sederet kamus
Translate: Tutorial:

Percakapan tentang Makanan dalam Bahasa Inggris

Makanan adalah topik yang umum digunakan dalam percakapan sehari-hari. Banyak hal yang dapat kita bahas mengenai makanan. Di rumah, kantor, restoran, maupun beberapa tempat seringkali kita berbicara tentang makanan. Beberapa hal yang dapat dibahas mengenai makanan adalah sebagai berikut :

  • Makanan kesukaan atau yang sering dimakan.
  • Memesan makanan di cafe, restoran, warung, dan lain-lain.
  • Menanyakan tempat untuk membeli makanan.
  • Membuat daftar belanja.
  • Membandingkan makanan dari satu restoran ke restoran lain.
  • Berbelanja di supermarket.
  • Mempelajari resep dan sebagainya.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai percakapan dengan topik atau tema makanan dalam bahasa Inggris. Karena hal ini nantinya akan sering kita temui dalam percakapan sehari-hari. Untuk lebih jelasnya simak contoh percakapan yang akan disajikan selanjutnya.

Percakapan Tentang Makanan

Di beberapa negara dalam sehari biasanya orang akan makan sebanyak 3 kali yakni pagi, siang dan malam yang disebut dengan breakfast, lunch, dan dinner. Selain itu dikenal juga istilah brunch yang merupakan singkatan dari breakfast dan lunch yakni istilah untuk makan diantara pagi dan siang. Dan juga istilah supper di beberapa negara bagian Amerika, istilah ini merujuk pada makan malam dan memiliki arti sama dengan dinner. Namun di beberapa negara hal ini merujuk kepada makan ringan sebelum makan malam, atau makan malam (sedikit larut).

Contoh 1:

Mom: Ali, what do you want for dinner today? (Ali, kamu ingin makan malam apa hari ini?)

Ali: I would like something warm Mom, i got flu. (Aku ingin yang hangat-hangat Bu, aku sedikit flu.)

Mom: How about a sup? Do you want an asparagus soup? (Ibu masak sup saja ya? Apa kau mau sup asparagus?)

Ali: That’s okay Mom, if possible please add a lot of veggie. (Boleh Bu, kalau bisa sayurnya dibanyakin aja.)

Mom: Okay, well i’m going to shop. I cooked the chicken, you must eat first take your medicine, dan take a rest. (Baiklah, kalau begitu Ibu belanja dulu ya. Ibu tadi masak ayam, kamu makan dulu lalu minum obat, dan istirahatlah.)

Ali: Thanks Mom. Be careful. (Terima kasih Bu. Hati-hati di jalan.)

Mom: Okay. (Oke.)

Contoh 2:

Lisa: Jenny, i want something sweet for dessert. (Jenny, aku ingin yang manis-manis untuk makanan penutup.)

Jenny: What do you have in mind for the dessert? (Ada yang terlintas dipikiranmu mau makanan penutup apa?)

Lisa: How about a pudding with vla? (Bagaimana jika puding dengan fla?)

Jenny: Pudding sounds good, i have the ingridients. The recipe is easy to make. (Puding sepertinya enak, aku ada bahan-bahannya. Resepnya juga mudah.)

Lisa: Okay, let’s make a chocolate pudding with milk’s vla. (Oke, ayo kita buat puding cokelat dengan fla susu.)

Jenny: Oops, we run out of white milk. I’ll go to the supermarket first. (Waduh, susunya putihnya habis. Aku ke supermarket dulu ya.)

Lisa: Okay, and  i’ll make the pudding while waiting for you. (Oke, dan aku akan menyiapkan pudingnya sembari menunggumu.)

Jenny: Okay. (Baik.)

Selain jenis percakapan seperti contoh di atas tak jarang kita juga harus memahami tentang percakapan dengan tema makanan ketika sedang berada di restoran atau cafe. Karena biasanya kita harus memesan makanan atau minuman ketika sedang di restoran atau cafe. Contoh percakapan yang mungkin sering anda temui di kedua tempat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Waiter: Hello Sir, good afternoon. Are you ready to order something in the menu? (Halo Pak, selamat siang. Apakah anda sudah siap memesan sesuatu di menu?)

Ali: Sure, can i ask for a glass of water first? Then for the appetizer i would like a french fries, and for the main course i want a steak. (Yap, bolehkah aku meminta segelas air dulu? lalu untuk makanan pembuka aku mau kentang goreng, dan makanan utama aku mau memesan steak.)

Waiter: Sure Sir, for the steak would you like it be a welldone, medium, or any other special request? (Baik pak, untuk steaknya mau yang matang, setengah matang, atau ada pesanan khusus?)

Ali: I want to be medium. Don’t be to ripe okay? (Aku mau setengah matang saja. Jangan terlalu matang ya?)

Waiter: Okay Sir. Do you want a salad? If yes i will get a salad bowl. (Baik pak. Apakah anda mau salad? Jika iya aku akan ambilkan mangkuk salad.)

Ali: Nope, i think that’s enough. Thanks a lot. (Tidak, kurasa pesananku sudah cukup. Terima kasih banyak.)

Waiter: Okay Sir, i’ve noted everything. If there are additional please call me or my colleague. (Baik pak, semua sudah saya catat. Jika ada tambahan silahkan panggil saya atau pelayan lainnya.)

Ali: Okay. (Baik.)

Atau anda juga mungkin akan membahas diskusi ringan tentang makanan dengan rekan kerja atau teman anda seperti contoh berikut :

Ami: I guess i have to start eating healthy food. (Kurasa aku harus mulai makan makanan yang sehat deh.)

Ita: Why? (Kenapa?)

Ami: Yesterday i went to a docter, and he said that my cholesterol quite high. (Kemarin aku ke dokter, dan dia bilang kolesterolku cukup tinggi.)

Ita: Really, what he said then? (Benarkah, lalu apa kata dokter?)

Ami: Yeah i have to maintain my dietary habit and avoid fatty foods and trying to eat much veggie or fruits. (Ya aku harus menjaga pola makan dengan menghindari makanan berlemak, dan memperbanyak konsumsi sayuran atau buah.)

Ita: That’s just right, it is also better for us to start exercise to keep our phisically healthy. (Benar itu, sebaiknya kita juga mulai rajin olahraga agar fisik kita lebih sehat.)

Ami: Yup, the doctor did not give me medicine and he will monitor my diet for the next 2 months. (Iya, dokter belum meresepkan obat dan akan memantau dietku selama 2 bulan ke depan.)