sederet kamus
Translate: Tutorial:

Tip Untuk Meningkatkan Kosakata Inggris (Vocabulary)

Kosakata atau vocabulary bisa disebut sebagai hal yang paling penting dalam berbahasa. Itu karena, tanpa kosakata, tidak mungkin kita akan pandai berbahasa. Kosakata lebih penting dari tata bahasa atau grammar. Jika pembendaharaan kosakata kita hanya sedikit, mustahil kita bisa fasih menggunakan bahasanya. Sedangkan apabila grammar kita tidak begitu bagus, orang lain masih mungkin mengerti apa yang kita maksud. Oleh karena itu, mempelajari kosakata harus dilakukan oleh siapa saja yang ingin bisa lancar menggunakan suatu bahasa.

Sebagai orang yang sedang belajar bahasa Inggris, kita semua pasti ingin menambah vocabulary bahasa Inggris kita. Untuk itu, artikel ini akan menyediakan cara dan tips untuk memperkaya pembendaharaan vocabulary bahasa Inggris. Yuk, kita langsung saja lihat tip-tipnya:

  • Membaca

Read atau membaca adalah salah satu cara yang baik untuk mengenalkan kita kepada kosakata baru. Saat kita membaca, besar kemungkinan kita akan menemukan kata yang belum kita ketahui artinya. Kita bisa langsung mencari artinya di kamus. Jika tidak ada kamus, kita bisa mencatatnya agar kita bisa mencari tahu artinya nanti setelah ada kamus. Selain itu, kita juga bisa mengira-ngira artinya dengan bantuan konteks. Menebak arti suatu kata berdasarkan konteksnya adalah kemampuan penting yang bisa membantu kita dalam tes bahasa Inggris seperti TOEFL dan IELTS.

Kita bebas memilih bacaan apa saja yang kita baca. Baik itu novel, cerpen, jurnal ilmiah, berita, artikel, dan sebagainya. Usahakan teks yang kita pilih harus menyesuaikan dengan level kemampuan bahasa Inggris kita untuk menghindari rasa kewalahan jika teksnya terlalu sulit atau rasa bosan jika teksnya terlalu mudah.

  • Sediakan Kamus dan Tesaurus

Kamus adalah sahabat kita dikala sedang belajar suatu bahasa. Usahakan kamus selalu berada bersama kita. Apabila kamus berbentuk fisik dirasa terlalu berat dan tidak praktis untuk dibawa, kita bisa menggunakan kamus digital yang bisa dipasang di ponsel cerdas atau komputer kita. Jika memasang kamus terlalu berat, masih ada kamus daring (online dictionary) yang selalu bisa kita akses dengan internet.

Selain kamus, kita juga bisa memanfaatkan tesaurus sebagai bahan referensi kita. Ketika kita menemukan kata baru, kita bisa mencari artinya di kamus dan mencari sinonim dan antonimnya di tesaurus. Pembendaharaan kosakata bahasa Inggris kita bisa meningkat dua kali lipat atau lebih jika kita mempelajari sinonim dan antonim dari kata yang baru kita temukan.

  • Gunakan Catatan

Salah satu metode untuk menambah kosakata adalah dengan mencatat setiap kosakata baru dan artinya. Tentu saja kita harus selalu membawa catatan ini bersama kita untuk berjaga-jaga apabila kita menemukan kata baru. Catatan ini bisa bermanfaat terutama jika kita lupa arti dari suatu kata yang telah kita pelajari. Selain itu, dengan melihat banyaknya kata baru dalam catatan ini yang telah kita pelajari, kita bisa termotivasi untuk terus mempelajari lebih banyak lagi kosakata.

  • Pelajari Satu Kata Per Hari

Metode mempelajari satu kata baru per hari utamanya cocok bagi kita yang sibuk. Teknik ini terlihat sederhana tetapi cukup efektif untuk menambah kosakata. Kita bisa memanfaatkan laman web yang menyediakan layanan word-a-day untuk membantu kita mempelajari kosakatanya.

Dengan hanya mempelajari satu kosakata per hari, kita bisa fokus pada kata tersebut saja. Untuk itulah kita bisa memahami kata tersebut dengan lebih dalam, seperti pada konteks apa kata terebut dipakai, bagaimana cara menggunakannya, termasuk ke dalam part of speech apa kata tersebut, dan sebagainya. Dengan memahaminya lebih dalam, kemungkinan kita akan melupakan kata tersebut akan lebih kecil dibandingkan dengan hanya menghafalkannya saja.

  • Gunakan Prefix dan Suffix

Prefix atau imbuhan awal dan suffix atau imbuhan akhir bisa membantu kita dalam mempelajari kosakata. Banyak kata di dalam bahasa Inggris yang menggunakan prefix dan suffix. Setiap prefix dan suffix memiliki artinya tersendiri yang juga mempengaruhi arti dari kata yang dibentuknya.

Seperti misalnya saja kata “cycle” yang artinya “sepeda”. Apabila kita menambahkan prefix “bi-“ yang berarti “dua” pada kata “cycle”, kata “cycle” akan menjadi “bicycle” (bi + cycle) yang berarti “sepeda beroda dua”. Begitu juga apabila kita menambahkan prefix “tri-” yang berarti “tiga” pada kata “cycle” yang akan menjadi “tricycle” (tri + cycle) yang berarti “sepeda roda tiga”.

Contoh lainnya adalah kata “active” (aktif) yang akan berubah artinya apabila ditambahkan suffix “-ist” yang berarti “pelaku” (activist –> active + ist = aktivis atau orang yang bekerja aktif dalam kegiatan organisasidan “-ity” yang bearti “kondisi dari” (activity –> active + ity = aktivitas atau keaktifan atau kondisi dari aktif).

Pada intinya, dengan memanfaatkan prefix dan suffix, kita akan bisa mempelajari lebih dari satu kata sekaligus yang akan bisa menambah kosakata kita dengan cepat.

  • Menonton, Mendengarkan, dan Bercakap

Selain membaca, menonton film dan mendengarkan musik juga bisa mengenalkan kita pada vocabulary baru. Tentunya film atau musik yang kita dengarkan harus berbahasa Inggris. Selain film dan musik, kita juga bisa memanfaatkan acara TV, video di internet, atau podcast untuk membantu kita menemukan kosakata baru. Jangan lupa untuk catat kata-kata baru yang kita temukan ini untuk kita pelajari nanti.

Selain itu, melakukan percakapan dengan bahasa Inggris juga bisa mempertemukan kita dengan vocabulary baru. Kita tidak harus selalu melakukan percakapan secara tatap muka atau melalui telepon, percakapan melalui tulisan pun masih bisa membantu kita untuk menemukan kosakata baru. Bahkan dengan hal sederhana seperti saling berkomentar di sosial media, kita bisa mempelajari kosakata baru. Tidak hanya kosakata bahasa Inggris kita bertambah, melakukan percakapan juga berarti mempraktikan langsung kosakata yang telah kita pelajari sehingga kita tidak akan cepat melupakannya.

  • Manfaatkan Apps dan Games

Di dunia serba canggih seperti sekarang ini, banyak aplikasi ponsel cerdas yang menyediakan layanan untuk meningkatkan vocabulary bahasa Inggris kita. Unduh dan pasanglah aplikasi tersebut di ponsel kita. Jangan lupa untuk rutin membukanya agar kosakata kita bisa bertambah setiap harinya.

Apabila kita senang bermain game, cobalah untuk memainkan game yang bisa meningkatkan kosakata bahasa Inggris kita, seperti Scrabble misalnya. Scrabble adalah permainan menyusun kata yang paling terkenal. Kita ditantang untuk menyusun kata dari tujuh huruf yang diberikan. Selain bisa meningkatkan kosakata, game Scrabble bisa melatih kita untuk mengingat-ingat kembali kosakata yang telah kita pelajari. Ada banyak lagi game kosakata lainnya seperti Scrabble, seperti teka teki silang, teka-teki kata, dan sebagainya. Permainan-permainan ini bahkan bisa diunduh dan dipasang di ponsel cerdas kita.

  • Prioritaskan Kosakata Penting

Apabila kita bingung kosakata apa yang harus kita pelajari terlebih dahulu, pilihlah kosakata yang berkaitan dengan kehidupan kita sehari-hari. Misalnya saja apabila kita adalah seorang dokter, pelajari terlebih dahulu kata-kata yang berhubungan dengan medis, atau apabila hobi kita adalah memasak, pelajari terlebih dahulu kosakata yang terkait dengan makanan. Dengan mempelajari kosakata terkait kehidupan sehari-hari, kosakata-kosakata ini akan lebih sering kita gunakan. Hasilnya,kita tidak akan cepat melupakannya. Jika kita rasa kita sudah menguasai kosakata sehari-hari, kita bisa beralih mempelajari kosakata lainnya.

  • Gunakan Teknik Mnemonics

Teknik mnemonics adalah salah satu teknik untuk mengingat sesuatu. Teknik ini cukup efektif diterapkan untuk mempelajari kosakata baru. Cara menghafal dalam teknik mnemonics adalah dengan menyingkat kosakata,membuatnya sebagai lagu, mengasosiasikan kata dengan hal-hal tertentu, dan lain-lain.

Salah satu mnemomics dalam mempelajari bahasa Inggris yang terkenal adalah menyingkat preposisi for”, “and”, “nor”, “but”, “or”, “yet”, dan so” menjadi “FANBOYS”

Kita bisa membuat mnemonics kita sendiri untuk memudahkan kita mempelajari kosakata baru. Kita juga bisa membuka mnemonicdictionary.com untuk membantu kita mempelajari kosakata bahasa Inggris dengan metode mnemonics.

Berikut adalah contoh mnemonics:

Kita sedang mempelajari kata “moon” dan “month”. Kedua kata tersebut berarti sama dalam bahasa Indonesia, yakni “bulan”. Untuk membedakan keduanya kita bisa melihat bahwa terdapat kata “th” di dalam “month”. Di dalam bahasa Indonesia, kata “th” bisa singkatan dari “tahun”. Untuk itu, kita bisa mengasosiasikan kata “month” dengan “tahun”, yang berarti “month” adalah “bulan” dalam artian waktu (Januari, Februari, Maret, dst). Sementara “moon” adalah “bulan” dalam artian satelit alami bumi.

Contoh lain: Misalnya kita sedang mempelajari kata “vanity” yang berarti “kesombongan”. Kebetulan kita memiliki teman yang bernama Vania yang terkadang sombong. Kita bisa mengasosiasikan kata “vanity” ini dengan teman kita Vania.

  • Memecah Kata

Banyak kata dalam bahasa Inggris yang dibentuk dari dua kata yang berbeda. Kata-kata ini disebut sebagai compound words. Contoh compound words: businessman (business + man), sunflower (sun + flower), airplane (air +plane), fingernail (finger + nail), starfish (star + fish), dll.

Ketika mempelajari compound words, kita bisa memecah katanya. Misal: kata “nosebleed”. Apabila dipecah, “nosebleed” akan menjadi “nose” (hidung) dan “bleed” (berdarah). Dari kedua kata yang menyusunnya, kita bisa mempelajari bahwa “nosebleed” berarti “hidung berdarah” atau “mimisan”.

Tanpa disadari, kita sudah mempelajari tiga kosakata yang berbeda dengan menggunakan metode memecah kata ini, yakni kata utama dan kedua kata penyusunnya. Dampaknya, kosakata kita akan bertambah semakin banyak.

  • Menulis

Dengan menulis, kita akan mengaplikasikan kosakata dan grammar yang telah kita pelajari. Selain itu, menulis juga bisa mempertemukan kita dengan kosakata baru. Ketika kita menulis dalam bahasa Inggris, terkadang kita tidak tahu kata dalam bahasa Inggris apa yang pantas untuk menyampaikan ide kita. Alhasil, kita akan membuka kamus untuk mencari kata tersebut. Disadari atau tidak, kita telah mengekspos diri kita kepada kosakata baru.

  • Pelajari Frasa Terkait

Untuk menambah kosakata kita dengan cepat, kita bisa mempelajari frasa atau idiom terkait dengan kata yang sedang kita pelajari. Misalnya saja ketika kita sedang mempelajari kata “run”, pelajari juga frasa dan idiom “run over”, “run around”, “run into”, “dry run”, “in the long run”, “run a fever”, dan sebagainya. Dengan cara ini, kita tidak hanya mempelajari satu kata saja, tetapi juga banyak kata sekaligus.

  • Bergabung dengan Komunitas Bahasa Inggris

Meningkatkan vocabulary sendirian memang bisa, namun akan lebih mudah apabila kita melakukannya dengan bantuan orang lain. Apabila di sekolah, tempat kuliah, tempat kerja, atau lingkungan tempat tinggal kita terdapat komunitas atau club bahasa atau bahasa Inggris, cobalah untuk bergabung. Kita akan menemukan orang dengan tujuan yang sama yang bisa membantu untuk mewujudkan impian kita untuk menguasai banyak kosakata bahasa Inggris.

  • Berlatih, Berlatih, dan Berlatih

Terakhir tetapi tidak kalah pentingnya adalah kita harus rajin berlatih. Ungkapan “practice makes perfect” memang terdengar klise, namun faktanya berlatih memang bisa meningkatkan kemampuan apapun. Oleh karena itu, kita harus berkomitmen untuk rajin berlatih supaya vocabulary kita bisa cepat bertambah banyak. Selamat berlatih!