sederet kamus
Translate: Tutorial:

Perbedaan Gender dalam Bahasa Inggris

Disadari atau tidak, beberapa bahasa di dunia ini terkait dengan gender atau jenis kelamin. Bahasa Inggris termasuk ke dalam bahasa-bahasa tersebut. Walaupun secara tata bahasa penggunaan gender dalam Bahasa Inggris tidak sekental seperti dalam bahasa-bahasa lainnya seperti bahasa Jerman atau bahasa Perancis, gender tetap bermain peran dalam tata bahasa Bahasa Inggris. Hal ini utamanya menyangkut dalam penggunaan pronoun (kata ganti). Mari kita lihat uraian di bawah ini untuk lebih jelasnya:

Gender in English

Ada empat jenis gender dalam Bahasa Inggris, yakni masculine, feminine, common, dan neuter. Berikut adalah penjelasan mengenai keempat gender tersebut:

  • Masculine

Gender masculine atau maskulin adalah gender untuk laki-laki. Misal: he (dia laki-laki), man (seorang pria), boy (anak laki-laki), father (ayah), son (putra), rooster (ayam jantan), husband (suami), king (raja), dsb.

  • Feminine

Gender feminine atau feminin adalah gender untuk perempuan. Misal: she (dia perempuan), woman (seorang wanita), girl (gadis), mother (ibu), daughter (putri), hen (ayam betina), wife (istri), queen (ratu), dsb.

  • Common

Gender common atau umum adalah gender untuk kata benda dalam Bahasa Inggris yang bisa digunakan baik untuk laki-laki maupun untuk perempuan. Misal: cousin (sepupu), student (siswa), friend (teman), doctor (dokter), singer (penyanyi), person (orang), child (anak), writer (penulis), artist (seniman), dsb.

Kita bisa membuat kata-kata bergender common ini menjadi maskulin atau feminin dengan menambahkan kata “male” atau “female” di depan kata bendanya. “Male” untuk laki-laki, sedangkan “female” untuk perempuan. Contoh:

    • I met my female cousin at the supermarket. (Saya bertemu dengan sepupu perempuan saya di supermarket)
    • There are five male students in my class. (Di kelas saya ada lima siswa laki-laki)

Selain menambahkan “male” atau “female”, kita juga bisa menggunakan kata lain yang berbeda untuk menyebutkan kata benda common menjadi kata benda maskulin atau feminin, Contoh:

    • I have a child. (Saya punya seorang anak) –> common
    • I have a son. (Saya punya seorang anak laki-laki) –> maskulin
    • I have a daughter. (Saya punya seorang anak perempuan) –> feminine

Di bawah ini adalah beberapa contoh kata benda dengan bentuk maskulin, feminin, dan common-nya:

Maskulin

Feminin Common
Son (anak laki-laki) Daughter (anak perempuan) Child (anak)
Man (pria) Woman (wanita) Person (orang)
Husband (suami) Wife (istri) Spouse (pasangan)
Father (ayah) Mother (ibu) Parent (orangtua)
Brother (saudara laki-laki) Sister (saudara perempuan) Sibling (saudara)
Policeman (polisi pria) Policewoman (polisi wanita) Police officer (polisi)
Waiter (pelayan pria) Waitress (pelayan wanita) Server (pelayan)
Rooster (ayam jantan) Hen (ayam betina) Chicken (ayam)
Stag (rusa jantan) Doe (rusa betina) Deer (rusa)
  • Neuter

Neuter adalah gender netral. Gender ini digunakan untuk kata benda yang tidak memiliki jenis kelamin, seperti kata benda mati atau kata benda abstrak. Misal: book (buku), desk (meja), tree (pohon), car (mobil), house (rumah), desk (meja), intelligence (kecerdasan), freedom (kebebasan), agility (kelincahan), leadership (kepemimpinan), dsb.

Gender in English Grammar

Gender dalam grammar (tata bahasa) Bahasa Inggris utamanya berpengaruh dalam penggunaan pronoun (kata ganti). Hal ini dikarenakan setiap gender memiliki pronoun tertentu. Untuk itu, ketika kita menggunakan pronoun, kita harus mengidentifikasi terlebih dahulu termasuk ke dalam gender apakah kata bendanya.

  • Masculine

Kata ganti untuk kata benda maskulin adalah “he”, “him”, dan “his”. “He” untuk kata ganti subjek, “him” untuk kata ganti objek, dan “his” untuk kata ganti kepunyaan.

Contoh:

    • My brother can speak Japanese. He lived in Japan for three years. (Saudara laki-laki saya bisa berbicara bahasa Jepang. Dia dulu tinggal di Jepang selama tiga tahun)
    • I love my husband. I can’t live without him. (Saya mencintai suami saya. Saya tidak bisa hidup tanpanya)
    • Budi forgot to bring his (Budi lupa membawa bukunya)
  • Feminine

Kata ganti untuk kata benda feminin adalah “she”, dan “her”. “She” untuk kata ganti subjek, sedangkan “her” untuk kata ganti objek dan kata ganti kepunyaan.

Contoh:

    • A doe run as soon as she saw us. (Seekor rusa betina berlari begitu dia melihat kami)
    • Jenny said that we could leave without her. (Jenny bilang bahwa kita bisa pergi tanpanya)
    • My mother is eating her favorite food. (Ibu saya sedang makan makanan kesukaannya)
  • Common

Sampai saat ini tidak ada kata ganti dalam Bahasa Inggris untuk kata benda tunggal yang bergender common. Akan tetapi, sering ditemukan bahwa kata ganti maskulin digunakan untuk kata ganti common. Hal itu dikarenakan pada zaman dahulu, pria dianggap lebih superior daripada wanita.

Contoh:

A doctor is treating his patient. (Dokter merawat pasiennya)

Penggunaan kata ganti maskulin untuk kata benda common dianggap kurang pantas di zaman sekarang. Untuk itu, ada solusi lain yang ditawarkan untuk masalah ini, yakni menggunakan “they” untuk kata ganti kata benda common.

Contoh:

A real friend supports us. They make us feel loved and happy. (Seorang teman sejati mendukung kita. Mereka membuat kita merasa dicintai dan bahagia)

Penggunaan kata “they” tersebut memang tepat secara norma, namun tidak tepat secara tata bahasa. Maka dari itu, “they” masih bukan kata ganti common yang resmi. Walaupun demikian, beberapa orang telah menggunakannya sebagai kata ganti common.

  • Neuter

Kata ganti untuk kata benda neuter adalah “it”.

Contoh:

    • My favorite color is red. It symbolizes bravery. (Warna kesukaan saya adalah merah. Itu melambangkan keberanian)
    • I like this hat. It looks good on me. (Saya suka topi ini. Ini terlihat keren dipakai oleh saya)

Terkadang kata benda neuter menggunakan kata ganti maskulin atau feminin sebagai kata gantinya.

Contoh:

    • Is that the new dress? She is beautiful. (Apakah itu gaun baru? Dia cantik)
    • This is my car. I name him (Ini adalah mobil saya. Saya menamainya Johnny)

Itulah penjelasan tentang perbedaan gender dalam Bahasa Inggris. Semoga saja artikel ini dapat mencerahkan kita semua tentang penggunaan gender dalam Bahasa Inggris.