sederet kamus
Translate: Tutorial:

Quotes tentang Anak

Di bab kali ini, kita akan belajar tentang beberapa quotes tentang anak dari orang-orang ternama.

QUOTES

1. “A person’s a person, no matter how small.” – Seuss
(Seorang manusia tetaplah manusia, tak peduli seberapa kecilnya dia)

Penjelasan: Quote ini menjelaskan bahwa kita tidak bisa memperlakukan orang lain seenaknya, termasuk anak kecil. Karena anak kecil tetaplah seorang manusia yang mempunyai perasaan dan pendapat. Perasaan dan buah pemikiran seorang anak sama berharganya dengan buah pemikiran orang dewasa.

2. “There can be no keener revelation of a society’s soul than the way in which it treats its children.” – Nelson Mandela
(“Tidak ada pembuktian yang lebih tepat dari jiwa suatu masyarakat selain cara mereka memperlakukan anak-anaknya.”)

Penjelasan: Menurut Nelson Mandela, cara paling mudah untuk mengetahui karakter suatu masyarakat adalah dengan melihat bagaimana mereka memperlakukan anak-anak atau generasi mudanya.  Bila baik perlakuannya, maka baik pula karakter masyarakatnya.  Demikian juga sebaliknya.

3. “Children are likely to live up to what you believe of them.” – Lady Bird Johnson
(Anak-anak cenderung hidup sesuai dengan apa yang Anda yakini tentang mereka)

Penjelasan: Sesungguhnya seorang anak itu akan hidup tepat seperti apa yang kita pikirkan. Misalnya, bila kita menganggap seorang anak itu pintar dan cerdas, maka sepanjang hidupnya dia pun akan berkeyakinan seperti itu.

Tetapi sebaliknya, bila kita menganggap itu sebagai anak yang pemalas dan bodoh, maka seumur hidupnya anak tersebut akan merasa rendah diri dan merasa tidak berguna.

4. “Children must be taught how to think, not what to think.” – Margaret Mead
(Anak -anak harus diajari bagaimana cara berpikir, dan bukan apa yang harus dipikirkan)

Penjelasan: Seringkali orangtua dan orang dewasa membuat kesaahan dengan mendikte hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh seorang anak. Padahal seharusnya tugas orang dewasa adalah membentuk cara berpikir anak, sehingga anak-anak kelak bisa berpikir dan mengambil keputusan sendiri, serta bertanggungjawab dengan keputusannya tersebut.

5. “Children are great imitators. So give them something great to imitate.” – Anonymous
(Anak-anak adalah peniru yang ulung. Jadi, berilah mereka sesuatu yang baik untuk ditiru.)

Penjelasan: Bayi dan anak kecil belajar dengan menirukan apapun yang ada di sekelilingnya. Apapun yang mereka lihat dan dengar, maka itulah yang akan mereka lakukan. Mulai dari bahasa, gerak-gerik, sampai tingkah laku orang-orang dewasa di sekitar mereka.

Oleh karena itu, kita harus berhati-hati agar jangan sampai memberikan contoh tidak baik pada mereka. Misalnya, dengan mengucapkan kata-kata kasar saat berada di sekitar mereka.

6. “You have to love your children unselfishly. That is hard. But it is the only way.” – Barbara Bush
(Kamu harus mencintai anakmu tanpa pamrih. Itu memang sulit. Tapi itu adalah satu-satunya cara.)

Penjelasan: Sebagai orangtua, membesarkan anak membutuhkan kesabaran yang tinggi. Apalagi ini adalah tugas seumur hidup. Maka dari itu, penting bagi orangtua untuk mencintai anak-anaknya tanpa menuntut balasan apapun. Seorang anak yang bisa tumbuh dengan sehat, cerdas, dan bahagia tentulah sudah menjadi hadiah terbaik bagi orangtua manapun.

7. “Children are the living messages we send to a time we will not see.” – John F. Kennedy (Anak-anak adalah pesan yang kita kirimkan ke masa yang tak akan kita temui)

Penjelasan: Menurut mantan Presiden Amerika Serikat ini, anak-anak diumpamakan seperti pesan hidup yang kita kirimkan ke masa depan, masa yang mungkin tak akan pernah kita lewati. Karena apapun yang kita ajarkan dan didik kepada mereka, itulah hal-hal yang akan dilakukan anak-anak di masa yang akan datang. Oleh karena itu, pastikanlah untuk memberikan bekal yang baik pada mereka.

8. “The best way to make children good is to make them happy.” – Oscar Wilde
(Cara terbaik untuk membesarkan anak yang baik adalah dengan membuat mereka bahagia)

Penjelasan: Banyak orang dewasa bingung menentukan cara terbaik merawat anak-anak agar tumbuh dengan baik. Padahal, menurut penyair Oscar Wilde, cara yang paling bagus adalah dengan membuat mereka bahagia.

Seorang anak yang bahagia akan mudah menyerap segala sesuatu yang baik di sekelilingnya. Mereka akan mudah belajar dan memahami sesuatu, belajar bertanggungjawab, lebih mudah diajak berdiskusi, dan lainnya.

9. “Hugs can do great amounts of good, especially for children.” – Princess Diana (Sebuah pelukan dapat memberikan banyak manfaat, terutama bagi anak-anak.)

Penjelasan: Terkadang, banyak emosi yang sulit diungkapkan oleh kata-kata, tapi bisa kita ungkapkan lewat sebuah pelukan, termasuk pada anak-anak.

Pelukan bisa menunjukkan pada anak betapa kita menyayanginya, menenangkan ketika mereka sedang merasa takut dan gelisah, menunjukkan betapa kita bangga pada mereka, dan masih banyak lagi. Yang terpenting adalah, sebuah pelukan bisa membuat mereka merasa aman, nyaman, dan merasa dicintai.

10. “Children seldom misquote. In fact, they usually repeat word for word what you shouldn’t have said.” – Author Unknown
(Anak-anak jarang salah dalam mengutip suatu hal. Malah biasanya mereka mampu menirukan kata demi kata hal-hal yang tak seharusnya anda ucapkan.)

Penjelasan: Anak-anak punya ingatan yang luar biasa. Mereka jarang salah dalam mengingat sesuatu. Oleh karenanya, berhati-hatilah mengucapkan sesuatu di depan mereka, apalagi sampai berkata-kata kasar. Karena biasanya hal-hal itulah yang malah seringkali melekat dalam ingatan mereka.

11. “If you want your children to be intelligent, read them fairy tales. If you want them to be more intelligent, read them more fairy tales.” – Albert Einstein
(Jika anda ingin memiliki anak yang cerdas, bacakanlah cerita dongeng. Jika anda ingin agar mereka lebih cerdas, maka bacakan lebih banyak dongeng.)

Penjelasan: Dalam quote ini, Albert Einstein yang merupakan orang terjenius di dunia menganggap bahwa kecerdasan seseorang sangat tergantung pada daya imajinasi mereka.

Jadi, bila ingin mencerdaskan seorang anak, maka asahlah daya imajinasinya, salah satu caranya adalah dengan membacakan cerita dongeng.

Karena saat mendengarkan sebuah dongeng, biasanya otak anak-anak akan dirangsang untuk berpikir, membayangkan tokoh-tokoh dalam cerita, dan berimajinasi tentang tempat-tempat yang digambarkan.

12. “The greatest gifts you can give your children are the roots of responsibility and the wings of independence.” – Dennis Waitley
(Hadiah terbaik yang dapat anda berikan pada anak-anak anda adalah akar dari tanggung jawab dan sayap kemandirian.)

Penjelasan: Banyak orang yang salah mengira dan menganggap bahwa hadiah yang paling berharga untuk seorang anak adalah harta dan kekayaan. Padahal menurut Dennis Waitley, hal terbaik yang bisa kita berikan sebagai orangtua adalah saat kita bisa menumbuhkan rasa tanggungjawab dan kemandirian pada diri mereka. Karena dengan dua hal itulah anak-anak bisa mewujudkan semua cita-cita dalam hidupnya masing-masing.

13. “Teach your children they’re unique. That way, they won’t feel pressured to be like everybody else.” – Cindy Cashman (Ajari anakmu bahwa mereka adalah pribadi yang unik. Dengan begitu, mereka tak akan merasa terbebani untuk menjadi sama seperti orang lain)

Penjelasan: Setiap anak memiliki keunikan dan potensi dirinya masing-masing. Alangkah baiknya jika orangtua dapat membimbing anak untuk menghargai keunikan-keunikan tersebut, agar mereka bisa mengembangkan potensi dirinya semaksimal mungkin, tanpa harus membanding-bandingkan diri mereka dengan anak-anak lainnya.

14. “Children aren’t coloring books. You don’t get to fill them with your favorite colors.” – Khaled Hosseini
(Anak-anak bukanlah buku mewarnai. Anda tak dapat mewarnai mereka sesuka hati anda.)

Penjelasan: Setiap anak memiliki jalan hidupnya masing-masing. Walaupun mereka adalah anak-anak kita, tetapi bukan berarti kita bebas menentukan jalan hidup mereka. Cara terbaik membesarkan anak adalah dengan membiarkan mereka menentukan jalan hidupnya masing-masing.

15. “Libraries allow children to ask questions about the world and find the answers. And the wonderful thing is that once a child learns to use a library, the doors to learning are always open.” – Laura Bush
(Perpustakaan memungkinkan anak-anak untuk bertanya tentang dunia dan menemukan jawabannya. Dan hal yang menakjubkan adalah bahwa begitu seorang anak belajar menggunakan perpustakaan, pintu untuk belajar selalu terbuka)

Penjelasan: Quote ini membahas tentang pentingnya mengenalkan buku dan perpustakaan, juga membuat anak mencintai dunia membaca. Membaca itu sangat penting karena membuat anak bisa menjelajahi dunia tanpa batas. Bila seorang anak bisa menikmati menghabiskan waktu di perpustakaan dengan membaca berbagai buku, maka ia akan bisa belajar tentang banyak hal yang ada di dunia ini.