sederet kamus
Translate: Tutorial:

Questions to Ask in an English Job Interview (dan Contoh Jawabannya) 

Interview pekerjaan dapat terasa seperti introgasi yang menegangkan. Terutama bagi pencari kerja pemula yang baru beberapa kali mengalami wawancara pekerjaan. Interview yang dilakukan dalam Bahasa Inggris.

Sebenarnya wawancara layaknya percakapan biasa dimana ada yang bertanya dan menjawab. Bukan saja pewawancara yang bisa melontarkan pertanyaan. Yang diwawancarai juga dapat bertanya. Terutama bila berkaitan dengan pertanyaan sebelumnya.

  • Pekerjaan Sehari-hari

Ketika ditanya tentang kualifikasi dan minat untuk melamar kerja. Gunakan kesepakatan tersebut mencari tahu bagaimana keseharian dari pekerjaan yang dilamar.

    • What is the typical day of the job that you are offering? (apakah keseharian dari pekerjaan yang ditawarkan?)
    • What can I expect of the day to day activities? (apakah yang dapat saya harapkan dari kegiatan sehari-hari di perusahaan?)

Contoh Percakapan

Interviewer : Why do you want to join our company? (mengapa Anda ingin bergabung dengan perusahaan kami?)

Interviewee : This is a reputable company. I am sure that I will have a lot that I can learn (Ini adalah perusahaan kenamaan. Saya tentu dapat banyak belajar disini)

Interviewee : What is the day to day activities in this company? (Apakah keseharian di perusahaan ini?)

Interviewer : We have projects and sometimes work late. But it does not happen often. (kami punya projek dan kadang hrus bekerja sampai larut malam. Tapi itu tidak terjadi terlalu sering)

  • Nilai yang dihargai perusahaan

Cari tahu informasi tentang perusahaan sebanyak mungkin untuk jadi bahan untuk jawaban lainya.

    • What values that your company believe the most? (apakah nilai yang sangat dipercayai oleh perusahaan Anda?)
    • How would you describe the company’s values? (bagaimanakah Anda gambarkan nilai-nilai dari perusahaan?)

Contoh percakapan

Interviewer : Why do you apply for the job from our company? (kenapa Anda melamar pekerjaan yang ditawarkan kami.

Jobseeker : It is my dream job to be a film producer. If you dont mind me asking. What are the values that your company believe? (Sudah menjadi impian saya untuk menjadi produser film. Kalau boleh saya bertanya. Apakah nilai-nilai yang dihargai oleh perusahaan?)

Interviewer : We love creativity and also working as a team. Are you a team player? (kami sangat menyukai kreatifitas dan bekerja dalam tim. Apakah Anda suka bekerja sama dalam tim? )

  • Bagian Menyenangkan dari Perusahaan

Tanya kembali tentang opini pewawancara tentang hal terbaik yang mereka alami di perusahaan. Bila dijawab dengan antusias, itu adalah pertanda baik.

    • In your opinion, what is the best thing about working in this company? (menurut pendapat Anda, apakah hal terbaik dari bekerja di perusahaan ini)
    • What benefit do you feel the most by working here? (Apakah keuntungan yang sangat Anda rasakan selama bekerja disini?)

Contoh Percakapan

A : It is a hard job that you are applying. Are you sure you are ready? (pekerjaan yang Anda lamar bukan pekerjaan mudah. Apakah Anda siap mengerjakannya?)

B : every great job is not always easy. What about you? What is the best past of working with the company? (tiap pekerjaan bagus tentu tidak mudah dilakukan. Bagaimana dengan Anda? Apakah hal terbaik yang terjadi diperusahaan?)

A : I have to admit that we do work hard but everything always pay off. (saya harus mengakui kalau kami bekerja keras dan balasannya selalu setimpal)

  • Kesempatan Perkembangan Pekerjaan

Anda akan diwawancarai mengenai kemampuan kerja. Wajar saja bila ingin tahu adanya prospek untuk naik ke jenjang posisi lebih tinggi.

    • What is the requirement for a promotion? (apakah qualifikasi yang diperlukan untuk mendapatkan promosi)
    • Is there any chance to be an employee after being a contract employee? (Apakah ada kesempatan untuk jadi pengawai tetap setelah beberapa waktu jadi pegawai kontrak?)

Contoh Percakapan

A : Do you have other skill that you havent listed in the resume? (apakah ada keahlian yang belum Anda cantumkan dalam resume?)

B : I can sing and play guitar, I didnt say that in the resume because I think it is not relevant.  (saya dapat menyanyi dan main gitar. Saya tidak cantumkan dalam resume karena merasa itu tidak relevan) If the company hired me as their costumer service, do you think I can have a chance to be promoted? (Kalau saya diterima sebagai bagian dari depatment layanan pelanggan. Apakah saya berpotensi untuk dipromosi ?

A : Promotion does not come often. But for several good performance there is always the opportunity (promosi tidak sering dilakukan. Namun untuk penampilan yang baik tentu berkesempatan untuk naik jabatan)

  • Pertanyaan Tentang Tim

Tanya tentang anggota tim lainnya untuk dapat gambaran suasana kerja nantinya.

    • Can you please tell me more about the team that I will be working with? (dapatkah Anda jelaskan lebih lanjut tentang tim yang akan bekerjasama dengan saya nantinya?)
    • So, I really would like to know more about the team from the avaible position (Jadi, saya ingin mengetahui lebih lanjut tentang tim yang tersedia posisinya)

Contoh percakapan

A : I am applying for the junior finance position. Can you explain to me about what I really do? (saya melamar untuk posisi junior keuangan. Dapatkan Anda jelaskan pada saya apakah pekerjaan saya?)

B : You will join the oversea finance department. (Anda akan bergabung dengan departmen bagian luar negeri)

A: Interesting. Can you elaborate the team job and responsibilities? (Menarik. Dapatkan Anda menjelaskan lebih detail mengenai pekerjaan dan tanggung jawabnya?)

B : We have many projects abroad. The finance system can be challenging and your team will handle all the sales, proposal, countries tax and other financial regulation. (kami punya banyak proyek luar negeri. Sistem keuangannya bisa menantang dan tim Anda akan menanganinya. Mulai dari penjualan, proposal pajak dan peraturan keuangan lainnya)

  • Tantangan Dalam Pekerjaan

Ketahui plus dan minusnya pekerjaan yang Anda lamar. Sehingga bisa mempersiapkan dir untuk menghadapi tantangan yang dimilikinya.

    • What do you think is the biggest difficulty of the position that I am applying? (apakah menurut Anda tantangan terbesar dari pekerjaan yang saya lamar ini?)
    • What do you believe to be my major priority? (apakah menurut Anda hal yang jadi prioritas bagi saya?)
    • Can you describe the challenges that I will face as a new employee? (Bisakah Anda jelaskan tantangan yang akan saya hadapi sebagai pegawai baru?)

Contoh Percakapan

X : What is your three months plan after we hire you as a part of our team? (Apakah yang akan Anda lakukan sebagai rencana tiga bulan pertama setelah kami menerima Anda?)

Y : I will get to know my coworker, my job and responsibilities. I will make a monthly plan and review them at the end of the month. What do you think is the most troubling matter that I need to be aware of? (Saya akan mengenal lebih jauh para teman kerja saya. Saya akan mengenal pekerjaan dan tanggung jawab saya. Lalu membuat rencana bulanan yang dianalisa tiap akhir bulan. Apakah menurut Anda masalah sulit yang saya perlu waspadai?)

X : Team building is always difficult. I also think monthly review can be challenging. (membangun kerja team bisa sulit dilakukan. Saya juga pikir analisa tiap bulan bisa jadi tantangan.)

  • Proses Pelatihan

Mengenal pekerjaan dan perusahaan akan diawali dengan program pelatihan. Tunjukkan minat dan ketertarikan untuk adanya program tersebut.

    • Is there any training that I will have to follow to get to know about my job and responsibilities? (apakah akan ada pelatihan yang bisa saya ikuti untuk mengenal lebih jauh pekerjaan dan tanggung jawab saya?)
    • Will there be any training? How will I be trained? (apakah akan ada pelatihan? Bagaimana caranya saya akan dilatih?)

Contoh Percakapan

X : Ok, I think out interview is over. We will let you know (baiklah. Wawancara sudah selesai. Kami akan menghubungi Anda.

Y : Sorry. When can I expect the info? (maaf kapan saya dapat informasinya?)

X: This week. (minggu ini)

Y : Will there be any training to help me adjust with the position? (apakah akan ada pelatihan untuk membantu saya menyesuaikan diri dengan posisi baru tersebut?)

X : We have two weeks trainning for your position. (kami punya pelatihan selama dua minggu untuk posisi yang Anda lamar)

  • Masa Percobaan

Pegawai baru tidak langsung dipekerjakan. Ada masa percobaan seperti 3 bulan atau 6 bulan agar memastikan pegawai baru dapat mengikuti sistem kerja perusahaan. Tanyakan hal tersebut untuk memberitahu bahwa Anda paham dengan jalan proses wawancara.

    • How would you review my working performance? (bagaimanakan Anda akan menilai penampilan kerja saya?)
    • What do you expect from me in the probation period? (apakah yang Anda harapkan dari saya pada masa percobaan?)

Contoh Percakapan

X : Ok, I think you are the person that we are looking for. Please come back tomorrow and see mrs. Smith (Baik, Sepertinya Anda adalah orang yang sudah kami cari-cari. Tolong datang kembali besok dan temui Ibu Smith.

Y : Thank you, Am I still in probation period? (terima kasih, apakah saya dalam masa percobaan?)

X : We will give one week training and evaluate your working performance in three month. (kami akan memberikan pelatihan dan m engevaluasi penampilan kerja Anda dalam kurun waktu tiga bulan. )

  • Fakta Terkini

Cari tahu tentang perusahaan yang akan Anda datangi untuk melakukan wawancara kerja. Mengetahui info terbaru tentang perusahaan akan jadi bahan pebicaraan yang menarik.

    • Is there any major change in the company these days? (apakah ada perubahan besar-besaran dalam perusahaan, akhir-akhir ini?)
    • What is the leatest change in the company? I read about something interesting about it in recent newspaper (Apakah ada perubahan terbaru dalam perusahaan? Saya membaca tentang sesuatu menarik tentang perusahaan dalam berita di koran)

Contoh Percakapan

A : I would love to work with your company. (saya sangat ingin bekerja dengan perusahaan Anda)

B : What is the reason that you want to work with us? (apakah ada alasan mengapa Anda tertarik bekerja dengan perusahaan kami?)

A: This is a very popular company. I just read recently a news about it in the newspaper. I really want to learn from the best (Ini adalah perusahaan yang sangat populer. Saya baru-baru ini membaca artikel tentang persusahaan Anda. Saya ingin belajar dari perusahaan terbaik.

Demikianlah beberapa questions to ask in an English Job Interview. Baik bertanya tentang perusahaan atau tentang diri sendiri. Buat wawancara mengalir dengan lancar dimana baik pewawancara dan yang diwawancaranya dapat saling bertanya.