sederet kamus
Search Articles
Translate: Tutorial:

Percakapan di Money Changer

Ketika kita hendak berpergian ke luar negeri, kita tentu membutuhkan uang yang sesuai dengan mata uang berlaku di negara tersebut. Untuk itu kita perlu menukarkan uang yang dimiliki dengan mata uang tersebut, dan salah satu tempat penukarannya adalah Money Changer.

Money Changer dapat ditemui di bandara, dimana banyak orang dari luar negeri yang butuh untuk segera menukarkan uang. Money Changer juga bisa ditemui di berbagai tempat umum, misalnya di tempat perbelanjaan atau mall.

Ada baiknya kita menukarkan uang sebelum berpergian atau sebelum sampai di negara tujuan. Hal ini supaya kita dapat memilih nilai tukar yang tidak terlalu rendah untuk uang yang kita miliki. Selain itu, mempersiapkan penukaran uang dari jauh-jauh hari akan lebih membuat perjalanan kita tertata dengan baik.

Namun ada kalanya juga kita tidak sempat menukarkan uang jauh-jauh hari dan harus menukarnya begitu sampai di negara tujuan. Karena itu, penting untuk menguasai Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dalam menukar uang di Money Changer.

Berikut contoh percakapan berbahasa Inggris yang terjadi di Money Changer. Percakapan-percakapan ini bisa kita terapkan langsung saat perlu menukarkan uang di Money Changer. Simak sampai selesai, ya!

Contoh Percakapan 1

A: Good evening, Sir. Can I help you? (Selamat sore, Pak. Ada yang bisa saya bantu?)

B: Good evening. I want to exchange my money to Australian Dollar here, can I? (Selamat sore. Saya mau menukar uang saya ke Dollar Australia disini, apa bisa?)

A: Yes, you can, Sir. What currency do you want to exchange? (Iya, bisa, Pak. Bapak ingin menukar mata uang apa?)

B: Indonesian Rupiah. What’s the current rate for IDR to AUD right now? (Rupiah Indonesia. Berapa nilai tukar dari IDR ke AUD sekarang?)

A: Please wait a minute, Sir. I will check it a real quick. (Sebentar ya, Pak. Saya akan cek dengan cepat)

B: Okay, Sir. (Oke, Pak)

A: The current rate for 1 AUD is 10.900 IDR, Sir. How much would you like to exchange? (Nilai tukar untuk 1 AUD adalah 10.900 IDR, Pak. Berapa banyak yang ingin Bapak tukarkan?)

B: I want to exchange my 5 million IDR. How much AUD I will get for those? (Saya ingin menukar 5 juta IDR. Berapa banyak AUD yang akan saya dapat dari itu?)

A: It’s 458 AUD, Sir. (458 AUD, Pak)

B: If I want to get 500 AUD, how much IDR I need to exchange? (Kalau saya mau dapat 500 AUD, berapa IDR yang perlu saya tukar?)

A: It’s 5.450.000 IDR, Sir. (5.450.000 IDR, Pak)

B: Okay, I will exchange that amount, then. Here the money. (Oke, saya akan tukar sejumlah itu, deh. Ini uangnya)

A: Here your 500 AUD, Sir. And please sign here. (Ini 500 AUD Anda, Pak. Dan tolong tanda tangan disini)

B: Okay. Thank you. (Oke. Terima kasih)

Contoh Percakapan 2

A: Excuse me, can I exchange money here, Sir? (Permisi, bisa saya tukar uang disini, Pak?)

B: What currencies would you like to exchange, Ma’am? (Mata uang apa yang ingin Anda tukar, Bu?)

A: I want to exchange Indonesian Rupiah to US Dollar, Sir. What’s the current rate for those right now? (Saya mau tukar Rupiah Indonesia ke Dollar US, Pak. Berapa nilai tukarnya sekarang?)

B: It’s 15.000 Indonesian Rupiah for 1 US Dollar, Ma’am. (15.000 Rupiah Indonesia untuk 1 Dollar US, Bu)

A: Oh, no. It’s higher than the last time I exchanged my money three days ago! (Oh, tidak. Itu lebih tinggi dari terakhir saya tukar uang tiga hari yang lalu!)

B: Well, the exchange rate is fluctuating, Ma’am. (Ya, nilai tukar itu turun naik, Bu)

A: So, it could go down later, Sir? (Jadi, itu bisa turun nanti, Pak?)

B: I can’t guarantee it, but there is a possibility for it. Although we don’t know when exactly the rate will go down. (Saya tidak bisa menjamin itu, tapi ada kemungkinan bisa. Meskipun kita tidak tahu kapan tepatnya nilai tukar akan turun)

A: Is that so? I guess I have no other choice, then. I’m running out my USD and I think I will just exchange some IDR right now. (Oh begitu? Saya rasa nggak ada pilihan lain, deh. Saya kehabisan USD dan saya rasa saya akan tukar IDR saja sekarang)

B: How much would you like to exchange, Ma’am? (Berapa yang ingin Anda tukar, Bu?)

A: I think 1.500.000 IDR will do for now. I hope our rupiah will go up as soon as possible so I can exchange for more. (Saya rasa 1.500.000 IDR saja dulu untuk sekarang. Saya harap rupiah kami akan naik secepatnya jadi saya bisa menukarkan lebih banyak)

B: Alright, Ma’am. You will get 100 USD for those. Would you like the large or small bills, Ma’am? (Baik, Bu. Anda akan mendapat 100 USD untuk sejumlah tersebut. Apa Anda ingin pecahan besar atau kecil, Bu?)

A: Just large bills, please. 50 USD bill will do. (Pecahan besar saja. Pecahan 50 USD boleh)

B: Alright, Ma’am. Here your 100 USD, consisted of two 50 USD bills. Please drop your sign in the bottom, Ma’am. (Baik, Bu. Ini 100 USD Anda, terdiri dari dua pecahan 50 USD. Silakan bubuhkan tanda tangan Anda di bawah, Bu)

A: Okay. Thank you, Sir. (Oke. Terima kasih, Pak)

Demikianlah contoh percakapan dalam Bahasa Inggris yang terjadi dalam Money Changer untuk menukarkan uang. Semoga informasi ini bermanfaat!