said that she wants to marry a man who’s 20 years older? (Aku nggak bilang apa-apa, aku nggak bisa. Aku kayak orang bodoh waktu itu, Yani. Maksud aku, emang kamu bisa berpikir jernih kalau kakak kamu bilang mau nikah sama pria yang lebih tua 20 tahun?)

  • She just stood silently and stared dumb when the most handsome man in the school confessed his love to her yesterday. For her, it’s really a shocking and unbelievable thing ever happened in her life.

(Dia Cuma bisa berdiri diam dan menatap seperti orang bodoh ketika cowok paling ganteng di sekolah bilang suka padanua kemarin. Buatnya, itu adalah hal yang paling mengejutkan dan tidak bisa dipercaya yang terjadi dalam hidupnya.)

Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan fool, stupid, dan dumb beserta penerapannya dalam Bahasa Inggris. Semoga informasi ini bermanfaat!