sederet kamus
Translate: Tutorial:

Perbedaan Remove dan Delete dalam Bahasa Inggris

Saat ini, pertukaran informasi dari luar negeri dan dalam negeri berpindah dan tersebar dengan begitu cepat. Dalam dunia global ini, sudah seharusnya tidak ada lagi batasan bahasa yang menjadi hambatan dalam memperoleh informasi. Akan tetapi, untuk menghilangkan batasan tersebut, tentu kita harus bisa menguasai bahasa asing.

Salah satu bahasa asing yang paling sering digunakan oleh hampir seluruh negara adalah bahasa Inggris. Bahasa ini menjadi salah satu pemersatu berbagai negara dalam bertukar informasi dan menjembatani komunikasi di era global. Oleh karena itu, sangat penting untuk memelajari bahasa Inggris dengan baik dan benar sehingga tidak terlalu miskomunikasi dalam penyebaran informasi.

Meski begitu, mempelajari bahasa Inggris sesungguhnya bisa menjadi sebuah tantangan yang sulit untuk dilalui bagi sebagian orang. Bukan hanya karena pola tata bahasa yang berbeda dengan bahasa Indonesia, namun juga karena banyaknya kosakata yang biasanya digunakan dalam bahasa Inggris. Jumlah kosakata yang banyak mungkin tidak akan menjadi masalah biasanya, namun ketika terdapat beberapa kosakata yang sering digunakan yang memiliki arti yang serupa dengan satu sama lain, hal itu bisa menimbulkan kebingungan bagi pelajar bahasa Inggris.

Salah satu pasangan kosakata yang memiliki arti serupa adalah remove dan delete. Keduanya memiliki arti yang sama yaitu menghapus atau menghilangkan. Akan tetapi, ternyata terdapat perbedaan di antara kedua kosakata ini yang bergantung pada pemakaiannya dan konteks yang ingin disampaikan. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat penjelasan lengkap mengenai perbedaan remove dan delete dalam bahasa Inggris di bawah ini.

Delete

Delete artinya adalah menghapus, serupa dengan kosakata satunya lagi namun memiliki arti yang sedikit berbeda. Kosakata satu ini berarti sebuah tindakan yang menghilangkan atau menghancurkan sesuatu dari eksistensi. Biasanya tindakan ini dilakukan ketika bersangkutan dengan informasi elektronik, contohnya ketika Anda menghapus dokumen dari komputer.

Sebagai contohnya, berikut ini adalah sejumlah kalimat yang menggunakan delete sesuai dengan artinya.

  • I will delete our interview later if that is what you want (Saya akan menghapus wawancara kita nanti jika itu adalah hal yang Anda inginkan)
  • Can you delete my pictures that you have on your phone? (Bisakah Anda menghapus foto-foto saya yang Anda miliki di ponsel Anda?)
  • I want you to delete the information that you have about that company right now (Saya ingin Anda menghapus informasi yang Anda miliki mengenai perusahaan itu sekarang juga)
  • They have deleted the false information from their website (Mereka telah menghapus informasi palsu tersebut dari situs mereka)
  • She is not comfortable with having the documents in her laptop so she deleted them (Dia tidak nyaman dengan memiliki dokumen-dokumen di laptopnya maka dia menghapusnya)
  • He is not the only one who was asked to delete the sensitive information about the government from his possession (Dia bukan satu-satunya orang yang diminta untuk menghapus informasi sensitif mengenai pemerintah dari kepemilikannya)
  • We are currently facing the issue of error in deleting some extremist accounts but we will try our best to solve this (Kami saat ini sedang menghadapi masalah kesalahan dalam menghapus beberapa akun ekstrimis namun kami akan berusaha sebisa mungkin untuk memecahkannya)

Remove

Remove artinya adalah menyingkirkan, jelas berbeda jika dibandingkan dengan kosakata sebelumnya. Kosakata satu ini memiliki arti menyingkirkan atau memindahkan atau membuang sesuatu ke tempat lain. Tindakan ini bukan berarti Anda menghancurkan sesuatu atau menghilangkan sesuatu untuk selamanya, namun lebih tepat memiliki arti menghilangkan sesuatu dari satu tempat ke tempat lain. Contohnya jika Anda harus memindahkan meja agar dapat mengepel lantai, maka kata remove akan cocok digunakan dalam tindakan tersebut.

Sebagai contohnya, berikut ini adalah sejumlah kalimat yang menggunakan remove sesuai dengan artinya.

  • I am trying to remove the cupboard so that I could paint the walls behind it (Saya berusaha untuk menyingkirkan lemarinya agar saya bisa mengecat tembok yang ada di belakangnya)
  • I am having a hard time removing this painting from the wall, could you help me? (Saya kesulitan melepaskan lukisan ini dari tembok, bisakan Anda membantu saya?)
  • Could you please remove your shoes first before going inside the house? (Bisakah Anda tolong melepaskan sepatu Anda terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam rumah?)
  • Would you mind removing your bag from the chair so that I can sit there? (Bisakah Anda menyingkirkan tas Anda dari kursi itu agar saya bisa duduk di situ?)
  • This guy is refusing to remove his feet from the chair in front of him even though the pilot have told him to do that (Pria ini menolak untuk memindahkan kakinya dari kursi di depannya walaupun sang pilot juga menyuruhnya untuk melakukan itu)
  • She cannot remove the stains from her shirt no matter how hard she tries (Dia tidak bisa menghilangkan noda dari bajunya tidak peduli seberapa keras ia mencoba)
  • Please remove the battery first before disassembling your laptop (Mohon lepaskan baterainya terlebih dahulu sebelum membongkar laptop Anda)
  • I am trying to remove myself from this group but I don’t know how to do that (Saya berusaha untuk mengeluarkan diri sendiri dari grup ini namun saya tidak tahu bagaimana cara untuk melakukannya)

Dapat dilihat dari kedua bagian penjelasan di atas bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan di antara kedua kosakata ini. Kosakata pertama yaitu deletememiliki arti menghapus atau menghilangkan sesuatu dari eksistensi, dalam arti lain, suatu hal tersebut tidak lagi ada di dunia ini. Sedangkan kosakata kedua yaitu remove memiliki arti menyingkirkan sesuatu dari tempat asalnya ke tempat lain, dalam arti lain, suatu hal tersebut masih ada di dunia ini, hanya saja tidak berada di tempat asalnya.

Itulah dia penjelasan mengenai perbedaan antara kosakata remove dan delete dalam bahasa Inggris. Semoga dapat membantu Anda dalam menguasai bahasa Inggris lebih lanjut lagi.