sederet kamus
Translate: Tutorial:

Salutation dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Penggunaan, dan Contohnya

Dalam menulis surat berbahasa Inggris, kita menemukan adanya bagian-bagian yang memiliki isi serta fungsi tertentu. Salah satunya adalah salutation yang akan kita ulas pada pembahasan kali ini. Selain itu, kita juga akan mengulas mengenai penggunaan salutation serta contohnya dalam surat berbahasa Inggris.

Mengenal Salutation

Salutation merupakan salam pembuka yang biasa digunakan di awal surat berbahasa Inggris, terutama surat yang bersifat formal. Namun bukan berarti salutation hanya digunakan untuk surat-surat yang berkonteks formal saja. Salutation juga dapat digunakan pada surat yang berkonteks informal atau pribadi.

Perbedaan dari salutation untuk surat formal dan informal tentu saja gaya bahasa yang digunakannya. Pada surat formal, salutation yang digunakan pun harus formal dan menjunjung tinggi kesopanan terhadap penerima surat. Sedangkan pada surat informal, salutation cenderung lebih santai dan tidak harus terlalu kaku.

Untuk penulisannya, salutation diletakkan di paling awal surat karena berkedudukan sebagai pembuka surat. Jika kamu menuliskan tanggal atau tempat, salutation bisa diletakkan setelahnya. Namun selain bagian itu, salutation selalu terletak paling atas sebelum kamu menulis hal lainnya. Pastikan untuk selalu menuliskan tanda koma di belakang salutation, kemudian berpindah baris untuk menuliskan hal lain dalam surat.

Jika dibandingkan dengan surat berbahasa Indonesia, salutation memiliki kedudukan dengan salam pembuka seperti: Kepada Yth, dengan hormat, Yth, dan lain sebagainya. Dalam Bahasa Inggris sendiri ada dua style atau gaya salutation yang bisa digunakan, British style (gaya Inggris) dan American style (gaya Amerika). Untuk lebih jelasnya mengenai penggunaan salutation tersebut akan dibahas pada bagian selanjutnya.

Penggunaan Salutation

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, salutation memiliki beberapa penggunaan serta gaya yang dapat kamu gunakan dalam menulis surat berbahasa Inggris. Namun secara garis besar, penggunaan salutation pada artikel ini akan dibagi ke dalam penggunaan formal dan informal. Berikut penjelasan mengenai kedua penggunaan tersebut beserta contohnya dalam surat berbahasa Inggris.

Penggunaan Salutation Formal

  • Untuk Individu yang Belum Dikenal

Penggunaan salutation dalam surat formal berbahasa Inggris yang pertama adalah ditujukan untuk individu yang belum dikenal. Pihak ini bisa merupakan orang yang mewakili suatu organisasi, perusahaan, maupun pihak manapun yang ingin kamu tujukan dalam surat tersebut. Biasanya pihak ini belum kita kenal siapa namanya, misalnya hanya tahu sebagai perwakilan perusahaan atau memangku jabatan tertentu saja.

Dalam kondisi seperti ini, salutation yang digunakan paling sering adalah Dear Sir dimana ini berlaku baik dalam British style maupun American style. Dear Sir digunakan jika penerima surat kamu adalah laki-laki, ya. Sedangkan jika penerima surat kamu adalah perempuan, maka kamu bisa menggunakan Dear Madame yang menganut British style.

Kalau kamu tidak yakin dengan gender dari penerima surat tersebut, kamu bisa bisa menggunakan salutation Dear Mx atau Dear Ms. Kamu juga bisa menggunakan sapaan yang lebih general seperti Dear Supplier, Dear Customer, dan seterusnya. Tapi sebaiknya hindari untuk menyebutkan jabatan aktual dari penerima surat tersebut, ya!

Jadi, inilah beberapa salutation formal yang dapat kamu gunakan untuk individu yang belum dikenal:

    • Dear Sir, (Yth. Bapak,)
    • Dear Madame, (Yth. Ibu,)
    • Dear Mx, (Yth. Saudara/Saudari,)
    • Dear Ms, (Yth. Saudara/Saudari,)
    • Dear Customer, (Yth. Pelanggan,)
    • Dear Supplier, (Yth. Suplier,)
    • Dear Honorable Colleague, (Yth. Rekan Terhormat,)
  • Untuk Individu yang Sudah Dikenal

Penggunaan salutation dalam surat berbahasa Inggris yang kedua adalah ditujukan untuk individu yang sudah dikenal. Pada penggunaan ini, biasanya pihak penerima surat adalah orang yang sudah dikenal secara pribadi sehingga kita mengetahui namanya. Untuk penerima surat yang seperti ini, salutation yang digunakan lebih mudah karena kamu hanya perlu menambahkan nama orang tersebut setelah kata Dear.

Contoh penggunaan salutation surat formal tersebut dapat dilihat dibawah ini:

    • Dear Mr. Bayu Bagaskara, (Yth. Bapak Bayu Bagaskara,)
    • Dear Mrs. Kartika Permatasari, (Yth. Ibu Kartika Permatasari,)
  • Untuk Banyak Orang

Penggunaan salutation dalam surat formal yang terakhir adalah ditujukan untuk banyak pihak atau orang pada satu surat sekaligus. Biasanya salutation seperti ini digunakan pada surat-surat yang sengaja dibuat untuk banyak orang sekaligus. Misalnya surat jarkom (jaringan komunikasi)  atau jika dalam email menggunakan fitur cc dan bcc.

Dalam British style, salutation yang digunakan dalam kondisi ini adalah Dear Sirs atau Dear Mesdames. Sedangkan dalam American style, salutation yang digunakan lebih simpel yaitu Gentlemen. Penggunaan kedua gaya ini adalah benar, dan kamu bisa memilih gaya mana yang ingin kamu gunakan di dalam surat formal kamu.

Selain beberapa salutation tersebut, kamu juga bisa menggunakan kalimat “To whom it may concern” (untuk Anda yang berkepentingan). Namun perlu diingat bahwa penggunaan kalimat tersebut sebagai salutation hanya dapat dipakai jika penerima surat adalah pihak yang sudah cukup dekat dan biasa berkomunikasi dengan kamu.

Jadi, inilah salutation formal yang dapat kamu gunakan untuk banyak orang sekaligus:

    • Dear Sirs, (Yth. Bapak-Bapak,)
    • Dear Mesdames, (Yth. Ibu-Ibu,)
    • Gentlemen, (Saudara-saudara,)
    • Dear Honorable Colleagues, (Yth. Rekan-Rekan Terhormat)
    • To whom it may concern, (Untuk Anda yang berkepentingan,)

Penggunaan Salutation Informal

Setelah memahami apa saja penggunaan salutation dalam surat formal, selanjutnya kita akan mengulas mengenai salutation dalam surat informal berbahasa Inggris. Pada dasarnya, salutation informal bersifat lebih kasual dan santai. Konteks-konteks informal dalam penggunaan salutation adalah surat yang bersifat pribadi, baik dari segi isi surat maupun penerima surat. Kamu bisa menggunakan beberapa salutation informal dalam konteks ini, seperti Hi (Hai), Hello (Halo), Greetings (Salam).

Berikut contoh penggunaan salutation dalam surat informal berbahasa Inggris:

  • Hello everybody, (Halo semuanya,)
  • Hi Rose, (Hai Rose,)
  • Hello Benjamin, (Halo Benjamin,)
  • Greetings to all my beloved friends, (Salam untuk semua teman-temanku tersayang,)

Demikianlah pembahasan mengenai salutation dalam Bahasa Inggris beserta penggunaan dan contoh-contohnya. Pastikan untuk menggunakan salutation yang tepat pada setiap konteks dan kondisi yang sesuai, ya. Semoga informasi ini bermanfaat!