sederet kamus
Translate: Tutorial:

Perbedaan Mistake vs Error

Bahasa Inggris memang cukup menyulitkan bagi orang-orang yang baru mempelajari Bahasa Inggris demi tuntutan global saat ini. Bukan hanya karena tata bahasanya yang berbeda dengan Bahasa Indonesia, namun juga karena berbagai macam kosakata yang dapat ditemukan dalam Bahasa Inggris.

Bahasa Inggris, sebagai Bahasa yang sudah cukup tua di dunia ini, memiliki berbagai macam kosakata yang seringkali membingungkan. Hal ini disebabkan, beberapa kosakata tertentu memiliki arti yang serupa dan sering sekali tertukar.

Salah satu contohnya adalah kosakata mistake dan error yang memiliki arti serupa yaitu kesalahan. Meskipun keduanya berarti suatu hal yang dilakukan dengan salah atau tidak benar, mereka masih memiliki perbedaan yang harus disesuaikan dengan konteks. Keduanya memang merupakan sinonim satu sama lain, namun perbedaan antara kedua kata tersebut terdapat pada konteks kalimat kata ini dipakai.

Untuk lebih lengkap dan jelasnya, mari kita simak penjelasan di bawah ini beserta contoh-contoh penggunaannya dalam sebuah kalimat.

Mistake

Mistake atau kesalahan biasanya merujuk pada pilihan yang ternyata salah. Konteks kosakata satu ini biasanya untuk kesalahan yang tidak disengaja dan Anda tahu benar bahwa tindakan tersebut salah. Dalam kata lain, kosakata satu ini berdasar pada tindakan yang telah dilakukan, dan bisa dibenarkan. Mistake juga biasanya lebih tidak formal dibandingkan error, oleh karena itu dalam kehidupan sehari-hari, kosakata satu ini akan lebih sering terdengar dan dipakai. Sebagai contohnya, berikut ini adalah beberapa kalimat yang menggunakan kosakata mistake.

  • I have a made big mistake by choosing to come to this party (Saya telah membuat kesalahan besar dengan memilih untuk datang ke pesta ini)
  • I think that you have made a mistake towards me and that you should ask for my forgiveness (Menurut saya Anda telah membuat kesalahan terhadap saya dan bahwa Anda harus meminta maaf kepada saya)
  • Did you ever made a mistake that you regret until now? (Apakah Anda pernah membuat kesalahan yang Anda sesali hingga sekarang?)
  • What is your biggest mistake during your high school years? (Apa kesalahan terbesar Anda selama masa SMA Anda?)
  • What is the dumbest mistake that you have made in the past? (Apa kesalahan yang paling bodoh yang pernah Anda perbuat di masa lalu?)
  • My biggest mistake during high school was that I wasted so much of my time just to play games (Kesalahan terbesar saya pada masa SMA adalah bahwa saya menyia-nyiakan begitu banyak waktu saya hanya untuk bermain game)
  • There must be some kind of mistake because I did not order this (Pasti ada sejenis kesalahan karena saya tidak memesan ini)
  • I think you must have mistaken me for someone else (Menurut saya Anda pasti telah salah mengira saya sebagai orang lain)
  • You don’t have to worry too much, we all make mistakes at one point or another (Anda tidak perlu terlalu khawatir, kita semua membuat kesalahan pada satu titik atau lainnya)
  • My biggest mistake in life is not asking for your name the first time that I met you (Kesalahan terbesar saya dalam hidup adalah tidak menanyakan nama Anda pertama kali saya bertemu dengan Anda)
  • It would be great if we all could live our life without worrying about making mistakes, right? (Akan hebat jika kita semua bisa menjalani hidup tanpa khawatir mengenai membuat kesalahan, bukan?)

Error

Error biasanya merupakan kesalahan yang dibuat karena kurangnya pengetahuan mengenai hal tersebut. Dalam kata lain, suatu tindakan dianggap salah karena berbeda dari peraturan atau tradisi yang ada. Kosakata satu ini jauh lebih formal daripada mistake dan sangat jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Akan tetapi, jika Anda menuliskan laporan yang harus memberitahukan kesalahan yang telah dibuat, ada baiknya menggunakan kosakata error.

Sebagai contoh dan penggambaran yang lebih jelas, berikut ini adalah sejumlah contoh penggunaan kosakata error dalam sebuah kalimat.

  • There was an error when I tried to transfer my money to your bank account (Ada kesalahan ketika saya berusaha untuk mengirimkan uang saya ke rekening bank Anda)
  • I cannot access the website because there is an error (Saya tidak bisa mengakses situsnya karena ada kesalahan)
  • An error was made during this research that leads us to use a different method that is more suitable (Sebuah kesalahan telah diperbuat pada waktu riset ini dilakukan sehingga kami menggunakan metode yang berbeda yang lebih cocok)
  • It might be possible that there are errors in my calculation and for that I take full responsibility of it (Mungkin saja ada kesalahan dalam perhitungan saya dan untuk itu saya mengambil tanggung jawab penuh atasnya)
  • This is a grave error that could not be forgiven! (Ini adalah kesalahan besar yang tidak bisa dimaafkan!)
  • While reading your report, I noticed a glaring error on the calculation that was made (Ketika membaca laporan Anda, saya menyadari kesalahan yang begitu jelas pada perhitungan yang telah dibuat)
  • Please note that there is no room for error in this department and that everything must be done accurately at all times (Mohon ingat bahwa tidak ada ruang untuk kesalahan dalam departemen ini dan bahwa semuanya harus dilakukan secara akurat setiap saat)
  • An error occurred when I tried to open a document on my computer (Sebuah kesalahan terjadi ketika saya berusaha untuk membuka dokumen di computer saya)
  • How do I get rid of an error that keeps happening when I tried to make a new document? (Bagaimana caranya untuk menghilangkan kesalahan yang terus terjadi Ketika saya berusaha untuk membuat dokumen baru?)

Itulah dia kira-kira penjelasan lengkap mengenai perbedaan antara kosakata mistake dan error dalam Bahasa Inggris. Terlihat keduanya bergantung pada konteks yang digunakan. Semoga dapat membantu Anda dalam menggunakan Bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari.