sederet kamus
Translate: Tutorial:

Percakapan Bahasa Inggris di Stasiun Kereta

Bagian 1

Stasiun kereta menjadi salah satu tempat yang sangat penting ketika Anda sedang bepergian, terutama ke luar kota. Bukan hanya di dalam negeri, namun di luar negeri kereta juga menjadi salah satu transportasi umum yang paling sering digunakan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui situasi apa saja yang akan dihadapi di stasiun kereta.

Untuk mempersiapkannya, berikut ini adalah beberapa contoh percakapan di stasiun kereta dalam bahasa Inggris yang sering terjadi. Berbagai situasi di bawah ini sangat umum ditemukan dan penting untuk diketahui oleh para pelajar bahasa Inggris.

Menanyakan Jam Berapa Kereta Berangkat

Salah satu hal penting untuk diketahui ketika akan naik kereta adalah mengetahui kapan kereta akan berangkat. Sebab, jika Anda tidak mengetahui dengan jelas kapan kereta yang akan Anda naiki akan berangkat, bisa jadi Anda justru akan ketinggalan kereta tersebut. Berikut ini adalah contoh percakapan singkat menanyakan jam berapa kereta yang akan Anda naiki akan berangkat dalam bahasa Inggris.

A: Excuse me, are you going to take the train to London? (Permisi, apakah Anda akan menaiki kereta menuju London?)

B: Yes, I am. Can I help you with anything? (Iya, betul. Apakah ada yang bisa saya bantu?)

A: I would just like to know if maybe you know when will the train to London depart? (Saya hanya ingin tahu apakah mungkin Anda tahu kapan kereta menuju London akan berangkat?)

B: I believe it will start to depart at exactly 2 pm this afternoon. Just around one more hour. (Sepertinya keretanya akan mulai berangkat tepat pukul 2 siang ini. Hanya sekitar satu jam lagi)

A: Thank you so much for the information. (Terima kasih banyak atas informasinya)

Menanyakan Kereta Akan Berangkat Di Platform Berapa

Selain menanyakan jam berapa kereta akan berangkat, penting juga untuk mengetahui kereta yang akan Anda naiki akan berangkat di platform nomor berapa. Karena dalam stasiun kereta pada umumnya tidak hanya akan ada satu kereta namun banyak kereta dengan berbagai tujuan. Pada umumnya, Anda bisa menanyakan hal tersebut kepada petugas stasiun yang berjaga dengan menggunakan contoh percakapan dalam bahasa Inggris di bawah ini.

A: I’m sorry to bother you. Do you happen to know what platform the train to Madrid will be on? (Mohon maaf mengganggu Anda. Apakah Anda kebetulan tahu di platform berapa kereta menuju Madrid akan berangkat?)

B: Of course. The train to Madrid will be on the 3rd platform. (Tentu saja. Kereta menuju Madrid akan berada di platform ketiga)

A: Is it the platform with the blue sign above it? (Apakah itu platform dengan penanda warna biru di atasnya?)

B: Exactly. (Tepat sekali)

A: Alright, thank you for your help. (Baiklah, terima kasih atas bantuan Anda)

Menanyakan Letak Toilet Di Stasiun Kereta

Menunggu kereta Anda datang dan berangkat di stasiun kereta bisa menjadi urusan yang cukup lama dan memakan waktu sehingga Anda mungkin akan harus ke toilet terlebih dahulu. Namun jangan khawatir karena semua stasiun kereta pasti memiliki toilet yang dapat digunakan. Untuk menanyakan di mana letak toilet di stasiun kereta, Anda bisa menggunakan contoh percakapan dalam bahasa Inggris dengan situasi tersebut seperti berikut ini.

A: I’m sorry, could you help me with something? (Mohon maaf, bisakah Anda membantu saya dengan sesuatu?)

B: Of course. What do you need help of? (Tentu saja. Anda perlu bantuan apa?)

A: I’m actually looking for the restroom in this train station. Do you know where is it? (Saya sebenarnya sedang mencari toilet di stasiun kereta ini. Apakah Anda tahu di mana tempatnya?)

B: It’s not far from here. You only need to go left there and then just walk straight until the end, the restroom is right at the end of the hallway. (Toilet tidak jauh dari sini. Anda hanya perlu belok kiri di sana lalu kemudian jalan lurus saja hingga di ujung, toiletnya berada tepat di ujung lorongnya)

A: Thank you so much for your help! You’re my savior. (Terima kasih banyak atas bantuan Anda! Anda penolong saya)

Menanyakan Berapa Lama Perjalanan Kereta

Bukan hanya menunggu kereta di stasiun saja yang akan memakan waktu, namun pada khususnya kereta antarkota pasti memerlukan waktu yang cukup lama untuk tiba ke tujuannya. Mungkin Anda sedang terburu-buru atau harus menghitung waktu yang dibutuhkan untuk tiba ke tujuan sehingga perlu menanyakan durasi perjalanan. Berikut ini adalah contoh percakapan yang bisa Anda pelajari untuk menanyakan berapa lama perjalanan kereta dalam bahasa Inggris.

A: Excuse me, could I bother you for a second? (Permisi, bolehkah saya mengganggu Anda sebentar?)

B: Yes, of course, no problem. What do you need? (Iya, tentu saja, tidak masalah. Apa yang Anda butuhkan?)

A: I was just wondering if you happen to know how long does it take for the train to Paris to arrive at the destination? (Saya hanya bertanya-tanya apakah mungkin Anda tahu berapa lama waktu yang diperlukan untuk kereta menuju Paris tiba di tujuannya?)

B: I think the trip would took around 2 hours to arrive at Paris. (Sepertinya perjalanannya akan mengambil waktu sekitar 2 jam untuk tiba di Paris)

A: I understand. I really needed to know that information so I can schedule my meeting at the right time. Thank you for your time. (Saya mengerti. Saya sangat membutuhkan informasi tersebut agar saya bisa mengatur jadwal rapat pada waktu yang tepat. Terima kasih banyak atas bantuan Anda)

Itulah dia sejumlah contoh percakapan singkat di stasiun kereta dalam segala macam situasi yang biasa ditemukan dalam bahasa Inggris. Semoga dapat membantu Anda mempelajari dan menggunakan bahasa Inggris dalam sehari-hari.

Bagian 2

Sebelumnya telah ada beberapa contoh percakapan di stasiun kereta dengan situasi tertentu dalam bahasa Inggris. Akan tetapi, jelas bahwa di stasiun kereta dapat terjadi banyak hal lainnya yang belum dibahas sebelumnya. Mulai dari membeli tiket hingga memastikan apakah kereta yang akan Anda naiki sudah benar.

Jangan khawatir memikirkan bagaimana cara untuk menghadapi situasi semacam itu dengan menggunakan bahasa Inggris. Berikut ini adalah sejumlah contoh percakapan di stasiun kereta dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

Menanyakan Di Mana Mencetak Boarding Pass

Salah satu hal yang harus sudah Anda pegang untuk menaiki kereta adalah boarding pass yang perlu dicetak terlebih dahulu. Seluruh stasiun kereta, terutama di luar negeri, sudah memiliki mesin sendiri yang dapat mencetaknya. Akan tetapi, mungkin saja tempat keberadaan mesin pencetak boarding pass tersebut kurang terlihat jelas sehingga Anda harus menanyakan kepada orang lain.

Berikut ini adalah contoh percakapan menanyakan tempat mencetak boarding pass di stasiun kereta dalam bahasa Inggris.

A: I’m sorry to bother you. But could you help me with something? (Maaf mengganggu. Namun bisakah Anda membantu saya?)

B: Of course. How can I be of your service? (Tentu saja. Apa yang bisa saya bantu?)

A: I was wondering where could I find the machine to print my boarding pass? (Saya bertanya-tanya di mana saya bisa menemukan mesin untuk mencetak boarding pass?)

B: It’s right near at the entrance gate. You have to go back there and the machine is on the left side of the gate. (Mesinnya ada tepat di dekat gerbang masuk. Anda harus kembali ke sana dan mesinnya berada di sebelah kiri gerbang)

A: I must have missed it when I came in. Thank you for your help. (Saya pasti kelewatan tadi ketika saya masuk. Terima kasih atas bantuan Anda)

Percakapan Membeli Tiket Kereta

Selain mencetak boarding pass untuk menaiki kereta, tentu saja Anda sebelumnya juga harus sudah membeli tiket kereta menuju tujuan yang Anda inginkan. Biasanya di stasiun kereta luar negeri juga akan tersedia loket untuk membeli tiket kereta tersebut. Berikut ini adalah contoh percakapan membeli tiket kereta dalam bahasa Inggris.

A: Good afternoon. I would like to buy one train ticket to Nantes, please. (Selamat siang. Saya ingin membeli satu tiket kereta ke Nantes, tolong)

B: Would it be a one way trip or a two way trip, sir? (Apakah ini untuk perjalanan pergi atau pulang pergi, Pak?)

A: Just a one way trip, please. (Pergi saja, tolong)

B: What schedule would you like to be on? (Anda ingin jadwal yang mana?)

A: When is the next available schedule that I could get into? (Kapan jadwal selanjutnya yang tersedia yang bisa saya dapatkan?)

B: It would be on 1 PM. (Jadwal selanjutnya pukul 1 siang)

A: I will take the train to Nantes at 1 PM, then. (Saya akan ambil kereta ke Nantes pukul 1 siang kalau begitu)

B: That would be twenty euro in total. (Total harganya 20 euro)

A: Here you go. Thank you for your help. (Ini dia. Terima kasih atas bantuan Anda)

Percakapan Mengembalikan Tiket Karena Batal

Rencana perjalanan mungkin tidak selalu berjalan lancar karena satu dan lain hal sehingga membuat Anda terpaksa harus membatalkan tiket yang telah Anda beli. Pada umumnya, tiket yang dibeli di loket stasiun kereta tanpa diskon masih akan bisa dikembalikan uangnya. Untuk mengetahui bagaimana cara mengembalikan tiket kereta karena batal, berikut ini adalah contoh percakapannya dalam bahasa Inggris.

A: Excuse me, I’m sorry to bother you. I was wondering if I could get a refund for my ticket to London at 6 PM today? (Permisi, maaf mengganggu Anda. Saya bertanya-tanya apakah saya bisa mendapatkan kembali uang saya untuk tiket ke London pukul 6 malam hari ini?)

B: We offer refund for a cancelled trip but it would be charged with cancellation fee of 12%. (Kami memberikan kembali uang untuk perjalanan yang dibatalkan namun akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 12%)

A: That would be okay. It turns out I can’t go to London today, after all. (Tidak apa-apa. Ternyata saya tidak bisa ke London hari ini)

B: Let me process your ticket refund for a minute. Here is the refund of your ticket. We look forward to your next trip with us. (Biar saya proses pengembalian uang untuk tiket Anda sebentar. Ini pengembalian uang untuk tiket Anda. Kami menantikan perjalanan Anda selanjutnya bersama kami)

A: Thank you so much. (Terima kasih banyak)

Memastikan Kereta Dan Gerbong Yang Benar

Sebelum memasuki kereta di peron yang ditunjukkan, Anda juga sebaiknya memastikan bahwa kereta tersebut memang betul akan menuju tujuan Anda. Selain itu, Anda juga perlu memastikan pada gerbong mana tempat duduk Anda berada. Untuk membantu, berikut ini adalah contoh percakapan memastikan kereta dan gerbong yang benar dalam bahasa Inggris.

A: Excuse me, is this the train departing to Wales? (Permisi, apakah ini kereta yang akan pergi menuju Wales?)

B: Yes, it is. (Iya, benar)

A: Do you happen to know which one is the carriage number 3? (Apakah Anda tahu yang mana gerbong nomor 3?)

B: It’s on the other end of the train. You should be able to see the number on the outside of it. (Gerbong itu berada di ujung satu lagi kereta ini. Anda seharusnya bisa melihat nomornya di bagian luar gerbong)

A: Thank you for your help. (Terima kasih atas bantuan Anda.)

Itulah dia beberapa contoh percakapan di stasiun kereta dengan berbagai macam situasi dalam bahasa Inggris. Semoga pembahasan kali ini dapat memberikan gambaran bagaimana cara untuk menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Bagian 3

Kali ini kita akan belajar tentang percakapan yang terjadi di sebuah Stasiun Kereta Api. Dua orang tokoh dalam percakapan ini bernama Bianca dan Alex.

Daftar istilah dalam dunia perkereta api-an dan perjalanan yang digunakan dalam percakapan ini dapat anda pelajari di akhir percakapan.

Contoh Percakapan

Bianca: Hi Alex, sorry I’m late. The traffic was crazy. (Hai Alex, aduh maaf ya aku terlambat. Tadi macetnya sangat parah)

Alex: Hey, it’s okay. Don’t worry, we still have much time left. (Iya, tidak apa-apa kok. Tenang saja, waktu kita masih banyak.)

Bianca: So are we going in to the station now or…? (Sekarang kita langsung masuk ke stasiun atau bagaimana?)

Alex: Yes, but before that, let’s print out our e-ticket first okay. (Iya, tapi sebelumnya kita cetak tiket elektronik ini dulu ya.)

Bianca: Self printing? Can we really do it? (Cetak sendiri? Memang bisa ya?)

Alex: Yes, of course. If we bought our ticket online, we will get an e-ticket which we can print out, by using this ticket printing machine. (Iya. Sekarang kalau kita membeli tiket kereta api di aplikasi, kita akan dapat tiket elektronik yang bisa kita cetak sendiri menggunakan mesin cetak tiket ini.)

Bianca: Aaah I see. Is it hard to use the machine? (Ooh, begitu ya. Susah tidak sih menggunakan alat ini?)

Alex: It’s definitely not. Here, I’ll show you how. First, type this e-ticket code, and then choose “PRINT TICKET” box, click “OK”, and done. Here they are. (Sama sekali tidak. Sini, aku tunjukkan caranya. Pertama, kita ketik kode yang ada pada tiket elektronik ini pada mesin, lalu pilih kolom “CETAK TIKET”, klik OK, terus selesai deh. Ini dia tiket kita.)

Bianca: Wow, I never knew it could be that easy. So from now on we don’t have to bother queuing anymore. It really saves time and effort. (Wah iya, gampang sekali. Enak ya, jadi kita tidak perlu repot-repot antri di loket lagi. Benar-benar menghemat waktu dan tenaga ya)

Alex: Exactly. Now everything can be done online. Make it easier for busy people like us. Even the payment was easy too. It didn’t even take me 5 minutes to process these tickets. (Betul sekali, semua bisa dilakukan secara online. Benar-benar sangat membantu untuk orang-orang yang sibuk seperti kita. Bahkan untuk pembayarannya pun mudah. Aku bahkan tidak menghabiskan waktu sampai 5 menit saat mengurus tiket ini.)

Bianca: By the way, where do we go next? (Oh iya, habis ini kita kemana?)

Alex: Now, we have to get into the passenger waiting area. At this checkpoint, don’t forget to show our ticket and ID Card to the officer. (Nah sekarang kita masuk ke tempat tunggu penumpang. Di pos pemeriksaan ini, kita harus menunjukkan tiket dan KTP.)

They passed the checkpoint while showing their tickets and ID cards to the officer, then they entered the passenger waiting area. (Mereka berdua lalu melewati pos pemeriksaan sambil menunjukkan tiket dan KTP kepada petugas, lalu masuk ke tempat tunggu penumpang.)

Bianca: Aaah… finally I can sit. My legs were sore. Hey look, there are electric socket here. We can charge our devices. (Aaah akhirnya bisa duduk juga, kakiku sudah pegal sekali. Eh coba lihat, disini juga ada tempat untuk mengisi ulang baterai ponsel kita.)

Alex: That’s true. It’s available in every train station now. We can recharge our mobile phone battery, or other device like camera. (Iya betul sekali. Sekarang di setiap stasiun kereta api disediakan soket listrik. Bisa untuk isi ulang baterai ponsel atau alat elektronik lainnya, seperti baterai kamera.)

Bianca: This is really nice, therefore, we won’t be worried about running out of battery anymore. (Enak ya, dengan begitu kita tidak akan takut kehabisan baterai lagi.)

Alex: That’s right Bianca. Not only at the station, we even got them on the train seat as well. So we can recharge batteries anytime we want. Betul sekali Bianca. Selain di stasiun, di dalam kereta pun disediakan soket listrik di setiap tempat duduk kita. Jadi kita bisa mengisi baterai kapanpun kita mau.

Bianca: Wow that is so cool! How come I didn’t know that? (Wah keren sekali. Kok aku baru tahu sekarang ya?)

Alex: It’s okay. I use trains almost all the time, so no wonder I know better. (Tidak apa-apa kok. Kan aku lebih sering pakai kereta kemana-mana, jadi wajar kalau aku lebih tahu.)

Bianca: What time does our train leave? (Jam berapa kereta kita berangkat?)

Alex: At 2.30 pm. We still have about one hour left. (Jam 14.30. Masih ada waktu sekitar 1 jam lagi.)

Bianca: By the way, I’m so hungry. Do you want to have a meal now or later on the train? (Oh iya, aku lapar nih. Kamu mau makan sekarang atau nanti saja di kereta?)

Alex: I’m still full. I think I’ll have fried rice later on the train. But if you want to have lunch now, I’ll go with you. Besides, our train will be on Railway line 3. We’ll have to wait there. (Aku masih kenyang, jadi nanti saja pesan nasi goreng di kereta. Tapi kalau kamu mau makan sekarang, yuk aku temani! Lagipula, kereta kita akan berada di jalur 3. Kita harus pindah ke sana.)

Bianca: Okay, thanks Alex. (Baiklah, terima kasih ya Alex.)

Alex: No problem. Let’s go, shall we? (Tidak masalah. Pergi sekarang, yuk?)

Bianca: Sure, let’s go! (Iya, yuk!)

Railway & Travelling Terms:

  1. E-ticket/ electronic ticket: Tiket elektronik, biasanya didapat saat melakukan pemesanan tiket secara online.
  2. Ticket printing machine: Mesin pencetak tiket. Biasanya terdapat di stasiun, sebelum pos/loket pemeriksaan
  3. Passenger waiting area: Area tunggu penumpang. Biasanya berada setelah pos pemeriksaan. Hanya calon penumpang yang memiliki tiket yang boleh masuk ke area ini.
  4. Railway line: Jalur kereta api.

–> Percakapan di Stasiun MRT / Subway
–> Frasa di Stasiun Kereta Api