sederet kamus
Translate: Tutorial:

Tip Agar Percaya Diri Public Speaking dalam Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris memiliki tantangannya tersendiri, salah satunya adalah tantangan yang datang dari diri sendiri, yakni keraguan dan rasa tidak percaya diri ketika menggunakan bahasa Inggris. Bagi sebagian English learners, berbicara di depan umum (public speaking) dengan menggunakan bahasa Inggris adalah hal yang sangat menakutkan karena kurangnya rasa percaya diri mereka.

Apapun alasan dibalik kurangnya rasa percaya diri untuk melakukan public speaking, baik itu karena takut membuat kesalahan atau takut lupa apa yang ingin dibicarakan, ada beberapa cara dan tip untuk meningkatkan rasa percaya diri ketika berbicara di depan umum memakai bahasa Inggris. Mari langsung saja kita lihat cara-caranya:

  • Read out Loud

Cara pertama untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam melakukan public speaking in English adalah dengan melatih pronunciation atau pelafalan bahasa Inggris kita dengan membaca nyaring teks. Tidak hanya melatih pelafalan saja, kegiatan membaca nyaring juga bisa melatih artikulasi bahasa Inggris kita. semakin baik pelafalan dan artikulasi bahasa Inggris kita, semakin percaya diri juga kita dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Kita bisa memulai kegiatan membaca nyaring kita dengan memilih bacaan yang sederhana atau bacaan yang sudah tidak asing untuk kita. Setelah pengucapan bahasa Inggris kita dirasa meningkat, kita bisa memilih teks atau bacaan yang lebih kompleks dan sulit.

Di bawah ini adalah beberapa tip lainnya dalam membaca nyaring:

    • Pilih bacaan dengan topik dan bahasan yang menarik bagi kita agar kegiatan membaca lebih menyenangkan.
    • Rekam suara kita ketika membaca, kemudian dengarkan hasil rekamannya untuk mengetahui apa saja yang masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan
    • Minta bantuan orang lain untuk mengoreksi pelafalan kita
    • Membaca di depan cermin untuk melihat gerak tubuh dan ekspresi kita
    • Membaca nyaring di depan teman atau keluarga kita, dan tanyakanlah pendapat dan saran mereka tentang cara bericara, gerak tubuh, dan ekspresi kita
    • Lakukan latihan berbicara dengan membaca nyaring ini 5 sampai 10 menit setiap harinya agar kemampuan pelafalan bahasa Inggris meningkat dengan cepat
  • Listen and Repeat

Tip meningkatkan rasa percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris yang kedua adalah listen and repeat atau dengarkan dan tiru. Cara ini sama seperti cara bayi yang sedang belajar berbicara. Mereka mendengarkan orang dewasa berbicara dan menirukannya sampai mereka lancar berbicara. Dengan cara yang sama, kita bisa meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris kita untuk lebih percaya diri lagi ketika menggunakannya.

Dengarkanlah native speakers (penutur asli) berbicara dan ulangilah apa yang mereka bicarakan. Kita bisa memanfaatkan podcast atau acara radio di internet untuk bisa mendengarkan langsung bagaimana para native speakers berbicara. Berikan perhatian lebih pada cara pelafalan, intonasi, artikulasi, dan penekanan kata dan kalimat yang mereka ucapkan. Setelah itu, cobalah untuk mengulangi perkataan yang diucapkan oleh mereka.

Ingatlah bahwa kita tidak disarankan untuk menggunakan lagu dalam bahasa Inggris untuk melakukan latihan listen and repeat ini. Itu karena penekanan, intonasi, dan artikulasi dalam lagu sering terkaburkan oleh musik dan nada.

  • Watch and Repeat

Cara ini kurang lebih sama dengan cara listen and repeat. Bedanya, pada watch and repeat, media yang digunakan adalah berupa video. Ada banyak video di YouTube atau di situs streaming video lainnya yang bisa kita pakai untuk melatih skil berbicara bahasa Inggris kita. Selain video di internet, kita juga bisa menonton film atau acara TV. Ketika menonton, jangan lupa untuk mengulangi perkataan yang diucapkan oleh tokoh atau orang di dalam videonya.

Kegiatan watch and repeat ini selain bisa membantu melatih pengucapan bahasa Inggris kita, juga bisa membantu kita melatih gerak tubuh dan ekspresi wajah kita. Gestur dan ekspresi wajah adalah hal yang penting ketika melakukan public speaking. Melihat dan menirukan gestur dan mimik muka public speakers (pembicara di depan umum) yang handal bisa membantu kita untuk melatih gestur dan mimik kita.

Acara berita dengan pembawa berita dan video orang-orang sedang berpidato atau presentasi adalah media yang disarankan untuk kita tonton dan tiru jika kita ingin sekaligus melatih pengucapan bahasa Inggris, gerak tubuh, dan ekspresi muka kita.

  • Practice with Partners

Berlatih untuk public speaking sendirian memang boleh. Akan tetapi, lebih baik lagi jika kita berlatih dengan orang lain. Ingatlah bahwa public speaking adalah berbicara di depan umum atau publik. Berlatih berbicara di hadapan orang lain adalah cara yang bagus untuk menaklukkan rasa takut kita akan public speaking.

Selain itu, berlatih berbicara dengan orang lain juga bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita dengan lebih cepat, terutama apabila rekan berlatih kita adalah orang dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik. Apabila kita tidak memiliki kenalan yang bisa membantu kita berlatih, kita bisa:

    • Bergabung dengan komunitas bahasa atau English club di sekolah atau di daerah kita. Dengan bergabung, kemungkinan besar kita akan menemukan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama dengan kita sehingga kita bisa berlatih dengan mereka untuk mencapai tujuan bersama.
    • Bergabung dengan grup bahasa Inggris online. Ada banyak situs belajar bahasa Inggris yang menyediakan ruang bagi penggunanya untuk saling bercakap-cakap. Dengan bergabung dengan grup ini, kita berkesempatan untuk berbicara langsung dengan native speakers yang tentunya akan bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri kita.
  • Speak Slowly

Masih cukup banyak English learners yang mengira bahwa semakin cepat seseorang berbicara bahasa Inggris, semakin fasih pula ia dalam berbahasa Inggris. Padahal kecepatan berbicara tidak menentukan tingkat kefasihan berbahasa Inggris seseorang. Faktanya, sebagian besar public speakers (pembicara di depan umum) yang handal, seperti Barrack Obama dan Steve Jobs, berbicara pelan saat mereka melakukan public speaking. Itu karena berbicara dengan pelan menunjukkan ketenangan dan percaya diri. Sebaliknya, berbicara dengan cepat justru bisa memberikan kesan bahwa kita sangat gugup dan kurang percaya diri.

Berbicara dengan pelan juga bisa memberikan kita lebih banyak waktu untuk memikirkan dan menyusun kata-kata selanjutnya yang akan kita ucapkan. Terlebih lagi, dengan berbicara pelan, audiens kita akan lebih mudah mencerna dan menyerap kata-kata yang kita ucapkan. Oleh karena itu, alih-alih berbicara secepat mungkin, fokuslah untuk memperlambat bicara kita dan berikan kata-kata yang berbobot yang akan menghasilkan ritme yang lebih baik di dalam public speaking kita.

  • Practice Our Posture

Seperti yang telah disinggung sedikit di atas, gerak tubuh atau bahasa bahasa tubuh adalah hal yang tidak kalah pentingnya dengan cara berbicara kita ketika kita sedang berbicara di depan umum. Apabila kita ingin memberikan kesan percaya diri, berdirilah dengan tegak. Berdiri tegak dengan bahu ke belakang dan kepala terangkat akan membuat diri kita berbicara dengan jelas dan percaya diri. Tentunya agar kita terbiasa dengan postur ini, kita harus membiasakannya dengan berlatih. Oleh karena itu, ketika kita sedang melatih cara berbicara kita untuk public speaking, latihlah  juga postur dan gestur tubuh kita.

  • Don’t be Afraid of Making Mistakes

Takut membuat kesalahan adalah salah satu alasan mengapa masih cukup banyak English learners yang tidak percaya diri untuk menggunakan bahasa Inggris. Nyatanya, native speakers bahasa Inggris juga cukup sering membuat kesalahan ketika mereka berbicara, dan mereka tidak mempermasalahkannya.

Bahasa Inggris, sama seperti bahasa lainnya, adalah alat untuk berkomunikasi. Untuk itu, selama audiens kita memahami apa yang kita maksud, kesalahan berbahasa bukanlah sebuah masalah. Terlebih lagi, lawan bicara kita mungkin tidak akan peduli apakah grammar bahasa Inggris kita benar atau salah. Bahkan native speakers pun tidak akan berpikir bahwa bahasa Inggris kita tidak sempurna jika kita melakukan kesalahan ketika berbicara dengan mereka.

Apabila ada orang lain yang menertawakan bahasa Inggris kita, abaikan saja mereka. Ingatlah selalu bahwa orang yang menertawakan kita belum tentu lebih hebat dari kita. Fakta bahwa kita memberanikan diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris saja sudah bagus karena bahasa Inggris bukanlah bahasa ibu kita. Ketika berbuat kesalahan grammar atau pelafalan, jadikanlah kesalahan tersebut sebagai motivasi kita untuk terus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita.

  • Practice and Prepare

Susun dan siapkanlah kata-kata yang ingin kita ucapkan di public speaking. Setelah naskah public speaking sudah siap, berlatihlah. Dengan berlatih dan menyiapkan diri, kita akan bisa lebih tenang dan percaya diri ketika berbicara di depan umum.

Harus diingat bahwa jangan pernah menghafal teks public speaking kata per kata. Menghafalnya dengan cara tersebut bisa membuat kita lupa apa yang ingin diucapkan ketika kita sedang melakukan public speaking. Sebaiknya, kita memahami dan menghafal inti dari teksnya saja. Jika kita sudah tahu pokok teksnya, kita bisa menjabarkannya dengan kata-kata kita sendiri. Dengan kata lain, kata-kata yang akan kita sampaikan di public speaking tidak harus selalu sesuai dengan kata-kata yang asli yang telah kita susun sebelumnya selama kita paham pokok dari teksnya. Teknik lain agar kita bisa menguasai teksnya adalah dengan menulis ulang naskah public speaking dengan kata-kata kita sendiri.

Practice makes perfect. Menghafal teks public speaking saja tidak cukup. Kita harus berlatih untuk menyampaikannya. Dengan sering berlatih, kita akan menguasai materi public speaking kita. Semakin kita menguasai naskahnya, semakin mantap dan percaya diri kita ketika tampil di depan umum nanti. Oleh karena itu, jangan malas berlatih!

  • Fake It ‘till We Make It

“Fake it ‘till you make it.” adalah pepatah dalam bahasa Inggris yang berarti kita berpura-pura pandai dalam melakukan sesuatu dan berpura-pura percaya diri. Kepandaian dan kepercayaan diri yang pura-pura ini lambat laun bisa menjadi nyata karena kita sudah terbiasa menanamkannya di dalam diri kita sendiri. Untuk itu, berpura-puralah bahwa kita adalah public speaker yang handal dengan rasa percaya diri yang tinggi. Berpura-pura yang dibarengi dengan latihan akan menjadikan kepura-puraan itu menjadi keaslian.

  • Set Our Mindset

Terakhir tetapi tidak kalah pentingnya dalam menumbuhkan rasa percaya diri untuk berbicara di hadapan umum adalah mengatur pola pikir kita terhadap diri kita sendiri. Maksudnya adalah kita harus membenamkan rasa optimis di dalam pikiran dan diri kita sendiri bahwa kita bisa, bahwa kita percaya diri untuk menggunakan bahasa Inggris di depan umum. Disadari atau tidak, pola pikir yang positif ini bisa mempengaruhi sikap kita. Dengan memiliki pikiran bahwa kita bisa, kita akan termotivasi untuk terus berlatih untuk mewujudkan apa yang ditanamkan di dalam pikiran kita tersebut.

Itu tadi beberapa tip untuk membangun rasa percaya diri ketika berbicara di depan umum dengan memakai bahasa Inggris. Semoga tip-tip ini bisa diterapkan dan membantu kita semua menjadi percaya diri dalam berbahasa Inggris.