sederet kamus
Translate: Tutorial:

Perbedaan That dan Which Beserta Contohnya

Bahasa Inggris adalah bahasa yang sangat penting untuk dipelajari mengingat bahwa bahasa ini merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Akan tetapi, dalam mempelajarinya mungkin Anda akan menemukan beberapa kebingungan karena beberapa kata memiliki arti yang sama dengan yang lainnya. Meski memiliki arti yang sama, cara penggunaannya sebenarnya berbeda.

Salah satu contohnya adalah perbedaan antara kata that dan which yang memiliki makna yang sama namun cara penggunaannya memiliki perbedaan. Ada berbagai cara yang berbeda dalam menggunakan keduanya sebenarnya. Akan tetapi, keduanya tetap berfungsi sebagai pronomina relatif.

Menentukan That atau Which

Sebagai permulaan, that digunakan ketika sedang merujuk kepada orang, hewan, dan benda. Sedangkan which digunakan untuk merujuk pada hewan dan benda saja. Akan tetapi, perbedaan utamanya berada pada klausa kalimat itu sendiri. Apakah klausanya membatasi atau tidak membatasi? Jika membatasi, artinya nominanya menggunakan the sedangkan jika tidak membatasi, nominanya menggunakan a atau an.

Berikut ini adalah beberapa contohnya:

  • The dog that he had adopted is really cute (Anjing yang dia adopsi sangatlah lucu)
  • He saw a dog on the street, which was really cute (Dia melihat seekor anjing di jalanan, yang sangat lucu)
  • We all had to go to the airport that is 2 hours drive away from the hotel (Kita semua harus pergi ke bandara yang berjarak 2 jam perjalanan dari hotel)
  • An airport, which has been abandoned for the last 5 years, is on fire (Sebuah bandara, yang telah ditinggalkan selama 5 tahun terakhir, kebakaran)

Dapat dilihat dari contoh di atas bahwa jika nomina bahasa Inggris menggunakan a atau an di depannya, maka yang digunakan adalah which. Sedangkan jika nomina atau kata benda menggunakan the di depannya, maka yang digunakan adalah that.

Ketika Anda menggunakan which untuk klausa yang tidak mengikat, artinya Anda sedang tidak merujuk pada suatu hal yang spesifik namun Anda ingin menambahkan sedikit informasi di dalam kalimatnya. Biasanya jika menggunakan which, akan ada koma sebelumnya yang menunjukkan bahwa bagian tersebut merupakan anak kalimat.

Meski begitu, ada satu catatan penting di mana bisa digunakan which dalam sebuah kalimat dengan kata benda yang menggunakan the atau mengikat. Which baru bisa digunakan dengan pronomina yang mengikat ketika sebelumnya didahului oleh preposisi.

Sebagai contohnya, berikut ini adalah beberapa kalimat yang menggunakan which dengan pronomina mengikat:

  • The house in which I live is very big and beautiful (Rumah yang saya tinggali sangatlah besar dan indah)
  • The kid of which I was talking about is 8 years old (Anak yang saya bicarakan berumur 8 tahun)
  • The bus by which I was travelling was delayed (Bis yang saya gunakan untuk bepergian tertunda)

Kapan Memakai Which atau That?

Penggunaan that atau which yang benar bergantung pada jenis klausa kalimatnya mengikat atau tidak mengikat. Jika klausanya mengikat, maka gunakanlah that. Jika klausanya tidak mengikat, maka gunakan which. Jangan lupa mengenai peraturan bahwa which dapat digunakan dalam klausa yang mengikat jika didahului oleh preposisi.

Which dan that keduanya dapat berfungsi sebagai pronomina relatif. That hanya bisa digunakan dalam klausa relatif yang sudah jelas sedangkan which dapat digunakan baik dalam klausa relatif yang sudah jelas maupun yang belum jelas.

Hal lain yang harus dicatat adalah that dapat digunakan untuk merujuk pada benda dan juga orang. Sedangkan which tidak bisa digunakan untuk merujuk pada orang. Selain itu, which juga dapat merujuk hanya pada satu kata saja ataupun pada keseluruhan satu frasa.

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan which dalam sebuah kalimat bahasa Inggris beserta terjemahannya:

  • I have never listened to the music which was made by Mariah Carey (Saya belum pernah mendengarkan musik yang dibuat oleh Mariah Carey)
  • Avengers, which is a film by Marvel Studios, is a worldwide success. (Avengers, yang mana adalah sebuah film oleh Marvel Studios, adalah sebuah kesuksesan yang mendunia)
  • I always like going to my grandmother’s house, which is located by the beach (Saya selalu suka pergi ke rumah nenek, yang mana berlokasi di pantai)
  • Could you lend me the book which was recommended by the teacher? (Bisakah Anda meminjamkan saya buku yang direkomendasikan oleh sang guru?)

Sedangkan untuk that, ada beberapa kalimat khusus yang hanya bisa menggunakan kata tersebut. Beberapa di antaranya adalah ketika struktur kalimat menggunakan pronomina yang belum terdefinisi (bukan a maupun  the), lalu juga ketika kalimat menggunakan adjektiva superlatif. Selain itu, ketika nomina menggunakan angka ordinal (kesatu, kedua, ketiga,…), maka harus menggunakan that juga. Terakhir, jika sebelumnya didahului oleh the only… atau thing…, maka diikuti oleh that juga.

Berikut ini adalah contoh beberapa kalimat yang menggunakan that sesuai dengan kegunaannya di atas:

  • All that you do will have consequences that you can’t evade (Semua yang Anda lakukan akan memiliki konsekuensi yang tak bisa dihindari)
  • She cooked everything that were in the fridge (Dia memasak semua yang ada di kulkas)
  • I want to tell you something that you never knew before (Saya ingin memberitahu Anda sesuatu yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya)
  • I couldn’t find the one that I have been looking for (Saya tidak bisa menemukan hal yang telah saya cari)
  • This is one of the best music that I have listened to in a while (Ini salah satu musik terbaik yang saya dengar selama beberapa lama ini)
  • The most important thing that you must always remember is that you are not alone (Hal yang paling penting yang harus Anda selalu ingat adalah bahwa Anda tidak sendirian)
  • It is the second time that I traveled to Bali (Ini kedua kalinya saya pergi ke Bali)

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai perbedaan antara that dan which dalam kalimat bahasa Inggris beserta contohnya. Semoga pembelajaran kali ini dapat digunakan dalam mempraktekan bahasa Inggris sehari-hari.