sederet kamus
Translate: Tutorial:

Perbedaan Less Vs Fewer

Ketika mempelajari Bahasa Inggris maka kita juga akan mengenal sinonim atau persamaan kata, namun ada juga beberapa kata yang memiliki makna yang hampir sama namun tetap memiliki perbedaan atau digunakan di situasi tertentu. Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda semua untuk tahu bagaimana perbedaan dari less dan fewer. Pasti banyak dari anda yang masih kebingungan ketika menggunakan 2 kosakata ini yaitu less dan juga fewer karena keduanya ini memang hampir mirip. Tak lupa kami juga akan memberikan contoh kalimatnya sehingga anda bisa memahami penggunaannya dengan mudah. Simak ulasan pentingnya di bawah ini ya!

Pengertian dan Penggunaan Less

Less ini memiliki arti untuk menyatakan “lebih sedikit” jika di dalam Bahasa Indonesia. Sebenarnya less sendiri merupakan bentuk comparative form dari kata little yang biasanya digunakan dengan uncountable noun atau noun yang tidak dapat dihitung seperti misalnya water (air), sugar (gula), dan masih banyak lagi contoh dari uncountable noun.

Jadi jika anda ingin menyatakan jumlah lebih sedikit di dalam Bahasa Inggris namun objek yang ditujukan itu tidak dapat dihitung atau uncountable noun, maka yang tepat adalah anda menggunakan kata less.

Namun ada aturan khusus di dalam Bahasa Inggris bahwa anda bisa menggunakan less ini bersamaan juga dengan countable noun atau noun yang bisa terhiutng asal menunjuk pada jumlah, jarak, ataupun waktu.

Contoh kalimat menggunakan Less

Supaya anda lebih mudah dalam menggunakan less, maka simaklah beberapa contoh kalimat di bawah ini:

  1. My dad likes coffe with a less sugar (Ayahku menyukai kopi dengan sedikit gula)
  2. Meisa’s team has less water (Tim mesia memiliki sedikit air)
  3. We should save energy by using less heat and air conditioning (Kita harus menghemat energi dengan menggunakan lebih sedikit pemanas dan pendingin ruangan)
  4. There is less air in the room (Di ruangan terdapat lebih sedikit udara)
  5. My mother consumes less sugar than my father (Ibuku mengkonsumsi lebih sedikit gula dibandingkan ayahku)
  6. I get less sleep for the past three days because of exam (Saya tidur lebih sedikit 3 hari belakangan karena ujian)
  7. I hope Michele and I can spend less time in traffic jams (Saya harap Michele dan saya bisa menghabiskan waktu lebih sedikit dalam kemacetan)
  8. The story of film was funny in the beginning but as tim went on, it became less of joke. So, I don’t like it (Cerita dari film ini lucu di awalnya, tapi seiring berjalannya waktu, ceritanya menjadi kurang lucu sehingga aku tidak menyukainya)

Contoh kalimat menggunakan less yang bisa digunakan secara bersamaan dengan countable noun:

  1. Less than two miles (Kurang dari dua mil)
  2. Less than four days (Kurang dari empat hari)
  3. Less than five kilos (Kurang dari lima kilo)

Pengertian dan Penggunaan Fewer

Jika tadi less digunakan untuk menyatakan “lebih sedikit” untuk uncountable noun atau noun yang tidak terhitung jumlahnya, maka untuk fewer yang juga punya makna ”lebih sedikit” ini digunakan bersamaan dengan countable noun atau noun yang dapat dihitung seperti misalnya people (orang), students (murid), book (buku), dan masih banyak yang lainnya.

Jadi jika anda ingin menyatakan lebih sedikit untuk objek yang bisa anda hitung dengan jari (dengan mudah) atau countable noun, maka anda bisa menggunakan fewer saja.

Contoh kalimat menggunakan Fewer

Supaya anda lebih mudah dalam menggunakan fewer, maka simaklah beberapa contoh kalimat di bawah ini:

  1. There are fewer books in my bedroom than in my brohter bedroom (Ada lebih sedikit buku di kamarku dibandingkan di kamar kakakku)
  2. More people invest in gold; fewer prefer property (lebih banyak orang berinvestasi pada emas; lebih sedikit yang memilih properti)
  3. You should eat fewer cake (Kamu sebaiknya makan lebih sedikit kue)
  4. You can take fewer candies in the can (Kamu dapat mengambil lebih sedikit kue di dalam kaleng)
  5. There are fewer novel books you can read (Ada lebih sedikit novel yang dapat anda baca)
  6. Bad story of korean drama will attract fewer audiences (Cerita yang buruk dari sebuah drama Korea akan menarik sedikit penonton)
  7. Fewer people are following social event these days (Lebih sedikit orang yang mengikuti kegiatan sosial saat ini)
  8. Fewer theft cases happen after the room was installed CCTV (Lebih sedikit kasus pencurian setelah ruangan dipasang CCTV)

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan less digunakan ketika anda ingin menyatakan lebih sedikit menggunakan uncountable noun atau benda yang tidak terhitung jumlahnya. Sedangkan untuk penggunaan fewer sendiri digunakan ketika ingin menyatakan lebih sedikit menggunakan countable noun atau benda yang terhitung jumlahnya. Jadi sekarang anda tahu kan bagaimana penggunaan dari less dan fewer yang tepat dan apa perbedaannya? Supaya lebih memudahkan anda untuk lebih memahami bagaimana penggunaan dari less dan juga fewer maka kami menyarankan supaya anda sering berlatih untuk membuat kalimat menggunakan dalam dua noun tersebut, sehingga bisa memahami betul apa perbedaan dari less dan fewer.

Semoga artikel yang kami sampaikan kali ini mengenai perbedaan less dan fewer bisa berguna dan juga membantu anda untuk memahaminya!