sederet kamus
Translate: Tutorial:

Percakapan Membuat Janji Pertemuan Melalui Telepon Dalam Bahasa Inggris

Sejak adanya teknologi telepon, kehidupan kita menjadi semakin mudah karena tidak perlu jauh-jauh menemui seseorang secara langsung jika ada hal yang ingin diomongkan. Selain itu, telepon juga telah banyak membantu orang-orang untuk membuat janji pertemuan tanpa bertemu langsung.

Bayangkan Anda sedang berada di luar negeri dan karena satu dan lain hal harus membuat janji pertemuan dengan seseorang, akan tetapi Anda tidak punya waktu untuk menemui mereka langsung demi membuat janji pertemuan. Melalui telepon, Anda dapat membuat janji pertemuan baik dengan dokter, salon, atau untuk urusan bisnis, dengan sangat mudah.

Oleh karena itu, penting sekali untuk Anda dapat mengetahui bagaimana cara membuat janji pertemuan melalui telepon dalam bahasa Inggris. Agar dapat mengetahui lebih mudah, berikut ini adalah beberapa contoh percakapan membuat janji pertemuan melalui telepon dalam bahasa Inggris.

Janji Pertemuan Dengan Dokter

Salah satu hal yang paling mudah untuk dilakukan sekarang adalah membuat janji pertemuan dengan dokter langganan Anda. Tanpa perlu pergi ke rumah sakit atau klinik terlebih dahulu, Anda bisa mengatur jadwal pertemuan dengan dokter ketika dibutuhkan. Sebagai contohnya, berikut ini adalah contoh percakapan membuat janji pertemuan dengan dokter dalam bahasa Inggris.

Resepsionis: Good afternoon, this is Jakarta International Hospital. How may I help you? (Selamat siang, ini Jakarta International Hospital. Ada yang bisa saya bantu?)

Bayu: Good afternoon. I’d like to make an appointment to see the general practitioner please. (Selamat siang. Saya ingin membuat janji pertemuan untuk bertemu dengan dokter umum, tolong)

Resepsionis: Have you ever been admitted into this hospital before, sir? (Apakah Andapernah dirawat di rumah sakit ini sebelumnya, pak?)

Bayu: No, I have never been admitted there before. (Tidak, saya belum pernah dirawat di sana sebelumnya)

Resepsionis: Alright, I will just need your name to make the appointment for now. (Baiklah, saya hanya membutuhkan nama Anda untuk membuat janji pertemuan untuk sekarang)

Bayu: My name is Bayu Dimas. (Nama saya Bayu Dimas)

Resepsionis: There is a free schedule for today at 3:00 this afternoon. Would that be okay with you? (Ada jadwal kosong untuk hari ini jam 3 siang ini. Apakah itu tidak apa-apa untuk Anda?)

Bayu: Of course, that would be perfect. (Tentu saja, itu sempurna)

Resepsionis: Alright. Please make sure that you bring your identity card and your insurance details when you came here for the purpose of patient registration. (Baiklah. Tolong pastikan bahwa Anda membawa kartu identitas dan perincian asuransi Anda ketika Anda datang ke sini untuk melakukan pendaftaran pasien)

Bayu: Okay, I will make sure to bring my identity card and my insurance card. Thank you so much. (Baiklah, saya akan pastikan untuk membawa kartu identitas dan kartu asuransi saya. Terima kasih banyak)

Janji Pertemuan Dengan Salon

Selain membuat janji pertemuan dengan dokter, sebagian besar salon sekarang juga menerima janji pertemuan melalui telepon. Terutama apabila salon yang dituju adalah salon terkenal yang seringkali penuh, biasanya manajemen salon akan mengharuskan calon pelanggan untuk membuat janji terlebih dahulu dengan resepsionis. Berikut ini adalah contoh percakapan membuat janji pertemuan dengan salon melalui telepon dalam bahasa Inggris.

Resepsionis: Good morning. This is Hair First, how may I help you? (Selamat pagi. Ini Hair First, ada yang bisa saya bantu?)

Jane: Good morning. Can I make an appointment with Michelle, please? I am her regular customer (Selamat pagi. Bisakah saya membuat janji pertemuan dengan Michelle? Saya pelanggan langganannya)

Resepsionis: Is it for a hair cut? (Apakah untuk potong rambut?)

Jane: Yes, a hair cut and I would also like to color my hair. (Iya, potong rambut dan mewarnai rambut saya)

Resepsionis: Alright. What day would you like to come? The sooner we have is tomorrow. (Baiklah. Hari apa Anda ingin datang? Paling cepat yang kosong adalah besok)

Jane: What about on Saturday? (Bagaimana kalau hari Sabtu?)

Resepsionis: Michelle is only free at 9am on Saturday. Would that be okay? (Michelle hanya kosong jam 9 pagi di hari Sabtu. Apakah itu tidak apa-apa?)

Jane: Yes, that is fine with me. (Iya, itu tidak apa-apa untuk saya)

Resepsionis: Alright, then. May I have your name, please? (Baiklah kalau begitu. Boleh saya tahu nama Anda?)

Jane: It’s Jane Smith. (Nama saya Jane Smith)

Resepsionis: Okay, Miss Smith. We have booked you for an appointment on Saturday at 9am. See you then. (Baiklah, Nona Smith. Kami telah membuat janji pertemuan untuk Anda pada hari Sabtu jam 9 pagi. Sampai jumpa nanti)

Jane: Thank you so much. Have a good day. (Terima kasih banyak. Semoga hari Anda menyenangkan)

Janji Pertemuan Untuk Bisnis

Bukan hanya membuat janji pertemuan sebagai pelanggan, terkadang Anda juga harus membuat janji pertemuan untuk urusan bisnis. Contohnya ketika harus melaksanakan rapat atau semacamnya dengan rekan kerja. Sebagai contohnya, berikut ini adalah percakapan membuat janji pertemuan untuk urusan bisnis melalui telepon dalam bahasa Inggris.

Sekretaris: Good afternoon, this is Mr. Harris’ office. (Selamat siang, ini kantor Pak Harris)

Jay: Good afternoon. You must be Camille, the new secretary? (Selamat siang. Anda pasti Camille, sekretaris yang baru?)

Sekretaris: Yes, sir. I’m the new secretary. (Iya, pak. Saya sekretaris yang baru)

Jay: My name is Jay Smith. I’m one of your boss’ partner. I would like to make an appointment with him for a project meeting. (Nama saya Jay Smith. Saya salah satu mitra bos Anda. Saya ingin membuat janji pertemuan dengannya untuk rapat proyek.)

Sekretaris: Of course, sir. Mr. Harris is available on Monday and Wednesday for an appointment. Which day would suit you best? (Tentu saja, pak. Pak Harris kosong di hari Senin dan Rabu untuk pertemuan. Hari apa yang paling tepat untuk Anda?)

Jay: I would like to meet him on Monday if that’s possible. (Saya ingin bertemu dia hari Senin apabila memungkinkan)

Sekretaris: Very well. Would you like to meet him in the morning or afternoon? (Baiklah. Apakah Anda ingin bertemu dengannya di pagi hari atau siang hari?)

Jay: Actually, could you make it a lunch appointment? We could talk about the project during lunch, that would be more efficient (Sebenarnya, bisakah Anda membuatnya menjadi pertemuan makan siang? Kami bisa membicarakan proyeknya selama makan siang, itu akan lebih efisien)

Sekretaris: I will have to check with Mr. Harris first but it should be possible. (Saya akan harus menanyakannya ke Pak Harris dulu tapi harusnya bisa)

Jay: That’s okay. Could you contact me again once you have his approval for the appointment, please? (Itu tidak apa-apa. Bisakah Anda menghubungi saya lagi setelah Anda mendapatkan persetujuannya untuk pertemuannya, tolong?)

Sekretaris: Of course, sir. I will contact you directly once I have his response. (Tentu saja, pak. Saya akan langsung menghubungi Anda setelah saya mendapatkan jawabannya)

Jay: Okay, thank you so much, Camille. (Baiklah, terima kasih banyak, Camille)

Sekretaris: You’re welcome, sir. Have a good day. (Sama-sama, Pak. Semoga hari Anda baik)

Sesungguhnya terdapat dua cara untuk dapat mengatur janji pertemuan untuk bisnis. Pertama adalah melalui sekretaris atau asisten seperti di atas, atau secara langsung dengan orang yang ingin ditemui. Untuk contoh percakapan langsung dengan orang yang ingin ditemui, mari simak berikut ini.

A: Good morning, Ted. How are you? (Selamat pagi, Ted. Apa kabar Anda?)

B: I am fine, thank you for asking, Josh. What made you contact me this early in the morning? (Saya baik-baik saja, terima kasih telah bertanya, Josh. Apa yang membuat Anda menghubungi saya sepagi ini?)

A: I would like to meet you to discuss our next project (Saya ingin bertemu dengan Anda untuk membicarakan proyek kita selanjutnya)

B: I thought so. I am supposed to be free on Thursday or Friday. Which do you prefer? (Sudah saya duga. Saya seharusnya kosong di hari Kamis atau Jumat. Yang mana yang Anda pilih?)

A: Friday would be best for me. Are you free on the afternoon then? (Hari Jumat akan terbaik untuk saya. Apakah Anda kosong di siang harinya?)

B: I think so, but I will confirm it with my assistant later. Do you want me to invite the other board members too? (Sepertinya iya, tapi saya akan konfirmasi dulu dengan asisten saya nanti. Apakah Anda ingin saya mengundang anggota direksi yang lain juga?)

A: Yes, I think that would be best since this will be the biggest project this company have this month. (Iya, sepertinya itu yang terbaik karena ini akan menjadi proyek terbesar yang dimiliki perusahaan ini bulan ini)

B: Alright, I’ll tell my assistant to send out the invitations. (Baiklah, saya akan beritahu asisten saya untuk mengirimkan undangannya)

A: Thank you, Ted. See you on Friday. (Terima kasih, Ted. Sampai jumpa hari Jumat)

Janji Pertemuan Dengan Teman

Selain membuat janji pertemuan untuk urusan bisnis atau urusan formal lainnya, Anda juga harus mengetahui cara membuat janji pertemuan dengan teman melalui telepon. Biasanya kalimat yang digunakan akan jauh lebih tidak formal dibandingkan ketika membuat janji pertemuan pada contoh-contoh sebelumnya. Sebagai contohnya, berikut ini adalah percakapan membuat janji pertemuan dengan teman melalui telepon dalam bahasa Inggris.

A: Hey, Jake! Are you free this Sunday? (Hai, Jake! Apakah kau kosong hari Minggu ini?)

B: Hey, Roy. I think so, yeah. What’s up? (Hai, Roy, seperti iya. Ada apa?)

A: Me and some of the boys are planning to go to the movies this Sunday. Do you wanna come along? (Saya dan beberapa anak-anak berencana untuk pergi ke bioskop hari Minggu ini. Apakah Anda ingin ikut?)

B: That sounds fun. What will we be watching? (Itu terdengar menyenangkan. Apa yang akan ditonton?)

A: There’s a new Marvel movie that will be released on Saturday. How about it? (Ada film Marvel baru yang akan dirilis hari Sabtu. Bagaimana?)

B: Alright, count me in then. (Baiklah, aku ikut)

A: Okay, I’ll let the other knows. See you on Sunday! (Oke, aku akan beritahu yang lain. Sampai jumpa hari Minggu!)

B: Alright, see you! (Baiklah, sampai jumpa!)

Janji Pertemuan Dengan Pacar

Selain membuat janji pertemuan dengan teman, Anda juga kemungkinan besar akan harus bisa membuat janji pertemuan dengan pacar melalui telepon. Bahasa Inggris yang digunakan juga pasti akan sangat berbeda dibandingkan ketika berbicara dengan teman sendiri. Sebagai contohnya, berikut ini adalah percakapan membuat janji pertemuan dengan pacar melalui telepon dalam bahasa Inggris.

A: Hey, babe. What are you doing? (Hai, sayang. Apa yang sedang kau lakukan?)

B: Nothing much. What’s up, honey? (Tidak banyak. Ada apa, sayang?)

A: Do you wanna go to the museum with me? I’m bored and there’s supposed to be a new installment today. (Apakah kau mau pergi ke museum bersamaku? Aku bosan dan harusnya ada pajangan baru hari ini)

B: Sure, what about an hour from now? I’ll have to get myself ready first. (Baiklah, bagaimana jika sejam dari sekarang? Aku harus siap-siap dulu)

A: Okay, I will pick you up an hour from now, then. (Baiklah aku akan jemput sejam dari sekarang, kalau begitu.)

B: Okay then. See you later, babe. (Baiklah kalau begitu. Sampai jumpa nanti, sayang)

A: See you, love. (Sampai jumpa, sayang)

Itulah dia berbagai contoh percakapan membuat janji pertemuan melalui telepon dalam bahasa Inggris. Semoga dapat membantu Anda dalam menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.