sederet kamus
Translate: Tutorial:

Percakapan tentang Pekerjaan dalam Bahasa Inggris

Topik terkait pekerjaan merupakah hal yang sering dibahas dalam percakapan sehari-hari. Hal ini dikarenakan topik terkait pekerjaan merupakan hal yang umum dan relatif mudah untuk dibahas atau dijadikan bahan diskusi. Ada banyak pekerjaan yang tersedia saat ini mulai dari pekerja kantoran, pekerja lepas, segala sesuatu yang berhubungan dengan social media, marketing, branding, atau pekerja fisik dan sebagainya. Sehingga banyaknya tema tersebut menjadi bahan yang menarik untuk diperbincangkan dengan kolega atau teman anda.

Tidak ada perbedaan yang mendasar dalam membahas pekerjaan baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Untuk memudahkan anda dalam menyusun percakapan atau memulai percakapan dengan tema pekerjaan berikut panduan yang mungkin dapat digunakan :

  1. Mulailah dengan menceritakan pekerjaan anda sendiri atau pekerjaan yang anda inginkan di masa mendatang.
  2. Lalu tanyakan pekerjaan lawan bicara anda.
  3. Ceritakan pengalaman apa saja yang anda miliki dan sebaliknya seperti apakah dia menyukai pekerjaannya atau peran serta tugas apa yang dia emban di bidangnya.
  4. Jika berasal dari daerah yang berbeda anda dapat menanyakan pekerjaan favorit atau pekerjaan yang umum dilakukan di daerah mereka.
  5. Anda juga bisa menanyakan lingkungan kerja maupun jam kerja .

Dari kelima hal tersebut di atas anda dapat mengembangkan sendiri pertanyaan khususnya jika ternyata anda menguasai bidang pekerjaan tersebut.

Frasa dan Kalimat dalam Bahasa Inggris

Pada ulasan kali ini akan dijelaskan beberapa contoh percakapan yang dapat anda gunakan terkait dengan tema pekerjaan. Untuk lebih jelasnya berikut contoh percakapan tersebut :

Contoh I

In one of the conference room (Di suatu ruang konferensi)

Ali: Hei, my name is Ali. Nice to meet you! (Hei, nama saya Ali. Senang berkenalan dengan anda!)

Jemi: Hei, i am Jemi. Nice to meet you too. (Hei, nama saya Jemi. Senang berkenalan dengan anda juga.)

Ali: So what do you think about the presentation before? (Jadi bagaimana pendapatmu tentang presentasi sebelumya?)

Jemi: I have couple of questions but actually the new regional regulations was quite good for both party. (Aku punya beberapa pertanyaan tapi sebenarnya peraturan daerah yang baru cukup bagus untuk kedua pihak.)

Ali: Yeah, i do think so. Since it has been a serious problems in the recent years.  (Ya, kurasa juga begitu. Karena hal tersebut sudah menjadi masalah serius beberapa tahun belakangan ini.)

Jemi: Oh. where do you work Ali? (Oh, anda bekerja dimana Ali?)

Ali: I work in Alfa’s company subsidiaries. (Aku bekerja di anak perusahaan Alfa.)

Jemi: Oh it’s a big contractor company. (Oh itu perusahaan kontraktor yang cukup besar.)

Ali: Well, not that big. How about you? what is you profession? (Ya, tidak juga. Bagaimana dengan anda? Apa profesimu?)

Jemi: I am a lawyer. (Aku seorang pengacara.)

Ali: That’s a nice proffesion. Isn’t it? (Itu profesi yang bagus. Bukankah begitu?)

Jemi: Yes, it is my dream. I am thrilled if i get a challenging case. (Ya, ini cita-citaku. Aku senang jika mendapatkan kasus menantang.)

Contoh II

Ema: Joy, what do you think about a job which you have to traveled a lot? Will you accept it? (Joy apa pendapatmu tentang pekerjaan yang mengharuskanmu sering bepergian? Apakah kau akan menerimanya?)

Joy: If i get that job, there is no hesitation i would accept it in no time. I like to travel especially around the world. Being a travel blogger will be nice tho. (Jika aku mendapatkan pekerjaan itu, tanpa ragu aku akan menerimanya langsung. Aku sangat suka bepergian khususnya keliling dunia. Kayaknya jadi seorang travel blogger akan menyenangkan.)

Ema: Really? If it was me then i will rejected it. I don’t really like to mixed traveling with working. You know, i want to travel around but only for a vacation. (Benarkah? Jika itu aku, maka akan kutolak. Aku tidak terlalu suka mencampur adukan perjalanan dengan pekerjaan. Kau tahu, aku mau bepergian tapi hanya untuk liburan saja.)

Joy: So what is your dream job Em? (Jadi apa pekerjaan impianmu Em?)

Ema: I like cooking, guess i want to be chef or bread maker. I dream of having my own restaurant or cake shop. (Aku suka memasak, kurasa aku ingin menjadi koki atau pembuat kue. Aku bercita-cita untuk memiliki restoran atau toko kueku sendiri.)

Joy: I will be the your first customer. I like your cooking and your homemade cake. The last time you gave me cheesecake, it was delicious so soft and tender. (Aku akan jadi pelanggan pertamamu. Aku suka masakanmu dan kue buatanmu. Terakhir kali kau memberiku kue keju, dan itu enak sekali sangat lembut dan empuk.)

Ema: How about you? What’s your dream job? (Bagaimana denganmu? apa pekerjaan impianmu?)

Joy: Well since i like to travel a lot, i might be a travel blogger or photographer. Maybe a nature photographer would do. (Karena aku suka bepergian, aku mungkin akan menjadi travel blogger atau fotografer. Seorang fotografer alam mungkin.)

Ema: Well, let’s do our best to get that soon. (Baiklah, mari kita lakukan yang terbaik untuk segera mendapatkannya.)

Nah itulah 2 contoh percakapan yang membahas tentang pekerjaan. Untuk menambah kosa kata anda juga dapat menggunakan frasa atau contoh kalimat seperti di bawah ini:

  • Do you work over time? (Apa kau kerja lembur?)
  • Do you like your boss? (Apa kau suka dengan atasanmu?)
  • At what age people usually work in your country? (Di umur berapa orang di negaramu biasa mulai kerja?)
  • How do you like your work? (Apa kau menyukai pekerjaanmu?)
  • How many hours do you work per day? (Berapa lama jam kerjamu dalam sehari?)
  • Does your mother work? (Apakah ibumu bekerja?)
  • Is this your first job? (Apakah ini pekerjaan pertamamu?)