sederet kamus
Translate: Tutorial:

Tip Membuat Caption Foto

Zaman sekarang semua orang yang memiliki HP pasti akan memiliki social media. Bahkan satu orang dapat memiliki lebih dari 1 akun social media yang mereka gunakan untuk berbagai fungsi yang berbeda-beda. Salah satu social media popular di kalangan masyarakat adalah Instagram. Instagram memberikan fitur untuk meng-upload foto dan video serta stories yang memiliki tujuan yang berbeda-beda. Foto dan video yang di-upload akan bertahan selamanya di akun Instagram. Sedangkan story hanya akan bertahan 24 jam setelah story di-upload.

Foto dan video yang di-upload akan membutuhkan caption yang menceritakan apa isi dari foto dan video tersebut. Sehingga, banyak orang yang mulai memanfaatkan Instagram untuk media marketing karena mengutamakan visual. Kualitas foto anda akan memberikan perbedaan apabila anda ingin menambah jumlah followers anda di Instagram. Maka dari itu anda harus dapat membuat orang-orang merasa tertarik akan merek anda, penjelasan produk anda, dan sisi kemanusiaan dari bisnis yang anda jalani.

Tapi kerja keras anda tidak berakhir saat anda sudah mendapatkan foto yang bagus dan mengeditnya sampai sempurna. Anda membutuhkan caption yang membuat postingan anda menjadi lebih hidup saat anda membaca caption tersebut.

Caption Instagram yang bagus adalah apabila dapat menjelaskan apa yang tertera di foto anda, menggerakkan followers anda untuk berinteraksi dengan anda, atau hanya sekedar membuat lelucon sehingga foto anda dapat dibagikan ke orang-orang.

Jika anda berpikir bahwa caption di foto Instagram anda hanyalah sebuah renungan belaka, maka anda salah besar, anda sudah melewatkan kesempatan yang besar untuk membuat followers anda terlibat dan senang dengan cara yang tidak anda dapatkan dari visual. Berikut ini beberapa tips unutk membantu anda menuliskan caption Instagram anda lebih baik.

Bagaimana cara menuliskan caption Instagram?

  • Tuliskan Beberapa Konsep Terlebih Dahulu

Pernahkah anda berpikir bahwa lawakan yang anda buat sedikit terlambat untuk anda ceritakan? Semua usaha anda untuk membangun lawakan tersebut menjadi sia-sia karena orang-orang sudah lelah mendengar anda. Kita semua juga memiliki perasaan yang sama apabila kita telah posting foto di Instagram kemudian berusaha menuliskan caption Instagram secara sempurna. Rasanya seperti ada saja yang kurang, entah kalimat yang kita gunakan, kata-kata yang kurang menarik perhatian, bertele-tele, atau bahkan tidak sesuai dengan konten yang kita buat.

Apasih pelajaran yang dapat kita ambil? Janganlah tergesa-gesa saat posting foto di Instagram. Sebagai gantinya, tulislah terlebih dahulu beberapa ide untuk caption, cobalah tanya orang sekitar anda apakah caption tersebut sudah memberikan suara dari postingan anda, dan gunakanlah waktu anda dengan sebaik-baiknya.

Pada titik ini, anda mungkin akan mempertanyakan diri anda sendiri. “Bukankah ketepatan waktu dan kronologi akan sangat penting di Instagram?” Sebenarnya itu tidak salah, hanya saja tergantung akan subjek dari postingan anda. Beberapa selebgram yang menggunakan Instagram untuk menceritakan jalan-jalannya akan merasa bahwa kronologi dari aktivitas dan gaya hidup dia akanlah sangat penting untuk konten dia. Mereka bahkan lebih menyukai untuk posting secara real time atau saat itu juga agar mereka dapat membagikan kepada para followers nya apa yang sedang dia kerjakan pada saat itu.

Instagram telah membuat algorima baru yang mengatur feed, tingkat keterikatan postingan anda akan lebih berpengaruh ketimbang dengan kronologi yang telah anda buat. Instagram feeds akan mengurutkan postingan yang Instagram rasa kita akan lebih peduli dan berdasarkan waktu paling terkini. Sehingga, jumlah komen dan like akan sangat mempengaruhinya.

Itulah mengapa sangatlah penting untuk menyisihkan sedikit waktu anda membuat caption yang menarik followers anda agar mereka merasa cukup tertarik dan mulai membagikan postingan anda ke orang-orang yang mereka tau.

  • Tuliskan Hal-Hal Penting Di Awal

Instagram memberikan anda keleluasaan untuk menulis caption hingga 2200 karakter, walaupun sebenarnya ini hanya formalitas saja. Tapi yang penting untuk anda ingat adalah caption yang anda buat akan terpotong setelah anda menuliskan setidaknya dua sampai empat baris, tergantung apakah anda menggunakan computer atau hp.

Indonesia is currently entering the new normal era where activities outside of home will be permitted again but with… (more) (Indonesia sedang memasuki era normal baru di mana aktivitas di luar rumah akan diperbolehkan kembali namun dengan… (selengkapnya))

Dari contoh di atas, terlihat bahwa caption anda terpotong dan harus klik “selengkapnya” untuk mendapatkan informasi penuh akan caption yang anda buat. Bukan berarti anda harus membuat caption anda sesingkat mungkin agar followers anda dapat melihat semua informasi yang ingin anda sampaikan tanpa perlu klik “selengkapnya”. Sebagai gantinya, tulislah kalimat yang menurut anda sangat penting pada bagian sebelum “selengkapnya” dan anda dapat menaruh tanda pagar atau @ setelahnya atau pada akhir caption anda.

  • Masukkan Kalimat Ajakan Untuk Melakukan Tindakan

Cara terbaik untuk meningkatkan potensi melakukan sharing postingan Instagram anda dan mengikat followers anda adalah dengan memiliki kalimat ajakan yang tertera pada caption foto-foto anda. Itu berarti menggunakan kata kerja tindakan untuk mendorong orang melakukan sesuatu, alih-alih hanya dilihat sekilas saja. Beberapa orang telah melakukan penelitian bahsa menggunakan kata kerja akan menghasilkan lebih banyak shares pada Twitter ketimbang menggunakan kata benda dan kata sifat, hal yang sama juga akan berlaku untuk Instagram.

Contoh yang paling sering anda temui adalah:

Double tap if you like this (klik dua kali jika anda menyukainya)

Share your experience on the comment section (bagilah pengalaman anda pada kolom komentar)

Contoh-Contoh Caption Foto

Selain contoh di atas, berikut ini adalah beberapa contoh lainnya yang mungkin dapat membantu anda mencari ide untuk caption anda.

    • Ajukan Pertanyaan

Dorong orang-orang untuk memberikan pengalaman mereka pada kolom komentar. Dari komentar orang-orang akan melahirkan strategi yang tepat untuk memberikan citra akan akun Instagram anda atau juga dapat memberikan anda beberapa ide untuk konten terbaru anda. Untuk meningkatkan keterikatan anda dengan followers anda, anda dapat merespon jawaban mereka dan membuatnya seakan anda dan followers anda sedang berbincang-bincang.

Are you getting tired by watching movies through your laptop screen? Missing going to theaters? Me too! Tell me what do you miss the most about movie theaters below on the comment section. (Apakah Anda lelah dengan menonton film melalui layer laptop Anda? Rindu pergi ke bioskop? Saya juga! Beritahu saya apa yang paling Anda rindukan mengenai bioskop di kolom komentar)

    • Arahkan Orang-Orang Untuk Mengunjungi Link Di Bio Anda

URL situs tidak bisa digunakan dimanapun kecuali “website” pada bio anda. Maka dari itu penting sekali untuk selalu mengoptimisasi profil Instagram anda dengan cara melakukan update URL dari konten blog terakhir anda, video YouTube anda, produk-produk yang anda jual, atau penawaran. Kemudian jangan lupa untuk menunjukkan link tersebut pada caption Instagram anda.

Sebagai contoh, anda sedang mengadakan perlombaan atau hanya sekedar ingin menambah subscribers di blog anda, anda dapat mengubah link dan kemudian post sebuah foto yang mencantumkan link terbaru tersebut.

Untuk mendapatkan rekaman jejak berapa orang yang mengunjungi link yang anda buat, anda dapat memperpendek link anda kemudian mencantumkan UTM tracking codes.

    • Ajak Orang Untuk Menandai Teman Mereka

Dorong followers anda untuk membagikan postingan anda ke teman-teman mereka dengan cara mengajak mereka untuk menandai teman-teman mereka pada post anda. Berikut ini adalah salah satu cara yang cerdas yang dapat dilakukan untuk mengajak followers anda menandai teman mereka.

    • Ajak Orang-Orang Untuk Ikut Dalam Kontes

Kontes dapat menjadi sebuah wadah yang sangat baik untuk menambah ikatan dan keterpaparan dari merek anda di Instagram. Mudah sekali caranya, ajak orang untuk mengikuti serangkaian giveaway yang anda buat.

  • Batasi Jumlah Tanda Pagar Tidak Lebih Dari Empat

Hashtag atau tanda pagar di Instagram memiliki fungsi yang sama seperti tanda pagar di Twitter dan Facebook, tanda pagar mengikat berbagai sumber percakapan dari berbagai macam pengguna ke sebuah aliran. Selama akun Instagram anda disetting public, maka semua orang yang mencari tanda pagar di Instagram akan menemukan postingan anda.

Tanda pagar menjadi opsi yang bagus untuk menghubungkan beberapa pengguna, tetapi hanya untuk pengguna yang membahas bahasan yang sama seperti membahas merk yang sama, acara yang sama, dan lain-lain. Tanda pagar juga dapat memberikan bumbu-bumbu pada postingan anda.

Tetapi gunakanlah tanda pagar sebutuhnya saja. Beberapa pengguna Instagram menggunakan tanda pagar yang banyak dicari oleh pengguna lain untuk menambahkan followers mereka, kenyataannya berkata sebaliknya, tanda pagar yang tidak sesuai dan terlalu banyak penggunaannya malah akan membuat followers anda merasa risih melihat postingan anda. Batasi penggunaan tanda pagar anda antara tiga atau empat paling banyak. Jika anda memiliki caption yang sangat bagus, anda tidak perlu mencantumkan tanda pagar.

  • Gunakan Tanda Pagar Pada Akhir Caption Anda

Kecuali jika tanda pagar anda dapat masuk pada caption yang anda buat se-natural mungkin, anda tidak perlu mencantumkan tanda pagar tambahan pada akhir caption anda. Dengan begitu, caption anda akan terasa lebih hidup saat dibaca. Jika anda membuat caption yang panjang, maka tanda pagar anda akan terporong atau tidak terlihat saat pengguna Instagram sedang scrolling. Ini bukanlah masalah besar karena tanda pagar dibuat hanya untuk mempermudah pencarian.

  • Susun Kalimat Yang Sesuai Dengan Nada Yang Lebih Riang Di Instagram

Setiap media social memiliki nada yang berbeda-beda. Nada yang serius seperti jargon mungkin akan lebih berguna jika ditulis di LinkedIn, tetapi tidak akan terdengar enak apabila anda memasukkannya ke dalam Instagram. Postingan terbaik di Instagram adalah yang memiliki nada yang lebih ringam lucu, dan lebih ke sisi kamanusiaan dari sebuah merk. Itulah mengapa anda sebaiknya melakukan adaptasi akan merk anda sesuai dengan media social yang anda gunakan.

Cobalah untuk selalu konsisten akan nada yang anda gunakan di Instagram anda, sehingga secara tidak langsung anda juga berkontribusi untuk membangun merk anda di Instagram. Jika anda sedang bingung membuat caption, cobalah buat caption yang terdengar lucu dengan cara membuat permainan kata.

  • Gunakan Emoji

Emoji, gambar kartun berbentuk muka tersedia hampir di semua smartphone. Anda dapat menambahkan beberapa emoji pada caption anda. Banyak merk yang menggunakan emoji pada caption mereka, bahkan untuk merk-merk yang terlihat lebih “serius”. Ada banyak cara untuk menggunakan emoji pada postingan anda. Contohnya, anda dapat menambahkan emoji pada awal postingan anda untuk terlihat lebih menarik.

Anda juga dapat mengganti kata yang berada di dalam kalimat menggunakan emoji. Seperti api dapat anda ganti dengan emoji api. Caption anda akan terlihat lebih menarik saat dibaca.

  • Promosikan Akun Media Sosial Secara Bersamaan

Anda dapat menggunakan caption sebagai media promosi untuk memperkenalkan merk anda pada media social yang lainnya. Cara ini terbilang sangat mudah untuk mendapatkan followers pada akun anda yang lain, sebagai contoh anda dapat menaruh link Twitter, atau Facebook fans, atau Snapchat, dan lain-lain.

  • Buat Caption Singkat

Panjang pendeknya caption tergantung dari pendengar atau followers anda, terkadang caption anda butuh lebih banyak dari satu kalimat. Contohnya apabila anda perusahaan makanan, anda mungkin ingin memposting seluruh resep makanan yang anda post pada bagian caption.

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai tips-tips yang bisa Anda ikuti dalam membuat caption foto di Instagram dalam Bahasa Inggris. Semoga dengan ini, Anda bisa menggunakan Bahasa Inggris dengan baik dalam caption foto Anda.