sederet kamus
Translate: Tutorial:

Quotes tentang Alam

Quotes About Nature

Di bab kali ini, kita akan belajar tentang beberapa quotes tentang alam dari orang-orang ternama.

1.Look deep into nature, and then you will understand everything better.” – Albert Einstein
(Cobalah melihat jauh ke dalam alam, dan Anda akan memahami segalanya dengan lebih baik)

Penjelasan: Tokoh yang terkenal dengan kejeniusannya ini menjelaskan dalam sebuah quote, bahwa saat kita ingin mengerti suatu hal dengan baik, maka belajarlah dari alam.

Kita tentu ingat kisah Sir Isaac Newton yang menemukan teori gravitasi saat sedang berada di bawah pohon apel. Ini sebenarnya hanyalah salah satu contoh kecil dari banyak hal yang bisa kita pelajari dari alam dan sekitarnya.)

2. “Sunshine is delicious, rain is refreshing, wind braces us up, snow is exhilarating; there is really no such thing as bad weather, only different kinds of good weather.” – John Ruskin
(Sinar matahari itu rasanya luar biasa, hujan menyegarkan, angin menguatkan, dan salju menggembirakan; benar-benar tidak ada yang namanya cuaca buruk, yang ada hanya jenis cuaca yang berbeda )

Penjelasan: Seringkali manusia mengeluhkan datangnya suatu musim, misalnya hujan, salju, atau kemarau. Padahal, semua musim memiliki keindahan dan manfaatnya sendiri-sendiri.

Begitu pula dengan kehidupan. Semua hal baik dan buruk yang kita alami pada dasarnya akan membentuk kita menjadi manusia yang lebih baik, asalkan kita mau melihatnya dari sisi positif.

3. “Earth and sky, woods and fields, lakes and rivers, the mountain and the sea, are excellent schoolmasters, and teach some of us more than we can ever learn from books.” – John Lubbock
(Bumi dan langit, hutan dan ladang, danau dan sungai, gunung dan laut, adalah sekolah yang sangat bagus, dan mengajarkan kepada kita hal-hal yang penting lebih daripada buku-buku.)

Penjelasan: Dalam hidup, belajar itu penting. Tetapi, belajar tak hanya bisa dilakukan melalui buku-buku saja. Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari alam sekitar, misalnya filosofi air dan angin, kekuatan gunung, dan lain sebagainya. Semua itu dapat memberi kita pelajaran berharga, asalkan kita mau meluangkan waktu menelaahnya.

4.Being alone on the moors is scary; as the rain clouds settle in, it makes you realise your place in nature.” – Dave Davies
(Menyendiri di atas tanah adalah hal yang menakutkan; ketika awan hujan tiba, hal itu membuat kita menyadari tempat kita sebenarnya di alam)

Penjelasan: Seringali manusia merasa jadi makhluk paling hebat. Tetapi, saat berada sendirian di alam terbuka, barulah kita merasa tak ada apa-apanya dibandingkan dengan alam yang begitu luas dan hebat ini.

5. “To me a lush carpet of pine needles or spongy grass is more welcome than the most luxurious Persian rug.” – Helen Keller
(Bagi saya hamparan rumput dan pohon cemara lebih indah daripada karpet persia yang mewah.)

Penjelasan: Dunia penuh dengan keindahan yang dibuat dengan tangan manusia. Tetapi, bila dibandingkan dengan keindahan alam yang diciptakan oleh Tuhan, semua itu tak ada apa-apanya.

6.Let the rain kiss you. Let the rain beat upon your head with silver liquid drops. Let the rain sing you a lullaby.” – Langston Hughes
(Biarkan hujan menciummu. Biarkan hujan menerpa kepalamu dengan tetesan cairan perak. Biarkan hujan menyanyikan lagu pengantar tidur untukmu)

Penjelasan: Seringkali hujan diibaratkan sebagai masalah yang datang ke dalam kehidupan kita. Daripada menghindarinya, lebih baik hadapi masalah tersebut.

Sama seperti quote ini yang mengatakan untuk menikmati tetesan air hujan dengan segala bentuknya, kita juga harus belajar menghadapi hidup, lengkap dengan segala bentuk masalah yang ada di dalamnya.

7.Keep close to Nature’s heart… and break clear away, once in awhile, and climb a mountain or spend a week in the woods. Wash your spirit clean.” – John Muir
(Tetaplah dekat dengan alam … dan jernihkan sesekali dengan naik gunung atau menghabiskan seminggu di hutan. Bersihkanlah jiwamu)

Penjelasan: Hidup manusia penuh dengan segala kesibukan dan aktivitas setiap harinya. Untuk menghindari kejenuhan, cobalah untuk meluangkan waktu sesekali dan menjelajahi alam ini. Selain ada banyak pelajaran yang bisa didapat, hal ini juga baik untuk kesehatan jiwa kita .

8. “If the sight of the blue skies fills you with joy, if a blade of grass springing up in the fields has power to move you, if the simple things of nature have a message that you understand, rejoice, for your soul is alive.” – Eleonora Duse
(Jika pemandangan langit biru memenuhi hatimu dengan sukacita, jika rerumputan yang tumbuh di ladang memiliki kekuatan untuk menggerakkanmu, jika hal-hal sederhana dari alam memiliki pesan yang kau pahami, bersukacitalah, karena jiwamu masih hidup)

Penjelasan: Jika hal-hal sederhana yang ada di alam ini bisa membuat anda bahhagia, berarti jiwa anda masih sehat karena mampu menikmati hal-hal indah yang ditawarkan oleh alam.

9. “The best remedy for those who are afraid, lonely or unhappy is to go outside, somewhere where they can be quiet, alone with the heavens, nature and God. Because only then does one feel that all is as it should be.” – Anne Frank
(Obat terbaik bagi mereka yang takut, kesepian atau tidak bahagia adalah pergi keluar, ke suatu tempat di mana mereka bisa diam, sendirian dengan surga, alam dan Tuhan. Karena hanya pada saat itulah seseorang merasa bahwa semua sudah berada sebagaimana mestinya)

Penjelasan: Sebagai seorang manusia, sudah sewajarnya terkadang kita memiliki perasaan takut, kesepian, dan tidak bahagia. Ketika itu terjadi, maka pergilah ke alam bebas, dan nikmati kesendirian anda dengan alam, dan syukuri semua ciptaan Tuhan yang dapat anda rasakan. Karena itu adalah salah satu cara untuk menghilangkan perasaan-perasaan negatif yang timbul.

10. Never measure the height of a mountain until you have reached the top. Then you will see how low it was.” – Dag Hammarskjold
(Jangan pernah mengukur tingginya gunung sampai Anda telah mencapai puncaknya. Maka Anda akan melihat betapa rendahnya gunung itu)

Penjelasan: Quote dari Dag Hammarskjold ini mengajarkan agar dalam hidup kita jangan pernah menganggap suatu cita-cita itu terlalu tinggi atau sulit untuk dicapai.

Karena gunung pun dari jauh pasti terlihat tinggi. Hanya setelah kita berhasil mendakinyalah, kita baru menyadari bahwa gunung itu tak setinggi apa yang kita pikirkan. Begitu juga dengan cita-cita dalam hidup kita. Raihlah cita-cita dengan melangkah sedikit demi sedikit, sampai akhirnya tujuan itu bisa tercapai.

11. Every particular in nature, a leaf, a drop, a crystal, a moment of time is related to the whole, and partakes of the perfection of the whole.” – Ralph Waldo Emerson
(Setiap hal di alam ini, baik itu daun, tetesan hujan, kristal, momen waktu berhubungan dengan alam secara keseluruhan, dan menyempurnakan alam itu).

Penjelasan: Hidup ini penuh dengan segala lika-likunya. Setiap hal yang terjadi pada hidup kita, itulah yang membuat hidup kita menjadi utuh. Maka dari itu, syukurilah segala sesuatu yang diberikan oleh Tuhan ke dalam hidup ini.

12. I’m continually inspired by nature, and the rainbow is one of nature’s greatest optical phenomenons. The sighting of a rainbow never fails to bring a smile to people’s faces. They signify optimism and positivity: with them comes the sunshine after the rain.” – Matthew Williamson
(Saya terus terinspirasi oleh alam, dan pelangi adalah salah satu fenomena optik terhebat di alam ini. Melihat pelangi tidak pernah gagal untuk membawa senyum ke wajah orang. Mereka menandakan optimisme dan kepositifan: dan bersama mereka datang sinar matahari setelah hujan)

Penjelasan: Quote ini membahas pentingnya belajar dari pelangi. Fenomena alam yang satu ini timbul hanya setelah turunnya hujan. Begitupun dalam menyikapi hidup, kebahagiaan sejati timbul setelah kita melewati berbagai rintangan dan masalah.

Hidup tak mungkin lepas dari masalah, yang terpenting adalah tetap bersikap optimis dan positif dalam menghadapi permasalahan apapun.

13.One of the most tragic things I know about human nature is that all of us tend to put off living. We are all dreaming of some magical rose garden over the horizon instead of enjoying the roses that are blooming outside our windows today.” – Dale Carnegie
(Salah satu hal paling tragis yang saya ketahui tentang sifat manusia adalah kita semua cenderung menunda hidup. Kita semua memimpikan taman mawar ajaib di cakrawala alih-alih menikmati mawar yang bermekaran di luar jendela kita hari ini)

Penjelasan: Dalam hidup ini, salah satu kecenderungan manusia adalah menunggu waktu yang sempurna untuk menikmati sesuatu. Sama seperti perumpamaan dalam quote yang mengatakan manusia seringkali memimpikan taman mawar ajaib yang belum tampak di depan mata dan mengabaikan mawar indah yang ada di hadapan, kita juga sering menganggap baru bisa menikmati hidup saat sudah memiliki uang banyak, misalnya. Padahal sebenarnya kita bisa menikmati hidup ini setiap saat, dan tak perlu menunggu segalanya menjadi sempurna.