sederet kamus
Translate: Tutorial:

Pronominal Adverb (Kata Keterangan Penggabungan Pronoun & Preposition)

Sebagian besar dari Anda mungkin belum pernah mendengar pronominal adverb (kata keterangan pronominal). Hal itu sangat wajar, karena pronominal adverb jarang sekali masuk ke dalam materi pembelajaran bahasa Inggris. Sebenarnya apakah pronominal adverb itu? Pronominal adverb adalah kata keterangan dalam bahasa Inggris yang menggabungkan pronoun (kata ganti) dan preposition (preposisi).

Pronoun yang terdapat dalam pronominal adverb adalah bukan kata ganti orang, melainkan kata ganti tempat (here, there, where). Sedangkan preposition yang digunakan dalam pronominal adverb sangat beragam, seperti after, by, for, at, dan sebagainya. Pronominal adverb jarang dipakai dalam percakapan sehari-hari. Kata keterangan jenis ini biasanya lebih umum digunakan dalam dokumen legal atau perhukuman. Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk mempelajarinya. Untuk itu, kali ini Anda akan meilihat beberapa English pronominal adverbs yang sangat umum digunakan beserta dengan contoh penggunaannya.

  • Hereabout

Di sekitar sini, di dekat sini, tidak jauh dari sini. Contoh: People who live hereabout are all nice. (Orang-orang yang tinggal di sekitar sini baik-baik)

  • Hereafter

Setelah ini, mulai dari sekarang, selanjutnya. Contoh: I hereafter will drink eight or more glasses of water per day. (Mulai dari sekarang, saya akan meminum air delapan gelas atau lebih tiap harinya)

  • Hereby

Dengan ini. Contoh: The two parties hereby agree with the terms and conditions initiated by the court. (Kedua belah pihak, dengan ini, setuju terhadap syarat dan ketentuan yang diajukan oleh pengadilan)

  • Herein

Di sini, di dalam ini. Contoh: The statements stated herein are those of witnesses. (Pernyataan yang tertera di sini adalah pernyataan para saksi)

  • Hereupon

Kemudian, setelah itu, sebagai akibatnya. Contoh: Hereupon they left, for they were not satisfied with the result. (Sebagai akibatnya mereka pergi, karena mereka tidak puas dengan hasilnya)

  • Herewith

Bersama ini, dengan ini. Contoh: I send you herewith my regards to your family. (Bersama ini, saya mengirimkan Anda hormat saya untuk keluarga Anda)

  • Therefore

Oleh karena itu, karena itu, untuk itu. Contoh: Therefore, it can be concluded that global warming is a very serious issue. (Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pemanasan global adalah sebuah masalah yang sangat serius)

  • Thereby

Dengan demikian. Contoh: I forgot to turn on the alarm, thereby waking up late. (Saya lupa untuk menyalakan alarm, dengan demikian bangun terlambat)

  • Thereof

Daripadanya, atau menjelaskan sesuatu yang telah disebutkan sebelumnya. Contoh: Too often eating junk food, instant food, or a combination thereof will harm our body. (Terlalu sering makan makanan cepat saji, makanan instant, atau kombinasinya akan membahayakan tubuh kita)

  • Therein

Di situ, di dalam situ. Contoh: Therein used to be a church. (Di situ dulunya pernah ada sebuah gereja)

  • Thereto

Untuk itu, ke sana, ke situ. Contoh: Thereto we shall go and never comeback. (Ke sana kami akan pergi dan tidak akan pernah kembali)

  • Thereafter

Setelah itu, kemudian, sehabis itu. Contoh: Our football team scored a goal, but unfortunately the opponent team also scored a goal shortly thereafter. (Tim sepak bola kami mencetak sebuah gol, tetapi sayangnya tim lawan juga mencetak sebuah gol segera setelahnya)

  • Thereabout

Sekitar itu, sekitar tempat itu. Contoh: We had searched the dog in the farm and thereabout, but we did not find it. (Kami telah mencari anjingnya di kebun dan sekitarnya, tetapi kami tidak menemukannya)

  • Therefrom

Dari sana, dari tempat itu. Contoh: We will take a bus and get off at Street X, and then we will walk therefrom to get to the venue. (Kita akan naik bis dan turun di Jalan X, kemudian kita akan berjalan dari sana untuk sampai ke lokasinya)

  • Thereupon

Kemudian, setelah itu, lalu. Contoh: The audience thereupon gave them standing ovation for their amazing performance. (Para penonton kemudian memberi mereka tepuk tangan yang meriah atas penampilan mereka yang luar biasa)

  • Whereabouts

Di mana?, ke mana?. Contoh: Whereabouts did they bring her? (Ke mana mereka membawanya?)

  • Whereas

Sedangkan, padahal, sebaliknya. Contoh: Students from class A are expected to get perfect scores, whereas students from class B are not. (Murid-murid di kelas A diharapkan untuk mendapatkan nilai sempurna, sedangkan murid-murid di kelas B tidak)

  • Whereby

Yang mana. Contoh: The government has introduced a new school admission system whereby schools are now admitted based on zoning. (Pemerintah telah memperkenalkan sistem pendaftaran sekolah terbaru yang mana sekolah sekarang dipilih berdasakan zonasi)

  • Wherever

Di manapun, di mana saja. Contoh: We can meet at wherever you want. (Kita bisa bertemu di mana saja maumu)

  • Wherein

Di mana?, di tempat mana?, yang mana. Contoh: Wherein is he hiding? (Di mana ia bersembunyi?)

  • Whereof

Dari mana (of which), dari apa (of what), dari siapa (of whom). Contoh: I do not understand whereof she is talking. (Saya tidak mengerti apa yang sedang ia bicarakan)

  • Whereupon

Kemudian, lalu. Contoh: We told him the truth, whereupon he was angry. (Kami menceritakan dia yang sebenarnya, lalu ia marah)

Itu tadi beberapa English pronominal adverb beserta dengan contoh penggunaannya dalam kalimat. Semoga artikel ini membantu Anda dalam memahami pronominal adverb tersebut. Teruslah latihan menggunakan adverb tersebut agar Anda cepat menguasainya.