sederet kamus
Translate: Tutorial:

Perbedaan Fun vs Funny

Terkadang bahasa Inggris sering membuat bingung, Beberapa kata terlihat sama tetapi memiliki arti yang berbeda. Seperti contoh, kata-kata “funny” (lucu) dan “fun” (lucu)

Orang-orang yang sedang mempelajari bahasa Inggris biasanya salah menggunakan kata-kata tersebut tidak sesuai dengan fungsinya, jangan ulangi kesalahan yang sama. Arti kedua kata tersebut hampir sama tetapi berbeda dalam penggunaannya di dalam kalimat.

Jadi apa perbedaan keduanya? Bagaimana Anda dapat menggunakannya dengan benar? Tenang saja, artikel ini akan membantu Anda untuk mengetahui perbedaan tersebut.

Fun vs Funny Beberapa Contoh Kalimat

Mari lihat perbedaan yang mencolok dari kedua kata tersebut agar Anda dapat mengetahui dimana letak perbedaannya.

Jangan katakan: Our trip to Ancol was funny. The kids loved it. (Perjalanan Kita waktu ke Ancol itu lucu. Anak-anak menyukainya.)
Tetapi: Our trip to Ancol was fun. The kids loved it. (Perjalanan Kita waktu ke Ancol itu seru. Anak-anak menyukainya.

Jangan katakan: I had a funny time at the beach. (Saya lucu saat berada di pantai.)
Tetapi: I had a fun time at the beach. (Saya bersenang-senang saat berada di pantai.)

Jangan bilang: My cousin has a great taste of humor, that’s very fun. (Sepupu Saya punya selera humor yang bagus, itu sangat lucu.)
Tetapi: My cousin has a great taste of humor that’s very funny. (Sepupu Saya punya selera humor yang bagus, itu sangat seru.)

Jangan bilang: You know, your jokes about your teacher were fun, I kept laughing all night long. (Kamu tau, lelucon Anda tentang guru anda sangatlah lucu, saya terus tertawa sepanjang malam.)
Tetapi: You know, your jokes about your teacher was so funny, I kept laughing all night long. (Kamu tau, lelucon Anda tentang guru anda sangatlah lucu, saya terus tertawa sepanjang malam.)

Jangan bilang: There was a fun show called Bukan Empat Mata host by Tukul Arwana. (Ada sebuah acara lucu bernama Bukan Empat Mata dengan pembawa acara Tukul Arwana.)
Tetapi: There was a funny show called Bukan Empat Mata host by Tukul Arwana. (Ada sebuah acara seru bernama Bukan Empat Mata dengan pembawa acara Tukul Arwana.)

Ada beberapa kesalahan yang sering ditemui. Jadi bagaimana aturan penggunaannya?

Fun vs Funny: Apa bedanya?

  • Funny (Lucu)

Funny” (Lucu) berarti sesuatu yang membuat Anda tertawa”. Seperti sebuah lelucon, komedi, atau acara tv.

Contoh:

Have you ever seen Opera Van Java? It’s such a funny show (Apakah Anda pernah menonton Opera Van Java? Itu ada acara yang lucu!)

Your jokes are very funny. You’re a funny guy! (Lelucon Anda sangat lucu sekali. Anda orang yang lucu!)

Let’s watch Stand Up Comedy in Gelora Bung Karno, I heard that many actors will stand up there. (Mari kita menonton Stand Up Comedy di Gelora Bung Karno, saya dengar banyak aktor yang akan melakukan stand up disana.)

  • Fun (Lucu) berarti

Disisi lain, “fun” berarti menyenangkan. Seperti bersenang-senang, sebuah permainan, atau sebuah petualangan!

Contoh:

I love visiting new cities, it’s always fun! (Saya senang mengunjungi kota-kota baru, itu selalu menyenangkan!)

Thanks for inviting me to your birthday party yesterday, it was fun. (Terima kasih kemarin telah mengundang Saya ke acara ulang tahun Anda, seru sekali!)

Hiking is my hobby, I always find it exciting even though I hike so many times. I always hike with my buddy James, hiking became so much fun when you could find a partner to hike with. (Mendaki merupakan hobi saya, saya selalu merasa seru walaupun saya sudah mendaki berkali-kali. Saya selalu mendaki bersama teman saya James, mendaki menjadi sangat seru saat Anda dapat menemukan partner mendaki.)

Anda tidak harus tertawa untuk dapat bersenang-senang, tetapi hal-hal yang lucu dan pengalaman yang seru biasanya datang secara bersamaan. Sebagai contoh:

We spent a really fun evening at that comedy show. It was so funny! (Semalam kita bersenang-senang di acara komedi. Acara itu sangat lucu!)

Fun atau Funny: Pengertian Lebih Lanjut

Sebuah pengalaman “fun” berarti pengalaman yang menyenangkan. Orang yang “fun” adalah saat Anda merasa seru menghabiskan waktu Anda bersama mereka atau orang-orang yang biasanya melakukan aktivitas yang seru!

Fun” tidak selalu kata digunakan sebagai kata sifat, “fun” juga dapat digunakan sebagai kata benda. Terutama saat Anda mengungkapkan “to have fun”: yang berarti waktu yang menyenangkan.

Misalnya:

Susan is a fun girl! She’s really fun to be around, she always has crazy ideas for things to do. (Susan adalah perempuan yang seru! Dia sangat menyenangkan berada di sekitar, dia selalu punya ide-ide gila untuk dilakukan.)

Good luck for your basketball game, but more importantly, have fun! (Semoga beruntung untuk pertandingan basket Anda, tetapi yang paling penting, selamat bersenang-senang!)

Dan terakhir, kata “funny” juga dapat digunakan sebagai sinonim untuk sesuatu yang aneh, mengagetkan atau tidak terduga.

Misalnya:

I know Bambang? That’s funny you ask, I just met him! (Aku tau Bambang? Lucu sekali Anda bertanya seperti itu, Saya baru saja bertemu dia!)” (= itu adalah sebuah kebetulan yang mengejutkan)

The chocolate had a funny taste, I threw it away. (Coklat tersebut rasanya aneh, Saya buang saja.) (=sesuatu yang aneh, rasa yang tidak terduga)

I hope your sister is alright, she was acting a little funny when I saw her yesterday. (Saya harap adik perempuan kamu baik-baik saja, dia sedikit aneh saat saya melihatnya kemarin) (“acting funny” = berkelakuan aneh)

Our teacher was supposed to teach us this morning, it is funny I found out she was having breakfast in canteen instead of teaching in our class. (Guru kita seharusnya mengajar kita pagi ini, aneh sekali tadi saya melihat dia sedang sarapan di kantin padahal seharusnya dia mengajar di kelas kita.) (“funny” = bertingkah aneh)

Demikian artikel mengenai perbedaan “fun” dan “funny”, semoga artikel ini dapat membantu mencerahkan Anda dalam melihat perbedaan kedua kata tersebut.