sederet kamus
Translate: Tutorial:

Perbedaan “Some” vs “Any”

Bahasa Inggris memiliki banyak kata-kata yang memiliki kemiripan dalam hal pengertian atau makna. Kata-kata tersebut juga digunakan dengan berbagai aturan yang ada, yang kadang membuat kita yang sedang mempelajari Bahasa Inggris bingung dan susah membedakan kapan kita harus memakai kata A dan kapan kita harus memakai kata B.

Topik dalam artikel kita kali ini akan membahas dan mengupas tentang dua kata yang sering muncul dalam Bahasa Inggris, yaitu “some” dan juga “any”. Kita akan melihat bagaimana kedua kata ini digunakan dan kapan serta untuk tujuan apa mereka digunakan ketika kita menyusun kalimat dalam Bahasa Inggris.

“Some”

Dalam aturan tata kalimat Bahasa Inggris atau English grammar rules, kata “some” digunakan ketika sebuah pernyataan atau kalimat dalam Bahasa Inggris memberikan kesan positif. Ketika menyatakan benda menggunakan “some”, kita tidak tahu dengan pasti berapa jumlah benda yang kita maksud. Dengan kata lain, jumlah benda yang dimaksud hanya terbatas dalam jumlah tertentu saja, namun masih tergolong banyak (plural).

Mari kita coba perhatikan contoh di bawah:

Contoh kalimat:

  • Yes, I do have some motion sickness medicine inside my bag. You can take one of them to cure your motion sickness (Ya, aku punya beberapa obat-obatan mabuk perjalanan di dalam tasku. Kau bisa meminum salah satu dari mereka untuk mengobati mabuk daratmu)
  • I have some bananas and my little brother has some avocados to be eaten as a snack (Aku punya beberapa pisang dan adikku punya beberapa alpukat untuk dimakan sebagai camilan)

Selain untuk menyatakan pernyataan yang bernada positif dari suatu kalimat, “some” juga dapat kita gunakan dalam kalimat tanya untuk menawarkan sesuatu atau menanyakan sesuatu dan meminta sesuatu kepada seseorang yang ada di dekat kita.

Contoh kalimat:

  • Kennedy, it’s nice to see you and your husband at my graduation party! Please have a seat and you maybe want some white wine, yeah? I will get it for you! (Ny. Kennedy, senang melihat Anda dan suami Anda di pesta kelulusan saya! Silakan duduk dan Anda mungkin ingin segelas anggur putih, kan? Akan saya ambilkan untuk Anda!)
  • Can you please help me giving my sister some advice on how to end a relationship in a good way? Don’t get me wrong, Kiki. I tried to give an advice to her, but she doesn’t want to listen to me. So, perhaps she will listen this time if you talk to her (Bisakah kau menolongku memberikan adikku beberapa saran bagaimana mengakhiri suatu hubungan dengan cara yang baik? Jangan salah paham dulu, Kiki. Aku sudah mencoba memberinya saran, tapi dia tidak mau mendengarkanku. Jadi, mungkin dia akan mendengarkan kali ini jika kau yang berbicara padanya)

“Any”

Kata “any” digunakan ketika suatu pernyataan dalam kalimat Bahasa Inggris memberikan kesan atau bernada negatif dan ketika bertanya akan sesuatu hal. Sama seperti “some”, kita juga boleh menggunakan “any” pada kata benda yang bisa dihitung dan kata benda yang tak bisa dihitung yang berjumlah banyak atau jamak.

Contoh kalimat:

  • She doesn’t have any carton of strawberry milk left and she forgot to buy it when she did a grocery shopping several hours before (Dia tidak memiliki satupun karton susu stroberi yang tersisa dan dia lupa membelinya ketika dia berbelanja beberapa jam sebelumnya)
  • Is there any melons left inside the refrigerator? Grandma really wants to eat the melon and she requests me to ask you (Apakah masih ada melon yang tersisa di dalam kulkas? Nenek sangat ingin memakan melon dan beliau memintaku menanyaimu)

Walaupun pada umumnya digunakan untuk kalimat yang memberi kesan negatif dan juga digunakan pada kalimat tanya, ada beberapa pengecualian yang diberikan dalam penggunaan “any”, yaitu:

  1. “Any” dapat digunakan dalam kalimat positif apabila kita tidak keberatan atau menyukai apapun pilihan yang diberikan.

Contoh kalimat:

    • I’m okay with any dress available. Don’t sweat yourself and let’s try some of them in the fitting room (Aku tidak masalah dengan gaun apapun yang tersedia. Jangan merepotkan dirimu dan mari kita coba beberapa di ruang ganti)
    • Of course you can come to my house on any day. I work from home since last year, anyway (Tentu saja kau boleh datang ke rumahku di hari apa saja. Lagipula aku sudah bekerja dari rumah sejak setahun yang lalu)
  1. Kita diperbolehkan menggunakan “any” ketika menyatakan kalimat yang memiliki perasaan negatif, selama kalimat itu mengandung kata without (tanpa), hardly atau barely (hampir tidak), dan never (tidak pernah).

Contoh kalimat:

    • I barely drink any mineral water, but I rarely feel so thirsty in a day (aku hampir tidak pernah meminum air mineral, tapi aku jarang merasa haus dalam sehari)
    • Regi never eats any of my mom’s cooking. It breaks her heart because she really wants Regi to taste the meal she made (Regi tidak pernah memakan satupun masakan ibuku. Itu membuat ibuku patah hati sebab beliau sangat ingin Regi mencoba makanan yang ia buat)

Demikian penjelasan tentang apa itu “any” dan “some”, kapan saja mereka digunakan dan pengecualian yang didapatkan dalam penggunaan kedua kata pembilang ini.