sederet kamus
Translate: Tutorial:

Percakapan Tentang Bertanya Dan Memberi Kepastian

Certainty atau dalam Bahasa Indonesianya merupakan kepastian merupakan sebuah ungkapan yang kita ucapkan ketika kita meyakini sebuah hal. Seringkali kita semua ini dihadapkan dengan suatu kondisi dimana kita harus memberikan kepastian kepada orang lain.

Tentu saja anda pasti akan merasa tidak nyaman bukan jika anda tidak mendapatkan kepastian mengenai suatu hal? Jika memang seperti itu maka anda pun juga harus memberikan kepastian jika ada pada kondisi yang memang diharuskan memberikan kepastian.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda semua untuk membahas mengenai conversation about asking and giving certainty atau yang memiliki arti percakapan mengenai bertanya dan memberi kepastian. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

How to asking certainty? (Bagaimana menanyakan kepastian?)

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara anda yang tepat untuk menanyakan kepastian, maka pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk tahu bagaimana menanyakan kepastian sehingga dengan begitu jika anda mungkin membutuhkan kepastian kepada seseorang maka anda bisa menggunakan kalimat ini.

Ketika kita merasa tidak yakin terhadap sesuatu atau mungkin sekedar ingin tahu mengenai sebuah kepastian maka ada ekspresi yang harus digunakan. Berikut adalah beberapa frasa yang cocok untuk menanyakan kepastian, diantaranya adalah :

How do you sure? (Bagaimana anda begitu yakin?)

Hal pertama yang bisa anda katakan kepada orang lain ketika anda ingin menanyakan mengenai sebuah kepastian maka anda bisa menggunakan kalimat bagaimana anda begitu yakin? Atau yang dalam Bahasa Inggris adalah how do you sure?

Frasa yang satu ini bisa sangat berguna untuk anda yang merasa penasaran dengan sesuatu dan ingin mengetahui kepastian dari hal tersebut. Mungkin ada sebagian dari anda yang belum memahaminya, oleh karena itu kami akan memberikan contohnya supaya anda bisa dengan mudah memahaminya.

Misalnya saja ada teman anda yang mengatakan bahwa kemungkinan besok kantor akan libur karena ada suatu hal yang terjadi di perusahaan itu, namun untuk mendapatkan kepastian dari teman anda maka anda bisa bertanya dengan how do you sure? Atau bagaimana anda bisa begitu yakin? Sehingga anda tahu apa alasannya mengatakan seperti itu.

Supaya anda lebih memahami mengenai penggunaan how do you sure? Yang memiliki arti bagaimana anda begitu yakin maka pada kesempatan kali ini kami juga akan memberikan contoh dialog untuk anda. Berikut adalah contoh dialog dari penggunaan how do you sure? Atau bagaimana anda begitu yakin:

A : Looks like our office will have a day off tomorrow, do you want to eat together tonight? (Seperrtinya kantor kita akan libur sehari untuk besok, apakah malam ini ingin makan bersama?)

B : I also hear the news too, if that is happening, then I am really happy (Aku mendengar berita itu juga, jika itu terjadi maka aku akan sangat senang)

C : How do you sure? (Bagimana kamu begitu yakin?)

A : Sure, Mr Anto told me that tomorrow will probablu be off due to renovations on this floor (Tentu saja, Pak Anto memberitahuku bahwa besok kemungkinan libur karena ada renovasi di lantai ini)

C : Thank you for your information (Terima kasih atas informasinya)

Are you sure about? (Apakah anda yakin tentang itu?)

Selanjutnya kata yang bisa anda coba untuk bertanya mengenai sebuah kepastian adalah are you sure about atau yang memiliki arti apakah anda yakin tentang itu. Frasa atau kalimat ini bisa anda pilih ketika anda ingin ingin bertanya kepada seseroang mengenai kepastian mereka. Misalnya saja ada orang yang baru saja mengungkapkan pendapat mereka, namun untuk memastikan bahwa mereka memang ada pada pendapat mereka maka anda bisa menanyaknnya dengan hal ini.

Supaya anda lebih memahami mengenai penggunaan adalah are you sure about atau yang memiliki arti apakah anda yakin tentang itu? maka pada kesempatan kali ini kami juga akan memberikan contoh dialog untuk anda. Berikut adalah contoh dialog dari penggunaan are you sure about? Atau bagaimana anda begitu yakin:

A : Hi, Andy. I heard that you joined the math club. Is it true? (Hi Andy, aku mendengar bahwa kamu bergabung dengan club matematika. Apakah benar?)

B : Hi Joice, that’s true (Hi Joice, itu benar)

A : Is it fun Andy? (Apa itu menyenangkan Andy?)

B : Yeah, Do you want to join in our club? (Ya, apakah kamu ingin bergabung dengan club kami?)

A : I Think so, I want to join the math club (Aku juga berpikir demikian, aku ingin bergabung ke club matematika)

B : Are you sure about join in this club Joice? (Apakah kamu yakin tentang bergabung dengan club ini Joice?)

A : Yes, sure (Ya, tentu saja)

Are you certain? (Apakah anda yakin)

Banyak sekali frasa atau kalimat yang bisa anda gunakan untuk menanyakan sebuah kepastian kepada orang lain adalah are you certain atau yang memiliki arti apakah anda yakin? Anda nantinya bisa mencantumkan pertanyaan di belakangnya sebagai tambahan untuk bertanya kepastian kepada orang tersebut. Misalnya saja situasinya adalah orang yang anda ajak berbicara itu sudah memutuskan untuk memilih tinggal di kota yang sekarang dan memilih untuk tetap bekerja di tempat yang sama, daripada memilih untuk tinggal di luar kota dan bekerja di tempat baru dengan bayaran yang lebih tinggi. Jika anda ingin menanyakan mengenai kepastian itu kepada mereka maka anda bisa menggunakan kalimat ini.

Supaya anda lebih memahami mengenai penggunaan adalah are you certain atau yang memiliki arti apakah anda yakin? maka pada kesempatan kali ini kami juga akan memberikan contoh dialog untuk anda. Berikut adalah contoh dialog dari penggunaan are you certain? Atau bagaimana anda begitu yakin:

A : So how did you decide from Yesterday’s choice? (Jadi bagaimana keputusanmu dari pilihan kemarin?)

B : I thought I choosed to stay in this city, althought the salary offered in other city is more high but I choose to stay in thi city because it is closer to the my family (Ku pikir aku lebih memilih untuk tetap tinggal di kota ini, walau mungkin gaji yang ditawarkan di luar kota lebih banyak namun saya lebih memilih untuk tinggal disini karena lebih dekat dengan keluarga)

A : Are you certain about it? (Apakah kamu yakin dengan itu?)

B : Yes, I am sure about that (Ya, aku yakin dengan hal itu)

How to giving certainty? (Bagaimana memberikan kepastian?)

Setelah kita tadi membahas mengenai bagaimana cara untuk menanyakan kepastian, maka pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk memberi kepastian atau dalam Bahasa Inggrisnya how to giving certainty?

Karena mungkin selain menanyakan kepastian kepada orang lain mungkin anda juga perlu memberikan kepastian juga kepada orang lain. Banyak sekali respon yang bisa anda katakan kepada orang lain jika ingin memberi kepastian kepada mereka. Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda pilih untuk memberikan kepastian.

I am sure …. (Saya yakin…)

Kalimat pertama yang bisa anda coba untuk katakan kepada orang lain ketika ingin memberi kepastian dengan menggunakan jawaban yang simpel yaitu anda bisa menjawabnya dengan I am sure atau saya yakin.

Jawaban ini merupakan salah stu jawaban memberi kepastian yang sangat simpel dan bisa anda gunakan. Supaya anda lebih memahami penggunaan dari I am sure atau yang memiliki arti saya yakin maka berikut adalah beberapa contohnya yang bisa anda gunakan:

  • Yeah, I am sure about that (Ya, saya yakin dengan itu)
  • I am sure that she will come back soon (Saya yakin dia akan kembali)
  • I am sure that he is a good person (Saya yakin dia adalah pria yang baik)

Berikut merupakan contoh dialog menggunakan I am sure atau saya yakin yang bisa digunakan untuk memberikan kepastian kepada orang lain:

A : Are you sure you can do it alone? (Apakah kamu yakin kamu bisa melakukannya sendirian?)

B : Yeah, I am sure about that. Don’t worry (Ya saya yakin dengan itu. Tidak usah khawatir)

A : If you need help, you can call me (Jika kamu membutuhkan bantuan, kamu bisa menelponku)

B : Sure, thank you (Tentu saja, terima kasih)

Yes, it confirmed (Ya, itu benar)

Kalimat atau frasa kedua yang bisa coba anda katakan untuk memberikan kepastian jika ada orang yang bertanya kepada anda adalah Yes, it confirmed atau yang memiliki arti ya itu benar. Jika orang menanyakan kepastian, biasanya ketika mereka ragu kepada apa yang anda katakan dan mereka ingin mengonfirmasi langsung kepada anda apakah yang anda katakan itu benar atau tidak.

Maka selanjutnya anda bisa menjawab mereka dengan Yes, It confirmed atau yang berarti itu benar. Berikut merupakan beberapa contoh dialog menggunakan kalimat yes, it confirmed untuk menjawab sebuah kepastian:

A : I heard news that you choose to resign from office? (Saya mendengar kabar bahwa kamu memilih untuk berhenti dari kantor ini?)

B : Well, that’s true (Itu benar)

A : Why do you resign? (Kenapa kamu berhenti?)

B : I want to grow my family business (Aku ingin mengembangkan bisnis keluargaku)

A : So you will really resign? (Jadi kamu sungguh akan resign?)

B : Yes, it confirmed (Ya, itu benar)

Definitely (Tentu saja)

Next, kalimat yang bisa anda pilih untuk mengatakan sebuah kepastian yang simpel adalah definitely atau yang memiliki arti tentu saja. Jika ada orang yang merasa penasaran dengan sesuatu dan ingin menanyakan kepastian, maka anda bisa menjawab dengan kata simpel ini. Berikut ini adalah contoh dialog menggunakan kalimat definitely atau tentu saja:

A : Michel, will we arrived in time? (Michael, apa kita akan tiba tepat waktu?)

B : Definitely we are (Tentu saja Ran)

A : But the traffic is crazy (Tapi macetnya sangat parah)

B : It’s okay, don’t worry (Tenang saja, tidak usah khawatir)

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami bagikan kepada anda semuanya mengenai conversation about asking and giving certainty atau yang memiliki arti percakapan mengenai bertanya dan memberi kepastian.

Sekarang tidak usah bingung lagi ketika anda ingin memberikan kepastian atau ingin menanyakan kepastian kepada orang lain karena anda bisa menggunakan beberapa contoh kalimat yang sudah kami sebutkan di atas tadi. Semoga artikel yang kami berikan ini bisa berguna dan juga membantu anda semuanya ya!